Surat Pembaca

Hati-hati Jeratan dan Ancaman Pinjol Rupiah Cepat PT Kufi

Kebutuhan hidup memang tidak dapat dipungkiri oleh setiap manusia, berbagai upaya pun akan dilakukan demi hidup dan menghidupkan baik dirinya dan keluarganya. Kemajuan zaman pada sekarang ini pun berjalan dengan adanya kebutuhan manusia tersebut, oleh karena itulah berbagai macam aplikasi pinjaman online pun bermunculan baik yang berizin atau tidak berizin oleh otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Ya, Pinjol Rupiah Cepat PT. Kufi acap kali kita akan temui dengan mudah di medsos ataupun Playstore di hp anda sendiri. Tak hanya itu, berbagai pinjol lain pun bisa bermunculan bahkan ada yang sering kali di-sms oleh operator yang tidak sama sekali kita kenal untuk segera meminjam di aplikasinya.

Dengan berbekal alamat tinggal, nomor kontak darurat, foto diri, e-KTP, dan foto pribadi memegang e-ktp anda dengan mudah mengajukan pinjaman online tersebut sesuai nominal kebutuhan yang anda inginkan. Dalam beberapa menit pun pinjaman Anda akan di-accept oleh aplikasi pinjol yang ada instal baik Playstore dan Google.

Namun, di sini penulis akan menceritakan pengalaman pribadinya terkait pinjaman online Rupiah Cepat PT. Kufi, penulis sendiri termasuk yang berekonomi menengah ke bawah dengan penghasilan tak menentu. Oleh karena itu, pinjaman online menjadi solusi di tengah masalah ekonomi yang sulit.

“Ya, saya meminjam uang untuk kebutuhan sehari-hari dan anak sekolah sebesar Rp800 ribu. Tapi, uang yang saya terima sekitar Rp. 650 ribu, sisanya alih-alih untuk potongan administrasi, saya pun tak menghiraukan hal tersebut, karena sudah mendapat dana talangan oleh pinjol Rupiah Cepat.”

Di tengah perjalanan dan memasuki jatuh tempo yang ada, berbagai macam nomor telepon pun menelpon hp penulis. Namun, tak dihiraukan olehnya. Karena sudah menjadi kebiasaan olehnya, nomor telepon asing tidak akan diangkat olehnya tanpa mengirim sms terlebih dahulu demi keamanan dan privasi.

“Tanggal 17 Desember kemarin saya mendapatkan telepon serta Whatsapp dari operator Rupiah Cepat. Memang awalnya hanya sekedar mengingatkan. Tapi, pada sore harinya operator Rupiah Cepat pun mengancam akan menyebar data saya jika tidak membayarnya pada hari tersebut. Bahkan saya pun dianjurkan untuk meminjam ke tetangga, teman, dan orang lain untuk melunasi hutang tersebut, dengan mengiming-imingi akan di acc kembali pinjaman kedua. Waspadalah dengan tipu dayanya seperti ini, karena akan menambah beban anda tentunya,” bebernya.

Sangat disayangkan, pada tanggal 18 Desember 2019 operator Rupiah Cepat PT. Kufi pun kembali mengirimkan Whatsapp dengan nada ancaman, dan nasabah pun diharuskan menanggung konsekuensinya.

Sedangkan, menurut Pasal 1 angka 28 Undang-Undang No. 10 Tahun 1998 tentang Perubahan atas Undang-Undang No. 7 Tahun 1992 tentang Perbankan (“UU Perbankan”), rahasia bank adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan keterangan mengenai nasabah penyimpan dan simpanannya.

Dari definisi tersebut, jelas kiranya bahwa yang diatur adalah rahasia bank terkait nasabah penyimpan. Data nasabah (jika nasabah tersebut adalah nasabah penyimpan) yang berupa nama atau nomor handphone (HP) yang Anda sebutkan, termasuk keterangan mengenai nasabah penyimpan di bank yang wajib dirahasiakan.

Ini sejalan dengan yang diatur dalam Pasal 40 ayat (1) UU Perbankan yang mengatakan bahwa bank wajib merahasiakan keterangan mengenai nasabah penyimpan dan simpanannya

Jika anda mengalami hal yang sama seperti diatas laporkan tindakan tersebut ke link https://konsumen.ojk.go.id/FormPengaduan dan https://afpi.or.id/pengaduan.

Indra Gunawan
Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Bank, boleh nanya, sikap apa yg abnk lakukan setelah itu? Saya jg sedang ada masalah ini.., boleh sharing gk bank :-(

      • Bang ayo ramai ramai laporkan pinjol yg tdk terdaftar d ojk.. bkn ny membantu masyarakat.. tp malah mencekik. D jkt sopir taxi sdh jd korban fintec yg cara penagihan ny gk manusiawi.. dan bahkan mgkn byk masyarakat yg ngalamin hal yg sama.. dpt ancaman sama hal ny dgn sy sendiri. Bukti sdh sy simpan.hak konsumen ada perlindungan perlindungan dijamin oleh pasal 4

      • Sama seperti saya gan., waktu itu saya rencana byar sesuai tempo jam 11 siang.,
        Tapi sedari pagi spam telpon & wa sudah seperti teror., just 190rb (serasa miliaran)...
        Dan saya menyimpulkan saat para agan" mengalami teror pastikan hal berikut.,
        Ketahui nama dan divisi dc agar kita tau akan komplain kinerja yg buruk., krna pengalaman saya brtanya., malah saya dikira audit ojk.,
        Pada Dc Rata" belum mengerti arti & kerja reminder , juru tagih lapangan, juru sita lapangan.,
        Saya skip setelah saya membayar., selang 3 hari wa saya spam pinjol menawarkan link semakin bnyak.,
        Saya jadi curiga di rupiah cepat tidak amanah atas privasi hak nasabah.,
        Dan kalau memang semua orang sepakat bahwa rupiah cepat lintah darat., maka saya juga akan sepakat.,
        Krna dc tidak mengerti SOP mereka bekerja., dan tidak amanah menjaga privasi hak nasabah.,

        • Sebenar nya, semua pinjol yg legal, maupun illegal, itu sama2 mencekik masyarakat. Dr bunga, ďan kreteria pembayar juga, ñamun pinjol yg illegal pinter sabotase data, masyarakat, kayak saya udh lunas di ada modal, namun saya trus dapat teror ,dan kerabat saya, mudah2 han, semua pinjol di tutup, trim.s

          • Iya mayoritas mencekik semua nim., dan kelebihannya di tanpa anggunan.,
            Dan dari situ saya jadi bertanya" bagaimanakah SOP dari OJK ??
            sehingga mereka bisa kelolosan.,
            Bukankah OJK milik pemerintah ? Jika lembaga pemerintah yg gaji tentu saja rakyat.,
            Dan...
            Ah.... Sudahlah.....

    • Untuk datang kerumah, saya belum tahu. Karena domisili saya tidak sesuai KTP, jika ada ancaman atau intimidasi segera laporkan saja.

    • saya juga minjam uang di rupiah cepat hari ini jatoh tempo.. tapi belum ada dana.. tapi akan tetap saya bayar karena itu hutang.. cuman saya takut kalau d nya kerumah.. ada ngk yg pernah didatengin d nya? saya takut bgt

    • Jarang yg datang kerumah nim., biasanya lewat teror sosmed dan hp., krna mereka tau semua nmr di hp kita ,
      Kalau datang ke rumah., mereka harus memakai jasa dc resmi, dimana pasti pinjol tersebut terjamin legalnya krna mampu membayar dc pihak ke 3..,
      Terkadang ada yg dcnya ilegal., krna saat ditanya identitas jawabnya berbelit., nah kalau berbelit sudah pasti pinjolpun yg ada lambang ojk patut dipertanyakan

      • Lapor
        Mohon pemerintah, hapus semua pinjol , saya bulan bulanan, jd teror orang tdk jelas, dan merasahkan , semua masyarakat, saya udh, di naungan ojk, untuk meng aplly pinjaman online, namun ,kok bisa data saya di sabotase pinjol ,illegal,,, trim.s selamat sorre

    • Ayo ramai2 laporin.... saya juga sedang buat pelaporan di ojk. Semoga ojk capek dan muak dan menutup kasus pinjol di negeri kita.
      Mari kita musnahkan pinjol 2020.
      Mari kita hidup normal?
      Tanpa riba dan rentenir online dimusnahkan dinegara mayoritas muslim diindonesia ini
      Mari bersatu✊

    • buat orang" tolol yang mau minjem nya doang lo pikir itu lising punya bapak moyang lo , klo emang lo orang ga kuat bayar jangan ngutang goblok !! jangan salahin karyawan nya mereka cuman kerja sesuai sop , elo yang ngutang juga ngotak ! kalo emang elo miskin jangan ngutang , ini malah lapor sana lapor sini apa beda nya kalian sma maling ? najis inget utang di bawa smpe ke liang lahat !!!!

      • Ini nih salah 1 kroni pinjol, bajingan 1 ini harus di musnahkan, orang2 kayak gini nih yang berani nya cuma di hp, ketemu langsung pling kyk ayam sayur

        • Saya sudah 2 bulan uninstal eh kok ada tagihan sebesar 800rb terus bunganya setiap hari naik 61 rb
          Saya sudah lapor ke OJK, lapor.go.id sampe saya kirim email langsung juga

        • Iya betul.. berani nya cuman lwt hp sj. Yg tdk terdaftar di ojk mmg biadab org2 nya.. cara penagihan sdh sgt keterlaluan.. pake ac ngancem mau d bikin malu di semua kontak hp. Udh pinjeman gk seberapa.. 700rb keterima 350rb tenor 7hr.. udh pny itukad baik tuk byr hny scr teknis yg gk bisa byr.. krb sdg gangguan.. tp seolah olah gk mau tau dan mengancam

          • Hallo semua. Saya juga ada pinjaman di RUPIAH CEPAT dan hr ini sdh nunggak 1 hari. Tapi saya sudah konfirmasi 1 hr lalu kalo saya blm ada dana karna sdh tdk bekerja krna covid - 19 . Tapi saya tetap akan bayarkan jika sdh bekerja kembali, namun dr pihak RUPIAH CEPAT malah bilang *SAYA TDK MENANYAKAN DAN HARAP LUNASI HUTANGNYA, PINJAM KE TEMAN ATAU SIAPA TERSERAH,KALO TDK MAMPU MEMBAYAR KENAPA PENGAJUAN*
            Sungguh menyakitkan sekali, pdhl niat saya baik tetap akan membayar. Tapi dr pihak RUPIAH CEPAT sm sekali tdk menghiraukan, dan HARI INI beberapa kontak saya sudah dihubungi oleh Rentenir dan mengatakan kepada semua kontak bahwa mreka adalah kontak darurat yg saya cantumkan.
            Apa begini cara bekerja mereka ? Menyedihkan

      • Ayo ketemuan ama gw, lo ban****. Jangan berani koar2 disini. Gw bikin viral muka sama nama lo. Mau adu argument ayo.. !! Mau ada pake pasal ayoo..!! Lo mau adu bacot soal utang dibawa mati ayo..!! Orang kaya lo itu darah dan dagingnya halal dimakan, lo kerja di tempat rentenir. Lo pikir pake otak, mau aja jadi jongos. Atasan lo enak2 uncang2 kaki disana. Ga mikir lo ya klo lo itu kaya sampah masyarakat.

    • Saya. Hari ini jatuh tempo
      Tapi saya blm ada dana buat bayar
      Pas gajian nnti akhir bulan berarti kalo telat 10 hari .
      Itu bakal datang ke rumah gak ya. Atau ke alamat domisili?
      Mohon jawab ya ,untuk yang pernah telat bayar?

  • SMA pak sya jg , punya pijmn di rupiah Cepat . Trakhr jtuh tmpo 31 Desember 2019 . V Sy blm punya dana y buat bnyr .
    , tlfn ga sya angkt . Kecuali wa sya bls ..

  • Malam semua , sy hari ini tgl 11 april 2020 .jatuh tempo rupiah cepat..dikarnakan sy blm bisa melunaskan karna terdampak virus apa dari rupiah cepat ada keringanan ..mohon pencerahannya

      • Setelah sy buka lg apk mudah rupiahmm ternyata tdk terdaftar di ojk.. almat kantor nya aja gk tercantum.. sy baru sadar.. krn wkt itu sy ngajuin selain sy bth yg mendadak dan tdny cmn iseng aja.. ternyta isi data yg keluar gk sesuai yg ditawarkan d awal.. pinjaman 700rb dana masuk 350rb dgn tenor 7hr..

      • Maaf mau nanya,disiini masih ada ga y yg pinjem dirupiah cepat.trus kalau ada yg masih pinjem telat bakalan didatangi kerumah ga y,sama semua kontak yg ada dihp bakalan dihubungi y

  • Saya juga baru 3 hari telat sudah diancam akan dikirim orang ke rumah saya. Padahal saya sedang tidak ada pemasukan, dan meminta kelonggaran pembayaran sampe tgl 30 April, tapi mereka bener2 ga mau dengar.

    • Kalau sekarang gimana kak? Apakah mereka memang ke rumah? Atau kakak melunasi ?

  • aplikasi Rupiah Cepat emang menipu, sering memberikan iming2 klo pelunasan lebih awal akan dpt diskon ratusan ribu lsng masuk rekening, nyatanya beberapa kali pelunasan lebih cepat, diskon yg diharap tidak datang, angsuran yg dibayar tetap. begitu telat bunganya jalan trus kayak sepur, laporin aja aplikasi ini ke OJK agar di bredel dan klo DC mengancam bahkan sampe datang ke rumah, tinggal laporin polisi klo sampe mengancam fisik

    • yups betul pak. Saya juga merasakan hal yang sama dengan pengawasannya ternyata masih labil. Aku dah kapok minjam2 seperti online gini meski diawasi sama pejabat negara.