Akun Shopee di-Hack, 12 Juta Rupiah Raib dan Tidak Ada Kepastian dari Shopee

Tanggal 25 Januari 2020 pukul 03.00 WIB, saya membeli 2 buah handphone senilai Rp12,5 juta via Shopee dengan nomor pemesanan 200125GXTP2NK2  dan 200125H9HQJROG di toko dinarti82238, lokasi penjual ada di Surabaya. Setelah komunikasi dengan penjual, saya percaya dan melakukan pembayaran via Shopee, yang notabene marketplace besar dan harusnya aman untuk transaksi sebagai rekening bersama.

Namun pukul 08.30 WIB, penjual mengirimkan link phishing shopeorder.com (Hati-hati! Jangan memasukkan data Anda di situs ini – redaksi) melalui whatsapp. Dari situ saya mulai curiga dan kecurigaan saya bertambah ketika saya melakukan pengecekan terhadap nomor resi UPGBY00330615620 dan UPGBY00330605820, barang dikirimkan melalui JNE dari Pare-Pare, Sulawesi. Padahal penjual berlokasi di Surabaya tanpa ada konfirmasi pengiriman penjual ke saya dengan keterangan di website JNE barang yang dikirim berupa aksesoris hp.

Pada 26 Januari 2020 pukul 02.30 saya melaporkan ke pihak Shopee adanya indikasi penipuan dan akun di-hack. Shopee hanya memberikan tanggapan untuk tetap menunggu sampai barang datang sehingga dapat melakukan pengembalian barang apabila barang yang datang tidak sesuai dengan pesanan dan mengganti semua password akun Shopee saya.

Sekitar pukul 14.27 WIB, saya melihat status pesanan telah ‘selesai’ dan barang diterima padahal saya tidak ‘klik’ dan memberikan kode verifikasi apapun ke pihak lain.

Adapun tracking JNE juga menunjukkan barang masih on process di Makassar dengan lokasi pengiriman di Madiun (gambar terlampir). Saya lapor masalah ini ke pihak Shopee, lantas akun saya dan akun penjual dibekukan. Infonya untuk dilakukan investigasi oleh pihak Shopee.

Pukul 20.29 WIB Shopee memberikan email balasan yang mengecewakan. Dana transaksi tidak bisa diblokir karena sistem otomatis mengirimkan dana transaksi ke penjual dan untuk akun saya yang diblokir belum ada konfirmasi sampai sekarang. Kontak penjual  tidak aktif dan tidak bisa dihubungi.

Irza Brian Agasta
Madiun, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

49 komentar untuk “Akun Shopee di-Hack, 12 Juta Rupiah Raib dan Tidak Ada Kepastian dari Shopee

  • 28 Januari 2020 - (12:07 WIB)
    Permalink

    waduh modus baru yah begini…. dia ngasih link itu ya… hacker banget tuh yang bisa lacak user sama pass shopee nya…

    • 28 Januari 2020 - (12:29 WIB)
      Permalink

      update terbaru : pihak shopee sudah ada konfirmasi kalau kasus ini sudah dalam proses 🙂 tinggal tunggu kabar baik dari Shopee

      • 29 Januari 2020 - (08:27 WIB)
        Permalink

        Semoga kasusnya berkabar baik dan cepet selesai ya, shopee baik kok pasti mau nolongin kalo data2 yang kita berikan sesuai.

        • 9 Juni 2020 - (06:39 WIB)
          Permalink

          Kejadian sama persis dengan saya baru” aja tggal 5 bln 6 kejadian
          Dana dteruskan ke penjual dan raib 8 jt rupiah
          Sekarang akun saya dblokir shopee
          Sedangkan ddlm masih ada proses pengiriman barang ke pembeli lain
          Semoga dari pihak shopee ada pertanggung jawaban dan perlindungan konsumen krna sistem yg lemah dan cs tdk bsa dhub via tlp secara langsung jd memudahkan penipu utk beraksi di aplikasi ini
          Tdk membaca tracking barang posisi dmana pkokx tmbol selesai dpencet dan dhack dan dengan mudahx masuk bgtu saja ke penjual tdk ada konfirmasi dengan pembeli
          Kalau banyk korban bgni kita bwt class action aja laporkan bersama

          • 14 Juli 2020 - (21:48 WIB)
            Permalink

            Saya setuju, karena kalau dibiarkan banyak korbam yg laon..dan pencemaran nama baik shopee

          • 24 Juli 2020 - (18:59 WIB)
            Permalink

            halo sy jg mengalami kasus penipuan melalui shopee, sy melakukan transaksi beli macbook tgl 24 juli 2020 tapi dibatalin oleh penjual, sbelumnya dia ada chat sy di wa dan nyruuh sy klik link buat asuransi pengirimannya, tp link tsb mengatasnamakan shopee jd sy percaya aja, lalu stelah dicancel refundny masuk ke shopee pay sy, tp tiba” ada transaksi yang terjadi tanpa sepengetahuan sy dan saldo shopeepay sy yg awalnya Rp. 9.937,000,- langsung hilang semua, dan akun shopee sy dibekukan dan sampai sekarang belum memberikan jawaban atau kepastian atas kasus sy. tingkat keamananny bener” sangat jelek dan minim, hanya krn melalui link akun sy langsung dpt diakses bgitu sj o/ org lain. uang 10 jt itu uang yg sangat banyak, dicari itu berapa lama. mohon agar shopee bs segera menyelesaikan kasus sy dan mengembalikan saldo sy yg hilang.

          • 28 September 2020 - (18:44 WIB)
            Permalink

            Saya juga baru kena tipu… Astagfirullah ternyata akun shopee saya d hack jadi saldo shopeepay saya d kuras habis…. Bisa balik gk ya saldo ya ???

        • 30 Oktober 2020 - (04:21 WIB)
          Permalink

          Kalau kendala begini seharusnya shopee bertanggung jawab, bukankah seharusnya akun kita aman. Kenapa bisa diretas? Pertanggung jawabannya mana. Kita ngisi sophee pay untuk uang elektronik bukan untuk sedekah ke shopee. Kita percaya sepenuhnya ke shopee, tp kenapa waktu ada masalah begini shopee malah angkat tangan gak bertanggung jawab. Saya baru top up 900 ribu, tiba2 saldo berkurang terus dan akun saya d block. Tolong kasih solusi, bukan malah menyalahkan kami yang menjadi korban

      • 5 Mei 2020 - (21:29 WIB)
        Permalink

        Sama kakak2 semua akun saya tiba2 dinonaktifkan padahal akun saya baik2 saja setelah 3 hari saya minta pemulihan malah banyak orderan yang muncul hingga limit paylater habis 2jt dan saat ini dapat pemberitahuan pembayaran.

      • 5 Februari 2021 - (10:37 WIB)
        Permalink

        Cara lapor shopee gmna ya kak,,, saya jg baru saja kehilangan saldo shopee pay saya sebesar 11juta lebih,,, ada no tlp yg bisa di hub i kak,,, agar bisa tanya cara lapor nya

  • 28 Januari 2020 - (12:47 WIB)
    Permalink

    Penipunya Masih amatiran, ninggalin jejak domain, asal pengiriman sama rekening pencairan dana. Kalo Shopee mau sedikit repot sih, harusnya bisa dikejar n diproses hukum. Tapi seperti yg sudah2, biasanya marketplace gak mau repot, makanya fraudster kek gini keenakan n keterusan, tinggal nyari korban lain. ?

      • 21 Maret 2021 - (14:27 WIB)
        Permalink

        Akun shopee saya di hack,dan spinjam saya raib 11250 000,sampai sekarang pihak shopee belum ada kepastian dan di aplikasi saldo utang terus berjalan,tolong kalau ada yang tahu saya harus minta tolong ke siapa????padahal sudah jelas pihak shopee bukan transfer ke yang punya akun,melainkan ke rekening atas nama orang lain!!!

  • 28 Januari 2020 - (17:34 WIB)
    Permalink

    Seandainya pembeli tidak klik link phishing kasus diatas tidak akan terjadi. Banyak kasus penipuan dan pembobolan akun karena keteledoran pengguna.

    Mengenai kasus penipuan diatas, pihak Shopee sendiri sudah mengingatkan untuk berhati-hati jika melakukan chat dengan penjual, apalagi sampai meng-klik link yang dikirim penjual via WA.

    Semoga kasus diatas jadi pelajaran bagi pengguna lain, untuk tidak melakukan kesalahan yang berakibat fatal dan merugikan diri sendiri.

  • 22 Maret 2020 - (22:22 WIB)
    Permalink

    kalau saya barusan dapat call yang menaku dari pihak shopee,katanya dapat cashback 1juta langsung terisi ke shopeepay.dengan sayarat harus top-up shopeepay 200rb dulu.saya menolak krn masih ragu.orang itu mengatakan klu menolak akun shopee sy akan dibekukan.
    sempet saya tukar pasword tp apalah daya, beneran beku akun saya setelah saldo shopeepay 30rb menghilang.

    • 27 September 2020 - (22:32 WIB)
      Permalink

      Kak aku juga tadi sore di telpon, case nya sama kayak kaka dan saya nolak akhirnya akun saya di bekukan..
      Kak gimana kelanjutanya acount kaka ? Buat baru atau pembekuanya di cabut ?

  • 25 Maret 2020 - (10:50 WIB)
    Permalink

    Saya juga sama kak barusan transaksi shopee kemarin dengan nomer pesananan 200324N69COKED awalnya saya sudah transfer tiba2 setelah transfer sekitar 3jaman saya masuk akun shopee saya tiba2 akun saya di blokir. Brp kali saya sudah chating cs lwt aplikasi shopee sampe skrg blm ada email masuk. Dan pengembalian danapun bingung Krn akun saya saja diblokir

  • 4 April 2020 - (09:21 WIB)
    Permalink

    Sya juga akun shope sya diretas udah melakukan transaksi cicilan 6x di blan februari.. sya langsung lapor ke pihak shope dhri itu jga dan akun sya sdh langsung dtutup dan pihak shope sdh mnindak lanjuti, prsaan sya udah legah. tapi dblan ini masih ada aja penagihan shope pay later yg masuk ke gmail sya, pdhalkan pihak shope katanya sdh mnindak lanjuti.. gmna kka” yg mmpunyai masalah sprti sya ? Apakah sya hrus ttap mmbyr cicilan trsebut atau tdk usah ?

    • 14 Juli 2020 - (21:45 WIB)
      Permalink

      Akun saya dihack tgl 01 juli 2020
      Awalnya ditelfon dan mengatasnamakan shopee, awalmya saya ngk terlalu naggepin tp tiba* ada sms dari shopee no verifikasi ternyata saat itu dia sudah masuk akun saya dan melakukan transaksi pulsa k beberbagai no hp, dan kok dia bisa tau pin shopepaylater saya.. saya dirugikan 750
      Saldoshopepay 300, dan shopepaylater 450 yg harus saya bayarkan , sdh melaporkam k pihak cs , dm lwt ig, inbox d mesager shopee tp saya ttp harus membayar tagihan yg bukan utang saya @Shopee care

  • 26 Juni 2020 - (00:00 WIB)
    Permalink

    Sama seperti saya , telah tertipu dgn pelaku yg mengatasnamakan shopee dgn nomer +621500046 . Al hasil saldo saya di sopheepay hilang. Sudah menghubungi cs.nya. Tapi belum ada tindak lanjutnya

    • 28 September 2020 - (18:47 WIB)
      Permalink

      Sama saya juga baru kena tipu, akun saya d hack saldo shopeepay terkuras 1jt, dengan nomer tlp 0816308725 dan 081532929243… Tolong dong bantu proses terimakasih

  • 10 Juli 2020 - (23:24 WIB)
    Permalink

    Kejadian tanggal 8 juli 2020 jam 20.00 wit dapat call katanya dari pihak shoope dapat tambahan saldo shoopepay 1 jt dari Moka, tp syarat hrs top-up 1jt. Jd saldo 2jt.
    Bilangin sy gk punya duit tuk tambah saldo, katanya lagi kalo gak ckup 1jt 500rb aja, jd saldo setelah top-up 500rb menjadi 1jt gt. Sya nolak , minta 300rb aja sampai banyak omong, panjang lebar, menyesal, akun terpilih lah, kesempatan kedua gk ada, dan akhirnya aku nolak tawarannya.
    Besoknya tanggal 9 juli 2020 buka aplikasi shoope, cek saldo shoopepay, ehh benar ada transaksi shoopepay pembelian pulsa 25000, padahal saya gak melakukan transaksi soopepay, wah ini ni pencurian model baru, untung saya gak isi saldo. Jd skrg takut isi saldo lgi entar raib lagi. Pengen blokir akun aja atau ganti pasword shoopepay biar aman. Masi bingung niii ..
    minta solusinya donggg….

  • 27 Juli 2020 - (17:02 WIB)
    Permalink

    Saya baru kejadian tadi siang, shopee pay sebesar 250k dibelanjakan ke pulsa. Dan semua barang belanjaan diajukan pengembalian.
    Langsung chat cs via apk, dan akun dibekukan.
    Entah sampai kapan, bisa g dananya balik? Sayang banget segitu itu tabungan saya, shopee pay di isi smpai banyak biar bisa jualan jg eeh malah raib.

    Bukan pen nangis lg ini mah, udah nangis guling” saya…. ??

  • 13 Agustus 2020 - (21:31 WIB)
    Permalink

    Saya juga tertipu.. Crita nya ada orng katanya beli voucer roaming india salah kirim ke nomor aku.. Disitu ada muncul kode 6 digit.. Trnyta itu kode verifikasi whataap saya yg di bobol.. Lalu dia mngunakan whatsapp saya untuk login shopee dan mngunakan shope pay later saya.. Saya sudh mnghubngi pihak shope untuk pngajuan pengembalian dana.. Trnyata penagihan tetap brjalan.. Saya juga masih simpan nomor tlfon orang tersebut.. Mungkin disini ada yg bisa lacak orng trsebut.. 081901997804 dan 085967199793 dan 082171786143

  • 27 Agustus 2020 - (16:37 WIB)
    Permalink

    Saya baru saja terkena penipuan an. Shopee
    Mungkin pelaku internal shopee sendiri dengan menelpon dapat hadiah 2jt rupiah.
    No hp yg digunakan 08127848855.dalam posisi ditelp saya langsung dapet sms dari shopee dengan sms memberikan kode,dan langsung diminta pihak penelp.
    Selanjutnya dapat sms dari shopeepay dengan isi kode dan diminta pihak penelp.
    Selanjutnya menanyakan 16 nomor kartu ATM saya
    Langsung dapet sms dari 69888 yg berisikan kode dan langsung suruh menyebutkan.
    Setalah itu dapat sms dari uangku sebanyak 4x yg berisikan kode dan suruh top up ke akun shopee saya sebanyak 2.4xxxx total
    Lalu saya mencoba membuka akun shopee saya, ternyata akun sudah dinon aktifkan
    Awalnya saya percaya kalo transfer melalui virtual accont itu masuk user shopee saya.. ternyata setelah saya masuk user sudah dinon aktifkan..
    Mohon pihak shopee diselesaikan masalah masalah seperti itu..
    #shopee
    #penipu

    • 11 September 2020 - (18:44 WIB)
      Permalink

      Teruss sampai sekarang dana yang hilangnya bisa kembali tidak kak?

      Saya juga kena penipuan seperti itu kak

    • 30 Oktober 2020 - (04:27 WIB)
      Permalink

      Saya jg kena tipu begitu, harusnya akun kita aman d shopee. Apa shopee bekerja sm dengan penipu? Karna tidak ada tanggung jawabnya sm skli

  • 1 September 2020 - (10:43 WIB)
    Permalink

    Shopeepaylater saya pun hilang tiba-tiba dan ada yang memakai. Dengan kedok bahwa dia adalah pihak shopee

  • 12 September 2020 - (14:14 WIB)
    Permalink

    Ada yng tau gak ngembaliin shopee saya baru aja di blokir dan saya baru aja ngisi shopeepay sebesar 1jt saya bingung gimana mengembalikan shopee yg di hack orang lain itu aemua akun shopee saya di blokir

  • 14 September 2020 - (21:52 WIB)
    Permalink

    Sama kk..
    q jg td sore kna hack. Ktany dpt voucher blnja 1jt dr shopee..
    trnyata akun q dibekukan dan uang shopepay 120k hilang..
    skrg gmna nasib pmesanan ku..

    • 27 September 2020 - (22:39 WIB)
      Permalink

      Kak aku juga tadi sore di tlon sama persis kejadianya sama kaka, akun di bekukan.. Gumana perkembangan kasus kaka ?

  • 28 September 2020 - (18:50 WIB)
    Permalink

    Saya juga baru kena tipu akun d hack dan saldo shopeepay saya d kuras kurleb 1jt trs penelpon bilang kalo mau duit balik harus melakukan tindak senonoh nomer pelaku 0816308725 dan 081532929243…. Tolong dong di bantu yang bisa…. Terimakasih

    • 12 Oktober 2020 - (07:14 WIB)
      Permalink

      miris liat nya kebanyakan konsumen dsni polos sehingga berakibat kerugian Pd diri sendiri. makanya lain x jgn memberikan data apapun ke pihak lain termasuk mengklik link apapun diluar aplikasi. itu murni kebodohan . hny org bodoh mengklik sembarang link dan memberikan kode otp ke orang lain 🙁

      2
      1
      • 16 November 2020 - (21:53 WIB)
        Permalink

        Mohon solusinya sist, akun istri saya di hack, SPay Later dikuras habis, dilapor ke pihak shopee disuruh nunggu, mohon di tanggapi apakah ad nasib yang sama, bagi solusinya ya sist

  • 30 Oktober 2020 - (18:50 WIB)
    Permalink

    Saya tiba2 dapat notifikasi dari akun shopee saya kalau saya sedang memesan barang dan barangnya sudah dikirim , tetapi saya merasa kalau saya tidak sedang melakukan pembelian apapun .. kapan hari saya dapat notifikasi kalau akun saya diblokir permanen . Terus saya harus bagaimana ? Saya takut kalau tiba2 ada tagihan pembayaran pembelian atas nama saya 🙁

  • 15 Desember 2020 - (20:06 WIB)
    Permalink

    Saya baru saja kejadian yang sama tadi sore,15 Desember 2020. penjual pada awalnya chat melalui room chat pada shoope, setelah itu penjual tiba2 chat kalau untuk menelfon saya melalui wa, lalu penjual menelpon saya dan mengirimkan 2 link dengan alasan untuk check memastikan barang yang saya beli benar.
    Setelah itu saya masuk ke link yang diberi oleh penjual dan memasukkan kode pin shoope pay saya ke link tersebut, karena curiga saya segera membatlkan pesanan. Namun sang penjual mengancam jika akan hack akun shope saya.
    Setelah saya melakukan pembatalan, uang saya yang harusnya bisa kembali ke shoppe saya dengan jumlah nominal yang seharusnya saya terima, uang tersebut hilang dengan tulisan “Pembayaran , ke pulsa,hiburan” padahal saya sendiri tidak melakukan pembayaran atau transaksi apapun setelah melakukan pembatalan.

    Walaupun nominal uang nya tidak terlalu banyak, saya sangat heran saja dimasa pendemi seperti ini. Masih saja tega menipu orang.
    nomor wa pelaku 083801447532

 Apa Komentar Anda mengenai Keamanan Transaksi di Shopee?

Ada 49 komentar sampai saat ini..

Akun Shopee di-Hack, 12 Juta Rupiah Raib dan Tidak Ada Kepastian dari …

oleh brian agasta dibaca dalam: 1 menit
49