Merasa Dipermainkan, Beginikah Perlakuan Traveloka kepada Customer Setianya?

Sebelumnya terima kasih kepada Media Konsumen yang telah memuat surat saya. Pada tanggal 12, 13, 17, 24 September dan 4 Oktober 2019 lalu saya melakukan pembelian tiket (booking) Malindo Air operated by Batik Air melalui Traveloka. Namun tiba-tiba pada tanggal 16 Oktober 2019 saya mendapat kabar bahwa maskapai telah membatalkan penerbangan karena masalah operasional.

Akhirnya saya mencoba mengkonfirmasi kepada pihak maskapai dan memang pernerbangan rute Medan – Kuala Lumpur pada tanggal 3 November 2019 telah dibatalkan. Pihak maskapai akan memberikan pengembalian dana secara penuh apabila kami tidak mau melakukan perubahan jadwal. Untuk refund, pihak maskapai menyatakan bahwa proses refund bisa dilakukan melalui Traveloka selaku travel agent kami dan dananya pun akan diserahkan ke travel agent dulu sebelum dikembalikan ke kami.

Pada tanggal 19 Oktober 2019 saya mengajukan refund dan status approved pada tanggal 21 Oktober 2019. Pagi ini saya melakukan pengecekan untuk status refund saya dan betapa kagetnya ketika membaca proses refund saya tidak dapat diproses. Saya mengkonfirmasi ulang ke Traveloka kenapa bisa begini? Customer service menyatakan penerbangan saya tidak bisa di-refund karena non refundable.

Saya pun mengkonfirmasi ke pihak Batik Air, dan customer service menyatakan penerbangan sudah dilakukan pembatalan oleh sistem dan menunggu proses refund dari travel agent Traveloka.

Saya sudah menghabiskan banyak pulsa untuk menghubungi customer service Traveloka dan Batik air, tapi hasilnya tidak memuaskan dan bertele-tele. Mohon untuk penyelesaian dari pihak terkait tentang masalah ini agar tidak bertele-tele seperti ini.

Lady Fatul Kutsiya
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan Traveloka untuk Ibu Lady Fatul Kutsiya

Kepada Yth. Ibu Lady Fatul Kutsiya, Salam hangat dari Traveloka. Terima kasih telah menjadi pelanggan setia Traveloka. Kami mohon maaf atas...
Baca Selengkapnya

Satu komentar untuk “Merasa Dipermainkan, Beginikah Perlakuan Traveloka kepada Customer Setianya?

  • 7 Mei 2020 - (21:46 WIB)
    Permalink

    Saya sangat kecewa dengan traveloka, saya booking villa dgn t/c non refundable, namun karena covid 19, sehingga saya dan keluarga menanyakan hal ini ke pihak traveloka sebagai agent.
    Cs pertama menginformasikan tetap tdk bisa refund dan bisa reschedule tgl 30 des 2020, karena refund tidak bisa, sya ok dengan reschedule 30 des 2020.
    Cs traveloka merevisi dan menginformasikan salah tanggal rechedule batas maksimal menjadi 20 des 20, kemudian 1 hari kemudian salah lagi batas max tgl 10 des 2020.

    Sya sebagai pelanggan merasa dipermainkan, karena pembatalan bukan karena kemauan kami, namun karena psbb dan covid 19, seharusnya sebagai travel agent traveloka bisa mengiformasikan dan mengkoordinasikan dengan pihak villa mengenai hal ini.

 Apa Komentar Anda mengenai Traveloka?

Ada 1 komentar sampai saat ini..

Merasa Dipermainkan, Beginikah Perlakuan Traveloka kepada Customer Set…

oleh Lady FKutsiya dibaca dalam: 1 menit
1