Surat Pembaca

Penagihan Kartu Kredit Mega Visa Meresahkan Nasabah

Nama saya Ghurnita Ningrat Raja Intan, dan saya pengguna nasabah Kartu Kredit Mega sudah 1 tahun lebih. Saya memang memiliki tagihan di CC Mega yang sudah telat dari jatuh tempo. Jatuh tempo saya di tanggal 6 Desember 2019, dan saya menuliskan ini di tanggal 20 Desember 2019. Saya mengetahui dengan sadar bahwa saya memiliki kewajiban yang harus saya tunaikan. Namun dengan kondisi sekarang, saya berusaha menginformasikan kepada bagian collection CC Mega yang bernama Gisel (kalau tidak salah), melalui telepon pada tanggal 16 Desember 2019, bahwa saya akan melakukan pembayaran sekaligus 2 bulan di tanggal 28 Desember 2019. Namun dia dengan ketus menjawab cari saja talangan dulu, untuk bayar kartu kredit. Saya tetap menginformasikan hal yang sama.

Pada tanggal 17 Desember 2019, saya menerima pesan whatsapp dari collection Bank Mega (0831955081xx) yang tidak mau menyebutkan namanya. Saya memang menjanjikan akan membayar di tanggal 17 atau 18 Desember 2019, karena memang ada rencana teman saya mentransfer uang ke saya. Namun karena tidak jadi ditransfer, akhirnya saya kembali menginformasikan kepada collection melalui whatsapp, bahwa saya akan melakukan pembayaran di tanggal 28 Desember 2019. Dia langsung bilang saya pembohong dan mengancam untuk mengirimkan orang lapangan untuk mengambil dana. Di situ saya copy paste aturan penagihan Kartu Kredit kepada collection terkait (screenshot chat terlampir).

Pada tanggal 19 Desember 2019, saya mengirimkan balasan e-mail kepada Bapak De** Nurh*** (Jakarta Dunner Back End Team Leader), untuk menyampaikan informasi yang sama, karena beliau send automatic reminder untuk payment CC saya.

Karena merasa sudah mengkonfirmasi baik via email ataupun whatsapp, saya pikir informasi ini sudah terkoordinasi di bagian collection, sampai tadi pagi, tanggal 20 Desember 2019, saya ditelepon kembali ke kantor oleh collection atas nama Nita. Saya juga sampaikan hal yang sama, dia malah nyolot bilang: “Ibu nih udah berkali-kali pembayarannya molor terus. Kalau gak bisa bayar kartu kredit ditutup aja bu”. Apakah hal tersebut sopan dan pantas? Saya sudah dengan sopan menginformasikan mengenai waktu pembayaran saya. Apakah penagihan di Bank Mega tidak pernah ada informasi pelatihan dll?Hingga artikel di Media Konsumen ini banyak mengenai penagihan kartu kredit Bank Mega.

Bank Mega perlu melakukan perbaikan terhadap collection-nya. Kami sebagai nasabah mengerti bahwa kami memiliki kewajiban pembayaran, namun ada beberapa kondisi yang di luar kemampuan kami yang membuat kami cukup tersendat dalam melakukan pembayaran. Dan sebagai itikad baik kami, kami menginformasikan kapan kami bisa melakukan pembayaran.

Semoga Tuhan memberi saya harta yang banyak agar saya bisa melunasi dan menutup kartu kredit saya di Mega ini seperti yang Mbak Nita collection Mega minta ke saya, dan berharap saya tidak pernah menjadi nasabah Bank Mega selamanya.

Thank you and best regards,

Ghurnita Ningrat Raja Intan
Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Bank Mega atas Surat Bapak/Ibu Ghurnita Ningrat Raja Intan

Kepada Yth Redaksi mediakonsumen.com, Redaksi yang terhormat, Sehubungan dengan surat Bapak/Ibu Ghurnita Ningrat Raja Intan di mediakonsumen.com (21/12), “Penagihan Kartu...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Saya lagi mengalami hal yang sama. Mega visa sudah dalam proses penyelesaian dibayar tunai, tapi ini Mega Metro ampun sampai hari Minggu pun terus diteror. Saya bersama suami berniat ke bagian collecting Mega Card Center di Jakarta.

    • Saya sudah mengalami ditagih debt collector CC bank Mega bahkan sampe sekarang, bullying dan ancaman sudah biasa karena memang kerjaan nya begitu sampai "Chairul Tanjung aja tidak bisa membantu anda" katanya si dc. sampai saya akhirnya minta bantuan hukum tetapi malah salah lembaga ujungnya juga jasa penutupan CC tidak tahunya. intinya sih selama dc yg menagih sopan tidak memakai cara preman pastinya akan ada solusi dengan cara yg baik. tapi klo dc sudah tidak sopan dan premanis sebaiknya laporkan karena setiap warga negara dilindungi oleh negara. salam

  • Saya juga pernah mengalaminya.. saya melakukan pembayaran transfer beda bank, ini saya lakukan sebelum jatuh tempo.. memang perlu waktu untuk bisa sampai ke rek mega..paling hanya terlambat 1 hari saja..itu sudah ditagih seperti renternir, padahal saya sudah bayar.. saya sudah jadi nasabah hampir 10 tahun lebih dan tidak pernah tidak bayar.. saya juga pernah punya kartu kredit citibank, mereka tidak pernah nagih jika belum sampai dateline yang telah ditentukan.. ini bank mega yang benar benar keterlaluan, kita dianggap seperti buronan yang melarikan diri... Mohon ditindak lanjuti dan dirubah aturan penagihan bila tidak ingin orang pindah ke bank lain..

  • ternyata baru tahu seperti ini ya, padahal Bank lain tidak seperti ini masih wajar seperti layaknya Bank.
    ini udah tagih pake nomor" pribadi yang berbeda"...kata"nya pun kasar.
    minta ampun..kalo ada duit pasti pertama cc yang saya tutup adalah BANK MEGA

  • Setuju, orang2 nya bank mega memang tidak tahu aturan dalam menagih. Bukan saya yg berhutang saja, saya dikejar2 setiap hari dengan nomor yang berbeda2, wa ancaman. Harusnya tutup aja kartu bank mega ramai2.

  • Pantesan saja, baru tau kalo tim collection bank mega cara penagihannya arogan. Saya juga nasabah bank mega, sudah beberapa hari ini tidak nyaman dan resah karena bagian collectionya cara menagih tidak sesuai dgn etika dan kesopanan, bank lain enak cara penagihannya dan jd merasa gak enak nunggak juga. Ini arogan tidak sopan dan gak ada etikanya, jd males kan? Tolong perbaiki lah. Konsumen yg cerdas bisa memililh cc yg penagihannya ber etika dan sopan dalam hal komunikasi.

  • Saya jg nasabah bank mega..telat blm jg 1 minggu tlp tiap hari baru mau bilang alasannya langsung ditutup aja tlpnya sm dc nya. . Ga sopan, ga ada etika dalam hal penagihan. Baru 6 hr telat selain d tlp jg di sms..bilang mau jemput dananya ke rmh. Padahal bank2 lain ada yg sprt itu.. bank mega mah parah..

  • Biasanya DC Mega menghubungi no anda berkali2 dengan no yg berbeda2 sehingga sangat menggangu aktifitas anda, saran saya Instal Aplikasi Truecallre pada android anda....saya jamin HP anda tidak akan diteror...karena secara otomatis akan dicansel oleh aplikasi karena di anggap spam.....

  • Saya sdh teat cc bank mega hampir 1thn , mnt keringanan cicilan semampuny sy sekian tp mereka tidak bisa kasih, jadi saya diemin dulu dan ternyata pandemi penghasilan tidak ada. Belum lama ini DC mega menelfon teman2 saya yg ada d kontak. Bukankah itu sudah melanggar aturan? Padahal sy nasabah mega 11 thn dan saya sgt menyesal pny cc mega!