Surat Pembaca

Reksadana Tokopedia “Maintenance”, Saldo Investasi 20 Juta Rupiah Menghilang

Hari Rabu, 27 November pukul 10:26 WIB saya melakukan transaksi pembelian Reksadana Pasar Uang Mandiri Syariah via KlikBCA di Tokopedia sebesar 20 juta rupiah dan telah dinyatakan berhasil dengan ORDERID 3656346. Saya cek saat itu Total Investasi Reksadana saya memang sudah bertambah sesuai nominal pembelian. (Gambar 1 – Screenshot Email Notifikasi Pembayaran Reksadana 20 juta rupiah Berhasil & Gambar 2 – Screenshot Riwayat Pembelian Reksadana Aplikasi Tokopedia).

Sekitar pukul 12.00 WIB di hari yang sama, saya coba buka menu reksadana, namun ada maintenance Reksadana dari Tokopedia sehingga total investasi reksadana tidak dapat dilihat (Gambar 3 – Reksadana Tokopedia Maintenance).

Sekitar pukul 18.00 WIB saya coba cek lagi di hari yang sama, reksadana Tokopedia sudah selesai melakukan maintenance. Namun, total investasi reksadana saya berkurang menjadi 36 rupiah saja. Saldo 20 juta rupiah yang sebelumnya sudah masuk total investasi menghilang setelah maintenance.

Karena saya khawatir, saya coba melakukan pembelian lagi reksadana yang sama namun dengan nominal kecil 10 ribu rupiah via OVO CASH pukul 18.24 WIB dengan ORDERID 3659753. Transaksi sukses, namun total investasi reksadana saya tidak juga bertambah seperti biasanya (Gambar 4 – Screenshot Total Investasi 27/11/19 Pukul 18:27 WIB).

Esok harinya, Tanggal 28 November 2019, sesuai waktu maksimal penambahan reksadana yang seharusnya 1×24 jam hari kerja, saya cek lagi total investasi reksadana ternyata sudah bertambah, namun hanya 10 ribu rupiah saja. Saldo 20 juta rupiah saya masih belum ter-update. (Gambar 5 – Screenshot Total Investasi 28/11/19 Pukul 11:04 WIB).

Sebelumnya, saya sudah coba komplain melalui Menu Bantuan Aplikasi Tokopedia dengan ID Laporan 15951640. Namun jawaban dari CS Tokopedia sangatlah tidak membantu, saya disuruh menunggu dan terus menunggu.

Mohon pihak TOKOPEDIA segera memunculkan saldo reksadana 20 juta saya yang belum ter-update / hilang. Entah hal ini terkait atau tidak dengan maintenance tanggal 27 November 2019 yang terjadi di siang hari.

Terima kasih.

Singgih Parwira
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Hanya sekedar informasi saja, kalau ingin tau group yang membahas Reksadana dapat join ke https://t.me/joinchat/C-7u9z_h5RT1_M4xM5bc-w . Di sana ada pembinanya dan sering sharing juga pengalaman kawan-kawan dalam ber Investasi di ReksaDana. Kalau ada program Cashback akan di infokan juga. Berbagi info bersama dan diskusi bersama. Semoga bermanfaat.

  • Update Final :
    Tanggal 10 Desember 2019 Sekitar Jam 7 Malam WIB permasalahan dengan pihak Tokopedia sudah diselesaikan dengan baik.

    Terima kasih kepada Tokopedia yang sudah memberikan solusi terbaik untuk kasus ini. Semoga kedepannya respon terhadap keluhan masalah bisa lebih ditingkatkan

    Terima kasih juga kepada mediakonsumen yang sudah memuat surat pembaca saya.

  • Sangat membantu dan bermanfaat,, alhamdulilah selama ini sesuai dengan harapan dan semoga toped dan bareksa selalu amanah