Kecepatan Internet Telkom IndiHome Tidak Sesuai dengan Paket

Nama saya Senjaya. Surat pembaca ini mungkin agak panjang tapi harus saya tulis sejelas-jelasnya supaya pihak Indihome paham jelas apa permasalahan saya.

Pada tanggal 5 Desember 2019, saya dihubungi oleh salah seorang wanita dari pihak Telkom di nomor 021-1500755 yang menawarkan upgrade paket Indihome saya dari 40 Mbps menjadi 100 Mbps. Sebelum menerima penawaran tersebut berulang kali saya tanyakan apakah lokasi saya mampu mendapatkan kecepatan 100 Mbps dan dikonfirmasi oleh wanita tersebut bahwa dari sistem sudah mendukung. Saya menerima tawaran tersebut dan di tanggal 8 Desember 2019 pagi saya melihat dari aplikasi myIndhihome, bahwa Indihome saya sudah di upgrade menjadi 100 Mbps.

Langkah pertama yang dilakukan semua orang tentu mengecek kecepatan tersebut melalui speedtest.net. Saya mengecek melalui 2 media, komputer dengan kabel LAN dan ponsel saya dengan WIFI. Namun saya mendapatkan keanehan, komputer dengan LAN bisa mendapatkan kecepatan 98 Mbps tetapi ponsel hanya di angka 48 Mbps. kecurigaan saya bertambah ketika saya memakai komputer saya untuk download dari berbagai sumber, kecepatan download hanya di sekitar 6MB/s (sekitar 50 Mbps). Saya telepon 147 pada hari itu juga dan dibantu restart jaringan, namun tidak berpengaruh apa-apa. Saya meminta 147 untuk mendatangkan teknisi ke lokasi saya guna mengecek ada kesalahan apa dan dijadwalkan akan datang keesokan harinya.

Pada Malam hari pukul 7 di tanggal 8 Desember 2019 saya mencoba internet saya, ternyata kecepatan sudah sesuai yakni di 100 Mbps dan saya mengkonfirmasi ini dengan berbagai perangkat ponsel dan juga tes download, semua sesuai paket. Pada saat itu saya mengira masalah telah selesai. Namun setelah jam 00.00 kecepatan turun kembali ke 50 Mbps untuk pemakaian real.

Besoknya, tanggal 9 Desember 2019 teknisi bernama Fahmi datang kerumah saya dan mengecek. Setelah berbagai upaya oleh teknisi tersebut dilakukan kecepatan tidak juga berubah dan masih di 50Mbps. Teknisi dan orang kantor dari teknisi tersebut malah menyalahkan program Internet Download Manager yang saya pakai mengakibatkan kecepatan download menjadi lambat. Saya jelaskan ke teknisi tersebut bahwa program IDM saya justru membantu memaksimalkan kecepatan download dan saya buktikan ketika saya mematikan program tersebut kecepatan download hanya dapat sekitar 3MB/s (25Mbps).

Teknisi dan partnernya di kantor tersebut menekankan bahwa jika Speedtest dari komputer sudah 100 Mbps, maka sudah tidak masalah. Bagaimana mungkin saya terima pernyataan tersebut? Buat apa speedtest 100 Mbps tapi kenyataannya hanya 50 Mbps. Teknisi tersebut pun pulang tanpa berhasil memperbaiki masalah saya.

Pada malam hari di tanggal 9 Desember 2019, pukul 7 malam, kecepatan internet kembali normal di 100 Mbps. Hal ini saya test lagi di semua perangkat saya, dan saya mulai curiga apakah 100 Mbps yang saya dapat hanya berlaku pada pukul 7 malam – pukul 12 tengah malam? Saya coba pada pukul 11.50 kecepatan download masih di 94.49 Mbps (100 Mbps) dan setelah lewat jam 12, tepatnya pukul 12.13 kecepatan download menurun menjadi 48 Mbps (50 Mbps). Saya cantumkan bukti screenshot di bawah, dan juga saya mengirimkan bukti ini kepada teknisi Fahmi. Saya pun melaporkan ke 147 dan pihak 147 mengatakan kemungkinan ada masalah di bagian teknis yang menangani bandwidth pelanggan.

Hari berikutnya di tanggal 10 Desember 2019, tidak ada teknisi yang datang, hanya ada telepon dari orang Telkom yang cuman mengkonfirmasi apakah Indihome saya sudah beres. Setelah itu tidak ada lagi upaya dari Telkom. Malam harinya kejadian berulang, 100Mbps saya dapat hanya pukul  7 – 12 malam. Saya juga menghubungi Telkom 147 pada hari ini untuk menanyakan permasalahan saya dan hanya dibuatkan laporan untuk di-follow up.

Hari berikutnya di tanggal 11 Desember 2019, juga hanya dapat telepon konfirmasi, yang sama sekali tidak membantu saya. Saya pun tidak sabar dan mendatangi Plaza telkom di Jl. Putri Hijau MEDAN. Setelah mengantri 1 jam, saya dibantu oleh salah satu CS, dan oleh pihak CS juga tidak bisa membantu saya. Mereka hanya mengatakan akan follow up ke atasan mereka. Saya pun pulang dan tidak lama kemudian saya mendapatkan telepon dari Telkom yang menanyakan apakah saya menggunakan Indihome saya untuk keperluan bisnis atau rumahan.

Saya dicurigai oleh Telkom karena ada 40 device yang terhubung ke internet. Dimana saya jelaskan ke mereka bahwa penggunaan internet saya hanya untuk pribadi. 40 device yang terkoneksi itu juga wajar, karena saya memakai banyak alarm, IP camera, home switch, dan berbagai ponsel yang terhubung ke jaringan Indihome. Saya meminta pihak Telkom mengecek kondisi rumah saya jika mereka curiga ke saya. Dan juga hal ini bukan penyebab kecepatan saya menurun, karena pada tanggal 11 Desember pukul 7 – 12, kecepatan juga kembali naik ke 100Mbps.

Saya menuliskan Surat Pembaca ini kepada pihak Telkom, supaya tidak selalu menyalahkan konsumen atas semua permasalahan. Jelas sekali saya memberikan info yang jelas dan tranparan supaya masalah cepat terselesaikan. Dan perlu diingat masalah ini muncul karena penawaran yang dilakukan Telkom sendiri, saya tidak pernah meminta untuk naik ke 100Mbps.

Jika jaringan tidak mumpuni, tolong jangan tawarkan paket kepada konsumen. Lagian Jaringan Telkom seharusnya mumpuni karena kecepatan bisa maksimal, hanya saja pada saat pukul 7 malam hingga 12 tengah malam. Saya membayar 100 Mbps tapi hanya mendapatkan 100 Mbps di Speedtest komputer+LAN, sedangkan di pemakaian asli dengan download hanya di 50Mbps. Ini sudah termasuk pembohongan ke konsumen.

Saya meminta pihak Telkom untuk segera mencari penyebab masalah ini, memperbaiki masalah ini dan juga memberikan kompensasi atas kerugian yang saya alami.

Terima Kasih.

Senjaya
Medan, Sumatera Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan PT Telkom Witel Medan atas Surat Bapak Senjaya

Dengan adanya keluhan tentang “Kecepatan Internet Telkom IndiHome Tidak Sesuai dengan Paket” oleh salah satu pelanggan setia kami, maka untuk...
Baca Selengkapnya

Komentar

    • Tapi menurut aku Indihome gak separah firts media, yg tiba2 tanpa memberitahu menaikan tagihan dengan alasan upgrade speed, tapi kenyataannya malah saya test speed tidak bertambah malahan setiap seminggu 3x jaringan selalu mati, tapi apa memang provider internet semuanya sangat menyebalkan? Ketika customer ditelpon alasannya selalu begitu seperti sudah disiapkan alasan untuk menjawab consumen, saya ingin mencoba BIZNET tapi setiap provider tidak bisa mencakup jaringan ke daerah tertentu.

  • Telkom Paket nya Bukan Dedicate Mas. Jadi Up to 100 Mbps. Jadi ada jalur 1 di buat beberapa rumah. Memang Indihome bahasa marketingnya 100 Mbps. Tapi aslinya ya jam tertentu saja, jika 1 jalur yang mas gunakan itu sepi bisa mendapat 100% Bandwitch. Paket Internet layanan Indihome Masih Jauh Dari Kata Jujur 1:1. Semoga setelah menteri BUMN Rombak Total Jajaran Telkom Biar bisa berbenah diri anak perusahaan telkom khususnya Indihome. Biar lebih baik dan jujur.

    • Saya ngerti Internet dedicated seperti produk Nusa. Memang ini bukan dedicated. Namun agaknya ini juga bukan alasan. Karena di jam 7 - jam 12 speed bisa kencang. Harusnya di jam lainnya juga bisa. Walaupun ga 100Mbps penuh seenggak nya 80%-90% juga sudah cukup. Namun ini terlihat jelas bahwa hanya mentok di 50Mbps. Bahkan real speed dibawah itu. Jelas saja tidak sampai 50% kecepatan yg ditawarkan. Kalau jadi anda saya rasa anda juga tidak terima.

    • Komentar yang bagus, gan. Sesuai dengan kenyataan, Paling lelet jam tujuhan malam

  • Bapak Senjaya setahu saya pruduk Indihome itu menawarkan paket internet up to bukan dadecated jadi 100mbps itu batas kecepatan maksimalnya dan kecepatan bisa saja turun pada saat tertentu seperti jam sibuk, belum lagi anda mempunyai 40 devices yang pasti kecepatan dibagi ke 40 devices tadi .Untuk pengukuran lebih akurat coba matikan semua device dan sisakan 1 untuk dilakukan pengecekan dan pastikan server downloadnya yang mempunyai bandwidth yang besar.
    Mohon bila ada kesalahan dan penyampaian

    Saya jadi penasaran untuk apa saja speed up to 100mbps kok masih ngeluh ???

    • Sudah dilakukan oleh teknisi. Semua perangkat dicabut. Trs hanya di coba di 1 perangkat. Namun hanya dpt 50Mbps. Jelaskan ke saya bagaimana saya bisa dapat 100Mbps di jam 7- jam 12 setiap malam? Jangan beralasan krn "up-to" krn paket yg ditawarkan juga ada yg 50Mbps dan 100Mbps. Ini bukan alasan bagi saya.

      • Dear Pak Senjaya.
        Saran saya, Bpk seharusnya berlangganan Internet Dedicated.
        Bpk akan dptkan layanan sesuai dgn apa yg Bpk harapkan. Langganan 100Mbps, dpt 100Mbps dan simetris antara upload dan downloadnya.
        Kemudian internet dedicated jg ditunjang dgn SLA (Service Level Agreement) utk menjaga tingkat layanan dan kepuasan pelanggannya.

        Harganya mmg mahal, tp Bpk akan mendapatkan jaringan internet yg stabil, latensi yg bisa diandalkan dan full support tanpa kuota selama 24 jam non stop.

        Untuk internet dedicated, saya menyarakan agar Bpk menggunakan produk dr ICON+ (PT. Indonesia Comnets Plus) yg merupakan anak perusahaan PT. PLN Persero yg bergerak dlm bidang ISP.

        Selain harganya lebih terjangkau, stabilitas dan kehandalannya sangat memuaskan, dengan SLA di 98%.

        Demikian Pak Senjaya.
        Semoga membantu.

    • Oh ya karena kamu anggota Telkom, coba jelaskan ke saya kenapa komputer+LAN coba di speedtest.net selalu dapat 100Mbps 24jam? Tapi ketika coba download file di "berbagai server" selalu hanya dapat 50Mbps max nya?? (Server Nvidia, server Steam, server Adobe) Membohongi konsumen awam? Kalau bener 40 devices buat speed lambat. Kenapa jam 7 - jam 12 bisa full 100Mbps saya dapat di semua device saya?? Inilah tipikal anggota Telkom Indihome. Cari-cari kesalahan konsumen. Sudah seperti yg saya tulis ke surat pembaca diatas.

    • Saya ngerti bedanya. Tp ya tidak 50Mbps juga yg saya dapat. Tuh dia jg ada paket 50Mbps tersendiri. Seenggak nya bisa dpt 80%- 90% kan bisa. Buktinya dl sebelum upgrade. Saya pakai 40Mbps selalu mentok tuh speed yg saya dapat.

      • Paket dulu saya 20 mbps pakai speedtest bisa 20 mbps. Tapi download torrent hanya bisa 500 kbps. Teman saya yg sama paket 20 mbps dengan saya juga begitu. Setelah saya upgrade ke 40 mbps baru2 ini download torrent bisa sesuai kec paket saya. Yg anehnya kec jam 20.00 sd 22.00 tetap dibawah 30 mbps setiap hari saya tes dengan speedtest dan normal kembali setelah lewat jam 22.00. Dan teman saya yg baru upgrade juga ke 30 mbps tetap dibawah 20 mbps di jam 20.00 sd 22.00. Seperti ada settingan dari sistim. Diprotes uda berkali2 baik lewat email dan 147 tetap sama.

    • Ah ini jelas orang telkom, terus ngapain juga curiga pelanggan beli paket 100Mbps kepoo, sultan mah bebas.... beda kayak lu pegawai telkom gaji pass"an langganan dirmh aja mungkin dia main licik, akal"an tidak harga yang dikeluarkan oleh telkom, main setting sendiri. ini yg user memang memberikan income malah dipojokan.

  • Saran saya lebih baik beralih ke provier lain seperti : first media , CBN , my republic atau mnc play . Jujur saja saya pakai CBN fiber tidak menyesal . Ambil paket yang 30 Mbps up to 50 Mbps . Ada promo 6 bulan . Bayar tagihan kena 213.950 . Jika sudan bulan ke 7 nya tagihan normal sesuai di paket . Kena 381.950

  • Karena cuma CBN atau my republic yang berkecepatan bisa tembus 1 Gbps . Maaf ya saya bukan promosi . Saya cuma kasih saran saja . Mau ambil silahkan dan tidak mau silahkan . Karena juga CBN atau my republic sudah di akui sama mantan menkominfo . Pak rudi antara . Karena sebelumnya saya juga korban indihome

  • coba ditanyakan ke pihak indihome. itu paket up to atau dedicated. kalau up to ya emang sudah bener. kalau dedicated berarti anda bisa terus komplain ke indihome

  • Hp Lu sama temen lu masih hp kentang jadi gabisa kecepatan 100 Mbps.
    jadi lain kali cari info dulu jangan ngejudge indihome.
    gua selama make indihome ga ada sama sekali yang bikin kecewa kok , sekalinya lagi error respon teknisinya cepet
    gua kasih tau lu ya Hp yang suppor Wifi di angka 100 Mbps itu hanya yang Punya prosessor Snapdragon 845 ke atas. pinjem dah hp temen lu yang punya hp prosessornya itu dijamin 100 Mbps terus dan ngacir

    • Maaf tidak urus orang yang sok tahu seperti anda. Hape saya apa anda sok tahu. Saya juga punya hp dengan snap 855+, juga ini bukan masalah hape. Jd jangan sok pintar. Jangan2 kau org nya telkom y??

      • Hp. Anda support wifinya up to berapa? Rata2 hp via wifi cuma mentok d 72 mbps memang ada hp yg sudah bisa 100mbps tp itu jarang. Jd kalo mau tes kecepatan internet di atas 50 mbps y harus pake lewat komputer colol lan.
        Untuk kecepatan download masing2 server ada batas kecepatan maksimum sendiri2 itu tergantung server anda download.

        • Jelaskan mengapa semua server yang saya coba. Bahkan sekelas nvidia, steam dan server badak lainnya seperti mega, dapat max 50Mbps. Bahkan atasan telkom datang ke rumah saya setelah membaca SP ini dan mereka tidak mampu menemukan jawaban atas masalah ini.

          Hape saya pernah dapat speed di 90an Mbps dengan wifi 5Ghz dr router saya. Itu terjadi di jam 7- jam 12 malam. Router saya juga ada bawaan built in speedtest internal sehingga, untuk pemakaian real saya cukup menggunakan speed test build in dr router saya.

          Router saya terkoneksi ke modem indihome via LAN. Semua variabel telah saya coba dan dicoba juga oleh teknisi telkom. Budidayakan membaca untuk mengetahui permasalahan saya. Jangan 1 paragraf saja.

      • Saya baru mengajukan pemasangan IndiHome streamix 100 mbps hari ini ( 10 mei 2020 ) dan telah di respon oleh telkom lewat telepon dan email juga notifikasi di aplikasi my indiehome ( registrasi data diri dan transfer biaya paket ) menurut pic yang telepon saya pemasangan akan di lakukan paling cepat sekitar 3 hari ke depan paling lambat 5 hari ke depan. Tujuan saya memilih paket streamix 100 mbps adalah karena saya game streamer ( twitch & youtube ) sebelum nya di tempat lama saya menggunakan myrepublic 30mbps itu cukup untuk kualitas stream video gameplay full HD 60 fps seminggu 5 kali durasi streaming rata rata 2-3 jam perhari, karena di rumah baru saya hanya di cover indihome maka saya coba minta paket streamix 100 mbps besar harapan saya untuk IndiHome bisa utilize keperluan saya, sebelum mengajukan pemasangan saya mencari2 artikel tentang review IndiHome dan menemukan artikel Pak Sanjaya disini, saya akan update berkala disini untuk bisa memonitor kualitas antara yang konsumen bayar dan konsumen terima agar tercipta komitmen dan kualitas dr provider internet IndiHome

        • Lol sekarang hari ke 6 saya masih belom ada dapat kabar dr Indihome telepon ke 147 sudah 3 hari berturut turut hanya dapat bantuan di bantu percepatan pemasangan, sangat berbeda dengan isp lama saya minimal ada sms atau email konfirmasi, ini sudah bayar di muka tapi seperti nenunggu tak tentu, semoga nanti setelah terpasang ngga ada masalah seperti ini.. amit amit kalau inet mati tapi penanganan berhari hari

      • Kalau Hp lu snapdragon 855 lu harusnya ga ngeluh tolol . gua pake fist media kek indihome kek bali fiber kek udah nyobain gua semua yang 100Mbps semuanya di atas 10Mbps kecepatan downloadnya artinya kalau paket yang 50 Mbps berarti downloadnya 5Mbps , Kalau 100Mbps paketnya berarti 10Mbps kecepatan downloadnya dan gua make Pocophone F1 ga ada masalah apa apa di antara 3 provider ini : First Media , Indihome , Bali Fiber . kalau emang hp lu snapdragon 855 lu ga ngeluh , dan karna lu ngeluh maka lu BERBOHONG alias NGIBUL . ganti hp aja tong jangan sampah sampahin tread kaya gini mulu . nyampahin aja .

        • nah ini orang ngerti soal hp , kalau si Senjaya mah SOK NGERTI , dia bilang hpnya udah snapdragon 855
          MIMPI . kalau hp lu memang make processor itu gamungkin lu ngeluh tolol. gua udah pengalaman dari lu tolol , gua udah banyak make provider udah 20x lebih kali ganti wifi kecepatannyapun berbeda beda , 100Mbps ya 10Mbps download di dp bacaannya dan kalau cuma 5Mbps berarti cuma mentok 50Mbps yang bisa di dapetin di hp lu. sini kerumah gua lu biar gua beri tau seberapa banyak wifi yang udab gua gonta ganti . Sini Ke JATIKRAMAT , gua tunggu lu disini . jadi orang jangan sotoy jangan berasa pinter soal wifi soal gadget juga . gua tunggu lu di JATIKRAMAT biar gua bagi tau lu seberapa banyak wifi yang udah gua gonta ganti provider. biar lu jangan banyak bacot dan jangan banyak sok tau.

      • Haha orang begitu ga usah dihiraukan. Susah jelasin ke orang bodoh. Apalagi orang bodoh yang merasa pintar. Apalagi nampak bohong nya wkkwkw.. Palingan orang dalamnya telkom. Biar buat rusuh disini

    • Horeee, ternyata cuman ponsel anda aja yg pintar (smartphone) tapi anda sebagai pemakainya kok toL*L? Mikirrrr.....

    • Wkwkwk ini bocah malah ngomongin chipset smartphone ?
      Woiiii.. Terkait jaringan, snapdragon ga ada apa²nya dibandingkan Kirin. Tau Kirin ga kau dekkuh?
      Kalau gatau cari tau dlu yaak wkwk ?
      Gausa ngomongin spec deh kalau ga paham.

  • memang indihome ini semenjak jaman speedy pun juga seperti itu 100mbps lah dan nyatanya tidak realtime, ga usah pakai download deh. Saya mencoba buka youtube saja dgn 1 device itu lancar jaya tapi kenapa pas saya buka streaming seperti beinsport dll via browser buffer haha apakah diwajibkan beli addons sportkah biar ga buffer haha. Saya mencoba lg dengan mengkonekkan 2 device menggunakan youtube kok buffer aneh bin ajaib indihome ini cepat hanya di kisaran malam saja akan tetapi mulai dr jam 10 pagi s/d 10 mlm pun selalu buffer. Dan akhirnya saya memutuskan menggunakan MyRepublic dan alhasil saya mendapatkan realtime dgn download atau youtube pun aman dgn beberapa device cuma myrepublic ini terkendala hanya terkadang loss atau bermasalah pd jaringan FO bawah lautnya jd terkadang 1 hari atau beberapa jam koneksi Loss alias RTO. Ini khusus daerah Cibinong sukahati dan karadenan. Mohon di pertimbangkan untuk provider lain agar memasukin daerah tersebut karna disini hanya indihome lah yg baru ada khusus sukahati

  • Kalau untuk daerah saya ini teknisi lambat akan hal memperbaiki kabel" yg bermasalah sudah lapor dihari dimana internet gak nyambung dan dijadwalkan besok tpi 2 hri mnunggu teknisi blum juga datang. Giliran terlambat bayar aja langsung diputus.

1 2 3 7