Surat Pembaca

Tokopedia Tidak Bertanggung Jawab Penuh atas Barang yang Hilang oleh Kurir AnterAja

Dan refund yang merugikan pembeli.

Saya membuka tabungan Bank Permata Me dan menggunakan kode promo untuk mendapatkan voucher potongan harga 100 ribu untuk pembukaan tabungan. Lalu saya sudah mendapatkan promo voucher tersebut https://www.tokopedia.com/promo/bank-permata-2/

Lalu saya berbelanja di tokopedia dengan harga 162.000 dengan nomor pesanan INV/20191221/XIX/XII/411584710 dengan menggunakan jasa ekspedisi AnterAja dengan nomor resi 10000080856470 pada tanggal 23 Desember 2019.

Pada tanggal 24 Desember 2019 sudah satu kota dengan saya. Tetapi hingga saat ini tidak datang dan dinyatakan hilang oleh pihak ekspedisi AnterAja. Saya sudah mengajukan komplain ke pusat resolusi Tokopedia dan AnterAja. Pihak AnterAja hanya bilang maaf tanpa bertanggungjawab.Pihak Tokopedia menawarkan solusi yang sangat merugikan saya sebagai pembeli. Isinya seperti berikut:

Selamat datang di Pusat Resolusi terbaru. Perkenalkan saya Nata akan bantu cek kendala ini. Mohon maaf untuk kendala yang belum terselesaikan. Pembeli infokan barang yang dipesan belum diterima. Nata cek status pengiriman dengan nomor resi 1000008x85647x (AnterAja) statusnya sebagai berikut: Selasa, 24 Desember 2019 11:44 Hub Bandung – Driver/shipment on the way destination (to buyer) Berdasarkan status di atas, barang pesanan Pembeli tidak ada perkembangan sejak 24 Desember 2019. Dikarenakan saat ini sudah melebihi batas waktu investigasi, maka silakan Penjual mengisi dan melengkapi data-data pada link yang kami infokan dengan tekan “Unggah Bukti Tambahan” agar kami bantu proses klaimnya. Nata lampirkan dua form, salah satunya berupa contoh pengisian. Penjual bisa unduh form klaim yang kosong dan isi data sesuai dengan contoh tersebut. Setelah terisi lengkap, Penjual bisa melampirkan kembali pada diskusi ini. Kemudian sebagai informasi untuk pembuatan BAP kehilangan dari pihak ekspedisi memiliki proses 3×24 jam sejak H+1 kami berikan berkas klaim. Kami tunggu kelengkapan berkas klaim dari Penjual dalam 2×24 jam hari kerja terhitung mundur dari sekarang ya. Jika hingga hingga batas waktu yang disampaikan tidak ada kelengkapan berkas klaim dari Penjual, maka mohon maaf kami bantu tutup kendala ini dengan solusi pengembalian dana ke Saldo Refund Pembeli senilai yang dibayarkan Rp 62.000 karena Pembeli menggunakan promo Gratis Ongkos Kirim dan promo harga barang. Silakan cek batas waktu respons Anda pada notifikasi di sistem Pusat Resolusi ya, Penjual. Terima kasih, Tim Tokopedia Care #SahabatTerbaikToppers

Solusi yang ditawrakan Tokopedia

Sangat tidak adil voucher potongan yang saya dapatkan terbuang sia sia.Voucher tersebut tidak saya dapatkan dengan mudah perlu waktu berminggu minggu untuk klaim. Apakah pengembalian dana sebesar Rp62.000 dapat membeli barang saya kembali yang hilang sebesar Rp162.000?

Yang saya harapkan dari REFUND(pengembalian dana) dari Tokopedia yaitu:

  1. Refund full saldo Rp.162.000.
  2. Diganti dengan barang yang sama dari seller yang sama dengan pihak ekspedisi yang berbeda dan ongkos kirim saya yang menanggung.
  3. Refund Rp.62.000 dan voucher diaktifkan kembali dengan tenggat waktu satu bulan (salah satu penyelesaian yang saya harapkan).

Cukup sekian kekecewaan saya terhadap Tokopedia dan pihak ekspedisi Anteraja. Semoga dari kasus ini bisa diambil hikmahnya.

Muhammad Zaki Zulfikar
Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • tinggal pindah marketplace aja gan, emg tokped saya jg udh pembeli platinum tapi skrng total mundur, lupa diri tokopedia. biarkan karma yg balas, nanti juga jatuh sendiri sama saingan yg lebih Loyal.

  • Saya juga mengalami, beli produk di tokped sebesar 1.800.000 dengan kurir anteraja. Sudah 10 hari barang masih belum juga sampai, yang ada pihak Tokopedia menawarkan resolusi. Mungkin masalah seperti ini tidak terjadi 1x ato 2x, bahkan lebih dari itu. Cukup sudah Tokopedia dan ekspedisi anteraja pelayanan buruk sekali dan tidak memberi kenyamanan konsumen. Yuk kita pindah ke jasa yang lain dan dapat dipercaya