Surat Pembaca

Aplikasi DANA Tidak 100% Aman!

Setelah 2 kali menelepon CS dengan durasi komunikasi hampir 1 jam, DANA tidak dapat memberikan solusi atau bantuan mediasi. Kejadian ini terjadi pada hari Minggu 17 November 2019, sekitar pukul 14. Saya salah melakukan transfer uang yang ada di aplikasi DANA ke nomor telepon yang seharunya 08193***57** menjadi 08193***75** senilai Rp300.000.

Kurang dari 5 menit saya menghubungi CS, dan meminta saya menghubungi nomor telepon yang saya salah transfer *75**. Namun nomor yang diberikan dinyatakan salah oleh operator. Untuk memastikan nomor saya menghubungi CS kembali.

Ternyata standar SOP CS DANA tidak sama. CS ini awalnya tidak mau memberikan nomor/alamat transaksi saya. Setelah beberapa belas menit akhirnya mau melakukan verifikasi data saya dan memberikan nomor yang dituju. Dan ternyata adalah nomor yang sudah MATI.

Setelah saya bertanya lebih jauh lagi, karena saya sudah coba menelepon kembali dan benar nomor tersebut sudah mati, CS DANA hanya meminta saya agar BERHATI-HATI dalam menggunakan atau BERTRANSAKSI dengan aplikasi DANA.

Lalu bagaimana saya menghubungi account tersebut bila nomor penerimanya saja sudah mati?!
Dan apa yang akan terjadi dengan dana yang salah tertransfer tersebut?

Aditya Pratama
Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan DANA atas Surat Bapak Aditya Pratama

Menanggapi surat pembaca yang ditujukan kepada kami oleh Bapak Aditya Pratama yang dimuat di mediakonsumen.com, pihak DANA telah menghubungi konsumen...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Kalau menurut saya ini bukan Dana yang tidak aman donk?
    Berdasarkan tulisan di atas, yang saya tangkap adalah hal tersebut disebabkan karena kesalahan pengguna (kelalaian user). Hati-hati dalam menyampaikan keluhan, nanti malah jadi fitnah, dan masuk dalam pencemaran nama baik.

    • secara teknis dana memang memiliki sistem yang kurang aman saat user melakukan kesalahan. padahal ada e-walet lainnya bisa tetap aman meski user yang melakukan kelalaian. dana secara default tidak menggunakan pin setiap transaksi maka fitur tsb harus diaktifkan manual oleh user. sehingga jika user lalai maka tidak terjamin lagi keamanannya. sudah ada kasus kehilangan puluhan juta hanya krn auth pin defaultnya off. berhati-hati gunakan walet digital jika belum memahami teknologi seutuhnya. saya lebih suka gunakan e-walet yg meski user lalai namun tetap aman yang pasti itu bukan DANA. maka jika anda memutuskan percaya kepada DANA seharusnya sudah siap terima resiko apapun yg terjadi dalam proses. meski dalam keluhan ini user yg lalai namun saya memahami kekesalan user karena pernah langsung mendatangi kantor DANA dan hanya bertemu dengan customer support muda yg kurang berpengalaman.

  • Ini sih kelalaian user ya, kedepannya harus teliti bro dan dari CS Dana harusnya memberikan solusi terkait uang transfer tersebut larinya kemana kalau nomor tujuan mati? Kalau secara sistem yang bener, dengan kasus nomor tujuan mati harusnya cancel otomatis dan kembali ke saldo pengirim. Bisa dijadikan pelajaran nih buat DANA

  • Lah mas, itu mah kesalahan sendiri kali. Siapa suruh salah nomor. Lain kali makanya lebih teliti lagi mas. Giliran salah mau nyalahin aplikasi DANA nya. Aneh. Lain kali hati-hati dalam menyampaikan keluhan ya mas, nanti malah jadi fitnah loh dan masuk dalam pencemaran nama baik.

    • Kalo emang orang yg nrima transferan itu jujur,pasti dibalikin lagi tu duit,inget waktu undian emas di dana,transfer2an ma org gak kenal,hanya modal kejujuran,dapat mah kagak emasnya hahaha

  • Masalah yg harus dijawab DANA: apakah kalo transfer ke nomor telepon yg tidak punya akun DANA, akan tetap diproses transaksinya? Atau kalo dalam kasus di atas, nomornya saja sudah tidak aktif. Jika jawabannya iya, ada benarnya jg dibilang DANA tidak 100% aman karena meneruskan transaksi ke nomor/akun yg tidak bertuan.

  • Pas gua baca keluhannya, ini mah kelalaian user sih. Masa nomor sendiri ga hapal. Dan sampe salah gitu. Mana gede lagi nominalnya. Lain kali lebih hati-hati lagi ya.. Dan jangan langsung ngejudge kalo aplikasi DANA tidak aman ya~

  • Waduh.. Kok bisa langsung ngejudge DANA ga aman sih ? Kan itu salahnya mas sendiri. Kenapa sampe salah nomor gitu :(

  • Pihak DANA juga bingung mau refund uang dari nomor ponsel yang tidak terdaftar di aplikasi DANA, apalagi nomornya sudah tidak aktif alias mati. Kesalahan transfer ini akibat kesalahan pengguna.

    Meskipun begitu, seharusnya sistem DANA bisa mendeteksi nomor ponsel tujuan transfer, jika tidak tercatat di DANA proses transfer "gagal".

    Sistem keamanan DANA sudah cukup bagus, saking amannya akun DANA, untuk mengganti nomor ponsel saja sulit, harus melalui proses verifikasi yang ketat. Juga untuk mendaftar ulang dengan UD yang sama tidak bisa meskipun nomor ponsel beda.

    Saya sudah 2 (dua) hari mengajukan penggantian nomor ponsel ke DANA tapi sampai sekarang belum diperbaharui, padahal saya sudah kirimkan syarat yang yang diminta oleh pihak DANA. Sedangkan e-wallet lain dan bank saja bisa ganti nomor ponsel sesuai ketentuan yang berlaku.

  • Saya masih menunggu penggantian nomor ponsel oleh @DANA, setidaknya satu Minggu kedepan karena nomor lama masih aktif sampai nomor ponsel saya unreg. Jika pihak DANA tidak mengganti nomor Ponsel terpaksa mengucapkan goodbye DANA.

    Adapun untuk mempertahankan akun DANA dengan nomor ponsel lama akan beresiko tidak bisa transaksi karena tidak bisa terima OTP, sedangkan untuk membuat akun baru ditolak oleh sistem DANA karena ID sudah tercatat di sistem DANA.

    Mudah-mudahan pihak DANA bisa segera mengganti nomor akun saya sebelum nomor ponsel tidak aktif. Jika tidak terpaksa uninstall DANA karena nomor ponsel sudah tidak aktif.

  • Setelah menghubungi kembali CS DANA, akhirnya kasus ini dapat diselesaikan.

    Terima kasih atas respon dari managemen DANA, terkhususnya Juan Almer (Head of Customer Care DANA).

    Semoga kedepannya Customer Care DANA dapat semakin optimal menangani keluhan pelanggan.

    Salam.

    • Kaa.. Aku mau nanyaa .. Kasuk d selesaikan oleh pihak dana maksdnya.. Uang my d kembalikan ke kaka ngga?
      Karna nomer mati itu ngg ada pemiliknya..
      Apakah uang kaka d kembalikan?