Paket Hilang, Bukalapak dan Mitra Asuransi Axinan dan Sompo Indonesia Menolak Klaim Asuransi secara Sepihak Berkali-kali

Sudah jatuh tertimpa tangga, lalu ditabrak kendaraan mungkin itulah sepenggal analogi yang tepat menimpa saya.

Awal mulanya saya melakukan proses transaksi pembelian beberapa hardware komputer/PC total seharga Rp1.526.000 di salah satu e-commerce lokal, yaitu Bukalapak, pada tanggal 11 Desember 2019. Semuanya berjalan lancar baik, komunikasi dengan pelapak dan paket dikirimkan keesokan harinya atau tanggal 12 Desember 2019 dengan nomor resi 150260379128119. Sampai hal yang tidak diinginkan terjadi.

Paket yang menggunakan ekspedisi JNE (YES) dari tujuan Batam ke Padang dinyatakan hilang oleh pihak ekspedisi terkait. Pihak JNE juga menghubungi saya pada tanggal 2 Januari 2020 sebanyak 2 kali pada hari tsb perihal status akhir paket. Sekedar informasi, ini murni hilang bukan karena tertahan cukai atau lainnya.

Saya pribadi dari jauh-jauh hari juga sudah mengirim surat keluhan kepada pihak e-commerce dan ekspedisi terkait sejak tanggal 21 Desember 2019 dan sampai dinyatakan hilang. Masalahnya muncul ketika saya mengajukan klaim asuransi yang selalu ditolak oleh pihak mitra asuransi Bukalapak. Padahal paket juga sudah menggunakan jasa asuransi perlindungan pengiriman bahkan surat keterangan kehilangan yang dibutuhkan juga sudah dikirimkan oleh pihak JNE pada tanggal 8 Januari 2020. Saya pun sudah meminta JNE kembali buat mengirimkan ulang kembali surat keterangan kehilangan.

Tiap hari waktu habis digunakan hanya untuk mengirim keluhan dan proses klaim yang selalu ditolak. Akun Bukalapak juga sudah verified kalaupun meminta data pendukung. Namun sepertinya pihak Bukalapak melalui mitra asuransinya Axinan dan Sompo seperti mempermainkan saya, berulang-ulang menolak klaim asuransi, tanpa disertai satupun alasan dan kejelasan terhadap klaim asuransi yang diajukan.

Selama lebih 10 tahun transaksi online entah sebagai buyer/seller dari zaman Kaskus FJB pakai rekber atau tidak, baru kali saya merasa sangat dikecewakan. Paket hilang, dana tidak balik dan waktu habis hanya untuk komplain khususnya mitra asuransi Bukalapak Axinan dan Sompo Indonesia yang semena-mena menolak tanpa ada satupun alasan.

Saran buat pembaca budiman sekalian, bijaklah dalam memilih online shop terlebih e-commerce yang menggunakan mitra asuransi pihak ketiga macam Axinan dan Sompo Indonesia.

Habibi Syahril
Padang

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Bukalapak:
[Total:14    Rata-Rata: 1.8/5]
Tanggapan Bukalapak atas Surat Bapak Habibi Syahril

Dengan Hormat, Terima kasih atas hubungan yang terjalin dengan baik antara Bukalapak dan Media Konsumen selama ini. Sehubungan dengan dimuatnya...
Baca Selengkapnya

Loading...

8 komentar untuk “Paket Hilang, Bukalapak dan Mitra Asuransi Axinan dan Sompo Indonesia Menolak Klaim Asuransi secara Sepihak Berkali-kali

  • 20 Januari 2020 - (09:52 WIB)
    Permalink

    Hallo kak Habib, ini kasus sangatlah janggal, Saya adalah pelanggan setia BL sejak 2014 sampai sekarang, dan menurut saya, belanja online yang paling aman dan amanah, ya cuma Bukalapak, manamungkin ada barang yang baru saja dikirim, terus setelah 1 hari mendadak barang dinyatakan hilang,!!! Kalau selama proses kirim Anda tidak pernah klik terima barang, maka selama itu uang akan tetap aman ada di Bukalapak, seandainya ada masalah dalam proses pengiriman, seharusnya anda tidak usah berurusan dengan expedisinya, tapi anda memberikan laporan kepada pihak Bukalapak, sehingga nanti anda akan mendapat jaminan aman dari transaksi anda.

  • 20 Januari 2020 - (11:31 WIB)
    Permalink

    Maaf klw mau membalas Komentar bacalah dulu dg seksama..
    Biar tidak ada keslahpahaman
    Ini sudah dari tgl 11 desember atau lebih 40 hari..
    Bukan 1 hari ya ..

    • 24 Januari 2020 - (00:05 WIB)
      Permalink

      Case closed
      Tertanggal 24 January 2020 bukalapak telah meyelesaikan permasalahannya
      Dana pencairan asuransi jg udah masuk.
      Semoga kedepanya “miss communication” tidak terjadi lg.
      Sekian
      Terima Kasih

      • 17 Juni 2020 - (21:14 WIB)
        Permalink

        Saya juga mengalami kasus sama. Sekarang diproses di asuransi, namun setelah ada konfirmasi dari CS Support untuk meminta lampiran bukti no. rekening dan surat hilang dari kepolisian, sudah hampir seminggu belum ada kabar berita positif. Sebaliknya saya melakukan keluhan baik lewat email maupun telp beberapa kali setelah email konfirmasi.
        Saya tunggu aja bagaiman respon BL.

  • 31 Juli 2020 - (14:21 WIB)
    Permalink

    Transaksi 202899066338
    Semoga permasalahan yg terjadi pada saya bisa terselesaikan dengan bijak oleh bukalapak

 Apa Komentar Anda mengenai Bukalapak?

Ada 8 komentar sampai saat ini..

Paket Hilang, Bukalapak dan Mitra Asuransi Axinan dan Sompo Indonesia …

oleh Habibi Syahril dibaca dalam: 1 min
8