Surat Pembaca

Shopee Membatalkan Pengembalian Dana, Tidak Sesuai dengan Ketentuan Pusat Bantuan

Pada tanggal 18 Desember 2019, saya membeli 6 buah Flashdisk dalam 3 varian, dengan kapasitas 4 GB via e-commerce Shopee. Nomor pesanan: 19121822067H897 dengan penjual jianmostory.id senilai Rp119.977 yang kemudian diterima pada tanggal 28 Desember 2019.

Saya merasa heran, setiap kali saya memasukkan data ke dalam semua flashdisk tsb, datanya hilang dan tertinggal sedikit saja. Lalu saya mengujinya dengan software H2testw, ternyata kapasitas flashdisk hanya sebesar 118 Mb saja.

Saya mengajukan pengembalian dana kepada Shopee pada tanggal 30 Desember 2019. Semua bukti dokumen foto dan hasil uji software sudah saya sertakan dan saya diminta menunggu. Pada tanggal 11 Januari 2020, pengajuan saya dibatalkan dengan alasan permintaan penjual, dimana dana saya ternyata sudah diteruskan kepada penjual.

Kemudian saya coba memeriksa kembali kolom diskusi, ternyata pada tanggal 9 Januari 2020 pukul 13:12 WIB mereka hanya memberi waktu satu hari untuk mengirimkan barang dengan batas waktu tanggal 10 Januari 2020 pukul 17:00.

Saya merasa sangat kecewa dengan apa yang dilakukan pihak Shopee, jelas tidak menghargai konsumen. Membuat konsumen menunggu penyelesaian hampir 10 hari, lewat dari ketentuan Shopee sendiri, yang mana seharusnya hanya butuh 3 hari, dan 5 hari waktu pengembalian dari sejak pengembalian disetujui.
Apakah etis cara kerja e-commerce sebesar Shopee terhadap konsumen?

Muk Men
Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Barang dari Tiongkok yah gan? Gimana caranya balikin ke sana dalam waktu sehari? ?

    Sebaiknya Shopee ngasih sistem punishment buat seller2 nakal yg menjual barang2 gak berkualitas kek gini. Sebelum rame marketplace dalam negeri, dulu sy sering belanja di Ali Express dan Ebay. Seller2nya tuh paling takut kalo kita sampai open dispute melibatkan pihak marketplace. Beberapa kali kiriman sy bermasalah di pengiriman (melewati masa garansi waktu pengiriman/masalah di kurir), ketika sy komplain ke seller, mereka sangat responsif sampai menawarkan kirim ulang barang asal kita gak open dispute. Sepertinya kalo sampai buyer open dispute, seller2nya kena denda atau apalah.

    • Iya Gan barang dari China, barang disuruh kirim kegudangnya diTanjung Priok, hanya dikasih wktu 1 hari, peraturan diShopee 3 hari ada keputusan tpi ternyata sdh 9 hari gak ada, bgtu kita lewat ngecek lagi dana sdh berpindah.

      Diluar negeri e-commerce bertindak profesional karena SDMnya berbeda & benar-benar ada perlindungan terhadap konsumen, kalo lokal sini mereka gak paham apa keluhan konsumen, kalo Penjual berkeberatan atas pengembalian barang, maka mereka akan memihak Penjual & menganggap konsumen yg tdk paham, selama ini dari 5 kasus yg pernah saya alami dgn Penjual keberatan pengembalian dana, tidak ada satupun kasus pihak Pusat bantuan memenangkan konsumen.

  • Bukankah Shopee platform e-commerce asal Singapura? Jangkauannya meliputi Malaysia, Thailand, Taiwan, Indonesia, Vietnam, Filipina dan Brasil.

    Dengan jangkauan yang luas, seharusnya Shopee sudah memiliki SOP yang baik dan berstandard Internasional, seharusnya case diatas tidak terjadi.

    • Jika SDM disortir dengan baik, maka hal seperti ini memang tidak perlu terjadi, dengan berlindung pada nama besar & promosi besar-besaran untuk menarik konsumen dianggap hal paling utama tanpa perlu mempertanggungjawabkan apapun yang merugikan konsumen, termasuk melanggar ketentuan mereka sendiri.

      NB : sampai hari ini tanggal 21/01/2020, dana konsumen masih belum dikembalikan, padahal produk sudah diterima digudang mereka pada tanggal 15/01/2020.

  • Pada tanggal 23/01/2020 Tim Shopee mengembalikan dana Rp.89.982,- melalui rekening yg saya berikan, kemanakah Rp. 29.995,- dari nilai pembelian yang sejumlah Rp. 119.977,-, mereka bilang tidak mau menanggung ongkir ekspedisi pengiriman kembali, okelah, tapi mengapa bisa terjadi pemotongan dana pengembalian ?.

    Sebuah Tim ataupun grup kalo bekerja tidak sesuai standard akan selalu merugikan konsumen & tidak akan pernah selesai dengan baik.

  • Pada tanggal 30/01/2020, saya kembali mempertanyakan ke Tim Pusat bantuan mengenai pemotongan tersebut & saya disuruh menunggu 1-3 hari, namun karena tidak ada tanggapan maka pada tanggal 03/02/2020 saya mempertanyakan kembali mengenai jawaban dari hasil penantian 1-3 hari, dan mereka segera menjawab kalo itu keputusan Tim mereka adalah untuk tidak mengembalikan dana yang berasal dari cashback apabila kita pergunakan untuk melakukan pembelian lagi, padahal sebelumnya setiap pembelian yang dibatalkan mendapat pengembalian juga dari dana cashbacknya yang disebut koin.

    Dengan cara demikian mereka berusaha agar konsumen tidak mengembalikan produk yang dibeli, meskipun produk tersebut tidak sesuai , saya sangat menyayangkan sikap Tim Bantuan Shopee yang merugikan konsumen.

  • september 2020 saya beli printer head untuk brother j200,. ternyata barangnya tidak sesuai, socketnya terlalu lebar untuk ukuran printer brother j200,. saya coba komplain ke seller, dan seller menyarankan untuk melakukan komplain dan pengembalian dana bila barang tidak bisa digunakan. lantas saya komplain ke shopee, daaaan sumpah ribetnya pake minta foto resi dll,. jeda waktu dari saat barang sampai hingga harus cari teknisi printer kan makan waktu, apalagi saat pandemi gini, trus sampai kepikiran harus nyimpen resi pengiriman dari jne atau sls? "GAK MUNGKIN JUGA KELEES" akhirnya komplain berhujung ikhlas dan pasrah deh,. jauh banget kualitas pengaduan shoope dengan toped,.