Customer Service Aplikasi Dana Tidak Memproses Permohonan Reset PIN Saya

Pada hari Minggu, 17 November 2019, saya mengisi saldo aplikasi Dana lewat ATM. Pada saat mau membayar makanan menggunakan Dana, saya baru sadar sudah salah transfer ke akun Dana yang sudah lama tidak saya pakai, bahkan PIN untuk membuka aplikasi Dana saja saya sudah lupa. Jadi merasa bersalah pada kasir restoran, karena harus menunggu lama supaya saya bisa membayar.

Saya pun mencoba klik link lupa PIN. Setelah berhasil memasukkan kode OTP yang dikirimkan ke no. hp saya, masih harus menjawab 4 pertanyaan antara lain:

1. Jumlah saldo Dana terakhir
2. Tanggal terakhir melakukan transaksi
3. Jumlah transaksi terakhir
4. Merchant atau jenis transaksi terakhir yang anda lakukan menggunakan Dana

Tentu saja saya tidak ingat lagi semua ini karena sudah lama sekali tidak memakai Dana. Saya hanya bisa memberikan bukti transfer terakhir ke akun Dana dan screenshot aplikasi MyTelkomsel yang membuktikan bahwa benar itu nomor handphone saya (aplikasi Dana menggunakan nomor handphone sebagai nomor akun rekening Dana).

Customer Care dari pihak Dana hanya menyuruh saya menunggu dan kasus ini dalam antrian panjang.

Keesokan harinya, customer care yang lain bernama Bhova mengatakan di email kalau mengisi saldo/top up ke akun Dana saya itu tidak termasuk transaksi, dan saya harus bisa menjawab 4 pertanyaan di atas.

Apa? Tidak termasuk transaksi? Uang saya yang masuk ke akun Dana itu dianggap angin lalu saja? Sungguh emosi saya membacanya, dan mengganggu konsentrasi bekerja saya di kantor.

Oh ya.. saya tidak tahu apakah nama Customer Care, Bhova itu nama asli atau tidak? Bisa tolong tunjukkan bukti KTP aslinya? Karena saya pakai nama asli saya di email.

Astaga.. entah sampai kapan masalah ini bisa diselesaikan.. sudah jelas jelas ada bukti bahwa itu benar akun Dana saya, dan saya hanya minta tolong diatur ulang pin nya supaya bisa mengakses aplikasi Dana.

Jangan terlalu kaku mengikuti prosedur perusahaan yang mengharuskan menjawab 4 pertanyaan itu, coba seandainya Anda lupa password email google, dan tidak bisa menjawab pertanyaannya, pasti ada cara lainnya. Dan untuk kasus saya, sudah dibuktikan bahwa benar adanya itu akun Dana saya, apalagi sih?

Di screenshot aplikasi MyTelkomsel ada tertera nomor handphone saya yang SAMA dengan nomor rekening akun Dana saya, dan ada bukti transfer ke rekening akun Dana juga.

Aplikasi Dana sudah memberikan diskon besar untuk penggunanya, untuk ini saya sangat berterimakasih. Promo diskon besar ini pastinya menjadi biaya yang besar pula bagi pihak Dana, sangat disayangkan bila usaha ini dibayang-bayangi oleh masalah masalah yang timbul dari penggunaan aplikasi Dana, dan perlu diketahui bahwa bukan hanya saya saja yang mempunyai masalah dengan aplikasi Dana, cobalah dicari di Google.

Di sisi lain, ada satu Customer Care ojek online sangat cepat mengatasi masalah para penggunanya dan tidak kaku dalam mengikuti prosedur, dan penyelesaiannya memuaskan penggunanya. Setelah masalahnya teratasi, ada survei pelayanan Customer Care . Mungkin system ini bisa diterapkan di Dana.

Saya pernah mempromosikan aplikasi Dana di media social saya, tapi setelah masalah ini yang belum selesai selesai juga, jadi berpikir ulang untuk menggunakannya lagi.

Akhir kata, tolonglah direset PIN akun Dana saya secepatnya.

Vera Mustika
Jakarta Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan DANA atas Surat Ibu Vera Mustika

Menanggapi surat pembaca yang ditujukan kepada kami oleh Ibu Vera Mustika yang dimuat di mediakonsumen.com, pihak DANA telah menghubungi konsumen...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Mba/Mas.. itu namanya bukan kaku. Tapi begitulah namanya prosedur keamanan. Saya pilih pakai DANA karena securitynya paten. Soal uang itu banyak potensi kejahatan, ya memang harus ketat securitynya. Jangan mengeluh, ikuti aja prosedurnya

    • saya sudah bilang ke CS Dana, saya sudah tidak ingat lagi soal transaksi apa saja yg pernah dilakukan, krn sdh lama sekali tdk dipakai, saya sudah mengikuti prosedurnya...

      • Saya setuju dengan sistem pengamanan ketat, tp ga gitu juga kali pertanyaannya. Bayangin kalo kita ditanyain transaksi terakhir di account yg udah lama ga kita pakai, mana inget coba? kecuali tiap kali transaksi kita terima email dari DANA, mgkn kita bisa track dari email itu. Bukan masalah malas atau tidak nya ikut prosedur tapi menurut saya security question nya yang rada lebay.
        DI rekening bank aja misal ditanyain, terakhir transaksi dimana, berapa nominal nya? emang bisa inget? apalagi klo transaksi nya banyak dan angkanya ga bulat

  • @danawallet ah inimah dasar aja pemilik akunnya yang malas ikuti prosedur. namanya jg prosedur keamanan pasti ketat

  • Hi Kak, bantu infokan terlebih dahulu nomor HP Kamu yg terdaftar di DANA via DM ya Kak. Thanks -RY-

  • UPDATE:
    Barusan CS Dana sudah menelepon saya dan menyelesaikannya.

    Artikel ini saya tulis juga demi kebaikan semua pihak agar kelak para pengguna Dana dapat dengan nyaman tanpa kendala memakai aplikasi Dana, dan perusahaan Dana juga bisa berkembang maju lebih baik lagi, terus terang saya senang dengan diskon2 nya.

    Jika perusahaan bisa maju, semua staff karyawannya juga mendapatkan manfaatnya jg, oleh karena itu bekerjalah sebaik-baiknya.

    Good Luck dan Terimakasih untuk CS Dana yang sudah membantu penyelesaiannya.

    • Mantaplah kalo udah beres,saran saya,minta non aktifkan aja akun dana yg lama,biar gak salah transfer lagi.