Komplain Masalah Voucher Alfacart yang Tidak Ditindaklanjuti

Halo selamat siang,

Sekadar berbagi keluh resah untuk masalah jawabannya dari pihak Alfacart yang menurut saya lama menyelesaikan masalah ini. Cerita awalnya pada tanggal 26 Oktober 2019 saya membeli barang seperti susu Dancow, SKM, dan dapat free pumpkin dengan jumlah total pembelian Rp171.300. Saya menggunakan voucher NESTLE1010 dimana voucher akan memotong senilai Rp25.000 untuk pembelanjaan produk Nestle minimal Rp170.000.

Saya menggunakan metode pembayaran cash di Alfamart JL. Pendidikan, Denpasar. Saya klik oke dan keluarlah kode pesanan saya, yaitu: O-191026-JHNZT dengan nominal jumlah yang dibayar Rp146.300.
Sorenya saya ke Alfamart untuk mengambil pesanan. Setelah pesanan disiapkan, saya tanya berapa totalnya, posisi belum cetak struk pembelian. Karyawan Alfamart bilang Rp171.300, dimana nominal tersebut adalah nominal yang belum dipotong kode voucher NESTLE1010.

Saya konfirmasi ke karyawan, saya tunjukan email serta bukti belanja di Alfacart bahwa jumlah yang harus saya bayar adalah Rp146.300. Pihak karyawan tetap ngotot kalau nominal yang keluar di komputer Alfamart adalah Rp171.300. Akhirnya saya putuskan untuk pulang ke kost dengan niat untuk telepon pihak Alfacart.

Sekitar pukul 15.27 WITA saya telepon pihak Alfacart. Saya tanya kenapa beda nominal yang harus saya bayar dengan nominal yang keluar di komputer Alfamart? Pihak customer service Alfacart bilang kalau harus cetak struk dulu baru bisa memotong voucher-nya. Kalaupun tidak memotong, bisa di email ke Alfadigital agar bisa diinformasikan ke pihak toko tersebut.

Satu hari setelah saya telepon CS Alfacart, saya datang ke Alfamart dimana tempat saya mengambil pesanan. Sampai sana saya konfirmasi lagi, berapa jumlah yang harus saya bayar. Karyawan Alfamart tetap bilang kalau yang dibayar Rp171.300. Berbekal ucapan CS Alfadigital via telepon akhirnya saya bilang untuk cetak struk saja, nanti saya yang komplain ke Alfadigital. Setelah dicetak, ternyata nominalnya tetap, dan tidak dipotong voucher. Saya bayar sesuai nominal struk yang keluar.

Pulang dari toko, saya email CS Alfadigital dengan melampirkan foto bukti struk serta ss kode pesanan di Alfacart dan juga email yang diberikan Alfacart masalah orderan dan jumlah nominal yang harus dibayar. Tepatnya tanggal 27 Oktober 2019 setelah saya kirim email ssaya mendapat tiket untuk keluhan tersebut

Satu hari, dua hari hingga tiga hari masih belum ada follow up dari pihak Alfa. Saya putuskan untuk telepon langsung. Saya menanyakan kelanjutan perihal masalah tersebut, katanya masih dicek oleh team support, disuruh menunggu nanti akan di-email. Oke saya tutup.

Satu minggu berlalu setelah saya kirim email, saya cek masih belum ada follow up juga, saya telepon lagi. Jawabannya sama, masih dicek team support nanti akan di-email. Dan hari ini saya cek lagi, masih tidak ada follow up juga di email saya. Saya balas email sebelumnya, untuk menanyakan kelanjutan maslaah tersebut, dan jawabannya pun sama: masih pengecekan oleh team support.

Sebenarnya sangat disayangkan sekali ya, dalam waktu lebih dari 7 hari masalah belum kelar juga. Memang nominalnya tidak seberapa hanya Rp25.000, tetapi menurut saya kalau memang tidak bisa memberikan potongan langsung mending dihapuskan saja voucher-nya. Kalau begini kesannya seperti memberikan harapan palsu kepada customer.

Akhirnya saya putuskan untuk menunggu saja, kalau misalnya diganti saya terima, kalau tidak saya juga tidak masalah. Saya hanya berbagi pengalaman saja. Mohon maaf jika ada kata saya yang tidak mengenakkan di hati pembaca.

Terima kasih.

Nur Anisah
Denpasar, Bali

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Alfacart atas Surat Ibu Nur Anisah

Sebelumnya kami berterima kasih kepada Ibu Nur Anisah telah mempercayakan Alfacart untuk memenuhi kebutuhan Ibu. Menanggapi surat Ibu Nur Anisah...
Baca Selengkapnya

N Annisa

Komentar

  • - closed -
    sudah clear ya, terimakasih untuk pihak alfacart
    sudah mentranfer kukurangan beserta konpensasi

  • Alfacart itu apa sih? Kita belanja online trus barangnya diambil sendiri dan pembayarannya kita lakukan offline di Alfamart terdekat? 🤔

    • Online shop kepanjangan alfamart lah.
      Mirip seperti klik indo & indomaret.
      Sayangnya yang digembar-gemborkan "duduk manis di rumah terima barang" kadang malah lebih merepotkan ketimbang jalan langsung ke toko sebelah.
      Makanya mereka banyak ngasih promo ini itu, secara sebagian besar orang juga sudah ngerti kalau kondisinya seperti kalimat saya di atas wkwkwk.