Masalah Refund di JD.ID, Bukan Besarnya Nominal, Tapi Hak Konsumen

Mungkin cerita ini bisa jadi pembelajaran untuk saya dan yang membaca. Saya membeli sebuah celana pendek di JD.ID per tanggal 27 September 2019 dengan nomor pesanan : 1006723184. Saya membayar dengan metode Virtual Credit Card dari CIMB Niaga sebesar 149.400 IDR. Setelah terbayar, saya melakukan kesalahan, karena salah pilih ukuran. Akhirnya pesanan saya cancel.

Saya kira akan di-refund pada saat itu juga, ternyata tidak. Saya minta proses pengembalian dana, sesuai rules pengembalian dana diterima dalam 7-14 hari kerja. Okelah kalo gitu, saya acuh aja karena toh cuma 149 ribu.

Pada tanggal 16 Oktober 2019, saya hubungi live chat JD.ID dan katanya akan segera diproses. Pada tanggal 22 Oktober 2019, teringat kembali refund-nya kok belum masuk, dan saya hubungi live chat JD.ID. Ketemu beberapa admin (karena gak semua paham masalah, karena mungkin pake VCN), dan akhirnya seorang admin minta nomor rekening dan nama bank serta nama pemilik rekening, saya berikan. Keesokannya JD.ID mengirim email berisi akan memberikan refund dalam 7-14 hari kerja (lagi dan lagi harus menunggu).

Pada tanggal 1 November 2019 saya akhirnya memutuskan menelepon customer care JD.ID dan bertemu admin pertama, berkata “refund-nya sudah dikirim pak, mungkin dari CIMB-nya yang bermasalah, coba bapak ke kantor CIMB dan buat surat sanggahan.” Okelah kalo gitu saya telpon CIMB Niaga, dan CS berkata “Kalau JD.ID sudah mengirim refund-nya harusnya ada kode ARN”. Nah dari sini saya paham ternyata JD.ID belum mengirim refundnya karena tak ada ARN yang diberikan.

Selanjutnya saya telepon kembali CS JD.ID dan ternyata refund-nya belum diproses karena belum diproses oleh tim terkait. Dia bilang sendiri sudah 5 laporan refund saya, belum diproses oleh tim terkait. Dengan kecewa saya tutup teleponnya. Saya sudah rugi waktu rugi uang karena menghabiskan banyak pulsa telepon CS JD.ID.

Untuk JD.ID, memang nominal gak gede, tapi itukan hak saya. Saya seperti menitip uang kepada Anda, seharusnya gak perlu bertele-tele untuk refund-nya.

Muhammad Septian Sitepu
Binjai, Sumatera Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan JD.ID atas Surat Pembaca Muhammad Septian Sitepu

Menanggapi surat keluhan yang ditujukan kepada kami oleh Muhammad Septian Sitepu pada hari Sabtu, 2 November 2019 lalu di halaman...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Butuh waktu 1 1/2 bulan untuk refund 149 ribu. Berarti kalau refund 1,5 juta waktunya kurang lebih 1 1/2 tahun ya...

    Enak yah jadi korporasi, ngutang gak bakalan didatangi DC. Bahkan gak ada denda maupun bunga, semua masalah selesai cukup dengan "maaf atas ketidak-nyamanannya."
    Coba tanya ke pembaca di sini, yang sempat/pernah nunggak 149 ribu selama 1 1/2 bulan bagaimana pengalaman hidupnya? Bisa gak ngomong ke DC maupun CS: "maaf atas ketidak-nyamanannya"?

  • modus yg sama terulang kembali.
    sangat jelas motif jd.id sengaja mempersulit refund dana konsumen!