Surat Pembaca

Empat Kali Pesanan di Lazada Dibatalkan, Lazada Credit Tidak Bisa Dicairkan

Lazada sangat merugikan pelanggan. Sekitar 1 bulan lalu saya memesan melalui Lazada alat GPS Navigasi Android

1. Pemesanan pertama setelah 10 hari tiba-tiba di-cancel. Dana otomatis masuk ke Lazada credit sebab no rekening saya belum terdaftar ke Lazada. Oleh CS disarankan untuk diskusi dengan penjual atau mengambil dari supplier lain. Setelah konsultasi penjual mereka menyatakan unit saat itu habis tapi sekarang sudah ready.

2. Order ke-2 dalam 5 hari tiba-tiba cancel dan kembali ke Lazada Credit.

3. Order ke-3 dengan supplier lain setelah 10 harian unit datang salah. Saya kembalikan dan masuk Lazada Credit.

4. Order ke-4 dengan supplier lain lagi barang tetap juga salah. Saya memesankan orang lain sudah selama dua bulan dan hasilnya saya dikecewakan berulang kali. Customer saya marah dan minta dana kembali. Bukannya untung, rugi waktu banyak.

5. Akibat masalah tersebut saya merasa sangat dirugikan oleh Lazada. Saya hanya minta dana di Lazada Credit dikembalikan. Nilai cuma Rp1 juta, tapi ini bukti pertanggungjawaban Lazada saya dirugikan 4 kali. Pihak lazada menyatakan bahwa Lazada Credit tidak bisa dikembalikan. Kemudian saya minta tetap minta uang saya kembali. Setelah itu dari CS Lazada menyatakan tetap bisa kembali tapi butuh waktu s.d. 2 mingguan.

6. Setelah menunggu 3 minggu tiba-tiba dapat email lagi bahwa Lazada Credit tidak bisa dicairkan. Betapa hebat Lazada. Alasan bahwa saat pengembalian ke Lazada Credit sudah dikonfirmasi. Saya tahu itu sudah konfirmasi tapi bagimana dengan kerugian waktu saya? Apa Lazada cuma lepas tangan?

Saya cuma meminta pertanggungjawaban Lazada.

Bambang Purnomo
Surabaya

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Beda dengan e-commerce lain, refund dana pembayaran bisa ditarik ke rekening bank tanpa harus menunggu berminggu-minggu. Parahnya setelah menunggu sekian lama, pada akhirnya dana tetap gak bisa dicairkan. Maksud mereka apa kok dana sendiri tidak bisa dicairkan?

    Di Tokopedia, uang refund masuk ke saldo Tokopediapay dan bisa langsung ditarik ke rekening bank, dan dalam hitungan detik atau menit dana sudah masuk di rekening bank terdaftar. Sedangkan di Shopee, dana refund masuk ke Shoopepay dan bisa segera ditransfer ke rekening bank terdaftar (jika Shopeepay terverifikasi), tanpa harus menunggu lama dan menghubungi CS.

    Masing-masing e-commerce mungkin beda kebijakan, tetapi apapun kebijakannya, refund dana atas transaksi yang gagal adalah hak konsumen. Terserah konsumen, apakah mau dicairkan atau dipakai untuk belanja, pihak e-commerce tidak berhak menahannya.

  • Itulah Lazada saat ini, sy salah satu user lazada sejak awal di kenalkan di Indonesia, sy juga orang yg getol merecomendasikan lazada, Dgn ada nya kasus ini sptnya Lazada menjadi pilihan terakhir kalau sy mau beli barang lagi, dan mungkin akan meralat semua recom sy ke kawan². Memang Lazada sudah tidak rekomendasi lagi. Masih banyak yg lebih baik. Hehehe selamat tinggal Lazada. Sy cm menghabiskan lazada credit sy dan bye²

    • Kejadian sama dengan saya cuman beda cerita, sy membeli cod tapi tidak ada barang yang datang lalu sy membeli lagi ditolak masuk lah dana ke lazada kredit ketika mau dicairkan kerekening tidak bisa

  • Oh...
    Ternyata banyak juga kasus yg sama.
    Awalnya saya pikir sama antara Bukalapak,tokopedia,shopi cara pengembalian dana gampang.ternyata lazada tidak bisa ya..
    Saya sampe kriting ketik pertanyaan ke cs,pantas tidak nyambung.
    Dana saya 1 juta lebih ternyata tidak bisa ditarik di lazada credit.Kapok deh belanja di lazada....

  • Dulu lebih parah, tahun 2018 dana refund cuma diganti sama voucher yang bisa hangus dalam jangka waktu tertentu. malah sampe sekarang masih ada tuh bukti vouchernya yang sudah hangus di akun saya. untung cuma 100rb. Entah sekarng masih bisa di kalim atau tidak, tapi saya ga peduli lagi. Dulu aja sampe berbusa nelpon dan kontak CS nya, tapi ga ada hasil.

    Saya pribadi sekarng masih belaja di lazada tetapi jarang pakai cash. Jadi khusus kalau belanja di lazada itu pake cc atau pembayaran sejenis yang non cash, jadi kalau refund lebih aman.

  • Saya juga merasa dirugikan.
    Tanpa kesengajaan dan saya kira sama seperti shopeepay yg bisa ditarik kapan saja.
    Lazada credit tk bisa diuangkan dan harus dibelanjakan dilazada
    Hadeeeeh

  • saya juga sama barusan terjadi kemarin. saya waktu kemarin ingin membeli handphone menggunakan transfer bank dan ternyata tidak bisa berkali-kali error setelah saya liat di pembayaran ada lazada credit saya kira seperti shopee pay ternyata pas saya topup 1,9jt.

    Saya coba menggunakan lazada credit malah saya mendapatkan bacaan "Transaksi pembayaran tidak berhasil, transaksi ditolak karena proses verifikasi tidak berhasil. Silahkan pilih metode pembayaran lainnya atau hubungi pihak bank." sama seperti error pas saya pilih metode bayar dengan transfer bank terus juga pas saya coba beli barang menggunakan lazada credit dengan range harga 500-1,8jt muncul error "oops, mohon maaf terjadi gangguan pada sistem kami. mohon hubungi layanan pelanggan untuk pengaduan masalah anda".

    Saya sudah hubungi pihak cs dari twitter, tlp, sampai email. semoga aja uang saya yang di lazada credit bisa di kembalikan atau akun bisa di belanjain lazada credit nya