Tarik Tunai di ATM BRI, Uang Tidak Keluar tapi Saldo Berkurang

Halo, saya Anggraini Sulistyowati. Saya adalah salah satu nasabah BRI Syariah yang tarik tunai di ATM BRI. Tanggal 2 januari 2019, kejadian berawal ketika saya mau tarik tunai di ATM BRI Cabang PalabuhanRatu Kabupaten Sukabumi, dengan menggunakan kartu ATM BRI Syariah. Awalnya saya cek saldo uangnya berkisaran 3 juta lebih.

Transaksi pertama saya tarik tunai sebesar 1,5 juta, tapi uang tidak keluar melainkan hanya ada tulisan: “Maaf transaksi gagal”. Lalu saya tarik tunai kedua kalinya sebesar 1 juta dan ketiga sebesar 500 ribu, dan itu berhasil. Lalu saya cek saldo lagi ternyata saldo saya tinggal sekitar 200 ribu. Hati dagdigdug gak karuan. Ternyata saya sadar, transaksi pertama yang gagal tersebut tetap mengurangi berkurang.

Akhirnya saya pun melaporkan pengaduan saya ke cabang terdekat dan menjelaskan pengaduan secara jelas. Lalu saya menerima surat pengaduannya. Dari mbak-mbak CSnya bilang bahwa kalau dalam 10 hari kerja saldo belum kembali (maksudnya yang 1,5 juta rupiah) maka saya harus menelepon call center BRI Syariah yang di tertera di kartu ATM.

Setelah menunggu 10 hari kerja ternyata uang saya belum kembali juga, lalu saya menelepon CS tersebut dan bertanya kenapa uang saya belum kembali juga padahal sudah mengajukan pengaduan dan saya sudah punya surat pengaduannya juga. Dan CS tersebut bilang dengan suara yang lembut bahwa pengaduan saya masih dalam proses dan harus menunggu lagi 10 hari kerja. Lalu saya pun menunggu lagi dengan rasa khawatir. Padahal uang tersebut adalah uang beasiswa saya yang akan saya gunakan untuk masa kuliah saya.

Saya meminta mohon kepada BRI Syariah untuk menanggapi persoalan ini. Karena saya lagi butuh uang tersebut. Saya hanya ingin uang beasiswa saya (1,5 juta) itu kembali karena saya sangat membutuhkan uang tersebut.

Semoga apa yang saya utarakan bisa membantu saya untuk mendapatkan uang saya kembali. Dan untuk BRI Syariah semoga ke depannya bisa lebih baik pelayanannya dan laporan saya supaya bisa sampai ke Kantor Pusat. ☹️☹️

Anggraini Sulistyowati
Kab. Sukabumi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

      • Saya mau tanya saya juga alamin tadi siang. Pas mau ambil uang tidak keluar dan saldo sudah terpotong. Saya sudah hubungi call center dan dikasih angka laporan juga.
        Kira kira saya harus apa lagi ya biar saldo sya kembali lagi🙏mohon saranya

    • Wah baru tgl 20 february 2021 kemarin saya mengalami hal serupa, awalnya ATM BRI ayah saya di TF adik saya, sebesar 18,5 waktu itu ada ATM terdekat ada kendala karena ada peringatan soal chip yang tidak terbaca. Kira"jam 10pagi,muter" lagi sampe ATM 3 baru bisa transaksi, pertama saya dan ayah saya (berdua didalam ruangan atm) mengambil 6jt untuk 3x transaksi berhasil, karena dugaan saya masih bisa ngambil lagi. Saya coba pilihan penarikan yang 1jt, ternyata ada peringatan transaksi gagal bla. bla intinya sudah melebihi batas pengambilan, sebelum keluar saya coba cek saldo ternyata masih utuh 12,5 dan diperlihatkan juga ke bapak saya yang berdiri disebelah saldo sisa 12,5 kemudian pulang, BESOKnya karena kata bapa suruh diambil semua untuk keperluan usaha saya coba ambil kembali dan ternyata bisa mengambil 10jt dalam 4x transaksi nominalnya 2,5jt tapi kaget tiba"ketika mengecek saldo di atm tinggal 1,5 yang harusnya sisa 2,5 karena waktu itu gagal transaksi yang 1jt.langsung ke CS bank minta di print buku tabungan dan ternyata benar ada 4transaksi yang waktu tgl 20feb yang terakhir 1jt padahal bapak saya dan saya masih jelas ingat mengambil 6jt dan sisa saldo 12,5. langsung pengaduan kebagian CS dan dibantun melaporkan ke BRI pusat katanya 20harian. nunggu dihubungi oleh bagian pusat yang sampe sekarang belum juga ada kabar, semoga bisa balik lagi, tapi besar kemungkinan mereka tidak percaya. Gondok jengekel sekali dengan kasus ini disaat sulit perekonomian seperti sekarang, sebelum kejadian ini saya juga pernah mau setor tunai diATM dr rumah uang 1jt sudah dihitung dan dikaret karena takut rusak. Di depan atm pun sama sudah di hitung seblm disetorkan ternyata lengkap, tapi pas bagian penyetoran berlangsung tiba" tampil di layar masuk 950rb ok nunggu bagian memasukan terbuka ternyta tidak ada pengenbalian uang yang tidK terbaca. Kareana saya fikir 50ah saya mungkin salah berhitung blalala sialan

  • Saya pernah jg alami kejadian yg sama
    Tapi setelah saya urus di CSnya
    Akhirnya saldo yg berkurang bisa dikembalikan.

    • prosesnYa kk berapa hari yah soalnya saya sudah 3 minggu gk ada kejelasannya☹️☹️☹️

  • kemarin saya mengalimi mau transfer malah tarik dana pas saya ingat mau transfer saya tekan tombol cancel ih...malah uang yang sdh keluar masuk kembali ke mesin atm😭😭

  • Alhamdulillah terimakasih semuanya. Saldo yang berkurang sudah kembali lagi pada tanggal 29 januari 2020. Sudah saya cek tadi di atm bris nya... Akhirnya bisa melanjutkan kuliah lagi☺☺☺

    • Maaf ini saya mau bertanya.. tadi saya juga mengalami hal yang serupa pas penarikan uang dan tiba2 mati lampu.. yang keluar cuma kartu atmnya.. dan habis itu lampu sudah kmbli nyala.. eh pas sya cek saldo.. saldo sya berkurang.. 😑.. terus gmna ya kak supaya uang sya itu kmbali..

  • Waktu pas tlp cs itu terakhir saya dikasih 5 digit nomer, apa kamu tau itu untuk apa? Soalnya saya lupa nanya ke cs saking paniknya

    • Mungkin itu sandi nya kak, kmrin aku dikasih kode juga kak di CS terdekat waktu itu

  • Saya juga tanggal 30 -5-2020
    Mengalami hal persis kek gitu
    Pas tlvn cs juga kata nya menunggu 20 hari kerja
    Kalok gk balik pun saya iklas krna cma 500 rb
    Ya kalik rejeki ya mdah2an balik lah

    • Iya menunggu 20 hari kerja, alangkah baiknya tlfon ke CS pusat nya kak biar lebih jelas nya.

  • Barusan saya juga sama....untung korbannya bukan saya doang....ada juga ibu ibu yg bilang knapa saldo berkurang...untung temen saya krja di bank jadi tau...ahirnya tadi saya balik lagi ke ATM yg pas sebelah bang BRI dan diskusi sama satpam....dan kata satpam besok disuruh kesitu lgi...lgi kondisi bgini walaupun kaga banyak cuman berasa banget😔😔

  • Barusan tadi siang saya alami juga dengan hal yg serupa dengan anda. Tapi cara saldonya supaya bisa kembali lagi caranya bagaimana ya?

  • Saya mengalami hal serupa tadi sore sekitar jm 5, pas tarik tunai muncul tulisan gagal.. pas saya cek di rumah ternyata saldo sudah terpotong. Langsung panik dan buru" telfon cs BRIS. Katanya suruh nunggu 20 hari.
    Mau nanya mbk, apakah mbaknya setelah kurang lbih 20hari itu, mbaknya dapet konfirmasi dari cs BRIS atau saldo langsung kembali sendiri ?

  • saya juga sama tadi malam kejadiannya , saya ambil uang pertama transaksi berhasil yang kedua xnya gagal .
    saya bingung sekali distatusnya gagal tapi uangnya kenapa berkurang .
    auto panik ,paginya saya coba ke BRi mreka suruh tunggu 8hr kerja .mudah mudahan dibalikin lagi ya .....berasa banget wali cuma 500 nyesek uang terakhir sebelum gajihan hiks huks

    • Banyak sekali mesin atm BRI yang pada rusak lama d perbaiki bahkan ada mesin ATM di wilayah tangerang samping Yonif 203 dari waktu saya penarikan uang gak keluar tanggal 02 desember 2020 sampai 06 desember 2020 masih belum d perbaiki mungkin sibuk sekali operatornya jd kewalahan...ampun ya tuhan.
      Jadi sedikit ngeri pake atm bri klo ky gini apa lg klo d pake untuk perbisnisan.
      Bank yg lain juga saya pernah mengalmi transaksi trouble tp cepat selesai lah ini..ampun ini duit mau d pake andai bagi yg secepatnya.