Surat Pembaca

Kecepatan Internet Telkom IndiHome Tidak Sesuai dengan Paket

Nama saya Senjaya. Surat pembaca ini mungkin agak panjang tapi harus saya tulis sejelas-jelasnya supaya pihak Indihome paham jelas apa permasalahan saya.

Pada tanggal 5 Desember 2019, saya dihubungi oleh salah seorang wanita dari pihak Telkom di nomor 021-1500755 yang menawarkan upgrade paket Indihome saya dari 40 Mbps menjadi 100 Mbps. Sebelum menerima penawaran tersebut berulang kali saya tanyakan apakah lokasi saya mampu mendapatkan kecepatan 100 Mbps dan dikonfirmasi oleh wanita tersebut bahwa dari sistem sudah mendukung. Saya menerima tawaran tersebut dan di tanggal 8 Desember 2019 pagi saya melihat dari aplikasi myIndhihome, bahwa Indihome saya sudah di upgrade menjadi 100 Mbps.

Langkah pertama yang dilakukan semua orang tentu mengecek kecepatan tersebut melalui speedtest.net. Saya mengecek melalui 2 media, komputer dengan kabel LAN dan ponsel saya dengan WIFI. Namun saya mendapatkan keanehan, komputer dengan LAN bisa mendapatkan kecepatan 98 Mbps tetapi ponsel hanya di angka 48 Mbps. kecurigaan saya bertambah ketika saya memakai komputer saya untuk download dari berbagai sumber, kecepatan download hanya di sekitar 6MB/s (sekitar 50 Mbps). Saya telepon 147 pada hari itu juga dan dibantu restart jaringan, namun tidak berpengaruh apa-apa. Saya meminta 147 untuk mendatangkan teknisi ke lokasi saya guna mengecek ada kesalahan apa dan dijadwalkan akan datang keesokan harinya.

Pada Malam hari pukul 7 di tanggal 8 Desember 2019 saya mencoba internet saya, ternyata kecepatan sudah sesuai yakni di 100 Mbps dan saya mengkonfirmasi ini dengan berbagai perangkat ponsel dan juga tes download, semua sesuai paket. Pada saat itu saya mengira masalah telah selesai. Namun setelah jam 00.00 kecepatan turun kembali ke 50 Mbps untuk pemakaian real.

Besoknya, tanggal 9 Desember 2019 teknisi bernama Fahmi datang kerumah saya dan mengecek. Setelah berbagai upaya oleh teknisi tersebut dilakukan kecepatan tidak juga berubah dan masih di 50Mbps. Teknisi dan orang kantor dari teknisi tersebut malah menyalahkan program Internet Download Manager yang saya pakai mengakibatkan kecepatan download menjadi lambat. Saya jelaskan ke teknisi tersebut bahwa program IDM saya justru membantu memaksimalkan kecepatan download dan saya buktikan ketika saya mematikan program tersebut kecepatan download hanya dapat sekitar 3MB/s (25Mbps).

Teknisi dan partnernya di kantor tersebut menekankan bahwa jika Speedtest dari komputer sudah 100 Mbps, maka sudah tidak masalah. Bagaimana mungkin saya terima pernyataan tersebut? Buat apa speedtest 100 Mbps tapi kenyataannya hanya 50 Mbps. Teknisi tersebut pun pulang tanpa berhasil memperbaiki masalah saya.

Pada malam hari di tanggal 9 Desember 2019, pukul 7 malam, kecepatan internet kembali normal di 100 Mbps. Hal ini saya test lagi di semua perangkat saya, dan saya mulai curiga apakah 100 Mbps yang saya dapat hanya berlaku pada pukul 7 malam – pukul 12 tengah malam? Saya coba pada pukul 11.50 kecepatan download masih di 94.49 Mbps (100 Mbps) dan setelah lewat jam 12, tepatnya pukul 12.13 kecepatan download menurun menjadi 48 Mbps (50 Mbps). Saya cantumkan bukti screenshot di bawah, dan juga saya mengirimkan bukti ini kepada teknisi Fahmi. Saya pun melaporkan ke 147 dan pihak 147 mengatakan kemungkinan ada masalah di bagian teknis yang menangani bandwidth pelanggan.

Hari berikutnya di tanggal 10 Desember 2019, tidak ada teknisi yang datang, hanya ada telepon dari orang Telkom yang cuman mengkonfirmasi apakah Indihome saya sudah beres. Setelah itu tidak ada lagi upaya dari Telkom. Malam harinya kejadian berulang, 100Mbps saya dapat hanya pukul  7 – 12 malam. Saya juga menghubungi Telkom 147 pada hari ini untuk menanyakan permasalahan saya dan hanya dibuatkan laporan untuk di-follow up.

Hari berikutnya di tanggal 11 Desember 2019, juga hanya dapat telepon konfirmasi, yang sama sekali tidak membantu saya. Saya pun tidak sabar dan mendatangi Plaza telkom di Jl. Putri Hijau MEDAN. Setelah mengantri 1 jam, saya dibantu oleh salah satu CS, dan oleh pihak CS juga tidak bisa membantu saya. Mereka hanya mengatakan akan follow up ke atasan mereka. Saya pun pulang dan tidak lama kemudian saya mendapatkan telepon dari Telkom yang menanyakan apakah saya menggunakan Indihome saya untuk keperluan bisnis atau rumahan.

Saya dicurigai oleh Telkom karena ada 40 device yang terhubung ke internet. Dimana saya jelaskan ke mereka bahwa penggunaan internet saya hanya untuk pribadi. 40 device yang terkoneksi itu juga wajar, karena saya memakai banyak alarm, IP camera, home switch, dan berbagai ponsel yang terhubung ke jaringan Indihome. Saya meminta pihak Telkom mengecek kondisi rumah saya jika mereka curiga ke saya. Dan juga hal ini bukan penyebab kecepatan saya menurun, karena pada tanggal 11 Desember pukul 7 – 12, kecepatan juga kembali naik ke 100Mbps.

Saya menuliskan Surat Pembaca ini kepada pihak Telkom, supaya tidak selalu menyalahkan konsumen atas semua permasalahan. Jelas sekali saya memberikan info yang jelas dan tranparan supaya masalah cepat terselesaikan. Dan perlu diingat masalah ini muncul karena penawaran yang dilakukan Telkom sendiri, saya tidak pernah meminta untuk naik ke 100Mbps.

Jika jaringan tidak mumpuni, tolong jangan tawarkan paket kepada konsumen. Lagian Jaringan Telkom seharusnya mumpuni karena kecepatan bisa maksimal, hanya saja pada saat pukul 7 malam hingga 12 tengah malam. Saya membayar 100 Mbps tapi hanya mendapatkan 100 Mbps di Speedtest komputer+LAN, sedangkan di pemakaian asli dengan download hanya di 50Mbps. Ini sudah termasuk pembohongan ke konsumen.

Saya meminta pihak Telkom untuk segera mencari penyebab masalah ini, memperbaiki masalah ini dan juga memberikan kompensasi atas kerugian yang saya alami.

Terima Kasih.

Senjaya
Medan, Sumatera Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan PT Telkom Witel Medan atas Surat Bapak Senjaya

Dengan adanya keluhan tentang “Kecepatan Internet Telkom IndiHome Tidak Sesuai dengan Paket” oleh salah satu pelanggan setia kami, maka untuk...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Saya sangat setuju dengan komentar Pak Samuel. Btw kalau saya punya masalah tiap jam 12 malam Indihome selalu RTO selama 1 menit, apakah ada pelanggan lain yg memiliki masalah yang sama?

  • waduhhh.. gw kira gw aja yg bermasalah gini.. gw langganan 50mbps itu gw turunin dari 100mbps jg karena kasus ginian.. tiap sore di kantor cuma 20-40mbps..
    skrg tambah parah.. IIX full speed, international 1.5-4mbps taikk benar!!! gw speedtest ke server lokal dpt nya bisa full.. speedtest ke server sering sering nya 1/10 speed..
    Terus terang gw pengen banget ketemu sama teknisi yg ngatur bandwith, gw yakin sih ini kerjaan si tolol ini

  • Sampai sekarang tidak menumukan solusi di Telkom, Betul kata Mentri Pak Erik BMUM untuk BUBARKAN TELKOM !! Sama kasus Yang saya ALAMI !! Langganan 50Mbps Tapi Realnya saya dapatkan Hanya 20Mbps itupun tidak setabil 5-20Mbps !! Saya Komplin Tiap hari ke Telkom Melalui Aplikasi dan 147, Macem2lah IT Telkom bilang alasanya di kira saya tidak tau jaringan, hasilnya mereka tidak bisa Mengelak klo Speednya Lambat !! Dicurigai dari IP yang di terima, FU dll buktinya semua gagal di jelaskan oleh Teknisi !! Yang Jelas ini Pembohongan pelanggan masalah Speed dan Upto Speednya.

  • hal yang sama sekarang saya alami di kantor hampir sama dengan mas senjaya. dari paket 50Mbps sampai upgrade ke 100Mbps. berkali kali teknisi telkom datang juga tidak ada hasil, sampai akhirnya sales marketing yang datang.
    *pertama, dijelaskan jika faktornya adalah perangkat routernya yang hanya sampai 12 user. sampai 3 kali ganti router hasilnya tetap sama, router ke 3 ini type F670 support sampai 300Mbps(katanya sales) dan support 2.4Ghz n 5Ghz.
    * kedua, karena hasilnya sama yaitu koneksi internet di tiap user handphone dan laptop ada yang lancar ada yang tidak jalan sama sekali. menurut saya adalah faktor utamanya adalah fitur perangkat wifi di masing" device. bukan masalah chipset di device. hal ini saya bandingkan dengan hp dengan fitur dual wifi VS hp single wifi(chipset lebih tinggi) VS laptop bermacam" type. speedtest di hp dual wifi bisa dapat 98,66Mbps d saat ada 20 - 30 user. jadi device dengan fitur/type wifi yang paling baik pasti lancar.
    *ketiga, kecepatan naik turun di jam tertentu mungkin bisa terjadi karena faktor maintenance dan banyaknya pengguna di jalur fiber optik

    sebelumnya Terimakasih.

  • Lah Masih Mending Itu Masih Kenceng , saya 100 mpbs Dapet kecepatan Download 8mpbs dan Upload 3.2mpbs ? WTF indihome ? check di pc juga cuma sampe 20mpbs dan upload 9mpbs , HP ? Hp Ipad mini 5 ,samsung A8+ masa iya lemot

  • Itu kan Indihome pake Up To pak, kalau yang kecepatannya konsisten tu setau saya pakai dedicated, biasa di pakai di kantor2 tu pak tapi harganya lebih mahal, itu sih setau saya sebagai IT Network Enginer di perusahaan Sawit, di kantor saya berlangganan 2 jenis layanan yang pertama menggunakan radio link dari PT. Pasifik Nusantar sebesar 5 Mbps dengan harga bulanan 25 juta dan menggunakan VSAT dari PT. Primacom dengan kecepatan 128 Kbps dengan harga 13 juta sebulan sebagai Backup jika ada masalah di radio link. Jadi saya sarani putus saja jika kecewa dengan layanannya pak, dan coba cari layanan yang dedicated harga diatas adalah harga yang jauh dari perkotaan tapi kalau untuk di daerah kota pasti jauh lebih murah tu pak

  • iya pak keluhan kita sama, emg indihome tu busuk
    up to lah katanya, yg fupnya lah, 350rb 10mbps ada fupnya,
    yaudah gamasalah 350rb 10mbps ada fup, yg pnting lancar gmsalah kan
    nah yg jadi msalah, saya terkena fup di bulan sblmnya, tpi pas awal bulan fupnya tidak ke reset, ya dg kata lain saya ttep kena fup diawal bulannya ( jatuh tempo tgl 15 ) ,
    medan mah enak pak, klo glsah myrepublik udah bisa ya dsana?
    mending pindah ke myrepublik aja pak, paketnya lebih murah + unlimited ( gada fupnya )
    seandainya daerah saya dipadang udh ter coverage myrepublic mnding saya pindah sih,
    gakuat hati liat pelayanan kek gini

  • Pasukan indihomenya banyak, saya upgrade ke 50mbps aja dapatnya 5-10, RTO mulu kalau kata teknisinya sendiri, itu emang penyakitnya indihome, saya kan juga pakai. teknisinya aja sampai bilang gitu, sayang coverage provider lain belum ada yang berani , mungkin karena mereka jaga kualitas juga, tidak terburu2 seperti indihome target 8,3 juta pengguna, tapi servicenya yah begini klo dikumpulin yang kecewa sih bisa panjang.

  • Maaf kalo melenceng, saya mau nanya, kenapa ya password Modem indihome selalu diubah sama pihak Indihome ?

    Mulai dari password admin, telecomadmin, sehingga susah sekali bila mau mengubah password WiFi.

    Saya pernah request dengan sedikit emosi, dan hanya di berikan 24 jam, habis itu jaringan saya malah di putus sampe dengan 24 jam juga.

    Apa semua yang membalas komen ini mengalami hal yg sama ? TIdak bisa mengakses modem indihome ?

  • Saya ucapkan terima kasih untuk yang sudah reply.

    "Mengapa tidak langganan dedicated? Krn indihome itu Up-to."

    Dedicated itu mahal. Untuk pemakaian rumahan tidak mungkin memakai dedicated. Yang beralasan up-to, itu hanya bahasa ngeles. Ketika lu tawarkan up to 100Mbps tapi kecepatan yg kjta dapat mentok2 di 50Mbps, itu bukan up to namanya. Tp di limit. Klo up-to nae turun gpp. Kadang bs 100, atau 90 atau bs ke 80. Itu baru bener namanya up-to.

    • Saya pernah mengalami ini, tepatnya di kantor sy.

      Singkatnya internet down berat..
      Setelah dilaporkan ke pihak 147, datang teknisi dan mengecek, kesimpulannya modem minta ganti.

      Setelah ganti, ternyata masih down juga, inipun dicek langsung sama teknisinya, selang beberapa waktu bisa teratasi dan bandwidth up ke 98mb

      • Hanya saja untuk saat ini sy blm cek secara real-time hariannya terutama jika pagi hari, selain Krn kesibukan sy, seringnya pagi² dikantor sdh dipakai sana sini ?