Surat Pembaca

Penipuan oleh Salah Satu Mitra di Akulaku

Saya memesan barang sebuah kamera Fujifilm XA3 pada merchant MITRA TEKNOLOGI. Setelah seminggu kemudian barang tidak kunjung datang. Chat live pada aplikasi tidak dibalas oleh merchant. Saya juga mengirimi pesan bantuan yang disediakan aplikasi tapi tidak ada respon. Saya juga menulis pesan pada penilaian aplikasi Akulaku di playstore tidak direspon.

2 minggu kemudian pun tepatnya tanggal 16 Januari barang pesanan saya belum juga datang. Saya mengirim pesan email banyak sekali tapi tidak direspon. Saya juga meminta untuk membatalkan pesanan saya tapi tidak ada respon atau balasan apapun yang membantu keluhan saya. Ada satu balasan email yang menyuruh saya menelepon nomor cs tapi nomor yang diberikan tidak dapat dihubungi. Saya mengirim email lagi puluhan pesan bahkan tapi tidak di respon. Nomor cs tetap tidak merespon.

Saat ini tanggal 23 Januari tiba-tiba saat saya buka aplikasi barang sudah diterima otomatis padahal harusnya hanya saya yang dapat melakukan itu saat barang benar benar sudah di tangan saya. Saat ini saya belum menerima barang pesanan saya. Email saya juga tidak direspon sama sekali. Saya tidak menerima barang tapi tagihan masih tetap ada.

Ini benar-benar penipuan. Saya berencana melaporkan ini ke polisi jika Akulaku tidak merespon ataupun merugikan saya. Tolong dong OJK bagaimana solusinya? Kenapa bisa kasus seperti ini bisa terus berjalan, dan menimpa banyak konsumen tidak hanya saya.

Soimah
Kota Depok, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • telpon ke cs akulaku. daftarkan dulu paket nelfon ke semua operator. telfon pake kode bandung 0221500920 biar murah. pas disuruh masukin nmr telfon yg dipakai untuk akulaku abaikan saja nnti otomatis tersambung. biasaya nmr km udah diblokir krn pernah nelfon keluhannya. nnti klo ada tanggapan tulis di komentar yaa. karna sy kasusnya sm tp pesan tgl 7. mungkin 2 hr lg statusnya jd otomatis diterima.

    • Sudah banyak konsumen yang jadi korban, sebaiknya pikirkan ulang sebelum berbelanja di merchant ini.

    • Hallo gan. Mau tanya nih apakah masalahnya sudah selesai. Kalau sudah boleh di ceritakan jalan penyelesaiannya oleh akulaku/merchant seperti apa?. Saya juga korban dari merchant tersebut. Saya telpon cs akulaku, mereka bilang disuruh menunggu sampai 14 hari kerja sejak pesanan dibuat. Saya ragu apakah limit kredit saya akan kembali atau tidak. Kronologi masalah saya sama persis seperti yg agan tulis. Terimakasih

      • saya baru aja ketipu juga. beli laptop di merchant ini tapi sampe sekarang belum terkirim. lapor akulaku malah harus nunggu 14 hari kerja, gimana yg lain apa sudah ada penyelesaian atas kasus ini ?

        • Gan mau tanya untuk pembelian akulaku peyesalesaian maslhnya gimana ya. Soalnya sya mengalami hal serupa

      • Gimana ini solusinya saya juga begitu barang tidak ada tapi saya dapat tagihan terus dari akulaku ???

        • Mba jadi gimana sekarang?sudah nemu solusinya?soalnya saya mengalami hal yg sama seperti mbak,apa mbak harus membayar tagihannya? Tolong respon ya mbak pliss

    • Sama gaes, saya juga,,, niat mw beli tv Led TCL , sempet chat live panjang lebar... Pas saya klik beli ... Keesokan harinya gak di bales2 , dan Sudah lama tidak ada nomer resi nya.... Dan item produk tersebut di hapus.. ini cicilan tetap ada di list pesanan,,, saya sampai email akulaku sudah bbrapa x bilangnya mohon menunggu, saya hanya ingin di cancel aja.. karna produi trsebut sudah di hapus oleh merchat tersebut.....

    • Trs gimana solusinya ka, soalnya saya baru aja kena kasus yg sama ka ya Allah ?

    • Saya juga seperti ini saya mendapatkan tagihan terus tgl 2juli saya harus bayar tetapi saya belum dapat barangnya
      Bagaimana ini solusinya iya??

      • Adik saya juga pesan laptop asus yg dat ng malah laptop HP mana busuk banget lagi barangnya dan bunyi klotrak2 pas digoyang2, sedang proses pengembalian barang sekarang.. mudah2an segera selesai deh.

    • Saya pesan dr tgl 20 des 2019, baru direfund DP hari ini. Sebulan lebih dan itu juga dgn telpon bolak balik sambil ngomel sama CS. DP 332rb yg balik 292rb.

      • bagaimana mba caranya supaya di refund, karna sy hubungi cs cuma disuruh nunggu

    • Bagaimana kalo lewat shopee?bunganya gede banget, pake DP kl belanja lewat shopee bayar pakai akulaku,q pengen coba beli barang yg agak murah untuk ngetes juga sih,apa lewat shopee lbh trusted

      • Kalau lewat Shopee lebih aman, bunganya tetap sama aja, hanya ditambah biaya penanganan, dan itupun hanya beberapa ribu aja. Tapi yg terpenting jangan sampai tergiur dg harga murah yg tdk normal. Jangan tergiur dg harga diskon. Sebelum membeli lihat dulu review-nya. Tapi kalau anda belum pernah sekalipun bertransaksi lewat aplikasi akulaku, maka anda tidak bisa lewat Shopee. Kalau beli barang diakulaku, belilah di official resminya, meski harga agak mahal dikit, tapi dijamin aman. Tapi saran saya, jangan keterusan pakai akulaku, karena pada akhirnya nanti kita akan kesulitan bayar juga. Dan akhirnya setiap hari harus berurusan dg debt colector juga. Kalau ingin kredit barang, lebih baik ambil cicilan KUR di Bank. Bunganya lebih rendah dan angsurannya lebih ringan.

  • Apakah sudah ada titik penyelesaian masalahnya..saya terlambat membaca artikel ini..saya sudah terlanjur pesan sudan dua hari tidak ada respon. Mungkin yg sudah ada penyelesaianya bisa share disini untuk pembelajaran buat kita semua. Tanks

  • Udh ada barang dari toko mitra teknologi??? Sampai dgn bulan sekarang
    Saya jga berbelanja disana no resi tdk dapat di lacak, live chat ga di bls. Saya beli hp cash tanpa kredit/cicilan

  • Saya juga mengalami nasib yang sama..sy pesan laptop di merchant ini sejak tgl 25 juni 2020 sampai sekarang bpm datang juga,malah sekarang jasa pengirim dan nomor resi yang ga bisa di tracking itu hilang,sudah menghibungi cs ...eh malah harus nunggu 14 hari .payah....apa ini merchant penipu?tp kenapa masih di jadikan mitra oleh akulaku

  • Sama gan. Kalau saya masalahnya saya beli ram DDR3, yg dikirim malah PC4, ya jelas gakan masuk sama socket ram laptop saya. Udah saya chatpun sitoko ga bales. Pihak akulaku juga kayaknya terlalu santey ya terhadap komplen konsumen. Kayaknya akulaku mesti belajar ke gojek tentang penganan komplen.

    Hati hati belanja di GPP Shop seller penipu. Jual perangkat komputer tp ga ngerti soal komputer. Kayaknya dia pikir asal sama sama 4 gb bisa dipasang. Seller ga bagus. Kalau jual barang mesti ngerti sama barang yg dijual.

  • Sekarang saya ngalamin ini, saya beli laptop di aku laku dgn tenor 3 bulan.. Tp pas di lacak resi nya ga bisa terus udah 3 hari ini.. Tolong gimana?? ??

    • teh gimana udah ada penyelesaian dari pihak akulaku ?
      apakah limit nya kembali ?
      atau masih harus bayar cicilan ?

  • apa sudah ada kejelasan nya mengenai merchant tersebut, saya juga baru kemarin tgl 7 september pesen laptop dari merchant tersebut. tgl 9 dapet resi JNE dan tidak bisa di tracing, mohon berbagi informasi nya saya harus bagaimana ?

  • permasalahannya sama neh, sya beli hape oppo a59s beli tanggal 31 juli sampai detik ini tanggal 10 september belum sampai
    parahnya barang belum diterima tapi aplikasi sudah diterima
    no resi di cek tdk terdaftar
    bahkan sudah muncul cicilan dan sudah jatuh tempo sudah keluar denda dimana 1hari 8000
    sya sudah melapor cs akulaku jawaban selalu sama
    sampai skrg menunggu email dan telfon tdk ada follow up..
    kalo bsa di report aplikasi akulaku ingin rasanya di report
    sangat merugikan konsumen

  • Sama seperti saya belanja di aku laku nama Merchant Leon Elektronik saya membeli TV Led 40" tp barang tak kunjung datang di lacak gak bisa jawaban multi system gk ada solusi no.resi gak bisa dilacak di bilangnya pengirim delivery pribadi malah tagihan sudah di cetak oleh apk Aku laku saya tlp CS disuruh tunggu 14 hari ini gimana bkn bentuk penipuan namanya barang gk kita terima tp di suruh bayar di Cancel gak bisa tagihan harus dibayar....mohon bantu solusi agan2

    • Gimna gan apa sudah sampai barangnya ? Apa tetap bayar cicilan walau barang ga Dateng?

      Saya juga pesan Laptop no resi di cek ga ada dari MITRA TEKNOLOGI

    • Gmna pak apa sdah selesai..saya juga pesen di leon niech..smpai skrng blm dkrim juga..mana cicilan masak berlnjut...

    • Btw gmn om barang nya terkirim ga? Brp lama sampe nya dr tanggal om transaksi?

      Saya jg transaksi di Leon Electronics nih dan udh hampir 1 minggu ga sampe2 itu barang.. nomer resi malah di input nomer HP tp ga bisa di telepon.. saya telepon akulaku malah disuruh tunggu 14 hari kerja