Surat Pembaca

Pelapak Terindikasi Penipu, Susahnya Refund di Bukalapak

Saya sudah sangat sering berbelanja online. Saya tidak menyangka kalau saya bakal mengalami hal ini. Pada tanggal 31 oktober 2019 saya membeli sebuah smartphone pada lapak Fitria Saputri. Seperti biasa saya chat dulu dengan pelapak. Chat-nya wajar saya jadi saya putuskan untuk percaya dan membayar sesuai harga yang tertera pada tagihan Bukalapak, yaitu sebesar Rp1.355.369 dengan nomor tagihan: BL19141Z113CINV dan nomor transaksi: 192509483556

Setelah membayar cash via gerai Indomaret saat itu juga saya menerima email dari Bukalapak kalau saya telah melakukan chat dan transaksi pada Akun yang telah terindikasi penipuan dan Bukadompet saya yang isinya hanya Rp500 itu saat itu juga dibekukan dengan alasan keamanan. Karenanya saya diminta untuk menginformasikan kepada mereka apakah saya menerima SMS/WA/BBM dari pihak yang mengatasnamakan Bukalapak yang berisikan link/tautan, atau apakah saya memberitahukan nomor OTP, dan mereka meminta saya mengganti password Bukadompet.

Saya juga menghubungi pelapak, yang kemudian meminta nomor WA saya yang katanya untuk ditulis di kartu garansi. Namun tidak saya berikan. Merasa ketahuan, pelapak akhirnya menutup lapaknya dan tidak bisa dihubungi lagi.

Saya juga sudah membalas email notifikasi tersebut dan menjelaskan bahwa saya tidak menerima SMS/WA/BBM apapun dan sudah mengganti password Bukadompet. Namun hingga sekarang tidak ada tindak lanjut dari email saya ini. Tidak dibalas dan Bukadompet saya tetap beku walau sudah ganti password sampai 4x

Saya akhirnya mencari bantuan lewat live chat Bukabantuan dan sudah berkali-kali, namun jawabannya sama: tunggu jawabannya, cek email secara berkala, kasus sedang ditangani oleh pihak terkait. Sudah 11 hari dengan jawaban yang sama.

Mohon tanggapan dari Bukalapak. Saya sudah lama tidak belanja Bukalapak. Ternyata setelah kembali ke Bukalapak hanya penyesalan yang didapat. Mohon segera proses permohonan refund saya.

Terima kasih.

Emcy Eka Padmasari
Palembang, Sumatera Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Tgl 18 Januari 2020. Sy juga kena tipu 2,4jt . Udh lama ngk pernah TRX di Bukalapak..eh malah ketipu.
    Mau lapor susah banget kalah cepat sama maling. Heran BL ngk punya niat baik udh bmyk korban tapi blm ada perbaikan sistem pencegahan dan kemudahan menghungi cs nya. Wis.. kapok belanja di BL. Malingnya dipelihara...

  • Saya juga kena tipu di BL tanggal 4 juni 2020, sebesar 800ribu, kemudian pelapak ada menghubungi saya via Wa dia bilang ada gangguan terus menerangkan mau mengembalikan via tf, saya kasih no rek saya.
    Setelah itu dia malah membobol mbanking saya via no rek saya dan no hp saya, total kerugian saya 2.1 juta, baru aja sekali belanja di BL udah dapet Hadiah yang wow, kapok demi apapun belanja di BL