Surat Pembaca

Tidak Pernah Pakai PayLater Gojek, tapi Dapat Tagihan

Sejak tanggal 29 November 2019, saya mendapat tagihan PayLater via SMS ke nomor saya yang terkoneksi dengan akun Gojek. Nomor saya 082226927*** atas nama Anggi. Saya berkali-kali mendapat SMS penagihan. Karena merasa tidak pernah menggunakan PayLater, SMS tersebut saya abaikan. Namun saya tetap melakukan pengaduan terkait hal tersebut ke pihak Customer Service Findaya via email di support@findaya.com.

Lalu mulai Desember 2019, saya mendapat telepon dari nomor asing yang mengaku dari pihak Findaya yang menagih saya untuk membayar tagihan PayLater. Findaya adalah pihak yang menangani masalah PayLater Gojek. Saya sampai ditelepon berkali-kali dan diancam oleh pihak Findaya diminta segera melunasi. Padahal saya tidak pernah menggunakan fitur PayLater, dan akun Gojek saya tidak terhubung dengan fitur PayLater. Untuk dapat terhubung dengan PayLater, kita harus memfoto KTP kita dan melakukan selfie dengan KTP. Padahal saya tidak pernah melakukan keduanya. Kok bisa-bisanya saya mendapat tagihan?

jumlah tagihan Paylater

Saya sudah berkali-kali melakukan pengaduan ke pihak Gojek dan Findaya. Via telepon dan juga email. Pihak Gojek menyarankan saya untuk mengadukan keluhan saya ke pihak Findaya. Lalu saya kirim email pengaduan lagi ke Findaya. Pihak Findaya membalas email saya bahwa akun saya disalahkangunakan oleh pihak lain dan saya tetap diminta membayar tagihan. Kok bisa seperti itu penyelesaiannya? Saat saya ditagih via telepon, saya jelaskan kronologinya dan diminta tetap membayar.

Lalu saya kirim email lagi. Tetap disuruh membayar dan menjaga keamanan akun saya sendiri. Padahal akun saya tidak pernah digunakan pihak lain dan saya tidak pernah memberikan kode OTP ke pihak lain. Sangat disayangkan.

Apakah sebegitu mudahnya akun Gojek saya diretas dan disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab? Padahal akun tersebut berisi informasi pribadi pengguna. Apakah tidak ada proteksi terhadap informasi pribadi pengguna? Bagaimana tanggung jawab dari pihak Gojek? Saya merasa dirugikan. Saya tidak menggunakan Paylater tetapi tetap diminta membayar. Apalagi dengan diteror telepon berkali-kali dari nomor asing pihak Findaya.

Akun saya yang tidak terhubung dengan Paylater

Saya hanya ingin minta tolong dengan sangat dan segala hormat untuk pihak Gojek segera menangani keluhan saya, karena sepengetahuan saya bahwa Gojek adalah perusahaan besar dan ternama di Indonesia, jadi saya mohon pihak Gojek untuk peduli terhadap keluhan dari pengguna Gojek.

Begitupun dengan pihak Findaya, saya sudah email dan dan menjelaskan via telepon tetapi keluhan saya tidak diurus juga. Sedangkan dari pihak Findaya sendiri selalu menagih saya melalui telepon dan berulang kali pula saya jelaskan kronologi, secara lengkap dan mengirimkan bukti melalui email, tetapi sampai sekarang masih ditagih juga.

Saya mohon dengan sangat untuk pihak Gojek dan Findaya segera mengurus keluhan saya dan bertanggung jawab atas kinerjanya.

Terima kasih banyak!

Annastasia Lita Anggi Utami
Semarang

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Kok bisa di akun mbak gak aktif PayLaternya? Trus itu transaksi PayLaternya dari akun siapa? ? Kalo seperti ini sih, ada celah keamanan yg serius di sistem Gojek. ?

    • saya juga mengalami kejadian yg sama kak, saya pribadi kesal krn nomor yg menelfon dijam saya istirhat dan itu sangat mengganggu..

        • Saya juga baru ini mengalami hal yg sama ada transaksi diluar transaksi saya. Saya sudah adukan hal tersebut. Tapi harus tetep bayar,, tapi saya gak bakal bayar apalagi tagihannya 14 jt lebih.. Uang dari mana mau bayar... Yg jelas ini penipuan😭

      • gimana kelanjutan kendalanya mba? sharing dong, saya juga kena soalnya...gopaylater aktif sendiri, setelah aktif memang saya pake sekali, trus sebelum jatuh tempo lgsung saya bayar. karna biaya adminnya jauh lebih tinggi dari paylater lain saya udah gapernah pake gopaylater lagi. trus bbrp bulan kemudian saya tiba2 masuk tagihan total 400rb sesuai limit gopaylater saya bener2 di kandasin gitu. padahal saya ga pernah pake sama sekali. udah komplain ke gojek mereka tetap mewajibkan bayar. yah saya gamau bayar org bukan saya yang pake. skrg saya bener2 diterorr di tlp di wa setiap hari, bener2 keganggu akhirnya saya mutusin buat bayar tagihannya eh malah nambah biaya denda 200rb kan dah ga bener. saya udah bilang kendala saya pun mereka tetep gamau hapus dendanya......pusing bgt

      • Mau tanya dong dia kan bilang mau datang kerumah sama ke kantor? Itu beneran datang gak.. soalnya aku juga kenak kasus yg sama seperti teman2

  • Iya makanya saya juga bingung. Pihak gojek dan findaya saya hubungi dan belum ada solusi sejauh ini. Kecewa sekali

    • Mba,saya juga persis mengalami kejadian seperti mba anggi,boleh minta no wa nya buat sedikit sharing,gimana kelanjutannya kejadiannya itu,saya sampe sekarang masih di tagih aja oleh oihak findaya lewat sms.randy

        • Gimana cerita nya tagiahan nya di hapus? Saya mengalami juga hingga 700k tagihannya. Lagian saya mahasiswa yg hidup di rantau orang mana ada uang sebanyak itu

          • saya jugak dapat kejadian yg sama. dan saya jugak masih mahasiswa, disini jugak agak memberatkan saya. itu gimana ya supaya paylaternya di hapus kan? di app gojek saya gak ada fitur paylaternya karna belum saya update. tapi saya dapat tagihan, membuat saya bingung sendiri. cek transaksi gak bisa, bahkan untuk proses pembayaran jugak gak bisa. itu gimana ya?

          • Saya saranin kepada teman teman yang kena jebakan batman dari gopay later dari findaya untuk memberikan pengaduan atau jika complain cc ke konsumen@ojk.go.id, karena saya kemarin 4 juni juga kena jebakan batman findaya yang ada tagihan tiba tiba penggunaan yg tidak jelas dari findaya yg katanya langganan voucher padahal saya juga tidak melakukan transaksi. Mohon sertakan ojk jika bermasalah dengan fintec sebagai pengawas fintec, buat apa kita bayar pajak bayar gaji ojk jika tidak kita gunakan ojk. Semoga berhasil.

        • Mba Anggi, boleh minta kontak mba anggi via email?
          Saudara saya juga punya masalah yg sama dan ingin berkonsultasi bagaimana caranya agar tagihan Payletter tersebut dihapuskan oleh pihak findaya, sejauh ini respon dari pihak findaya harus bayar.
          Mohon infonya secepatnya, terimakasih.

        • Mbak Anggi pengalaman nya persis kaya sya.itu gmn mbak cara nya supaya penagihan nya di hapuskan...mohon pe jelasan nya.

        • Mbak boleh minta kontak nya via email...untuk sekedar share .saya jg sekarg sedang di tagih sama Findaya.gmn cara nya agar tagihan nya di hapuskan?

        • Mba anggi akhirnya bagaimana biar tagihan itu dihapuskan...
          Ga pake paylater eh dapat tagihan kirim email ke findaya tetep aja suruh bayar,saya biarkan kok tagihan trus membengkak..
          Bantu saya mba gimana nyelesain penghapusan tagihan...

        • Halo Mbak Anggi, maaf mengganggu waktunya, baru2 ini saya juga kena kasus yg sama, gimana ya caranya supaya tagihan Gopay Later saya bisa dihapus? Terima kasih sebelumnya

      • Saya juga mengalami hal yg sama,mendapat tagihan dari paylater pdahal tdk pernah ngutang sellau byr cash saat order,tlp ke cs gojek diauruh email ke findaya,kira2 bisa diselesaikan tidak masalah spt ini,lengkap tagihan dg denda

        • Saya juga hari ini dapat email dari findaya, katanya saya telat 3 hari, padahal saya tidak pernah pakai aplikasi Gojek ( hanya pakai grab )

          • sy korban dari oknum yg mengatasnamakan PT. PERKASA ABADI PERDANA sebagai penagih pihak ketiga yg wa sy dgn nomor +62 812-3933-9612, dan sy sering diterror ditlp2, padahal sy tidak pernah mengaktifkan gojek paylater tetapi ada tagihan...sy sdh email pihak gojek meminta trekrecord sy...ini penipuan atau emang ada yg memakai nomor tlp sy yak?

    • Saya juga kena kejadian seperti itu, solusinya gmna agar tidak di kejar2 untuk membayar, karna saya juga tidak bpernah melakukan transaksi

      • Kalo saya, baru" ini di tagih lebih at telfon, karna saya menggunakan paylater, padahal saya sendiri blom aktif paylater nya, sblumnya saya beli pulsa di fb dgn harga miring, pulsa 100 saya beli 70,okey....sebulan kemudian saya di telfon penagihan paylater padahal saya ga punya paylater, kemungkinan orang yg jual pulsa tersebut make paylater nya tpi ko yg di tagih saya.... Huft

    • Mbak penyelesaiannya seperti apa?
      Apakah dgn mengirim pesan ke gojek atau pihak findaya?

    • Mbaaaa saya reply ini di 13 Januari 2022 karena ditagih gopaylater oleh findaya atas transaksi yang saya gak tau?. bantu dong mba, maaf, boleh minta contactnya?

  • seharusnya pihak gojek bisa dengan mudah melacak transaksi yg terjadi, karena itu kan transaksi terjadi dalam aplikasi milik mereka sendiri ya.

  • Parah banget, harus extra hati2 yang punya akun gojek. Semoga pihak gojek & findaya segera memberikan solusi yang terbaik bagi kenyaman customernya.

  • Harus ada perhatian dan solusi dari Gojek supaya tidak ada korban lain yg menyusul. Mengingat sudah banyak pengguna Gojek. Jujur saya juga merasa kuwatir nih ... Ayoo Gojek segera beri solusi ....

  • wah sangat merugikan donk, apakah sistem findaya semudah itu untuk diretas? harusnya segera ada penanganan dari findaya krn ini merugikan konsumen, orang tidak memakai paylater bs dapat tagihan. harusnya paylater bs dicek ktp dan foto penggunanya. bagaimana tindak lanjut dr findaya atau gojek?

      • Kasus saya juga sama kak. apakah Kita kumpulin orang yang sudah dirugikan dengan kasus ini dan melaporkan ke pihak berwajib melalui proses hukum. Karna jujur saya sangat-sangat dirugikan. Saya kena Bi checking di OJK dan saya diteror sama dabt kolertor. Padahal saya tidak merasa mengaktifkan dan menggunakan layanan payleter gojek.

  • Ini kasus kok ajaib bener yah. Akun gojek yang paylater nya gak aktif, tapi ternyata bisa punya tagihan.
    Terus apa sudah pernah ngasih screenshot yang berisi bahwa paylater gak aktif? Lalu apa tanggapan mereka? Bilang kalau itu edit an gitu kah?

    Kelihatannya nomor HP tersebut digandakan... hebat juga yah, kayak di film2...

    • mereka mengakui kalau akun saya disalahgunakan karena ada perubahan akun, tapu tetep tagihannya ditagih ke saya

      • Lah, jadi mereka mengakui bahwa yang bobol itu sistem mereka sendiri toh, karena app di HP mbak nya normal & paylater nonaktif.
        Emang bisa mbak nya pake paylater & kemudian setelah itu keluar (out) dari paylater sehingga status paylater di HP dari aktif jadi nonaktif? Gak mungkin kan? Berarti si pemilik HP gak salah dong.

        Terus itu paylater kok bisa diaktifkan dengan nomor HP yang sama, padahal di HP tersebut (yang di tangan mbak) sudah diakui oleh mereka bahwa paylater non aktif?

        Sudah jelas ada ketidak-beresan di sistem mereka, kok pemilik HP (dengan status paylater non aktif) tetap aja diminta bayar...

        • Iya betul bgt. Tapi penagihannya itu atas nomor dan email yang berbeda. Bukan email dan nomor saya di akun gojek. Tapi karena ada perubahan data(diretas) maka ditagihnya ke saya. Saya rugi dong. Padahal saya tahu kalau akun saya diretas, dari pihak gojeknya. Kalau saya tahu akun saya diretas lebih awal, pasti sudah saya laporkan. Masa saya tau akun saya sendiri diretas, tapi saya diam saja. Kan aneh ya.

          • O, awalnya nomor & e-mail berbeda, tapi kemudian dilakukan pergantian data.
            Lah, tapi dilakukan penggantian data dengan nomor yang sebetulnya sudah terdaftar & paylater-nya non aktif, begitu kan?
            Ya berarti sistemnya yang kurang sempurna kan.
            Ck ck ck, memang hebat para maling ini.
            Ya sepantasnya memang mbak sebagai korban dari ketidak-mantapan sistem mereka tidak dipersalahkan.
            Semoga segera ada jalan keluar.
            "Masih untung" tagihannya tidak sampe jutaan, karena paylater-nya limitnya kecil. Bisa lebih gede lho max limitnya paylater hehehe.

          • Mbak mohon infonya bagaimana agar tagihannya dihentikan. Krn pihak findaya tetap meneror saya dan mengatakan bahwa denda tetap berjalan sejak jatuh tempo jika saya tidak melakukan pelunasan tagihan