Pasang Baru IndiHome Harus Beli Kabel Tambahan?

Hari Minggu tanggal 10 November 2019 kemarin saya mengecek melalui website IndiHome, apakah daerah rumah saya ter-cover jaringan IndiHome atau tidak. Ternyata hasilnya daerah rumah saya ter-cover jaringan IndiHome. Kemudian saya daftar pemasangan baru via aplikasi myIndiHome. Beberapa menit setelah berhasil memasukkan data melalui aplikasi, saya ditelepon oleh nomor 021-500620 dari pihak Telkom, yang memberitahukan akan disurvey oleh teknisi dan dijanjikan paling lambat 3 hari buat dipasang.

Setelah ditelepon, sejam kemudian teknisi survey ke rumah. Setelah foto-foto rumah, mereka izin pergi sebentar untuk mengecek titik ODP. Setelah itu mereka kembali ke rumah saya dan memberitahukan kalau jarak ODP ke lokasi rumah saya sekitar 250 meter. Sedangkan kabel yang disediakan kantor hanya 80 meter, sehingga butuh tambahan kabel 170-200 meter. Jika saya tetap ingin dipasang saya harus beli tambahan kabel tersebut sekitar 600 ribuan kepada teknisi tersebut. Jika tidak, saya disuruh menunggu dibangun titik ODP baru yang dekat rumah yang waktunya gak bisa dipastikan.

Karena saya membutuhkan sambungan internet segera, jadi mau tidak mau saya menyepakati untuk membeli tambahan kabel tersebut kepada mereka. Lalu mereka menjanjikan hari Senin esok harinya buat dipasang.

Namun hari Senin saya dikabarkan kalau pemasangannya dibatalkan untuk waktu yang tidak dapat dipastikan, karena diprioritaskan untuk yang mutasi terlebih dahulu dan tidak bisa untuk pasang baru. Saya pun kecewa kenapa hal ini tidak diinfokan dari awal ketika ditelepon oleh 021-500620, baik mengenai kabel tambah maupun mengenai tidak bisa pasang baru, serta prioritas hanya untuk mutasi saja.Kenapa saya bisa melakukan pendaftaran pasang baru melalui aplikasi myIndiHome? Yyang mana untuk mendaftar pun harus diminta verifikasi data kependudukannya juga.

Karena saya sangat membutuhkan jaringan internet di rumah, saya mencoba kembali menghubungi sales IndiHome melalui WA dan jawabannya tidak jauh berbeda dengan teknisi, kalau jarak ODP ke rumah saya 250 meter, sedangkan kabel dari Telkom hanya disediakan 150 meter. Jadi kali ini saya harus beli kabel tambahan 100 meter. Tapi sampai sekarang tidak ada progress-nya status pemasangan baru saya. Saya pun telah berkali-kali mencoba mempertanyakan progress pemasangan saya melalui message ke FP IndiHome di Facebook, tetapi jawabannya normatif, dan bahkan berbeda-beda alasannya.

Pertanyaannya:

1. Apa benar kalau jarak ODP ke rumah jauh harus membeli kabel tambahan dan biayanya dibebankan ke calon pelanggan? Padahal kan rumah saya sudah ter-cover jaringan IndiHome, buktinya Saya bisa melakukan pendaftaran dan mendapatkan kode pemasangan myir-10114808350001. Seharusnya tidak perlu tambah kabel kan logikanya?

2. Apa benar saat ini lebih diprioritaskan untuk pelanggan yang mutasi, sehingga calon pelanggan baru tidak bisa? Kalau seperti itu kenapa saya bisa melakukan pendaftaran pasang baru melalui aplikasi myIndiHome?

3. Berdasarkan SOP, berapa lama proses pemasangan baru dari mendaftar sampai dengan terpasang? Karena ini saya sudah 2 minggu tidak ada kejelasan lagi baik dari Telkom maupun Teknisinya. Apa memang serumit dan selama ini jika ingin melakukan pemasangan baru atau memang sudah tidak butuh pelanggan baru lagi?

Demikian keluh kesah saya sebagai calon pelanggan IndiHome. Semoga dapat ditanggapi dan dicarikan solusinya, karena saya sangat membutuhkan sambungan internet di rumah saya.

Terima kasih.

Andre Mei Budiartarto
Kode pemasangan #myir-10114808350001
Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Telkom IndiHome:
[Total:251    Rata-Rata: 2.5/5]
Tanggapan PT Telkom untuk Bapak Andre

Kepada Yth. Redaksi mediakonsumen.com, Terima kasih kepada mediakonsumen.com yang telah menayangkan surat keluhan pembaca Bapak Andre pada tanggal 24 Nopember...
Baca Selengkapnya

Loading...

15 komentar untuk “Pasang Baru IndiHome Harus Beli Kabel Tambahan?

    • 25 November 2019 - (16:46 WIB)
      Permalink

      lokasi rumah bapak dimana ?
      kalau di jaerah Jakarta selatan mah
      saya yang masang pak
      tidak perlu embel embel

    • 21 April 2020 - (14:15 WIB)
      Permalink

      Hal yg sama hari ini saya alami…
      Teknisi tidak berani pasang dengan alasan kejahuan. Sempat saya inisiatif tambah kabel jawabannya pun sama tidak berani… Tolonglah pihak telkom

  • 25 November 2019 - (07:24 WIB)
    Permalink

    1.setau saya memang dr kantor dapat 150m. kalo lebih dr 150 memang harus tambah kabel. dab itu bukan provider indihome doang. semua provider begitu kalo tambah kabel. Lalu kalo sampe jarak odp ke rumah 250 meter. Mending jangan dipaksa pake indihome. Makin jauh odp kerumah rawan los. Nnt internet bermasalah

    2. Untuk pelanggan mutasi memang dipriotitaskan mutasi dulu. Dari yg masih pake tembaga ke optik. Tp setau saya tidak lama. Jika untuk pendaftaran, mereka akan memang buka terus walau odp penuh. Jika kita daftar dan ternyata slotnya penuh maka nama kita dimasukin ke data cadangan.

    3. Untuk pemasangan dr daftar baru sampai pemasangan, saya cuma 2 hari. Hari ini daftar, langsung verifikasi, besoknya teknisi datang untuk pemasangan

    • 25 November 2019 - (21:18 WIB)
      Permalink

      Psb & Migrasi itu Prioritas utama pak , tapi kalau untuk psb dengan jarak 150m keatas itu ada tim tersendiri yg mengurus seharusnya mereka yg bertanggung jwb untuk menyiapkan kabel fiber roll khusus pelanggan yg begini , berhubung sy mantan teknisi indihome jadi tau banget lagipula selama sy jadi teknisi utk tarikan 200/250/300m itu gapernah yg namanya ada biaya tambahan , hanya saja memang perlu waktu sampai WO yg diutamain selesai , dan biasanya ngurus yg begini butuh waktu seminggu .

    • 26 November 2019 - (02:03 WIB)
      Permalink

      Jawaban pertanyaan :
      1. Tidak, karena jika jarak penarikan di luar dari SOP berarti untuk sementara tiket pemasangan baru belum bisa untuk di realisasi dan data akan di kumpulkan untuk pertimbangan penambahan jaringan bahwa benar di sekitar lokasi banyak pelanggan yang terkendala , dan untuk anda bisa atau tidak nya mendaftar via aplikasi mungkin ada kendala pada gps anda melenceng sehingga tidak pada posisi lokasi yang benar ,
      Dan sangat di harapkan agar anda tidak membeli kabel tambahan tersebut, karena itu sudah melanggar SOP dari PT.TELKOM dan dapat berdampak kerugian bagi perusahaan dan calon pelanggan, hal ini biasa nya di lakukan oleh pelanggan yang ngotot tetap di pasang dan oleh oknum teknisi yang mengambil keuntungan sepihak

      2.SALAH karena semua pelanggan merupakan prioritas utama bagi perusahaan baik pemasangan baru ataupun migrasi, akan tetapi kembali kepada tujuan awal dari pembangunan odp tersebut bedasarkan permintaan data migrasi atau pasang baru kepada pihak pembangun

      3.Lama proses pemasangan maksimal 3 hari dan selebih dari itu atau karena terkendala gangguan alam (hujan, tiang roboh dan sbgnya) akan langsung di konfirmasi dari teknisi maupun helpdesk terkecuali kendala jaringan akan langsung di konfirmasi oleh teknisi yang mensurvey di lapangan

  • 25 November 2019 - (08:48 WIB)
    Permalink

    peraturan baru untuk pemasangan pelanggan minimal 300m lebih dri 300m tidak di berlakukan untuk PSB jika di paksakan pasang baru lebih 300 m akibatnya teknisi yg susah di saat ada gangguan..

  • 26 November 2019 - (07:26 WIB)
    Permalink

    Masalah Sudan terselesaikan, jaringan tela terpasang dirumah Saya senin 25 november 2019 ke marine dental baik Dan lancar, Tanpa ada tambahan biaya kabel.
    Terima kasih Telkom atas response cepatnya
    Terima kasih mediakonsumen.com yg tela mau menerima Surat pembaca Saya.

    • 27 November 2019 - (03:16 WIB)
      Permalink

      Klo saya simak di postingan nanya solusi sama teknisi begitu dikasih malah diramein mendingan ngak usah nanya

      Kasian teknisinya pasti dipecat aduh ada2 aja

  • 6 Juni 2020 - (23:04 WIB)
    Permalink

    Saya juga tadi pagi mau pasang wifi ternyata teknisinya bilang gak bisa karena kejauhan astagaa terus katanya sekitar 300meter dari rumah jaraknya yaampun ribet banget hari senin aku refund dana aja deh padahal butuh banget sama wifi eh malah ribet gini

  • 11 Juni 2020 - (12:23 WIB)
    Permalink

    Akhir April 2020 saya daftar lewat online. Karena kebutuhan 5 anak saya Untuk belajar dari rumah Learning from home

    Teknisinya tidak mau pasang, Alasan pertama ODP penuh. Setelah saya telpon komplain ke 147 dan komplain teknisinya. Beberapa hari kemudian teknisinya datang lagi cek ke odp lain yg terdekat dg rmh saya ternyata ada yg kosong/tersedia, tetapi teknisinya tidak mau pasang juga, alasannya kejauhan padahal tidak sampai 150 meter. Alasan berikutnya karena melewati rumah warga.

    Padahal saya sdh menawarkan ke teknisi tersebut supaya saya bantu izin ke warga karena semua tetangga sdh kenal dekat dg saya.

    Akhirnya dana saya direfund. Saya komplain lagi ke 147 alasannya ODP penuh, oleh CS 147 disarankan daftar lagi bulan berikutnya.

    Oke… saya daftar lagi ke plaza telkom summarecon, tgl 5 juni 2020, ajaibnya.. Setelah 1 pekan saya cek ke 147 ternyata saya belum didaftarkan oleh CS di Plaza telkom summarecon. Padahal saya sdh datangi langsung ke kantornya Dan sdh tandatangan di atas materai.

    Bagaimana ini indiehome?
    Saya masih percaya dg indiehome bisa menyambungkan internet ke rumah saya..

    Apa yg harus saya lakukan?

    ilhamudin
    Telkom registrasi ID
    MYIR-10171513070001
    Atas nama Zahiratul Hauna Taqiyyah (anak saya)

  • 12 Juni 2020 - (00:51 WIB)
    Permalink

    Setelah baca komen2 di atas ternyata pengalamannya sama. Tadi siang mau pasang, kata teknisi jarak kejauhan. Ada tambahan biaya kabel dan banyak gangguan2 katanya. Saya pun g begitu ngerti dg bahasanya. Lantas saya bilang kalo susah gt ya sudah g usah saja. Tetapi saya sendiri berpikir apa iya cara Telkom melayani dg pola semacam itu. Hmmmmm

  • 26 Juni 2020 - (13:12 WIB)
    Permalink

    Kasusnya hampir sama dengan saya, kalau saya tidak ada tiang penyangga atau tiang tambahan, jadi teknisinya menyarankan saya untuk pasang tiang sendiri, tiang sudah terpasang eh itu teknisi malah lapor ke bagian administrasi bahwa lokasi saya terlalu jauh padahal kalau ambil jarak kurang dari 200 meter, dan itupun sudah bantu dengan pasang tiang sendiri, sudah pasang tiang sendiri itu teknisi malah kabur gak ada informasi dan men-cancel pemasangan di lokasi saya haduuuuh! Ngasih saran dan solusi tapi tak bertanggungjawab teknisi nya.

 Apa Komentar Anda mengenai Telkom IndiHome?

Ada 15 komentar sampai saat ini..

Pasang Baru IndiHome Harus Beli Kabel Tambahan?

oleh Andre MB dibaca dalam: 2 min
15