Komplain Lampu Utama Bermasalah pada Unit All New Pajero Sport 2016 Belum Ditindaklanjuti oleh PT. MMKSI Secara Tuntas

Pada tanggal 19 September 2019 saya telah mengirimkan surat permohonan penggantian Lampu Utama Kanan dan Kiri dari All New Pajero Sport (ANPS) yang telah saya miliki sejak 2016 kepada Direktur Utama PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) melalui email dan telah diterima oleh Customer Care Mitsubishi dengan nomor tiket MMKSI_091193.  Namun sampai saat surat pembaca ini saya tulis belum ada penyelesaian secara tuntas dari Pihak PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) sebagai distributor untuk segmen Mobil Penumpang dan Kendaraan Niaga Ringan dari Merk Mitsubishi Motors Corporation (MMC) di Indonesia.

Selama ini sejak saya pertama kali membeli sampai dengan timbulnya kondisi redup/matinya Lampu DRL Kanan ANPS 2016 yang saya miliki, saya belum pernah memperoleh informasi atau sosialisasi dari Pihak PT. MMKSI/Dealer/Bengkel Resmi, terkait dengan permasalahan bawaan dari ANPS 2016 yang belakangan baru saya ketahui melalui browsing di internet dari diskusi antar member Pajero Sport Lovers (PSL) di Forum Kaskus setelah saya mengalami kondisi tersebut di atas.

Saya selaku pemilik kendaraan ANPS Dakar 4×2 2016 merasa dirugikan karena pihak PT. MMKSI telah menjual produk yang cacat produksi berdasarkan dari pernyataan Kepala Bengkel Resmi Mitsubishi yang dikutip dalam member chats Forum PSL, dimana saya dapat memperoleh informasi bahwa ANPS CBU Batch Pertama memang beberapa kena masalah DRL-nya, dimana untuk produk yang CKD sudah disempurnakan sehingga warna sinarnya juga beda dengan CBU.

Kondisi redup/matinya Lampu DRL Kanan ANPS 2016 baru saya ketahui ketika saya pulang kembali ke tanah air setelah saya selesai melaksanakan ibadah haji di Tanah Suci selama kurang lebih 42 hari sejak bulan Juli sampai dengan awal September 2019. Permasalahan ini juga terjadi bertepatan dengan habisnya masa garansi dari Mitsubishi yaitu selama 36 bulan atau 3 tahun sejak mobil saya terima di Bulan Agustus 2016 yang berakhir di Bulan Agustus 2019 kemarin. Oleh karena itu, saya tidak mengajukan permohonan ini melalui pihak dealer dan langsung ke PT. MMKSI karena masa garansi kendaraan telah lewat/habis dan saya baru sempat menyampaikan permasalahan ini secara tertulis.

Menurut pendapat saya seharusnya pihak PT. MMKSI yang sudah mengetahui ada permasalahan DRL pada CBU Batch Pertama memberikan informasi/sosialisasi kepada konsumen pemilik CBU Batch Pertama dan memberikan penggantian atas komponen DRL yang bermasalah tersebut karena bisa dikatakan kondisi tersebut adalah cacat produksi dalam ANPS CBU Batch Pertama yang diserahkan kepada pihak konsumen. ANPS 2016 yang mengalami redup DRL kanan nya tidak hanya milik saya saja, namun ada beberapa konsumen lain yang juga mengalami kondisi yang sama.

Ada konsumen yang memperoleh penggantian karena mengetahui informasi ini sejak awal, sehingga pada KM 30.000 yang bersangkutan mengajukan penggantian Lampu Utama Kanan dan Kiri ANPS miliknya dan telah memperoleh penggantian sesuai haknya.

Melalui surat pembaca ini, saya juga berusaha untuk memperoleh perlakuan yang sama dari PT. MMKSI meskipun saya terlambat mengetahui informasi terkait masalah DRL ini. Dan mungkin para pemilik kendaraan ANPS 2016 CBU Batch Pertama lain yang mengalami kondisi yang sama dengan saya dapat memperoleh penggantian juga jika mengalami situasi dan kondisi yang sama.

Dari dokumen Faktur Kendaraan Bermotor yang saya miliki, saya meyakini bahwa ANPS 2016 milik saya termasuk dalam ANPS CBU Batch Pertama seperti yang disebutkan dalam informasi tersebut di atas. Berdasarkan fakta tersebut di atas, saya memohon kebijakan dari PT. MMKSI supaya saya selaku pemilik ANPS 2016 CBU Batch Pertama yang mengalami masalah DRL atas ANPS 2016 milik saya, dapat memperoleh penggantian seperti konsumen yang saya sebutkan dalam informasi tersebut di atas.

Demikian surat pembaca ini saya sampaikan dan besar harapan saya supaya pihak PT. MMKSI dapat memenuhi permohonan penggantian yang saya ajukan. Atas perhatian dan kerjasamanya saya sampaikan terima kasih.

Herdiyanto
Depok, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai All New Pajero Sport:
[Total:4    Rata-Rata: 2/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

3 komentar untuk “Komplain Lampu Utama Bermasalah pada Unit All New Pajero Sport 2016 Belum Ditindaklanjuti oleh PT. MMKSI Secara Tuntas

  • 13 Januari 2020 - (09:45 WIB)
    Permalink

    Betul sekali, seharusnya dari pihak ATPM melakukan RECALL atas DRL yang redup ini, jangan menunggu claim dari cutomer.

    Kalau menunggu claim dari customer tidak semua customer aware dengan hal ini dan terkesan pihak ATPM tidak mau rugi karena mengganti semua headlamp anps batch pertama ini

  • 27 Januari 2020 - (19:09 WIB)
    Permalink

    Betul kapan hari sy juga komplain di bengkel resmi saat akhir masa garansi tapi dari pihak bengkel katanya lampu masih bagus sulit untuk Pengajuan penggantian, padahal lampu bagian tengahnya udah mulai menguning.
    Memang dari pihak Mitsubishi terutama ATPM kurang care terhadap customer, malah yg direcall kapan hari adalah piston arm pintu belakang yg belum terbukti ada gejala kejanggalan, justru lampu DRL yg nyata2 sdh menguning tidak ada program recall…. apa karena lampu lebih mahal dan pihak Mitsubishi selaku produsen tidak mau rugi !!

  • 27 Januari 2020 - (21:31 WIB)
    Permalink

    Saya juga punya ANPS Dakar 4×4 tahun 2016 dengan masalah yang sama. Jawaban awal dari pihak dealer sangat mengecewakan, karena sudah mati masa garansi 3 tahun atau 100.000 km, mana yg tercapai terlebih dahulu.
    Padahal saya punya Ford Fiesta 2014 yg barusan saja di recall, tanpa memandang usia pakai maupun tahun garansi. Ternyata Mitsubishi belum dewasa dalam menangani dan mengakui kesalahan desain/kualitas barang.
    Lihat saja Nissan X Trail 2016 di jalanan, DRL nya masih terang benderang. Sedangkan ANPS, yg jelas lebih mahalll dari X Trail, DRL nya demikian jelek kualitasnya.

 Apa Komentar Anda mengenai All New Pajero Sport?

Ada 3 komentar sampai saat ini..

Komplain Lampu Utama Bermasalah pada Unit All New Pajero Sport 2016 Be…

oleh herdiyanto dibaca dalam: 2 min
3