Surat Pembaca

Mau Tutup Kartu Kredit Bank Mega, Malah Dipersulit!

Saya Feni, saya sudah menggunakan kartu kredit Bank Mega sejak 2008. Nomor kartu saya: 4201 9200 62** **05 jenis Gold. Pada tanggal 29 November 2019 saya menelepon CS Bank Mega perihal penutupan kartu kredit. Semua tagihan sudah saya pastikan LUNAS. Namun pihak CS sangat berkeras dan mengatakan “Jika tidak mau pakai kartu Kredit Bank Mega, kartunya disimpan saja”.

Saya sudah sangat emosi, sudah berbicara lama, makan pulsa, saya bahkan bilang kalau saya tidak bisa bayar bagaimana? Sampai kalau saya dicerai suami karena pakai kartu kredit Bank Mega lagi bagaimana? Namun jawaban CS tetap sama yaitu “Disimpan saja bu kartunya, tidak usah dipakai”.

Saya bilang kartu akan saya buang. CS mengatakan kalau sudah dibuang buat laporan blokir kartu saja. Saya tahu CS akan dapat poin buruk jika ada customer yang berhasil menutup kartu, tapi ini sudah sangat tidak beretika! Akhirnya setelah debat panjang saya hanya bisa memblokir kartu, dengan nomor laporan: REV 7093454 (CS: Kania).

Saya khawatir ke depan akan tetap ada biaya lagi karena kartu kredit tidak dalam status ditutup tapi hanya terblokir. Bank Mega, tolong ditindaklanjuti!

Feni Elvira
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Bank Mega atas Surat Ibu Feni Elvira

Kepada Yth Redaksi mediakonsumen.com, Sehubungan dengan surat Ibu Feni Elvira di mediakonsumen.com (30/11), “Mau Tutup Kartu Kredit Bank Mega, Malah...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • kak pas pertama bikin cc itu lampirin apa aja supaya bisa jadi sah bikin kartu nya? Saya jg takut krn kemarin ada yg tanya2 lewat tlp dari bank mega tiba2 nawarin cc yg dengan memaksa hrs membuat

  • Akibat covid ini saya telat dan terus ditelpon...bagaimana cara saya menutup kk bank mega ini ..sementara saya masih ada tunggakan
    Apakah saya bisa ajukan penutupan

  • Saya akhirnya berhasil setelah berdebat dengan pihak penutup kartu selama hampir 1 jam! Pihak penutup kartu di Bank Mega mungkin sudah sangat terlatih dan punya SOP yang ketat untuk mempersuasi nasabah yang hendak menutup kartu. Kita mau emosi, marah-marah, beri alasan apapun, mereka akan tetap keukeuh agar kita membatalkan penutupan. Mereka sudah sangat terlatih mendengarkan alasan apapun dari nasabah. Kecuali kita punya daya tahan untuk bernegosiasai dengan mereka, silahkan lanjutkan sampai 1-2 jam. 1 jam itu kemungkinan sudah limit psikologis untuk berdebat.

    Solusi lain yang bisa digunakan adalah minta nomor kartu di-blokir, lalu minta kartu baru. Kartu baru ini belum diaktivasi (dan tidak usah diaktivasi). Ini opsi yang tadi hampir saja saya pilih, tapi akhirnya CS-nya yang menyerah dan menyetujui penutupan kartu.

    Opsi lain seperti dari Sdr. Ade di atas. Pergi ke bank Mega, lalu minta CS-nya menutup kartu kita. Pihak CS akan menelponkan bagian penutupan kartu (setidaknya kita tidak bayar pulsa untuk telepon CS). Kalau kita sudah mentok gak berhasil menutup, serahkan teleponnya ke pihak CS dan sampaikan entah gimana caranya, kartu kredit harus ditutup. Biar pihak CS yang berdebat sendiri dengan bagian penutupan.

    Semoga berhasil.