Denda 7 Juta KTA eks ANZ di DBS Tidak Jelas dan Tidak Bisa Memperlihatkan Rinciannya

Saya adalah nasabah ANZ personal loan Januari tahun 2018 yang berdomisili di Bandung. Namun selang beberapa bulan diinformasikan bahwa sudah diambil alih Bank DBS. Saya mempunyai tenor 3 tahun yang otomatis akhir pembayaran cicilan sampai bulan Februari 2021.

Awal tahun 2019 saya selalu ditelepon oleh debt collector DBS yang menginformasikan bahwa saya ada tunggakan karena keterlambatan dan harus membayar sebesar kurang lebih 250 ribuan. Namun saat diminta rincian/detail rekap pembayaran cicilan saya yang masuk ke DBS, pihak debt collector tidak bisa memberikannya dan hanya menyebutkan saya punya data.

Saya menanyakan hal tersebut bermaksud akan compare dengan mutasi rekening saya, tapi pihak debt collector tidak pernah mau diajak bekerja sama. Akhirnya karena terlalu sering telepon dengan waktu-waktu yang sangat mengganggu, singkat cerita saya putuskan membayar denda.

Di akhir-akhir tahun 2019 sampai saat ini, pihak debt collector menghubungi saya kembali dan menagih tunggakan lagi. Saya heran, selama ini saya selalu membayar cicilan namun kok tiba-tiba ada tunggakan? Di situ saya mendapatkan kekecewaan yang sama karena pihak debt collector yang menagih tidak bisa memberikan rincian/detail rekap mutasi rekening KTA saya, dan penagihan saat ini sudah sangat tidak ramah.

Saya ajak berdiskusi di tempat tinggal saya pun tidak mau, dengan alasan hanya di Jakarta dan tidak ada prosedur seperti itu. Apakah tidak bisa berbicara dan bertemu dengan baik-baik tidak dengan cara mengganggu by phone untuk membuat nasabah merasa tidak bisa berbuat apa-apa dan akhirnya menyetujui semuanya by phone?

Saya mencoba konfirmasi ke bagian CS untuk konfirmasi. Namun saya kaget saat CS menginformasikan bahwa saya ada tunggakan sebesar 7 juta. Saya mencoba menjelaskan ke CS bahwa selama ini saya selalu bayar cicilannya, tidak pernah ada tunggakan cicilan dan saya meminta rincian/detail rekap mutasi rekening KTA. Mereka hanya menjawab nanti akan ditindaklanjuti oleh bagian collector. Saya heran CS bisa menginformasikan ada tunggakan dengan jumlah sekian tapi detailnya tidak bisa menjelaskan dan malah dilempar ke bagian lain yang saya sudah tahu pasti jawabannya pun sama.

Mohon teman-teman barangkali ada yang bisa bantu solusi ke mana saya harus mengadukan/berdiskusi untuk pencerahan mslh DBS KTA saya ini, karena saya melihat dari histori-histori nasabah lain dengan kasus yang sama datang ke Bank DBS pun tidak bisa memberikan pencerahan.

Terima kasih.

Yuda Pratama S M
Kab. Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai KTA Bank DBS:
[Total:24    Rata-Rata: 1.7/5]
Tanggapan Bank DBS Indonesia atas Surat Sdr. Yuda Pratama

Redaksi Surat Pembaca Mediakonsumen.com Yth., Pertama-tama, kami ingin mengucapkan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Mediakonsumen.com. Melalui surat ini, kami...
Baca Selengkapnya

Loading...

5 komentar untuk “Denda 7 Juta KTA eks ANZ di DBS Tidak Jelas dan Tidak Bisa Memperlihatkan Rinciannya

    • 25 Januari 2020 - (06:03 WIB)
      Permalink

      Jangan percaya sama bank atau pinjaman2 seperti kta atau fintech,leasing kendaraan bermotor,rumah dsb mereka hidup dari bunga yg tinggi apa lg bank asing kadang2 mengatas namakan syariah ternyata modus sudah jelas bagi yg beragama Islam bunga bank dan sejenisnya itu riba jd mohon di pikir2 kalau mau pinjam pasti ada sebab dan akibatnya

  • 24 Januari 2020 - (10:06 WIB)
    Permalink

    saya coba akan coba jalan itu pak/bu. terimakasih masukannya.

  • 28 Januari 2020 - (11:17 WIB)
    Permalink

    Hari ini (Selasa, 28 Jan 2020) saya sudah dihubungi CS Bank DBS dan diberikan penjelasan terkait asal muasal denda yang ada. Untuk solusi permasalah ini jg sudah dibicarakan dengan baik dan akan ditindaklanjuti. Saya juga mendapatkan nomor lapor dari CS Bank DBS untuk solusi permasalah ini.

 Apa Komentar Anda mengenai KTA Bank DBS?

Ada 5 komentar sampai saat ini..

Denda 7 Juta KTA eks ANZ di DBS Tidak Jelas dan Tidak Bisa Memperlihat…

oleh Yuda Pratama dibaca dalam: 1 min
5