Akun Shopee di-Hack, 12 Juta Rupiah Raib dan Tidak Ada Kepastian dari Shopee

Tanggal 25 Januari 2020 pukul 03.00 WIB, saya membeli 2 buah handphone senilai Rp12,5 juta via Shopee dengan nomor pemesanan 200125GXTP2NK2  dan 200125H9HQJROG di toko dinarti82238, lokasi penjual ada di Surabaya. Setelah komunikasi dengan penjual, saya percaya dan melakukan pembayaran via Shopee, yang notabene marketplace besar dan harusnya aman untuk transaksi sebagai rekening bersama.

Namun pukul 08.30 WIB, penjual mengirimkan link phishing shopeorder.com (Hati-hati! Jangan memasukkan data Anda di situs ini – redaksi) melalui whatsapp. Dari situ saya mulai curiga dan kecurigaan saya bertambah ketika saya melakukan pengecekan terhadap nomor resi UPGBY00330615620 dan UPGBY00330605820, barang dikirimkan melalui JNE dari Pare-Pare, Sulawesi. Padahal penjual berlokasi di Surabaya tanpa ada konfirmasi pengiriman penjual ke saya dengan keterangan di website JNE barang yang dikirim berupa aksesoris hp.

Pada 26 Januari 2020 pukul 02.30 saya melaporkan ke pihak Shopee adanya indikasi penipuan dan akun di-hack. Shopee hanya memberikan tanggapan untuk tetap menunggu sampai barang datang sehingga dapat melakukan pengembalian barang apabila barang yang datang tidak sesuai dengan pesanan dan mengganti semua password akun Shopee saya.

Sekitar pukul 14.27 WIB, saya melihat status pesanan telah ‘selesai’ dan barang diterima padahal saya tidak ‘klik’ dan memberikan kode verifikasi apapun ke pihak lain.

Adapun tracking JNE juga menunjukkan barang masih on process di Makassar dengan lokasi pengiriman di Madiun (gambar terlampir). Saya lapor masalah ini ke pihak Shopee, lantas akun saya dan akun penjual dibekukan. Infonya untuk dilakukan investigasi oleh pihak Shopee.

Pukul 20.29 WIB Shopee memberikan email balasan yang mengecewakan. Dana transaksi tidak bisa diblokir karena sistem otomatis mengirimkan dana transaksi ke penjual dan untuk akun saya yang diblokir belum ada konfirmasi sampai sekarang. Kontak penjual  tidak aktif dan tidak bisa dihubungi.

Irza Brian Agasta
Madiun, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

 Apa Komentar Anda mengenai Keamanan Transaksi di Shopee?

Belum ada komentar.. Jadilah yang pertama!

Akun Shopee di-Hack, 12 Juta Rupiah Raib dan Tidak Ada Kepastian dari …

oleh brian agasta dibaca dalam: 1 menit
49