Akun Shopee di-Hack, 12 Juta Rupiah Raib dan Tidak Ada Kepastian dari Shopee

Tanggal 25 Januari 2020 pukul 03.00 WIB, saya membeli 2 buah handphone senilai Rp12,5 juta via Shopee dengan nomor pemesanan 200125GXTP2NK2  dan 200125H9HQJROG di toko dinarti82238, lokasi penjual ada di Surabaya. Setelah komunikasi dengan penjual, saya percaya dan melakukan pembayaran via Shopee, yang notabene marketplace besar dan harusnya aman untuk transaksi sebagai rekening bersama.

Namun pukul 08.30 WIB, penjual mengirimkan link phishing shopeorder.com (Hati-hati! Jangan memasukkan data Anda di situs ini – redaksi) melalui whatsapp. Dari situ saya mulai curiga dan kecurigaan saya bertambah ketika saya melakukan pengecekan terhadap nomor resi UPGBY00330615620 dan UPGBY00330605820, barang dikirimkan melalui JNE dari Pare-Pare, Sulawesi. Padahal penjual berlokasi di Surabaya tanpa ada konfirmasi pengiriman penjual ke saya dengan keterangan di website JNE barang yang dikirim berupa aksesoris hp.

Pada 26 Januari 2020 pukul 02.30 saya melaporkan ke pihak Shopee adanya indikasi penipuan dan akun di-hack. Shopee hanya memberikan tanggapan untuk tetap menunggu sampai barang datang sehingga dapat melakukan pengembalian barang apabila barang yang datang tidak sesuai dengan pesanan dan mengganti semua password akun Shopee saya.

Sekitar pukul 14.27 WIB, saya melihat status pesanan telah ‘selesai’ dan barang diterima padahal saya tidak ‘klik’ dan memberikan kode verifikasi apapun ke pihak lain.

Adapun tracking JNE juga menunjukkan barang masih on process di Makassar dengan lokasi pengiriman di Madiun (gambar terlampir). Saya lapor masalah ini ke pihak Shopee, lantas akun saya dan akun penjual dibekukan. Infonya untuk dilakukan investigasi oleh pihak Shopee.

Pukul 20.29 WIB Shopee memberikan email balasan yang mengecewakan. Dana transaksi tidak bisa diblokir karena sistem otomatis mengirimkan dana transaksi ke penjual dan untuk akun saya yang diblokir belum ada konfirmasi sampai sekarang. Kontak penjual  tidak aktif dan tidak bisa dihubungi.

Irza Brian Agasta
Madiun, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Keamanan Transaksi di Shopee:
[Total:36    Rata-Rata: 1.9/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

17 komentar untuk “Akun Shopee di-Hack, 12 Juta Rupiah Raib dan Tidak Ada Kepastian dari Shopee

  • 28 Januari 2020 - (12:07 WIB)
    Permalink

    waduh modus baru yah begini…. dia ngasih link itu ya… hacker banget tuh yang bisa lacak user sama pass shopee nya…

    • 28 Januari 2020 - (12:29 WIB)
      Permalink

      update terbaru : pihak shopee sudah ada konfirmasi kalau kasus ini sudah dalam proses 🙂 tinggal tunggu kabar baik dari Shopee

      • 29 Januari 2020 - (08:27 WIB)
        Permalink

        Semoga kasusnya berkabar baik dan cepet selesai ya, shopee baik kok pasti mau nolongin kalo data2 yang kita berikan sesuai.

        • 9 Juni 2020 - (06:39 WIB)
          Permalink

          Kejadian sama persis dengan saya baru” aja tggal 5 bln 6 kejadian
          Dana dteruskan ke penjual dan raib 8 jt rupiah
          Sekarang akun saya dblokir shopee
          Sedangkan ddlm masih ada proses pengiriman barang ke pembeli lain
          Semoga dari pihak shopee ada pertanggung jawaban dan perlindungan konsumen krna sistem yg lemah dan cs tdk bsa dhub via tlp secara langsung jd memudahkan penipu utk beraksi di aplikasi ini
          Tdk membaca tracking barang posisi dmana pkokx tmbol selesai dpencet dan dhack dan dengan mudahx masuk bgtu saja ke penjual tdk ada konfirmasi dengan pembeli
          Kalau banyk korban bgni kita bwt class action aja laporkan bersama

      • 5 Mei 2020 - (21:29 WIB)
        Permalink

        Sama kakak2 semua akun saya tiba2 dinonaktifkan padahal akun saya baik2 saja setelah 3 hari saya minta pemulihan malah banyak orderan yang muncul hingga limit paylater habis 2jt dan saat ini dapat pemberitahuan pembayaran.

  • 28 Januari 2020 - (12:47 WIB)
    Permalink

    Penipunya Masih amatiran, ninggalin jejak domain, asal pengiriman sama rekening pencairan dana. Kalo Shopee mau sedikit repot sih, harusnya bisa dikejar n diproses hukum. Tapi seperti yg sudah2, biasanya marketplace gak mau repot, makanya fraudster kek gini keenakan n keterusan, tinggal nyari korban lain. 😈

  • 28 Januari 2020 - (17:34 WIB)
    Permalink

    Seandainya pembeli tidak klik link phishing kasus diatas tidak akan terjadi. Banyak kasus penipuan dan pembobolan akun karena keteledoran pengguna.

    Mengenai kasus penipuan diatas, pihak Shopee sendiri sudah mengingatkan untuk berhati-hati jika melakukan chat dengan penjual, apalagi sampai meng-klik link yang dikirim penjual via WA.

    Semoga kasus diatas jadi pelajaran bagi pengguna lain, untuk tidak melakukan kesalahan yang berakibat fatal dan merugikan diri sendiri.

  • 22 Maret 2020 - (22:22 WIB)
    Permalink

    kalau saya barusan dapat call yang menaku dari pihak shopee,katanya dapat cashback 1juta langsung terisi ke shopeepay.dengan sayarat harus top-up shopeepay 200rb dulu.saya menolak krn masih ragu.orang itu mengatakan klu menolak akun shopee sy akan dibekukan.
    sempet saya tukar pasword tp apalah daya, beneran beku akun saya setelah saldo shopeepay 30rb menghilang.

  • 25 Maret 2020 - (10:50 WIB)
    Permalink

    Saya juga sama kak barusan transaksi shopee kemarin dengan nomer pesananan 200324N69COKED awalnya saya sudah transfer tiba2 setelah transfer sekitar 3jaman saya masuk akun shopee saya tiba2 akun saya di blokir. Brp kali saya sudah chating cs lwt aplikasi shopee sampe skrg blm ada email masuk. Dan pengembalian danapun bingung Krn akun saya saja diblokir

  • 4 April 2020 - (09:21 WIB)
    Permalink

    Sya juga akun shope sya diretas udah melakukan transaksi cicilan 6x di blan februari.. sya langsung lapor ke pihak shope dhri itu jga dan akun sya sdh langsung dtutup dan pihak shope sdh mnindak lanjuti, prsaan sya udah legah. tapi dblan ini masih ada aja penagihan shope pay later yg masuk ke gmail sya, pdhalkan pihak shope katanya sdh mnindak lanjuti.. gmna kka” yg mmpunyai masalah sprti sya ? Apakah sya hrus ttap mmbyr cicilan trsebut atau tdk usah ?

  • 26 Juni 2020 - (00:00 WIB)
    Permalink

    Sama seperti saya , telah tertipu dgn pelaku yg mengatasnamakan shopee dgn nomer +621500046 . Al hasil saldo saya di sopheepay hilang. Sudah menghubungi cs.nya. Tapi belum ada tindak lanjutnya

  • 10 Juli 2020 - (23:24 WIB)
    Permalink

    Kejadian tanggal 8 juli 2020 jam 20.00 wit dapat call katanya dari pihak shoope dapat tambahan saldo shoopepay 1 jt dari Moka, tp syarat hrs top-up 1jt. Jd saldo 2jt.
    Bilangin sy gk punya duit tuk tambah saldo, katanya lagi kalo gak ckup 1jt 500rb aja, jd saldo setelah top-up 500rb menjadi 1jt gt. Sya nolak , minta 300rb aja sampai banyak omong, panjang lebar, menyesal, akun terpilih lah, kesempatan kedua gk ada, dan akhirnya aku nolak tawarannya.
    Besoknya tanggal 9 juli 2020 buka aplikasi shoope, cek saldo shoopepay, ehh benar ada transaksi shoopepay pembelian pulsa 25000, padahal saya gak melakukan transaksi soopepay, wah ini ni pencurian model baru, untung saya gak isi saldo. Jd skrg takut isi saldo lgi entar raib lagi. Pengen blokir akun aja atau ganti pasword shoopepay biar aman. Masi bingung niii ..
    minta solusinya donggg….

 Apa Komentar Anda mengenai Keamanan Transaksi di Shopee?

Ada 17 komentar sampai saat ini..

Akun Shopee di-Hack, 12 Juta Rupiah Raib dan Tidak Ada Kepastian dari …

oleh brian agasta dibaca dalam: 1 min
17