Perbuatan Tidak Menyenangkan Kurir SiCepat

Dengan ini saya ingin melaporkan kurir SiCepat yang kurang ajar serta bekerja tidak profesional! Pembelian saya pada tanggal 14 Januari 2020 sudah diselesaikan oleh kurir SiCepat, padahal barang belum diterima. Tanggal 16 saya komplain ke call centre disuruh tunggu 2×24 jam. Karena saya sering menerima paket, saya meminta kontak depo Rawa Buaya untuk ditindaklanjuti, tapi tidak diberikan dengan alasan komunikasi by system.

Tanggal 16 siang saya di-whatsapp oleh cabang Rawa Buaya yang menanyakan apakah paket benar belum sampai. Setelah saya konfirmasi belum sampai, whatsapp maupun telepon saya tidak dibalas lagi.

Tanggal 17 saya sudah panik karena belum terima sedangkan transaksi Shopee sudah hampir selesai otomatis. Saya menghubungi call centre 4x tanpa hasil dari pagi sampai sore. Telepon ke-5 saya sudah marah-marah, setelah itu SiCepat Rawa Buaya kembali whatsapp saya menjanjikan hari itu juga sampai. Namun sampai pukul 8 malam tidak ada kurir maupun balasan lagi, nomor hp kurir tsb juga tidak aktif.

Terpaksa saya komplain di Shopee untuk menahan uang seller. Tanggal 18 tidak ada berita apa-apa. Setelah saya mengajukan refund ke SiCepat barulah kurir tsb tiba-tiba whatsapp saya, bilang mau antarkan paket.

Setibanya di sini kurir tsb tidak terima saya salahkan karena salah kirim ke rumah orang lain dan paketnya sudah terbuka separuh! “Jadi bapak salahkan saya??” kata si kurir, setelah itu adu mulut sampai ludah si kurir kemana-mana kena muka saya! Setelah itu sebelum pergi malah meludah di depan rumah karena mau saya video dia kabur. Kurir tsb atas nama Ri*** Su******, karyawan baru masuk cabang Rawa Buaya.

SiCepat, tolong perhatikan pelayanannya, kalian jual jasa atau jual preman?

Anthony Putra
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai SiCepat:
[Total:47    Rata-Rata: 2.6/5]
Tanggapan SiCepat Ekspres atas Surat Bapak Anthony

Dengan hormat, Sehubungan atas surat tanggapan Bapak Anthony dengan judul “Perbuatan Tidak Menyenangkan Kurir SiCepat” pada 21 Januari 2020, kami...
Baca Selengkapnya

Loading...

18 komentar untuk “Perbuatan Tidak Menyenangkan Kurir SiCepat

  • 21 Januari 2020 - (21:33 WIB)
    Permalink

    Membaca kasus diatas, soal transaksi melalui Shopee kenapa ribut dengan kurir? Bukankah kalau pesanan tidak sampai atau hilang bisa dikomplain ke Shopee?

    Saya bukan bela kurir tapi sesuai prosedur, pembeli melakukan order melalui Shopee, seluruh proses komplain hingga return dan refund seharusnya diajukan ke Shopee, bukan ke kurir.

    Jika diperhatikan, mungkin saya keliru, tampaknya pesanan tersebut sudah dikonfirmasi barang sudah diterima, padahal pesanan belum diterima, sehingga pembeli begitu khawatir transaksi selesai secara otomatis dan uang akan diteruskan ke penjual.

    Anehnya, jika barang belum diterima dan pesanan belum diterima oleh pembeli, kenapa pembeli mengajukan komplain refund kepada si kurir, sebagaimana kutipan dari penulis diatas: “Setelah saya mengajukan refund ke SiCepat barulah kurir tsb tiba-tiba whatsapp saya, bilang mau antarkan paket”.

    Setiap pembeli mengharapkan barang pesanan dapat diterima dengan baik dan cepat, tetapi terkadang terjadi kekeliruan yang dilakukan oleh pembeli sendiri sehingga justru jadi masalah yang tidak perlu, seperti kasus diatas. Pembeli atau konsumen juga perlu menjaga aturan jual beli online yang berlaku.

    2
    3
  • 21 Januari 2020 - (23:24 WIB)
    Permalink

    Jelas anda belum membaca seluruh post saya.
    Barang sudah hampir selesai di shopee dan uang sdh waktunya cair ke penjual maka dr itu baru saya telfon berkali2 ke sicepat.

    Saya sudah memberi waktu ke sicepat tanpa ada respon dan kabar

    Saya sendiri sering ada pengiriman dan penerimaan paket. Maka dr itu saya memaklumi kurir2 sicepat yg suka mengubah status pickup padahal belum (maklumi mrk Krn mrk Uber target)

    Mohon dibaca seluruhnya baru berikan komentar.

    1
    2
    • 23 Januari 2020 - (02:10 WIB)
      Permalink

      saya sebagai seller shopee sering tiba2 dapat permintaan pembatalan transaksi dari pembeli dengan alasan barang belum diterima, sedangkan di aplikasi ‘dianggap’ sudah diterima. setelah saya cari tahu sepertinya ada 2 faktor yang menyebabkan ketidaknyamanan ini :
      1. sistem tracking shopee yang kurang sempurna. tidak seperti tokopedia yang ‘konfirmasi penerimaan barang’ ada di tangan pembeli.
      2. kurir dari jasa pengiriman yang ga mau ribet. jadi dia ‘konfirmasi selesai’ dulu semua barang yang akan dia kirim, baru kirim fisik satu persatu.
      sebenarnya hal ini bisa dihindari jika shopee meperbaiki layanan tracking nya sehingga celah tersebut tidak bisa dimanfaatkan oleh kurir yang kurang bertanggung jawab. apapun kurirnya. bukan sicepat saja koq…

    • 15 Januari 2021 - (22:32 WIB)
      Permalink

      Sama yang saya alami sama kurir sicepat yang telah memaksa saya untuk memberikan akun resi Barang saya.
      Sampai dia Menuduh saya sebagai Penipu dan pencemaran Nama baik.
      Awalnya saya meminta bantuan kepada Grub persatuan di facebook perihal menanyakan Lokasi terdekat di sicepat di daerah Talang padang, Tanggamus. Lampung. Siapa tau ada yg ngasih tau soalnya ade saya mau ambil barang nya sendiri karna dri tanggal 4 smapai skrng paketannya bljm sampai2 di rumah saya Tapi ada orang yg mengaku2 kurir sicepat dari Lampung meminta nomor resi di kolom komentar untuk dia cek. Saya bilang kalo saya tidak bisa memberikan nomor resi kepada orang sembarangan karna saya takut disalah gunakan. Dia terus membalas komentar saya sampai sampai dia bilang saya penipu dan Tidak mengerti apa2 saya ttep merespon biasa aja saya juga sudah bilang saya minta alamtnya aja tapi dia tetap membalas bilang saya akun penipu lah palsu lah Saya tidak trima di bilang seperti itu saya suruh dia telp saya karna saya ingin membuktikan saya bukan penipu. Dan malam jam 21.50 dia menelfon dengan nada kasar dia ngotot minta resi dari barang saya. Saya tetap tidak mau memberikan sampai dia berbicara kasar. Dia bilang langsung dari expedisi sicepat yg berlokasi di Lampung Talang padang dia sampai meminta alamat rumah saya di Lampung.
      Katanya mau nyamperin saya

  • 22 Januari 2020 - (13:31 WIB)
    Permalink

    Kurir sicepat di tempat saya juga kurang ajar,kalau mengantarkan barang tidak mau turun dari motor,cuma triak triak paket trus diam duduk di motor.

  • 23 Januari 2020 - (09:37 WIB)
    Permalink

    Saya juga pernah mengalami ini, juni 2019, di tracking sicepat barang sudah diterima oleh sebuah nama asal2an, katanya orang serumah, pdhal tdk ada nama tetsebut di rumah saya. Saya komplen ke si cepat, susah banget dihubungi. Sebulan lebih, pihak sicepat dan kurirnya hubungi saya, bilang katanya barang dilempar ke halaman rumah saya. Kurang ajar memang..

  • 25 Januari 2020 - (13:52 WIB)
    Permalink

    Kalau kasus saya terjadi pada tgl 04 12 2019 dengan si cepat ekspres adalah TERTUKAR NO RESI Resi saya 000363269887 alamat tangerang
    TERTUKAR dengan RESI NO 000363269881 alamat pulo gadung Barang yang tertukar Sudah saya Kembalikan ke si cepat Ekspres Gerai tiga raksa jln pemda Dan Dari cek resi Yg saya kembalikan sudah sampai Anehnya barang saya yg tertukar TIDAK KEMBALI sampai sekarang tgl 25 01 2020 Dan setiap saya Hubungin Hot line sicepat Tanggapannya lagi investigasi.Ko sudah hampir 2bln masih Investigasi Melulu
    Dimana Tanggung jawabnya sicepat Mohon perhatiannya untuk sicepat

  • 28 Januari 2020 - (20:06 WIB)
    Permalink

    kasus saya yg ini sudah selesai. karena kejadian ini, sicepat pusat menghubungi saya & lgsg menyuruh kurir tsb kerumah lagi ditemani wakil kacab. dan meminta maaf ke seisi rumah saya.
    Namun hari ini kejadian lagi brg sampai tg 2 hari lalu namun belum diterima istri, berhubung 1 cabang sudah kenal saya, langsung disuruh kemari kurir nya dan meminta maaf dan mengganti brg tsb. jadi buat agan2 yg bermasalah, ada merit nya meminta no hp kurir dr cabang yg mewakili anda. ada juga merit dari … “terkenal galak…”

    • 10 September 2020 - (11:28 WIB)
      Permalink

      Kok masih mau pakai sicepat sih?? Saya aja paketan dah 7 hari gak sampai dah kapok. Komplein susah ga ada jawaban. Lalu pas ditanyakan katanya salah barcode dan gak tau dikirim kemana. Setelah kejadian itu, saya ga mau lagi pakai sicepat. Sekali pakai, paketan ilang.

  • 15 September 2020 - (20:40 WIB)
    Permalink

    Kejadian sama saya tadi lebih tepat ny keanggota keluaga saya yg menerima paket katanya kurir sicepat dateng langsung marah2 alesan ny sih gara2 susah cari alamat ny padahal saya pake jasa pengiriman yg lain itu tetap sampai rumah loh ga susah cari rumah saya dan baik2 kurir ny di anterin sampe depan rumah lah ini dateng marah2 ditambah lagi minta uang buat ongkir katanya padahal onkir sudah termasuk di pembayaran shoopi org rumah cerita sama saya sampe ketakutan katany di tungguin di depan rumah lama minta duit sumpah deh ga lagi2 pake si cepat

  • 9 Oktober 2020 - (18:46 WIB)
    Permalink

    kalo saya lain lagi ceritanya
    beli di shopee pake sicepat dg resi SiCepat REG 000784012264

    saya lokasi di bali, beli dari toko online di denpasar yg kalo naik motor ke rumah saya hanya 40 menit saja tapi sampai hari ini ga sampai2 juga
    ini statusnya yg sangat aneh :

    2020-10-06 07:22 Terima permintaan pick up dari [-] PICKREQ
    2020-10-06 16:44 Paket telah di pick up oleh [SIGESIT – Muhammad Kholel] PICK
    2020-10-06 16:44 Paket telah di input (manifested) di Denpasar [Denpasar Barat] IN
    2020-10-08 10:49 Paket dibawa [SIGESIT – Abdul Azis Nawawi] ANT
    2020-10-08 18:42 Paket di kembalikan di Cirebon [Cirebon Pusat] – (AU) Antar Ulang ANTAR ULANG
    2020-10-08 18:44 Paket di kembalikan di Cirebon [Cirebon Pusat] – (AU) Antar Ulang ANTAR ULANG
    2020-10-09 08:15 Paket dibawa [SIGESIT – Abdul Azis Nawawi] ANT
    2020-10-09 14:36 Paket telah di terima di Denpasar [Denpasar Hub] IN
    2020-10-09 14:36 Paket keluar dari Denpasar [Denpasar Hub] OUT
    2020-10-09 16:52 Paket di kembalikan di Cirebon [Cirebon Pusat] – (AU) Antar Ulang ANTAR ULANG

    bagaimana mungkin paket saya ada di cirebon lalu balik ke dps dlm sehari lalu ada di cirebon lagi????? kan aneehhh
    kalo soal kurir, sy udah kenal dg kurir sicepat yg selalu ke rumah saya jd bukan kesalahan dia, tapi sicepat ini aneh sekali bagaimana mungkin paket lokal bali kok bisa ada di cirebon
    tolong dong sicepat gimana sih ini, sy hubungi kemana2 disuruh nunggu mulu

  • 27 November 2020 - (14:57 WIB)
    Permalink

    Beberapa hari lalu saya liat liat satu dus paket jatuh terguling guling di jalan depan rumah saya.. Saya liat kurirnya ngebut.. parah.. suara jatuh terhempasnya itu kuat kali.. makanya aku yg di dalem rumah langsung keluar kukira anak anak jatuh maen sepeda.. itu kalok isinya kayak semisal kipas angin mini USB gitu.. dah pecah itu..
    Abis itu kurirnya muter balik mungut paketnya, abis itu ngebut lagi.. kek ga ada kapoknya..
    PERMASALAHANNYA.. CEMANA PERASAAN KONSUMEN SI CEPAT YANG LAGI NUNGGU BARANGNYA DAN NGELIAT PAKET YANG DIBAWA KURIR SICEPAT JATUH TERHEMPAS?
    Tapi membaca komen di atas yg bilang “kurirnya ga mau turun”, kurir ekspedisi lain juga ada yg kek gitu.. ntah apa masalah mereka wkwk

  • 27 November 2020 - (21:45 WIB)
    Permalink

    Hari ini seharusnya paket saya sampai. Dan tadi kira kira 20.30 WIB saya cek melalui cek resi dan saya terkejut krna keterangannya “DELIVERED” pukul 16.57.
    Saya langsung tanya ke orangtua dan ternyata mereka bilang belum ada. Iya kali paket diterima sedangkan saya sedang mengajar di dekat rumah dan ga ada sama sekali ditelfon.
    Sekitar jam 11 siang tadi saya keluar rumah dan melihat kurir sicepat lagi keluar persimpangan dan menuju jalan alamat rumah saya. Gak khawatir lah aku krna ada orgtua yang udah kubilang bakal ada pengiriman ke rumah hari ini.. udah senang kali lah kan perasaan krna paket dah sampai lah ke rumah setibanya nanti saya pulang, kan begitu… eh pas aku pulang menjelang shalat jum’at ku tanya ke orgtua ternyata belum ada, mulai curiga lah aku kan. Tapi krna nama kurirnya nama org islam ya aku husnuzhon aja mungkin dia juga mau shalat jum’at.. sampe sore sebelum pergi ngajar kutunggu terus bukan ada kurir lewat..

  • 27 November 2020 - (21:50 WIB)
    Permalink

    Komentar ku di atas bukan ada niatan untuk menjatuhkan perusahaan ya, enggak.. Aku cuma berbagi pengalaman mengenai ekspedisi ini. Barangkali ada dari kawan kawan yang mau pake ekspedisi ini. Dan ceritaku di atas itu tentang kurirnya ya..

  • 11 Desember 2020 - (00:32 WIB)
    Permalink

    Saya mengalami hal serupa hari ini. Pesanan dari tokopedia tiba-tiba sudah ada notifikasi selesai. Seluruh orang rumah saya konfirmasi tapi tidak ada satupun yang terima paket. Saya sering terima paket dari berbagai macam ekspedisi tapi hampir tidak ada masalah mengenai alamat, hanya satu kali mengalami gangguan itupun tahun 2004. Akhirnya karena merasa tidak beres, saya telfon call center sicepat dan menanyakan perihal masalah ini. Sebagai informasi domisili saya di cempaka putih jakarta, dan kurir si cepat yang bernama Prayitno bbrp kali mengantar paket ke rumah saya dan hanya menaruh di lantai dengan cara diselipkan melalui pagar rumah saya apabila paket tersebut berukuran kecil. Dan sayapun sering mendapat laporan dari orang rumah saya tentang perilaku kurir Prayitno ini yang tidak ramah, kalau mengantar paket hanya teriak-teriak paket dan tidak mengucapkan salam apapun meskipun sudah diucapkan terima kasih ataupun basa-basi dari orang rumah saya. Saya sangat menyayangkan dan sangat kecewa dengan kualitas sicepat yang seharusnya bisa membuktikan bisa bersaing dengan ekspedisi lain. Saya disuruh menunggu 2x24jam untuk memproses laporan saya. Saya sudah komunikasi dengan seller dan seller mengatakan ada 2 kemungkinan, paket saya dikirimkan ke alamat yang salah (nyasar) atau si kurir menunda pengiriman karena sudah terlalu malam. Sebenernya saya tidak masalah kalau paket diantar keesokan harinya, hanya saja tidak perlu menyelesaikan pengiriman paket yg mengakibatkan timbul notifikasi paket telah sampai. Ini sangat fatal dan mengecewakan. Tolong tanggapan dan saya tunggu penyelesaian dari sicepat cempaka putih jakarta

  • 23 Desember 2020 - (15:15 WIB)
    Permalink

    Memang kurir sicepat ini banyak yg kurang ajar dan gak profesional. Saya juga kemarin pernah mengalami hal yg tidak menyenangkan dengan kurir sicepat. Masa kurir WA saya nyuruh ambil paket di counter, bukannya dia antar langsung ke tempat saya dia malah nyuruh kita yg ngambil. Padahal seharusnya itu kan sdh tugas dia yg ngantar sampai ke tempat. Kecuali klo mmg sdh dia antar kita gak ada di tempat, tp ini blm pernh dia antar, lgs nyuruh kita ngambil di counter. Udah gitu wanya pakai nada mengancam segala, mau balikkan paket klo gak diambil. Memang benar-benar kurang ajar
    tu si kurir .

  • 19 Januari 2021 - (19:24 WIB)
    Permalink

    Si Cepat sebaiknya di ganti Si Lambat aja
    Semula saya sangat senang dgn adanya ekspedisi si cepat, sesuai lah namanya cepat pat pat. Berpuluh puluh transaksi saya di Tokopedia menggunakan Si Cepat. Namun 3 dari 4 transaksi terakhir berubah menjadi lambat bat bat. Sdh masuk dalam 1 kecamatan dan berjarak hanya 6 km saja sampai 4 hari baru nyampe. Asatafilloh…..
    Saya tanya pada leader nya, di jawab kami overload. (ini mah alasan). 2 kali saya mengunjungi perwakilan Si Cepat saya sampai berucap dalam hati, “mereka ini ngerti gak ya isi paket, koq paket di lempar seperti memilih batu kerikiil, jika yg melihat itu si empunya paket pasti marah”
    Dan transaksi terakhir saya tgl 11 Januari 2021 paket saya sdh sampai di area Hub dan dikembalikan ke Jkt ( hasil lacak saya) dgn alasan force majure. Koq sdh di provinsi tujuan malah di balikin ke Jkt.?
    Semua ini pure adalah attitude karyawannya. Dan tentunya akan merugikan perusahaan si Cepat. Jika hal ini tidak segera di tindak lanjuti oleh manajemen si cepat, lambat laun akan tenggelam di telan bumi.
    Sekarang sdh ada paket Si Cepat Halu ( Halusinasi), ini menurut saya suatu kemunduran, nama adalah manifest kenyataan, dan mungkin tidak lama lagi ada paket Si Cepat ngesot. Dan Si Cepat mogok. Dst…
    Saya kapok memulih ekspedisi ini. Saya di tokped adalah member gold dan sdh di rekomendasi platinum.
    Salam buat Manajemen Si Cepat dan selamat buat Si Cepat anda sdh kehilangan satu pelanggan.
    Terimakasih

 Apa Komentar Anda mengenai SiCepat?

Ada 18 komentar sampai saat ini..

Perbuatan Tidak Menyenangkan Kurir SiCepat

oleh Anthony dibaca dalam: 1 min
18