Parts Lama yang Masih Bagus tapi Diminta Ganti oleh Bengkel Resmi Yamaha Iwata Motor Bekasi

Tanggal 30 Desember 2019, saya mengunjungi Bengkel Resmi Yamaha IWATA MOTOR di Boulevard Hijau/Harapan Indah, Bekasi. Tujuannya untuk ganti CVT Kit (belt + roller) meski KM baru 19.650. Namun karena motor saya gunakan hampir tiap hari untuk pulang pergi kantor dan usia motor menjelang 2 tahun, saya berinisiatif untuk ganti.

Namun, ketika dibongkar, saya diminta ganti macam-macam dengan alasan sudah jelek dan aus. Mekanik yang mengerjakan mengenakan seragam berbeda sendiri, sepertinya kepala mekanik. Ada juga seorang bapak yang mengenakan kacamata dan berseragam biru Yamaha yang menyakinkan saya bahwa komponen memang layak diganti.

Total biaya yang harus dikeluarkan sejumlah 1 juta rupiah lebih! Komponen yang diganti dari CVT hampir semua seperti belt, roller, mangkok kopling, kopling ganda, tempat roller, dsb.

Saya terkejut dan heran karena tidak menyangka apakah kualitas Yamaha sekarang seburuk ini? Motor matic jajan 1 juta rupiah kala mencapai 2 tahun? Motor tersebut selalu saya rawat dengan baik. Cara berkendara saya juga normal-normal saja. Bahkan si Bapak yang berseragam biru Yamaha sempat memuji bahwa motor saya sangat apik untuk motor yang berusia 2 tahun.

Sepulangnya dari bengkel, saya teliti komponen parts lama yang diganti dan sejauh pengamatan awam saya, masih cukup baik. Komponen seperti mangkok kopling dan kopling ganda, mestinya berusia cukup lama. Demikian juga komponen lain seperti tempat roller dsb. Komponen tersebut jarang aus. Bahkan kondisi roller saya masih baik.

Parts lama yang masih bagus tapi diminta ganti

Saya menyayangkan kualitas bengkel resmi Yamaha yang sebetulnya saya kenal sejak lama ini sekarang menjadi bengkel tukang tipu yang memanfaatkan ketidaktahuan konsumen, yang pada akhirnya membawa jelek nama besar YAMAHA yang selama ini saya gunakan produknya.

Sebaiknya hati-hati dan hindari bengkel resmi Yamaha Iwata Motor karena menipu konsumen. Mudah-mudahan pihak Yamaha dapat berbuat sesuatu mengenai hal ini.

Nio Pangestu
Jakarta Garden City, Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini: