Pemotongan Rekening CIMB Niaga IB Xtra Wadiah Tanpa Persetujuan Nasabah

Dear CIMB Niaga,

Sehubungan dengan baru sadarnya saya dengan adanya pemotongan dana dari akun tabungan saya, yaitu tabungan IB Xtra Wadiah dengan akun rekening 760694106XXX sebesar Rp 17.500 per bulan. Saya merasa kecewa karena belum diinformasikan secara personal ke saya perihal informasi pemotongan ini. Padahal untuk informasi promosi produk kalian selalu publish secara personal lewat email ataupun SMS. Masa informasi sepenting ini kalian tidak infokan secara personal ke nasabah? Bukannya kontak email dan nomor telepon ada dalam database Bank?

Sebelumnya juga dulu (saya lupa tepatnya kapan) ada aturan baru terkait potongan wajib Rp6.000 per bulan untuk biaya pulsa SMS yang dibebankan ke nasabah untuk info tiap transaksi yang masuk dan keluar. Padahal saya sendiri pun tidak mengiyakan menggunakan fasilitas SMS ini. Walaupun nyesek tapi potongan ini saya terima saja tanpa komplain apapun, walau merasa fasilitas ini kurang berguna bagi saya sendiri.

And then ada lagi aturan baru bank dimana aturan ini hanya sebelah pihak saja, yaitu potongan Rp 17.500, yang bernama ‘Fall bellow fee‘. Setelah saya cari tahu dari berbagai sumber, ternyata itu potongan yang bernama ‘fall bellow fee‘ yang mana dari aturan tsb ada syarat yang pasti saya tidak bisa penuhi atau mungkin banyak juga dari nasabah lainnya. Yaitu threshold dana yang disimpan Rp25 juta perbulan, atau 1 juta perhari, itu sangat berat. Karena memang saya hanya nasabah berpenghasilan rendah.

Mohon maaf dengan kata lain saya samakan itu dengan biaya paksaan dari bank kepada nasabah berpenghasilan rendah seperti saya, akibat tidak mampu memenuhi syarat baru yang dibuat bank sendiri dengan tanpa melibatkan nasabah dan tanpa dilakukannya pemberitahuan personal ke nasabah dahulu. Saya rasa ini bertentangan langsung dengan konsep syariah, yang mana konsep adanya akad perjanjian yang dipahami dan dengan persetujuan kedua belah pihak.

Potongan sebesar Rp17.500 + 6.000 per bulan itu sangat berarti untuk nasabah berpenghasilan rendah seperti saya. Jadi mohon dengan sangat CIMB niaga mengevaluasi aturan tsb. Sebelum banyak nasabah fasilitas tsb berpaling ke bank lain karena kekecewaannya.

Terima kasih,

Dani Hamdani
Kota Depok, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan CIMB Niaga atas Surat Bapak Dani Hamdani

Dengan hormat, Sehubungan dengan surat Bapak Dani Hamdani yang berjudul: “Pemotongan Rekening CIMB Niaga IB Xtra Wadiah Tanpa Persetujuan Nasabah”...
Baca Selengkapnya

4 komentar untuk “Pemotongan Rekening CIMB Niaga IB Xtra Wadiah Tanpa Persetujuan Nasabah

  • 2 Desember 2019 - (10:47 WIB)
    Permalink

    Maaf, saya tidak ngerti sama sekali soal produk tipe tabungan tersebut, tapi yang saya tahu: umumnya jenis tabungan yang memberlakukan “denda” untuk saldo di bawah nilai minimum tertentu itu adalah jenis tabungan yang memang “bukan untuk sembarang orang,” maksudnya: memang untuk orang2 yang ada kemampuan untuk mempertahankan saldo sejumlah tertentu.

    Seharusnya setiap bank pasti ada juga jenis tipe tabungan yang tidak memberikan denda berapa pun juga nilai saldo nya. Jadi bagi nasabah2 “biasa” (baca: orang kebanyakan), pilihlah tipe tabungan yang seperti ini, yang tanpa denda kalau di bawah saldo minimal.

    Zaman now memang mesti pintar2 mencari bank maupun tipe tabungan, karena macam2 kondisinya, ada bank yang demen nagih biaya2 bulanan (sebagai contoh ya biaya SMS itu), tapi banyak juga bank yang gak pake biaya2 seperti itu.

  • 1 Februari 2020 - (02:08 WIB)
    Permalink

    Saya pake CIMB Niaga, produknya namanya TabunganKu iB Wadiah. Tidak ada potongan biaya administrasi bulanan rekening atau biaya administrasi bulanan kartu debit.

    Sebelum bikin rekening baik2nya baca dulu dengan detail S&K bank. Saya mahasiswa yang lagi pengen nabung, makanya buka TabunganKU iB Wadiah. Sekalian rekening itu juga sy pake untuk transaksi deposit pulsa.

    Dan syukur sampai sekarang sy ga dapet masalah apa2

 Apa Komentar Anda mengenai Tabungan CIMB Niaga IB Xtra Wadiah?

Ada 4 komentar sampai saat ini..

Pemotongan Rekening CIMB Niaga IB Xtra Wadiah Tanpa Persetujuan Nasaba…

oleh Dani H dibaca dalam: 1 menit
4