Penipuan oleh Salah Satu Mitra di Akulaku

Saya memesan barang sebuah kamera Fujifilm XA3 pada merchant MITRA TEKNOLOGI. Setelah seminggu kemudian barang tidak kunjung datang. Chat live pada aplikasi tidak dibalas oleh merchant. Saya juga mengirimi pesan bantuan yang disediakan aplikasi tapi tidak ada respon. Saya juga menulis pesan pada penilaian aplikasi Akulaku di playstore tidak direspon.

2 minggu kemudian pun tepatnya tanggal 16 Januari barang pesanan saya belum juga datang. Saya mengirim pesan email banyak sekali tapi tidak direspon. Saya juga meminta untuk membatalkan pesanan saya tapi tidak ada respon atau balasan apapun yang membantu keluhan saya. Ada satu balasan email yang menyuruh saya menelepon nomor cs tapi nomor yang diberikan tidak dapat dihubungi. Saya mengirim email lagi puluhan pesan bahkan tapi tidak di respon. Nomor cs tetap tidak merespon.

Saat ini tanggal 23 Januari tiba-tiba saat saya buka aplikasi barang sudah diterima otomatis padahal harusnya hanya saya yang dapat melakukan itu saat barang benar benar sudah di tangan saya. Saat ini saya belum menerima barang pesanan saya. Email saya juga tidak direspon sama sekali. Saya tidak menerima barang tapi tagihan masih tetap ada.

Ini benar-benar penipuan. Saya berencana melaporkan ini ke polisi jika Akulaku tidak merespon ataupun merugikan saya. Tolong dong OJK bagaimana solusinya? Kenapa bisa kasus seperti ini bisa terus berjalan, dan menimpa banyak konsumen tidak hanya saya.

Soimah
Kota Depok, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Belanja dengan Akulaku:
[Total:17    Rata-Rata: 1.9/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

43 komentar untuk “Penipuan oleh Salah Satu Mitra di Akulaku

  • 23 Januari 2020 - (19:25 WIB)
    Permalink

    telpon ke cs akulaku. daftarkan dulu paket nelfon ke semua operator. telfon pake kode bandung 0221500920 biar murah. pas disuruh masukin nmr telfon yg dipakai untuk akulaku abaikan saja nnti otomatis tersambung. biasaya nmr km udah diblokir krn pernah nelfon keluhannya. nnti klo ada tanggapan tulis di komentar yaa. karna sy kasusnya sm tp pesan tgl 7. mungkin 2 hr lg statusnya jd otomatis diterima.

    • 23 Januari 2020 - (21:05 WIB)
      Permalink

      Sudah banyak konsumen yang jadi korban, sebaiknya pikirkan ulang sebelum berbelanja di merchant ini.

    • 12 Maret 2020 - (13:28 WIB)
      Permalink

      Hallo gan. Mau tanya nih apakah masalahnya sudah selesai. Kalau sudah boleh di ceritakan jalan penyelesaiannya oleh akulaku/merchant seperti apa?. Saya juga korban dari merchant tersebut. Saya telpon cs akulaku, mereka bilang disuruh menunggu sampai 14 hari kerja sejak pesanan dibuat. Saya ragu apakah limit kredit saya akan kembali atau tidak. Kronologi masalah saya sama persis seperti yg agan tulis. Terimakasih

      • 17 Desember 2020 - (18:57 WIB)
        Permalink

        saya baru aja ketipu juga. beli laptop di merchant ini tapi sampe sekarang belum terkirim. lapor akulaku malah harus nunggu 14 hari kerja, gimana yg lain apa sudah ada penyelesaian atas kasus ini ?

    • 1 November 2020 - (16:00 WIB)
      Permalink

      Sama gaes, saya juga,,, niat mw beli tv Led TCL , sempet chat live panjang lebar… Pas saya klik beli … Keesokan harinya gak di bales2 , dan Sudah lama tidak ada nomer resi nya…. Dan item produk tersebut di hapus.. ini cicilan tetap ada di list pesanan,,, saya sampai email akulaku sudah bbrapa x bilangnya mohon menunggu, saya hanya ingin di cancel aja.. karna produi trsebut sudah di hapus oleh merchat tersebut…..

    • 23 Januari 2020 - (22:43 WIB)
      Permalink

      Saya pesan dr tgl 20 des 2019, baru direfund DP hari ini. Sebulan lebih dan itu juga dgn telpon bolak balik sambil ngomel sama CS. DP 332rb yg balik 292rb.

    • 3 November 2020 - (03:59 WIB)
      Permalink

      Bagaimana kalo lewat shopee?bunganya gede banget, pake DP kl belanja lewat shopee bayar pakai akulaku,q pengen coba beli barang yg agak murah untuk ngetes juga sih,apa lewat shopee lbh trusted

      • 3 November 2020 - (07:12 WIB)
        Permalink

        Kalau lewat Shopee lebih aman, bunganya tetap sama aja, hanya ditambah biaya penanganan, dan itupun hanya beberapa ribu aja. Tapi yg terpenting jangan sampai tergiur dg harga murah yg tdk normal. Jangan tergiur dg harga diskon. Sebelum membeli lihat dulu review-nya. Tapi kalau anda belum pernah sekalipun bertransaksi lewat aplikasi akulaku, maka anda tidak bisa lewat Shopee. Kalau beli barang diakulaku, belilah di official resminya, meski harga agak mahal dikit, tapi dijamin aman. Tapi saran saya, jangan keterusan pakai akulaku, karena pada akhirnya nanti kita akan kesulitan bayar juga. Dan akhirnya setiap hari harus berurusan dg debt colector juga. Kalau ingin kredit barang, lebih baik ambil cicilan KUR di Bank. Bunganya lebih rendah dan angsurannya lebih ringan.

  • 18 Maret 2020 - (11:21 WIB)
    Permalink

    Apakah sudah ada titik penyelesaian masalahnya..saya terlambat membaca artikel ini..saya sudah terlanjur pesan sudan dua hari tidak ada respon. Mungkin yg sudah ada penyelesaianya bisa share disini untuk pembelajaran buat kita semua. Tanks

  • 29 Juni 2020 - (14:50 WIB)
    Permalink

    Udh ada barang dari toko mitra teknologi??? Sampai dgn bulan sekarang
    Saya jga berbelanja disana no resi tdk dapat di lacak, live chat ga di bls. Saya beli hp cash tanpa kredit/cicilan

  • 1 Juli 2020 - (20:26 WIB)
    Permalink

    Saya juga mengalami nasib yang sama..sy pesan laptop di merchant ini sejak tgl 25 juni 2020 sampai sekarang bpm datang juga,malah sekarang jasa pengirim dan nomor resi yang ga bisa di tracking itu hilang,sudah menghibungi cs …eh malah harus nunggu 14 hari .payah….apa ini merchant penipu?tp kenapa masih di jadikan mitra oleh akulaku

  • 11 Juli 2020 - (10:55 WIB)
    Permalink

    Sama gan. Kalau saya masalahnya saya beli ram DDR3, yg dikirim malah PC4, ya jelas gakan masuk sama socket ram laptop saya. Udah saya chatpun sitoko ga bales. Pihak akulaku juga kayaknya terlalu santey ya terhadap komplen konsumen. Kayaknya akulaku mesti belajar ke gojek tentang penganan komplen.

    Hati hati belanja di GPP Shop seller penipu. Jual perangkat komputer tp ga ngerti soal komputer. Kayaknya dia pikir asal sama sama 4 gb bisa dipasang. Seller ga bagus. Kalau jual barang mesti ngerti sama barang yg dijual.

  • 14 Agustus 2020 - (08:15 WIB)
    Permalink

    Sekarang saya ngalamin ini, saya beli laptop di aku laku dgn tenor 3 bulan.. Tp pas di lacak resi nya ga bisa terus udah 3 hari ini.. Tolong gimana?? 😢😢

    • 17 Desember 2020 - (19:04 WIB)
      Permalink

      teh gimana udah ada penyelesaian dari pihak akulaku ?
      apakah limit nya kembali ?
      atau masih harus bayar cicilan ?

  • 10 September 2020 - (20:07 WIB)
    Permalink

    apa sudah ada kejelasan nya mengenai merchant tersebut, saya juga baru kemarin tgl 7 september pesen laptop dari merchant tersebut. tgl 9 dapet resi JNE dan tidak bisa di tracing, mohon berbagi informasi nya saya harus bagaimana ?

  • 10 September 2020 - (21:56 WIB)
    Permalink

    permasalahannya sama neh, sya beli hape oppo a59s beli tanggal 31 juli sampai detik ini tanggal 10 september belum sampai
    parahnya barang belum diterima tapi aplikasi sudah diterima
    no resi di cek tdk terdaftar
    bahkan sudah muncul cicilan dan sudah jatuh tempo sudah keluar denda dimana 1hari 8000
    sya sudah melapor cs akulaku jawaban selalu sama
    sampai skrg menunggu email dan telfon tdk ada follow up..
    kalo bsa di report aplikasi akulaku ingin rasanya di report
    sangat merugikan konsumen

  • 17 Oktober 2020 - (10:34 WIB)
    Permalink

    Sama seperti saya belanja di aku laku nama Merchant Leon Elektronik saya membeli TV Led 40″ tp barang tak kunjung datang di lacak gak bisa jawaban multi system gk ada solusi no.resi gak bisa dilacak di bilangnya pengirim delivery pribadi malah tagihan sudah di cetak oleh apk Aku laku saya tlp CS disuruh tunggu 14 hari ini gimana bkn bentuk penipuan namanya barang gk kita terima tp di suruh bayar di Cancel gak bisa tagihan harus dibayar….mohon bantu solusi agan2

    • 1 November 2020 - (02:30 WIB)
      Permalink

      Gimna gan apa sudah sampai barangnya ? Apa tetap bayar cicilan walau barang ga Dateng?

      Saya juga pesan Laptop no resi di cek ga ada dari MITRA TEKNOLOGI

    • 11 Mei 2021 - (09:01 WIB)
      Permalink

      Gmna pak apa sdah selesai..saya juga pesen di leon niech..smpai skrng blm dkrim juga..mana cicilan masak berlnjut…

  • 23 Oktober 2020 - (18:19 WIB)
    Permalink

    Dpt telpn at nama akulaku, katanya mau bantu naikan limit, mlah raib saldoq, smpai skrng yg nlpn nmrnya msih aktif,

    • 2 November 2020 - (11:55 WIB)
      Permalink

      Saya juga … kemarin saya mau dibantu tapi ternyata nomor nya penipu…dan saya di suruh ke ATM untuk dibantu refund tp ternyata malah menguras saldo ATM ku yg ternyata dia menipu dan nomor ku diblokir…. Sedang akun akulaku yg katanya dibantu malah dipakai pihak penipu dan disalahgunakan…
      Sekarang aku g tau harus gimana… Gimana kalian sudah ada solusi??
      Ini jelas* ditipu….

  • 3 November 2020 - (06:53 WIB)
    Permalink

    Belanja dimanapun jangan sampai tergiur harga diskon yg terlalu murah, bandingin dulu di seller yg lain atau seller resmi. Lihat feedback/review-nya.

  • 5 Desember 2020 - (08:17 WIB)
    Permalink

    Solusinya gimana kalau sudah tertipu di aku laku
    Apa bisa lapor ke polisi?
    Saya jg kena tipu belanja di aku laku karna barang tidak datang sudah 1bulan malahan sekarang sudah di konfirmasi secara otomatis kalau barang sudah di Terima

  • 23 Desember 2020 - (20:08 WIB)
    Permalink

    Baru kali Ini saya menemukan Merchant Mitra di akulaku yg menjadi penipu.yang saya pesan adalah sepatu dari SUPPLIERSEPATU GB di AKULAKU.
    Untuk pengiriman ,BARANG BELUM TIBA,,NAMUN PENGIRIMAN DI APLIKASI SUDAH DITERIMA
    dan setelah komplain sana sini ,akhirnya BARANG DIKIRIM.
    TAPI SANGAT TIDAK MEMUASKAN.KARENA BARANG YANG SAYA TERIMA TIDAK SESUAI DENGAN APA YANG SAYA PESAN..
    YANG MEMBUAT SAYA JANGGAL ALAMAT SIPENGIRIM TIDAK TERCANTUM DI PRODUK YG DIKIRIM.YANG ADA HANYA NOMER TELFON.ITU PUN TIDAK BISA DIHUBUNGI..
    INI MEMANG PERLU DILAPORKAN KARNA MEMANG SANGAT MERUGIKAN

    • 27 April 2021 - (10:45 WIB)
      Permalink

      Sama bang saya juga beli sepatu dari supplier sepatu (GB) sampe sekarang belum datang ,udah coba chat balesannya udah dikirim

      • 21 Mei 2021 - (01:50 WIB)
        Permalink

        Terus gimana bang kalo sampe sekarang apa udah dateng pesanannya? karna saya baru hari ini juga ketipu sama SUPPLIERSEPATU(GB) di status barang sudah di kirim dan ada nomer resi tapi waktu di cek no resinya invalid

  • 16 Januari 2021 - (12:01 WIB)
    Permalink

    Seller SUPLLIERSEPATU (GB) PENIPU
    saya pesan sepatu sampai saat ini blm dtg, pas no resi keluar, saya langsung cek, tp gw bisa dilacak, chat seller cuma bls nanti di bantu kroscek, ya Allah uang gq sbrp tp caranya gitu banget buat dpt keuntungan
    saya e-mail kata nya cukup tlpon CS aja, tp liat komentar teman² yg tdk membawakan hasil, saya pasrah aja ttp membayarnya, karna saya juga ada tagihan 2buah HP, jd takut nya klo gq dibayarkan bakal kena bunga yg besar😭

    • 27 April 2021 - (10:46 WIB)
      Permalink

      Saya juga sama ka belanja sepatu dari supplier sepatu (GB) barang udah 2 Minggu belum datang juga ,kalo mau komplein ke siapa yah ka

  • 7 Februari 2021 - (00:08 WIB)
    Permalink

    Gimana..gan..udah ada tanggapannya sya juga..mengalami yg sama..resi udh ada tp pas dilacak tidak ada..ni Akulaku gmna..seller seperti itu ko .seolah dibiarkan..ditindak dong..jngan dibiarkan..merugikan ga mau kan Akulaku si cap jd aplikasi yg terburuk se Indonesia ..tolong direspon dong..jngan hanya konsumen disuruh menunggu seperti sya..suruh menunggu 2 sampai 4 hari kedepan sya tunggu tidak ada jawabnya dan perubahan..sya akan laporkan..

  • 20 Februari 2021 - (02:18 WIB)
    Permalink

    Saya tagal 13 februari belanja sebuah PS3 dari mercahant (omega jaya,) status barang di kirim, tapi saya cek resi tidak di temukan.. Dan saya coba chat penjual tidak ada respon.. Sejauh ini saya masih menunggu , sampai 14 hari kerja baru saya akan tindak lanjuti ke akulaku nya.

  • 19 Maret 2021 - (09:53 WIB)
    Permalink

    Pagi, bapak/ ibu, sis dan gan. Mau nanya agar bisa liat review, atau coment” di toko akulaku bagaimana ya? Seperti contoh di shoppi gitu.

  • 17 Mei 2021 - (11:30 WIB)
    Permalink

    Kaa ini gimana kelanjutan kasus nya ka, gimana penyelesaian dari pihak aqulakunya? saya baru kena kasus kaya gini soalnya ya Allah 😭

    • 17 Mei 2021 - (14:55 WIB)
      Permalink

      jangan panik. jika barang belum diterima tp status sudah diterima. ketika jatuh tempo cicilan jangan bayar. nanti akan ada dc menelpon km jelaskan permasalannya. nanti dc akan menekan seller supaya mengirimkan barangmu atau mengembalikan dpmu

      • 10 Juni 2021 - (19:39 WIB)
        Permalink

        apakah saran ini bisa membuat dp balik atau menekan seller mengirim barangnya? apa kita ga akan kena denda atau diteror sm cs nya? thx

  • 10 Juni 2021 - (19:41 WIB)
    Permalink

    SAYA BELANJA DI AKULAKU TOKO BANDAR ELEKTRONIK TAPI NO RESI YG DIKASIH GA VALID SAYA HARUS BAGAIMANA DP 650K SAYA ANAK KULIAHAN INGIN CICIL LAPTOP TPI MALAH DITIPU… TOLONG DONG 😭😭

 Apa Komentar Anda mengenai Belanja dengan Akulaku?

Ada 43 komentar sampai saat ini..

Penipuan oleh Salah Satu Mitra di Akulaku

oleh soimah Rahma dibaca dalam: 1 min
43