Akses Internet Lambat versus Layanan Customer Service IndiHome

Lebih dari empat tahun saya menggunakan IndiHome di nomor internet 121204204643 untuk memenuhi kebutuhan akses data. Koneksi internet yang stabil, tentu menjadi alasan mengapa saya masih betah menjadi pelanggan setia IndiHome, di tengah promo dahsyat dari provider kompetitor. Namun kurang lebih tiga bulan terakhir, kenyamanan akses internet sering terganggu mulai dari koneksi putus-putus, hingga seringnya koneksi lambat. Padahal tidak ada penambahan perangkat, serta tidak merubah habit untuk akses internet yang memerlukan speed ekstra.

Beberapa kali mencoba mencari solusi atas keluhan tersebut via call center 147, namun hingga saat ini masih belum tersolusikan. Solusi yang sudah dilakukan, mulai dari restart modem, dibantu reset dari pusat, hingga pernah juga didatangkan langsung teknisi ke lokasi. Bisa menikmati koneksi internet lancar hanya hitungan hari bahkan hitungan jam, lalu kembali melambat. Teknisi terakhir yang datang, menyarankan untuk dilakukan perpindahan paket lewat call center, karena paket yang aktif saat ini sudah sangat lama, yaitu paket triple play dengan kecepatan hingga 2 Mbps.

Saya menerima saran tersebut, sebagai harapan itu solusi akhir atas ketidaknyamanan menggunakan IndiHome. Kembali saya menghubungi call center untuk minta dibantu perpindahan paket ke dual play (tanpa UseeTV, karena sudah 2 tahun tidak digunakan dan tidak perlu) namun kecepatan diatas yang saat ini digunakan. Permintaan saya dieskalasi dan dijanjikan akan di hubungi oleh divisi terkait untuk perpindahan paketnya.

Lama saya menunggu konfirmasi dari divisi terkait, hingga mengharuskan saya menghubungi call center lagi, dan lagi-lagi customer service menyarankan saya untuk menunggu kembali, dan menjanjikan akan segera dihubungi oleh divisi terkait. Tidak sampai satu hari, saya dihubungi divisi terkait dan mengonfirmasi permintaan perpindahan paket. Tapi permintaan paket tidak dapat di eksekusi karena ada paket UseeTV yang aktif, sehingga menyarankan saya untuk datang langsung ke Plaza Telkom. Saat saya menyampaikan keberatan untuk datang langsung, percakapan terputus dan tidak ada upaya untuk menghubungi kembali.

Beberapa minggu kemudian saya mencoba menghubungi call center kembali atas keluhan utama saya; akses internet lambat dan sering terputus, solusinya masih standar yang itu-itu aja. Lalu di percakapan selanjutnya saya menanyakan, jika ingin ke Plaza Telkom untuk permintaan pindah paket dengan diwakilkan (karena nama yang terdaftar tidak bisa datang langsung), apa saja yang harus dibawa? CS Jaman hanya menyampaikan cukup membawa KTP yang terdaftar di IndiHome, serta membawa bukti pembayaran tagihan terakhir. Saat saya menanyakan perlu membawa surat kuasa? CS Jaman menjawab tidak perlu.

Sekitar pukul 14:00 di tanggal 20 November 2019, saya mendatangi Plaza Telkom Meruya untuk meminta dibantu perpindahan paket, dilayani oleh Rahma. Saya langsung menyerahkan persyaratan sesuai dengan info dari call center 147. CS Plaza Telkom meminta persyaratan tambahan yaitu surat kuasa, untungnya saya sudah menyiapkan, meskipun info dari call center 147 menyampaikan tidak perlu.

Namun kendala kembali muncul, yaitu tidak terpenuhinya syarat perpindahan pakat karena saya tidak membawa perangkat UseeTV yang mau dicabut. Saya menjelaskan tidak membawa perangkat tersebut karena tidak diinfokan oleh call center 147, serta perangkat tersebut sudah sangat lama tidak digunakan, dan saya lupa di mana menyimpannya. Satu hal yang membuat aneh, saat CS menyampaikan IndiHome saya belum fiber optic, sementara setahunan lalu sudah ada teknisi yang mengganti perangkat dari tembaga ke fiber optik. Alhasil selama ini saya menghubungi call center 147 nyaris tidak ada solusi yang solutif, dan datang ke Plaza Telkom pun nihil, tanpa ada kebijakan lain untuk menyelesaikan masalah utama saya; akses internet lambat.

Terakhir semoga tidak dipersulit lagi untuk permintaan berhenti dari layanan IndiHome, karena saya sudah mulai ragu dengan kualitas jaringan serta pelayanan yang tidak lagi senyaman dulu.

Irfan Adparudin
Karang Tengah, Tangerang
Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai Telkom Indihome:
Tanggapan PT Telkom untuk Bapak Irfan Adparudin

Kepada Yth Redaksi mediakonsumen.com, Terima kasih kepada mediakonsumen.com yang telah menayangkan surat keluhan pembaca Bapak Irfan Adparudin pada tanggal 22...
Baca Selengkapnya

Loading...

11 komentar untuk “Akses Internet Lambat versus Layanan Customer Service IndiHome

  • 22 November 2019 - (23:30 WIB)
    Emg kelewatan indihome saya pake paket 5 gb jarang akses internet sekali akses ngelaggg bener… Udah kecewa sama indihome makin ga bener aja… Lemot banget
    • 23 November 2019 - (06:48 WIB)
      Mohon maaf bu, saya memang bukan dari indihome tapi saya insyaallah bisa membantu ibu. Kalo boleh tau pertama tama untuk paket indihome 5gb itu yang mana ya? Setau saya paket indihome mulai dari 10Mbps hingga 300Mbps
  • 23 November 2019 - (00:01 WIB)
    Sangat menghabiskan waktu bukan wkwkwk.
    Pindah ke lain hati memang solusi yang sangat pantas untuk dipertimbangkan, karena di saat para kompetitor berlomba memikat hati para (calon) pelanggan, ISP yang 1 ini nampaknya merasa sudah dalam posisi yang mapan, sehingga terasa sama sekali tidak merasa perlu untuk memberikan servis/layanan yang membantu/meringankan beban pelanggannya.

    Kalau soal tidak sinkronnya kondisi di lapangan ataupun di CS by phone dengan plastel, ini mah sudah berita lama…

  • 23 November 2019 - (06:28 WIB)
    Indihome bukan makin BAIK makin BURUK kualitas nya..

    Sy ambil paket 20mbps bukan 10mbps..ini boro boro dpt 10mbps—> 5mbps aja gak sampe…harga 20mbps, 10mbps beda Loo.
    Trus hilang nya kemanaaa.?. Di bawa tikus kepala hitam apa jaringan bermasalah kalo jaringan bermasalah masa bisa 6 bln..
    Se misal kena FUF 20mbps max 75% masih dpt 5mbps menurut tabel indohome masih dpt 8mbps..

      • 24 November 2019 - (01:57 WIB)
        Saya baru 3 minggu berlangganan indihome,memang ada kalanya lemot banget, tp yg lebih heran lagi kenapa konsumen dipaksa dgn paket +Tv tp gada satupun channel yg bagus dan menghibur, semua sampah. yg akhirnya lbh memilih tv biasa non langganan. Dan tambahan aplikasi HOOQ, UseeTv atau iflix konsumen harus beli lagi utk bisa buka channel, hallooww.. Terlalu serakah utk malak customer.dipaksa membeli sesuatu yg gak berguna!! Kenapa gak ada pilihan paket internet doang sih?? Cari untung gede? Dgn memberi layanan yg bagus otomatis org akan menggunakan provide anda. Tp jika pelayanan buruk dan tak berguna, bersiaplah ditinggalkan costomer loyal anda perlahan. INGAT, belajarlah dari kisah hidup NOKIA.,brand besar jika tidak di maintain dan improved dgn baik pd akhirnya akan MATI tenggelam juga.
  • 23 November 2019 - (07:00 WIB)
    Kalo menurut saya memang layanan CS indihome sangat sangat sangatlahh buruk, mau itu di media sosial ataupun dengan menelepon call center 147, ketika kita mengeluhkan sesuatu pasti akan di arahkan pada jawaban yang sama setiap kalinya. Untuk saran saya sih, saya sudah pake indihome selama 3 bulan alhamdulillah belum ada kendala berarti, bilq ada kendala pun saya minta saran atau perbaikan ke sales yang dulu memasang perangkat indihome dirumah saya, alhamdulillah sales sekaligus teknisi itu juga baik jadi kendala hingga gangguan waktu itu bisa teratasi. Kadang saya mengeluhkannya lewat telepon atau kadang juga si teknisi datang ke tempat.
    • 24 November 2019 - (09:58 WIB)
      Saya lebih tragis lagi dari penulis…. Saya pengguna indihome fiber optik… Berlangganan sudah 2 tahun dan ketika ada perubahan pembayaran yg katanya ada kenaikan pembayaran sebesar 10 ribu rupiah saya mendatangkan ke plaza telkom… Dan menyakan tentang pembayaran tsb. Dan ternyata benar ada kenaikan sebesar 10 ribu… Tanpa ada pemberitahuan setelah itu saya juga minta menganti perpindahan paket dari paket triplay minta rubah 2 play…artinya pindah paket dari paket internet, tlp dan tv minta di rubah ke paket internet dan tv saja karena tlp sudah tidak pernah di pakai atau dari awal emang tidak ada pemberian pesawat tlp dari pihak telkom…. Setelah. Menggu 1 x 24 jam saya coba hubungi petugas telkom yg di aplikasi… Dan jawaban nya akan bantu percepatan dengan cara memfolow up laporan saya.. Dan saya harus nunggu 3 x24 jam… Setelah saya tunggu 3 x24 jam saya coba hubungi lagi melalui aplikasi my indihome… Jawaban nya sama cuman bisa bikin laporan percepatan dan folow up dan harus nunggu lagi 3 x 24 jam… Saya tetap mengikuti ketika setelah 3 x 24 jam yang ke dua telah lewat saya coba tanyakan lagi melalui tlp 147 jawaban dan solusinya saya harus ke plaza telkom terdekat… Supaya bisa bisa di bantu percepatannya akan tetap saya kaget setelah saya cek ternyata ada yg menggunakan tlp gratis bulanan saya yg seharus nya 100 menit sudah berkurang… Menjadi 73 menit sementara di rumah tidak terpasang pesawat tlp ketika saya tanyakan ke petugas di plaza telkom jawaban nya benar sudah terpakai dan sisnya 73 menit di situ saya merasa kecewa dan merasa kecurian oleh orang yg tidak bertanggung jawab…. Saya minta petugas telkom untuk bikin perjanjian seandainya tlp saya pembayaran membengkak karen tlp saya terpakai maka bukan karena saya dan keluarga di rumah tp oleh pihak lain dan pembayaran bukan akan tetap stabil seperti terkahir yg saya bayarkan karena tidak ada pemberian pesawat tlp dan tidak ada penggunaan tlp oleh saya dan keluarga…. Dan sampe tulisan ini saya buat saya sudah malas menyakan masalah down grade paket saya tp tiap hari saya akam selalu check paket saya apakah akan di curi lagi atau tidak….
  • 23 November 2019 - (07:11 WIB)
    Kalo ISI BBM kurang Volume nya keliatan,

    Kalo jaringan yg hilang selama costemer nya diem aja, dan gak tau cara liat speedtes nya 😁😁😁.
    Pasang 20mbps di kasih 5-10mbps juga gak tau..
    tau nya internet lemooot ada masalah jaringan udah titik koma jepret ntar aja internet nya…
    Tapi kalo yg ngerti dia pasti speedtes ya allah cm dpt 0.4mbps pantesan looding mulu…ntar siang di tes ya allah cm dpt 3.8mbps…sekian trimakasih pemirsa. Byee

  • 24 November 2019 - (07:14 WIB)
    Kalau ingin pindah provider yg lebih baik bisa langsung hub 08821948 31** (wa)
    Marketting yg dapat mengatasi permasalahan tanpa hub CS.

 Apa Komentar Anda mengenai Telkom Indihome?

Ada 11 komentar sampai saat ini..

Akses Internet Lambat versus Layanan Customer Service IndiHome

oleh Irfan Adparudin dibaca dalam: 2 min
11