Surat Pembaca

Tagihan “Siluman” IndiHome

Selamat sore saudaraku pengguna IndiHome se-Nusantara. .

Saya seorang pelanggan IndiHome sejak tahun 2016. Pada awalnya saya mendaftar menjadi pelanggan IndiHome karena memang sudah menjadi kebutuhan pekerjaan dan akses informasi yang lebih mudah yang bisa kita nikmati di rumah tanpa harus keluar rumah.

Setelah kurang lebih 2 tahun saya menggunakan IndiHome saya sudah mulai merasakan hal aneh dengan tagihan saya setiap bulannya. Ada beberapa tagihan yang sebenarnya saya tidak pernah berlangganan sebelumnya seperti rincian yang ada di struktur tagihan pembayaran. Karena saya menggunakan UseeTV pada tahun keduanya saya selalu mendapatkan telepon dari pihak Telkom untuk menawarkan berbagai produk yang terintegrasi dengan IndiHome rumah saya.

Seingat saya, saya menggunakan layanan atau konten yang ditawarkan itu pada saat piala dunia. Itu hanya berlaku selama piala dunia. Yang membuat saya heran saya tidak pernah berlangganan konten internet lainya tapi tiba-tiba di struktur tagihan saya setiap bulannya ada tagihan konten internet Rp60.000, biaya add on Rp15. 000 dan biaya lainya seperti pesawat telepon, yang notabenenya gak terpasang di rumah saya.

Nah hal seperti inilah yang membuat saya dirugikan, dan saya tersadar itu pada bulan November 2019 lalu. Dan saya pun melakukan pengaduan di Plasa Telkom di daerah saya dan sekalian saya memutus atau berhenti berlangganan UseeTV. Saya pun mengembalikan STB modem UseeTV ke pihak Telkom. Jadi artinya saya hanya menggunakan wifi untuk internet aja tanpa yang lain. Menurut penjelasan customer service di Plasa Telkomnya tagihan bulan Desember 2019 masih belum normal, saya tidak permasalahkan itu, karena kata CS-nya tagihan saya normal nanti pada Januari 2020.

Namun ternyata setelah pagi hari ini saya membayar tagihan lagi untuk bulan Januari 2020 ternyata tagihan saya masih ada konten internet sebesar Rp68.000, STB modem Rp20.000, biaya IndiHome-nya Rp252,000, biaya pajak dan materai yang totalnya Rp37. 000 dan biaya admin Rp2.500, sehingga total tagihannya Rp379. 500. Melihat ini saya benar-benar geram dalam hati dan sangat kecewa karena saya merasa sangat dirugikan.

Saya benar-benar kecewa. Padahal seharusnya tagihan yang harus dan wajib saya bayar sesuai paket yang saya gunakan sekitar Rp. 311. 000,- ini malahan hampir empat ratusan ribu. Ini sudah tidak benar adanya. Saya menulis artikel ini hanya ingin menyampaikan kekecewaan saya sebagai pelanggan IndiHome.

Saya tidak punya maksud lain hanya ingin mewakili suara pengguna yang lain yang mungkin mengalami hal seperti saya. Sebagai orang awam saya tidak banyak mengetahui hal-hal seperti ini. Jika sekiranya ada saudaraku di luar sana mengalami hal ini semoga suara saya pada sore hari ini dapat mewakili keluhan-keluhan saudaraku yang lain yang bernasib sama.

Sekian dari saya. Terima kasih. Tuhan memberkati menjaga dan melindungi kita semua. Amin.

Asna Tulusi
Bulungan, Kalimantan Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan PT. Telkom atas Surat Ibu Asna Tulusi

Dengan hormat, Sehubungan dengan surat Ibu Asna Tulusi di mediakonsumen.com pada tanggal 10 Januari 2020 berjudul “Tagihan “Siluman” Indihome“, dengan...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Jangan dipercaya begitu aja plasanya,sebelum membayar dicek dulu struknya kalau masih aja ada taghny UseeTV langsung aja komplain

  • Saya sudah 3tahun lebih langganan indihome, baru sadar ternyata biaya sewa modem/STB artinya biaya sewa modem indihome dan biaya STB untuk TV. Dari dulu sampai sekarang 18 januari 2020 masih ditagih biaya STB. ini namanya Korup, apakah ada kompensasi pengembalian dari pembayaran STB yang selama ini saya bayar?

  • Setelah saya berlangganan indihome 1 tahun lebih. Dan saya ingin berhenti berlangganan, coustomer telkom mengatakan saya harus bayar untuk 2 bulan ke depan. Nah yg bikin bingung posisi wifi dirmh nyala, kenapa mau berhenti aja harus bayar sampe 2 bulan ke depan.

  • Parah banget indihome , sudah berlanggan sejak thn 2018 paket internet + telp tanpa tv . tp baru thn 2020 ini dalam 3 bulan tagihan bisa berubah2 terus ,dan anehnya sy tdk pernah merubah layanan tp tagihan melonjak dan layanan berubah . sudah datang ke plasa telkom cileungsi untuk komplen , Sudah buat surat perubahanan layanan dgn ttd materai tapi tetap saja tagihan berikutnya berubah2 , ketika kita minta rincian dari tagihan tersebut dan petugas seperti kebingungan dan mencari2 alasan . Dan ketika akan bayar muncul rincian yg membuat kita konsumen bingung ada biaya pemakaian telp lokal ( Yg mana nomer tsb selama bertahun2 kita pakai hnya untuk wifi ) + biaya konten internet ? Yg tidak pernah ada sebelumnya ..Tagihan yg biasa dikirim via email tdk ada lagi , datang tagihan melalui sms beda jumlahnya dengan yg harus di bayar melalui mbanking . Hmmm ada apakah gerangan dengan indihome . Jadi tanda tanya besarrrr ?????

  • Mau nanya nih ke yang lebih paham dan lebih dulu menjadi pelanggan IH kan saya baru pemasangan , yang saya dapet informasi biaya pemasangan itu sebesar 150k , dan saya berlangganan melalui sales IH , katanya untuk biaya pemasangan itu bisa langsung melalui nya nanti tinggal di konfirmasi ke pusat, tetapi di tagihannya itu terdapat 'biaya tambahan' sebesar 150k , sebenarnya itu biaya tambahan sama atau engga ya dengan biaya pemasangan baru

  • 150k itu biaya aktivasi, cukup bayar sekali saja waktu pertama kali pasang bersamaan dengan biaya indihome (sesuai paket yang anda pilih) di loket. Nah, kalo biaya 150k yang anda bayarkan ke sales itu anda kena tipu. biaya pemasangan gratis.

  • Jika sudah niat memutuskan layanan, segera lakukan, jgn lagi terbujuk rayuan maut indihome. Dan tiap terima tagihan kita memang harus rajin cek detailnya. Sudah tidak aneh lagi byk customer merasa tertipu dan hampir semua medsos indihome isinya hanya keluhan dan kekecewaan.

  • Dibulan awal pemasangan masuk tagihan Bulan mei sudah terbayarkan.
    Dan tagihan bulan mei sengajah saya tidak bayarkan karena sejak pertanggal 9 mei jaringan saya sudah tidak stabil alias lemot minta ampun tidak seperti pass baru terpasang.
    Dan sudah kokplain berkali2 hanya di wa dari pihak indihome tekan ya jika jaringan sudah tidak bermasalah tekan tidak jika jaringan masih bermasalah.
    Dari tanggal 9 mei itu saya jawab tidak sampai tanggal 15 mei blm ada pervaikan sama skali. Dan akhirnya untuk memutuskan dan tidak perpanjang. Dan di tanggal 20 juni akhi akhirnya wifi saya dibiaolirbdqn tidak bisa digunakan lagi. Anehnya dibulan juli tagihan saya jalan terus sedangkan wifi dalam keadaan dibiaolir dan tidak bisa digunakan sama skali.

  • Itu di dpn rmh lg rame bgt installasi indihome .. tp liat komen2 diatas jd males .. utg lom psg ..
    Koruptor kok di mn2 y ... kls gd smpe kls kuman .. hiiiii