Refund JD.ID Belum Ada Kejelasan, Sudah Muncul Tagihan Kartu Kredit BNI

Nama saya Ita. Saya adalah nasabah BNI dari tahun 2015 dan pengguna aktif JD.ID. Pada event 12.12 saya mendapatkan kendala saat bertransaksi dengan nomor order: 1012588712. Barang yang saya beli adalah Handphone Samsung A50s senilai Rp3.874.000. Saya menggunakan fasilitas cicilan kartu kredit BNI tenor 12 kali, dan sempat beberapa kali transaksi saya gagal.

Namun setelah berhasil, yang saya dapatkan transaksi saya malah terkonversi menjadi 3x cicilan. Saya yakin itu disebabkan kesalahan sistem. Saat itu juga saya hubungi via telepon ke CS JD.ID untuk menanyakan transaksi saya. Pihak JD.ID saat itu menyatakan sistem sedang error dan tidak bisa mengecek transaksi saya.

Saya tetap minta transaksi saya dibatalkan mengingat kekuatan finansial saya tidak sanggup untuk membayar tenor cicilan senilai Rp1,3 juta selama 3 bulan, dikarenakan pada tanggal 10 Desember saya juga sudah membeli barang di JD.ID menggunakan kartu kredit  BCA saya dan tidak ada kendala. Selang beberapa menit CS JD.ID menghubungi saya dan transaksi saya berhasil dibatalkan. Namun sampai saat ini saya belum mendapat kejelasan kapan dan tanggal berapa transaksi saya masuk ke proses refund, hanya dijanjikan 7-14 hari tapi tidak jelas terhitung mulai kapan. Padahal barang belum diproses pengemasan atau pengiriman, karena langsung saya batalkan.

Tanggal 14 Desember 2019 saat saya menulis ini billing tagihan kartu kredit saya sudah muncul dan dana refund belum ada kejelasan kapan akan diproses. Mohon untuk pihak JD.id untuk segera memproses refund saya. Banyak di sini mengeluhkan refund lama, sampai 2 bulan bahkan 4 bulan, apakah saya akan bernasib sama seperti customer yang lain? Saya harap tidak, karena saya tidak sanggup untuk membayar tagihan cicilan pertama yang sudah muncul.

Saya harap JD.ID dapat menindaklanjuti keluhan saya segera karena saya hanya seorang buruh perusahaan swasta. Nominal tersebut sangat berharga dan besar bagi saya, dikarenakan limit saya sudah habis dan saya menerima tagihan yang transaksinya sudah saya batalkan. Hal ini sangat mengganggu perputaran keuangan saya.

Terima kasih Media Konsumen sudah memfasilitasi kami sebagai konsumen. Untuk pihak JD.ID terkait mohon untuk segera menindaklanjuti dan menghubungi saya.

Ita Meilawati
Sidoarjo, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai JD.ID:
[Total:9    Rata-Rata: 1.3/5]
Tanggapan JD.ID atas Surat Pembaca Ita Meliawati

Menanggapi surat keluhan yang ditujukan kepada kami oleh Ita Meliawati pada hari Minggu, 15 Desember 2019 lalu di halaman ini,...
Baca Selengkapnya

Loading...

2 komentar untuk “Refund JD.ID Belum Ada Kejelasan, Sudah Muncul Tagihan Kartu Kredit BNI

  • 15 Desember 2019 - (12:15 WIB)
    Permalink

    Sekedar berbagi pengalaman, terlepas dari *kemungkinan proses yang lemot* di pihak marketplace, bisa juga yang lemot itu dari pihak bank nya.
    Ada 2 kejadian yang bisa saya jadikan contoh:

    (1) Mirip seperti kejadian di SP ini, saya ada pembatalan transaksi berbentuk cicilan (di marketplace sebelah). Menggunakan KK bank XYZ pembatalan cepat tercatat (kalau tidak salah ingat, cuma 1 hari kemudian), sedangkan KK bank ZYX lebih lama (butuh beberapa hari). Semuanya saya cek via internet banking, jadi tagihan belum sempat tercetak. Marketplace-nya sama, cuma merk KK-nya saja yang beda.

    (2) Saya melakukan transaksi cicilan di tempat yang lain lagi. Pake KK bank XYZ transaksi cicilan cepat tercatat (jadi tidak sempat ditagih nominal yang harga full). Pake KK bank ZYX tagihan cicilan tidak keluar2 *sampai belasan hari* sehingga akhirnya tagihan sudah keluar duluan dengan nilai nominal harga full (untung akhirnya happy end & tidak ada masalah, saya tetap hanya perlu membayar cicilannya saja). Online shop-nya sama juga, cuma beda merk KK saja.

    Jadi kesimpulannya, sekali lagi terlepas dari apakah online shop/marketplace-nya yang lemot (saya bukan pelanggan marketplace yang di-SP-kan ini), bisa juga ada faktor lemot di bank penerbit KK-nya.
    Apalagi kalau transaksi cuma sekitar 1 2 hari sebelum tanggal cetak tagihan, itu mah gambling banget kalau berhubungan dengan transaksi cicilan ataupun refund di KK. Karena waktunya mepet, kadang bisa masuk di tagihan sekarang, kadang bisa masuk di tagihan bulan depan. Tergantung apa? Saya kira, tergantung yang di atas wkwkwk.
    Lah wong saya saja sudah kasih waktu cukup lama (di contoh no. 2 di atas) masih kelewat saja…

    • 15 Desember 2019 - (12:59 WIB)
      Permalink

      Sayang sekali saat setelah transaksi saya tlfn bank BNI transaksi saya masih menggantung dan di jd.id sudah dibatalkan tapi berhubung 2 hari kemudian tgl cetak tagihan jd sudah tercatat ditagihan saya. Saya jg ada mobile banking untuk cek saldo cc bni dan setelah transaksi berhasil memang limit saya berkurang. Entah kenapa disistem JD.Id eror saat event 12.12 menyebabkan salah konversi cicilan

 Apa Komentar Anda mengenai JD.ID?

Ada 2 komentar sampai saat ini..

Refund JD.ID Belum Ada Kejelasan, Sudah Muncul Tagihan Kartu Kredit BN…

oleh Ita Meilawati dibaca dalam: 1 min
2