Kecewa dengan Layanan WMS/WIFI.ID dari Telkom Surakarta (Solo)

Nama saya Warih Sugiarta, pelanggan WMS/WIFI.ID dengan WMS Warih Sugiarta (nomor pelanggan 1415671055**). Saya adalah pelanggan baru WIFI.ID yang tersambung sejak tanggal 03 Januari 2020 dari sebelumnya pelanggan IndiHome. Keraguan bermula ketika perangkat router WIFI.ID di-install (perangkat berwarna putih) seperti foto (asli) di bawah ini:

Beberapa antena pecah dan terpotong. Sesuai info, jarak sinyal router ini akan bagus sekitar 30 meter tanpa penghalang. Saya coba buktikan koneksi ke SSID yang ada di router ini dari jarak sekitar 5 meter tanpa penghalang, hasilnya sinyal wifi 3 bar dan jika mendekat ke router (sekitar 1 meter) baru mendapat 4 bar. Foto di bawah (dengan perbandingan sinyal dari modem IndiHome dan di bawahnya modem IndiHome merk Nok**).

Kasus yang lain adalah saya tertarik pasang WIFI.ID sesuai informasi sales dan screenshot di bawah ini:

Dengan informasi speed antara download dan upload bisa stabil dan di kisaran 20 Mbps (naik turun biasa menurut saya), tetapi aktual yang didapatkan adalah untuk download bisa sesuai sekitar 20 Mbps tapi untuk upload di kisaran 4 -5 Mbps (max 5 Mbps).

Apakah ini sesuai dengan informasi sales diatas yang menjadi sarana promo buat Wifi ID juga? Sudah lapor 147 untuk kasus tersebut sbb:

  • Tanggal 09 Januari 2020 dengan no pengaduan IN60708080 tetapi tidak ada konfirmasi ataupun dihubungi petugas atas pengaduan ini.
  • Tanggal 11 Januari 2020 contact 147 lagi dan ternyata pengaduan pertama di closed tanpa ada konfirmasi dan tidak ada data PIC yang close pengaduan ini… dan dicatat lagi pengaduan baru dengan nomor IN60801931

Dari 147 konfirmasi bahwa speed untuk WMS harusnya bisa sesuai informasi promosi yaitu sekitar 20 MBPS baik untuk download maupun upload.

Sudah coba kontak salesnya an Mut**** dari Telkom Solo, ybs informasi sudah info ke teknisi dan saya bisa lapor ke Plaza Telkom juga (halo seribet inikah?).

Sudah coba kontak teknisi yang pasang a.n. Sal**** ybs justru kapasitas sebagai teknisi mengkonfirmasi untuk layanan saya normal baik perangkat ataupun speed. Tolong Telkom konfirmasi kenapa ada perbedaan antara informasi dari Sales, 147 dan teknisi?

Tolong diberikan konfirmasi, jika memang kedua poin saya di atas yaitu mengenai perangkat dan speed WMS memang kondisi seperti itu normal, prosedur dari pihak TELKOM mungkin sarana promosi atau iklannya juga dirubah biar tidak banyak masyarakat yang nantinya kecewa karena tidak sesuai dengan yang dipromosikan atau diiklankan. Tetapi jika memang ini ulah oknum petugas/teknisi ya tolong segera ditindak tegas, sehingga tidak ada lagi konsumen yang dirugikan karena mengatasnamakan kebijakan dari Telkom.

Ditunggu follow up dari pihak yang terkait, mohon maaf jika ada salah kata atau salah ketik.

Warih Sugiarta
Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Wifi.id:
[Total:13    Rata-Rata: 2.7/5]
Tanggapan PT Telkom atas surat Bapak Warih Sugiarta

Dengan hormat, Sehubungan dengan surat Bapak Warih Sugiarta di mediakonsumen.com pada tanggal 12 Januari 2020 berjudul “Kecewa dengan Layanan WMS/WIFI.ID...
Baca Selengkapnya

Loading...

10 komentar untuk “Kecewa dengan Layanan WMS/WIFI.ID dari Telkom Surakarta (Solo)

  • 15 Januari 2020 - (14:39 WIB)
    Permalink

    Terima kasih kepada Pak Warih Sugiarta atas tambahan tanggapan yang diberikan.
    Kami memohon maaf apabila tanggapan kami sebelumnya masih dirasa kurang.
    Sebagaimana hasil komunikasi yang telah kami lakukan dengan Pak Warih pada hari Selasa, 14 Januari 2020, pada kesempatan ini kami ingin memberikan penjelasan detail terkait hasil komunikasi dan konfirmasi kami, sebagai berikut,
    1. Terkait perangkat AP (access point) wifi.id yang terinstall di lokasi Bapak, dimana ada antenna yang secara tampilan dan mungkin fungsi dirasakan tidak sempurna.
    Kami sampaikan bahwa lonjakan permintaan yang tinggi terhadap produk WMS membuat stock AP baru kami kosong. Sambil menunggu AP baru datang kami mencoba mengantisipasi dengan memasang AP dismantle yang secara fungsi tidak mengurangi value dari WMS itu sendiri. Hal ini kami lakukan agar antrian para pelanggan yang sudah registrasi dapat segera menikmati layanan WMS dimaksud. Kami berharap setelah penggantian antenna tersebut performansi AP WMS dapat memenuhi harapan.
    2. Terkait case speed WMS dimana Bapak menyampaikan bahwa speed upload dan download tidak 1:1. Kami sampaikan bahwa per 12 November 2019 terdapat kebijakan perusahaan, dimana diantaranya adalah untuk speed WMS (upload : download) adalah 1:5.

    Demikian sampaikan, sekali lagi kami mengucapkan banyak terima kasih atas masukan dan kepercayaan Bapak Warih kepada kami. Kami juga menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang Bapak alami.

    Hormat kami,

    Hendro Cahyadianto
    Telkom Regional IV Jateng & DIY
    Jln. Pahlawan 10 Semarang

    • 3 April 2020 - (17:21 WIB)
      Permalink

      Kepada yth pak hendro cahyadianto

      1 : 5 tapi tarif sama dengan wms lama 362ribu yg speed 1 : 1
      kenapa di promo sales mengatakan 1 : 1 yang benar yang mana pak di tempat lain solo speed 1 : 5 itu harga 280 blm ppn di bandung harga 260 blm ppn lah di gresik 329 blm ppn kalau gresik 329 berarti sama ppn kisaran 364 sama kayak wms lama sblm tahun 2019 dan 2020 tp mereka dapet seamless dan speed 1 : 1 yang benar seperti apa penerapan di lapangan

      Saya baru pasang aja dpt speed download 20 upload cuman 1 tpi harga sama dengan yang download 20 upload 20

      Mohon di jelaskan
      Kalau seperti ini terus ya pelanggan bisa kecewa berat masak perusahaan plat merah dengan harga yg mahal tp service nya sangat buruk

      • 22 Agustus 2020 - (04:08 WIB)
        Permalink

        Iya sama saya juga begitu… Merasa diperlakukan tidak adil… Mohon bapak pimpinan menghapus aturan baru yang malah membuat ketidak jelasan aturan biaya di konsumen..
        BUMN masak kayak gini😒😁

    • 30 Oktober 2020 - (18:50 WIB)
      Permalink

      Bukan cm soal AP itu uploadnya 1:1 hanya berlaku 1 bulan kalau teknisi dtg untuk maintenance speed upload jd 1:5 sedangkan kita sepakat dengan salesnya untuk dapat 1:1 dan kalau melapor teknisi hanya marah marah katanya sekarang aturannya begitu jangan melapor lagi, semua kesepakatan dgn sales pun hilang harus mengikuti aturan yang dibuat suka suka

  • 17 Maret 2020 - (20:05 WIB)
    Permalink

    Wifi dikos saya sudah satu minggu tidak bisa digunakan, tepatnya hari selasa 10 Maret 2020. Ketika menghubungi CS wifi.id solo diberitahukan jika dibeberapa wilayah mengalami troble namun segera mungkin akan membaik. Namun setelah itu saya komplain lagi tetapi tidak ada tanggapan. Kemudian menghubungi teknisi dengan inisial SALM** tetapi beliau menjelaskan tidak ada masalah. Sampai sekarang wifi dikos saya belum bisa digunakan dan tidak ada tindak lanjut dari pihak Wifi.id 😊

  • 11 Juli 2020 - (02:10 WIB)
    Permalink

    betul sekali. di sulbar kami seperti kena tipu. promosi marketing WMS 1 ; 1 ternyata bulshit semuanya. ditanyain malah mengelak klo urusan bandwit katanya dari pusat. saya disarankan lagi untuk menggunakan wifi/id dengan membeli voucer 50.000 per bulan. tapi ternyata hanya manis selama 3 hari selebihnya malah ngedrop sampai 0.01 atau paling tinggi 1,1 mbps. saya hanya mau katakan kepada telkom berhentilah memeras rakyat. apa kalian tidak merasa berdosa jika kalian punya agama>

  • 18 Agustus 2020 - (20:21 WIB)
    Permalink

    SAYA PIKIR CUMAN SAYA YANG ALAMI SEPERTI INI. TERNYATA BANYAK JUGA YANG SAMA SEPERTI SAYA.

  • 29 Agustus 2020 - (02:02 WIB)
    Permalink

    Inilah BUMN kita yang baru saja encatatkan keuntungan puluah Trilyun dari cara memeras rakyat. Padahal amanat Undang2, meratakan internet bagi seluruh rakyat. Yang ada, harga internet puaaaling mahal, fitur internet semakin hari semakin dikurangi, semakin diperburuk, semakin tidak baik Malu sama kompetitor, malu sama undang2, malu sama rakyat..

  • 30 Oktober 2020 - (18:43 WIB)
    Permalink

    Saya juga sama saya sebelumnya dapat upload 1:1 sama download tapi setelah teknisinya dtg untuk maintenance upload saya jadi 1:5 bukan hanya 1:4, setelah saya laporkan malah mereka bilang uploadnya segitu padahal jelas2 dulu upload saya 1:1 sekarang tidak bisa lagi seperti itu serasa tertipu karna tidak sesuai dengan yg awalnya ditawarkan sales

  • 4 November 2020 - (22:13 WIB)
    Permalink

    Mulai tanggal 3 november 2020 tepatnya di kota semarang, speed jadi kacau, jitter tinggi. Speedtest di ssid pribadi hasilnya turun jauh, beli voucher wifi.id yang dulu kenceng sekarang juga ikut loyo. Dan ini tidak terjadi di saya saja namun temen satu daerah saya juga merasakannya. Untungnya ada isp lain di tempat saya, mungkin dari media konsumen disini sudah cukup untuk mempertimbangkan calon pelanggan baru wms.

 Apa Komentar Anda mengenai Wifi.id?

Ada 10 komentar sampai saat ini..

Kecewa dengan Layanan WMS/WIFI.ID dari Telkom Surakarta (Solo)

oleh Warih Sugiarta dibaca dalam: 2 min
10