Pemasangan Sambungan Baru IndiHome Mengecewakan, Janji 7×24 Jam Akan Diproses Tidak Dipenuhi

Kepada Yth. Direksi dan Manajemen PT TELKOM,

Bermaksud menjadi pelanggan PT Telkom (IndiHome) agar memiliki fasilitas untuk kebutuhan pekerjaan, tapi malah menghabiskan pulsa untuk menanyakan progress pemasangan baru IndiHome. Pada tanggal 08 Januari 202o saya registrasi dengan aplikasi myIndiHome. Saya ditelpon oleh pihak Telkom untuk melengkapi administrasi dan diminta untuk melakukan pembayaran deposit agar cepat dilakukan proses pemasangan (segera dihubungi oleh teknisi lapangan, survei dan pemasangan) dengan nomor registrasi pemasangan MYIR-10132090420001. Namun setelah 3 hari saya belum mendapatkan telepon dari pihak teknisi, padahal pada saat registrasi saya langsung melakukan pembayaran deposit.

Setelah melewati 3 hari akhirnya saya menanyakan kepada pihak IndiHome dengan cara telepon ke 147 dan mendapat jawaban dalam 7×24 jam akan ada yg menghubungi dari pihak teknisi lapangan. Karena harus memproses validasi data pelanggan baru (padahal di aplikasi myIndiHome sudah tervalidasi data serta pembayaran sejak tanggal 08 Januari 2020.  Akhirnya saya terima untuk menunggu 7×24 jam.

Setelah melewati 7×24 masih belum ada yang menghubungi saya, akhirnya saya berinisiatif untuk menanyakan kembali ke 147. Saya mendapat jawaban akan segera diproses dan diberikan tiket percepatan untuk segera dipasang dengan nomor tiket IN-61040564. Saya sempat menanyakan untuk standar mutu pelayanan pemasangan baru indihome berapa lama, namun pihak telkom (147) tidak bisa memberikan jawaban target waktunya. Sekelas BUMN tidak mempunyai standar mutu pelayanan kepada pelanggan? Pada akhirnya saya menunggu kembali.

Setelah hari ke-10, saya kembali menanyakan ke 147 kembali karena tidak ada pihak IndiHome yang menghubungi saya. Dan saya mendapatkan jawaban bahwa tiket IN-61040564 sudah tervalidasi dan akan segera dihubungi. Sekarang sudah hari ke-12 namun masih juga tidak ada yang menghubungi saya juga.

Selain proses di atas istri saya sempat mencoba menghubungi marketing yang ada pada toko online ternama. Dan keesokan harinya mendapat konfirmasi akan ada teknisi dari pihak indihome yang akan survei ke lokasi rumah saya.

Saya melakukan proses pendaftaran lewat myIndiHome tidak ada yang konfirmasi untuk melakukan survei dan pemasangan, sedangkan istri saya bertanya cara untuk menjadi pelanggan IndiHome lewat marketing sangat cepat untuk melakukan proses survei lokasi. Apakah ada perbedaan pelayanan pendaftaran pelanggan baru IndiHome antara menggunakan myIndiHome dengan menggunakan pihak marketing? Berapa lama standar mutu pelayanan pemasangan baru untuk pelanggan IndiHome yang baru?

Terima kasih,

Ilham Riyandi
Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan PT Telkom untuk Bapak Ilham Riyandi

Kepada Yth Redaksi mediakonsumen.com, Terima kasih kepada mediakonsumen.com yang telah menayangkan surat keluhan pembaca Bapak Ilham Riyandi pada tanggal 21...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Memang lama responnya gan saya aja kemarin habis los koneksi,PON nya itu merah 4 hari baru di tangani itu juga harus saya maki maki lewat Telfon,udah habisin pulsa 50rb buat telfon 147 nya terus,kecewa sih sama pelayanannya

  • Selamat sore media konsumen,

    Akhirnya yang ditunggu sudah melakukan surpei, namun ternyata box odp yg berlokasi dekat rumah saya mati jadi tidak dapat melakukan pemasangan. Tinggal menunggu proses refund deposit saja. Semoga lancar untuk pengembalian deposit. Aamiin...
    Terima kasih media konsumen atas fasilitas yang telah diberikan.

  • Maaf klo boleh sy menanggapi.. seharusnya uang deposit jgn dl dibayar sblm teknisi dtng cek lokasi apabila teknisi sdh menyatakan bisa terpasang br bpk byr ke alfamart atau virtual account..
    Saran sy sebaiknya bpk datang langsung ke plasa telkom terdekat dan minta proses refund..
    Dan utk pemasangan baru sebaiknya jgn melalui aplikasi atau web.. tetapi mendatangi sales.. klo sales kan sdh pst ada no kontaknya.. jd klo ada masalah bisa langsung komplein 🙏🙏🙏

  • @mba Nunie : saya diminta untuk bayar deposit setelah di konfirmasi data oleh pihak Telkom yang langsung menelpon saya mba. Jadi langsung bayar. Tapi Alhamdulillah saat ini sedang diproses oleh pihak teknisi pemasangan mba. Mungkin saran untuk pelanggan baru yang akan berlangganganan bisa mengikuti saran dari mba Nunie.

  • Saya juga baru pasang indihome des lalu gan. Tapi tidak ada biaya yang ditarik dan tidak ada pembayaran sebelum pemasangan. Baru bayar 1bulan setelah pemasangan. Kalau mau pasang langsung konfirm ke telkom saja gan biar aman terkendali dan lebih jelas.

    • Saya sangat kecewa sekali karena pemasangan belum juga padahal saya mendaftar dari tanggal 06-05-2020 dan juga telah melakukan pembayaran deposit tapi sampai saat sekarang belum juga dan sebelum saja daftar saya juga mendatangi plaza Telkom tapi karena paket yang saya ambil tidak bisa daftar langsung harus melalui online atau web/link dan saya mendaftar semua tanpa ada kendala tapi alangkah kecewanya saya karena belum dipasang juga dan saya berusaha telfon call center 147 dan juga mendatangi cs diplaza Telkom tapi apa jawabannya sama saja saya harus tunggu telefon saja tapi tidak pernah ditelpon dan saya coba terus menghubungi call center tetap jawabannya sama saja tunggu ditelpon.No kontrak saya MYIR 10178641500002...Saya mohon kalo tidak bisa tolong uang saya dikembalikan.

  • Mau kasih info dari pengalaman saya. Memang pemasangan atau laporan gangguan di indihome kalau mau cepet mending ke plazanya langsung. Kalau lewat aplikasi, 147 atau media sosial lama gan. Makanya ane kalau apa" mending ke plaza telkomnya biar cpt. Toh gk lama dan hari sabtu bisa

  • Pengalam saya selama ini nih, Saya sering terjadi masalah pada jaringan Indihome Mending Langsung tanyakan via Twitter dengan cara comment di twitt Akun Indihome dan kirim DM seputar keluhannya ke Twitter Indihome biasanya gak makan waktu lama operator langsung nanggepin daripada via 147 yg merugikan konsumen cuman ngabisi pulsa.

    • Saya mencoba daftar langsung ke plaza Telkom tapi karena paket yang saya mau tidak bisa langsung harus melalui online web/link maka saya daftar dan pihak Telkom 1500620 menghubungi saya untuk verifikasi data dan disuruh deposit karena saya sudah dapat info mengenai deposit maka saya langsung deposit pada tgl 06-05-2020 tapi sampai sekarang belum juga ada pemasangan dan no kontrak saya MYIR 10178641500002 dan saya sudah mendatangi cs plaza Telkom dan juga sudah menghubungi call center 147 dan jawaban mereka tunggu ditelpon selang beberapa hari saya coba terus telfon call center dan mereka mengatakan upload KTP kurang jelas/sembarangan dan mereka kirim link lagi tapi link yang dikasih kadarluasa dan saya coba terus tlfon call center minta link tapi tidak kunjung kasih dan saya mohon seandainya nya tidak bisa pemasangan tolong kembalikan deposit saya...mengenai fiber optik tempat saya ada tersedia belum penuh.

  • Kasusnya ini sama seperti dengan saya, sejak saya daftar lewat online pada tanggal 10 Jan 2020 dan sudah di konfirmasi oleh customer service, bahwa terdapat saluran di alamat saya. Jadi saya melengkapi dokumen yang di minta, setelah sudah berhasil upload, kemudian di minta untuk deposit. Setelah deposit berhasil. 2 hari berikut saya di telp lagi dari pihak Telkom, katanya dalam waktu 3 hari kedepan nanti akan di hubungi teknisi. Setelah saya tunggu 3 hari, ternyata tidak ada teknisi yang menghubungi saya. Kemudian saya telp ke 147. Info dari customer service, foto yang saya upload via aplikasi ada yang kurang jelas atau tidak lengkap. Dari sini saya merasa kesal. Kenapa tidak dari awal registrasi di info kalau fotonya kurang jelas atau tidak sesuai yang di harapkan. Padahal ketika upload foto sudah ada konfirmasi berhasil dan sudah ada telp dari pihak Telkom.
    Ketika saya upload lagi foto KTP dan Selfi. Saya dapat informasi bahwa upload berhasil. Dan saya dapat telp dari pihak Telkom lagi bahwa nanti ada teknisi yang menghubungi saya. Setelah saya tunggu beberapa hari masih tidak ada yang menghubungi saya.
    Saya telp lagi ke 147 dengan perasaan kesal banget, tanya kenapa tidak di pasang, apakah memang tidak ada jaringan di lokasi saya atau ada alasan lain. Dari jawaban customer service memperjelas bahwa pemasangan akan di proses 7 hari kedepan setelah dokument upload di konfirmasi.
    Jawaban ini yang membuat kesal dalam hati saya. Padahal 2 kali saya di hubungi pihak customer service Telkomsel nanti akan di hubungi teknisi 3 hari kedepan.
    Haduhh.... Capek banget rasanya seperti dibohongin,dua cs Telkom ngomong 3 hari akan dihubungi teknisi, cs yg terakhir malah 7 hari.
    Dan sampai hari ini tanggal 21 jan 2020 (11 hari), belum ada teknisi yang menghubungi saya ataupun survei pemasangan.
    Mau telp lagi ke 147, rasanya sudah malas, jawaban pasti sama akan segera di follow-up ke teknisi tetapi tidak ada kabar lagi.
    Kelihatannya ini lebih baik di tunggu 14 hari saja nanti minta refund. Dari pada pusing2 tunggu atau mikirin hal yang tidak jelas.

  • Saya juga sedikit Kecewa dgn Indihome. Dari kemarin indihome dirumah saya juga bermasalah terus, sudah melalukan keluhan via aplikasi myindohome tp tidak bisa diakses, melalu twitter dan ig tidak di respon. Dimohon untuk layanannya supaya bisa diperbaiki, agar pelanggan juga bertambah banyak dan tidak kecewa.