Surat Pembaca

Sistem Shopee PayLater Bermasalah, Konsumen yang Kena Getahnya

Kejadian ini berawal dari inisiatif saya untuk membayar tagihan Shopee PayLater saya sebelum jatuh tempo. Dari tanggal 26 Desember 2019, saya sudah tidak bisa akses fitur Shopee PayLater saya, karena kendala teknis di aplikasi Shopee saya. Karena tidak mau melewati jatuh tempo (tanggal 5 Januari 2020), saya menghubungi CS Shopee melalui chat karena saya ingin membayar tagihan Shopee PayLater.

Lalu pada tanggal 27 Desember 2019, saya mendapat email dari CS Shopee bernama Rain yang menjelaskan mengenai langkah-langkah yang dilakukan terkait kendala yang saya hadapi, dan saya sudah lakukan semua yang diinstruksikan, termasuk prosedur pembayaran dilakukan secara MANUAL alias transfer langsung ke PT. Lentera Dana Nusantara sebagai penyedia dana Shopee PayLater.

Pada tanggal 31 Desember 2019 jam 14:36 WIB, saya lakukan pembayaran tagihan melalui transfer langsung ke PT. Lentera Dana Nusantara sebesar Rp306,264. Lalu saya kirimkan semua bukti-bukti pembayaran/transfer saya ke email CS Shopee di hari yang sama (31 Desember 2019). Saya anggap kewajiban saya sudah selesai dan saya coba install ulang aplikasi Shopee saya dan berharap fitur Shopee PayLater saya bisa kembali digunakan, dan akhirnya berhasil.

Fitur Shopee PayLater saya tampil dan bisa diakses, hingga saya pikir semua sudah beres. Namun, tanggal 7 Januari 2020 muncul notifikasi bahwa saya belum membayar tagihan Shopee PayLater saya. Saya komplain ke CS Shopee melalui chat dan dibuatkan laporan nomor: 41909337 dan mereka memberitahu bahwa proses verifikasi data akan memakan waktu maksimum sekitar 14 hari kerja.

Setelah 7 hari kerja, saya kembali mengajukan komplain ke CS Shopee dan menanyakan perihal denda yang dikenakan kepada saya dan CS yang menjawab adalah Nurika, yang menjelaskan bahwa denda akan dihapuskan begitu data pembayaran sudah terverifikasi. Beberapa hari kemudian ada yang menelepon saya, dan saya jelaskan bahwa saya sudah melakukan semua yang harus saya lakukan. Dan CS yang menelpon juga berjanji akan membantu menginformasikan ini kepada pihak terkait dan dibantu dibuatkan laporan kedua nomor: 41273156.

Namun, sekali lagi hingga saat ini tanggal 29 Januari 2020 yang mana sudah 20 hari kerja, masalah ini belum juga bisa diselesaikan oleh Pihak Shopee Indonesia. Dan hampir setiap hari notifikasi muncul untuk segera melunasi tagihan dan denda terus berlanjut hingga saat ini (29 Januari 2020) jumlah tagihan saya menjadi Rp462.178. Dan Shopee PayLater saya pun sudah benar-benar tidak bisa digunakan lagi seperti di-nonaktifkan dari sistem aplikasi Shopee.

Untuk itu, mohon tanggapan dan penyelesaiannya kepada pihak Shopee Indonesia mengenai hal ini, karena mohon maaf saja, saya merasa sangat kecewa dengan pelayanan Shopee yang merugikan konsumen seperti saya, terlebih saya adalah user Shopee dengan predikat Platinum Member yang sudah menjadi user Shopee selama 2 tahun dengan jumlah transaksi ratusan.

Saya tunggu tanggapan dan penyelesaiannya dari pihak Shopee Indonesia.

Terima kasih atas perhatiannya.

Salam,

Wida Marliany
Purwakarta, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • maaf kk,
    apa dendanya bukan karena jumlah tagihan di shopee itu Rp. 321.577,- tetapi yang di bayarkan hanya Rp. 306.264,- ?

    • Iya kyak ny bermasalah krna transfer tidak sesuai sama tagihan yg di shoopelater nya...jdi sistem nya tidak bisa mncri krna total tagihan sma yg ditransfer beda..

      • Hello kakak semua aku pengen tau ko kk semua limitnya pada besar ya limit saya kenapa kecil banget pertama dptny cuma 750rb , saya member gold shopee udh belanja dishopee bnyk bft udah lama juga . tpi kok limitny diksh cm 750 rn y ? Dan stlh byr cicilan g naik limitnya . kenapa y ka kira2

        • Saat baru dapat saldo shopeepay later yang 750rb itu kan ada notif penawaran untuk pengajuan tambahan saldo kak.. tapi aku juga belum nyoba sih..

      • Penagihan spaylater kontak hp disadap.. ditelpon in.. dimaki2 dengan bahasa bahasa kasar..

    • Mau tanya kak, saya kan habis aktifin spaylater. Terus kalau sampai jatuh tempo saya ngga pakai uang itu gimana ya?

    • Hati2 dengan penagihan spaylater.. kontak hp disadap.. kontak2 di intimidasi.. ditelpon 2..

    • Saya jadi takut pakai shopeepaylater.. dan otomatis mengurungkan niat saya untuk belanja di shopee kalau begini caranya.. tanpa masalah seperti ini pun hidup sudah tidak mudah.. apalagi ditambah susah mikirin hutang begini.. ayo shopee diperbaiki dan dipublikasi kalau tidak pelangganmu pada kabur semua..

    • Min mau tanya
      Saya kan habis aktifin spaylater, terus kalau sampai jatuh tempo saya ngga pakai uang itu gimana?

    • Kak saya mau tanya,di aplikasi shope saya pay later belum saya aktifin ,pakai juga blm,tp kenapa ada tagihan dari payleter,nilainya juga langsung besar 15 juta.yg nagih langsung DC,gimana itu kak?

  • Sya jg ad mslh d shopeepay letter tgl 31 udh sy lunaskan tagihan untuk tgl 5 tp limit yg kmbali ga sesuai .sudah hbngi cs shopee malah masih proses dan proses g tau kelar kapaaannn

    • Saya juga ngga bisa pakai shopeepaylater saya, udah bayar tagihan tapi limitnya ngga balik lagi, sisa limitnya masih banyak sekarang tapi ngga bisa dipakai buat belanja, apakah shopeepaylater kak rina bisa dipakai sekarang? Kalo sudah bagaimana caranya?

      • Tanya kak, saya kan habis aktifin shopeepaylater, terus kalau sampai jatuh tempo saya ngga pakai uang itu gimana?

        • Assalamualaikum kak.saya pengguna baru shoppepay latter.jdi saya blm terlalu paham kak.jdi izin bertanya kak
          Kemarin pd tgl 27 mei saya melakukan transaksi beli barang sebanyak 79.000 menggunakan shoppepay latter.karena buru-buru.
          Nah saat mendaftar kemarin,saya memilih tgl 5 sbgai jatuh tempo nya.namun sampai saat ini dana tagihan belum muncul kak ( masih nol,pdhal barang sudah di kirimkan).bagaimana ya kak solusinya?saya hendak melunasinya kak,takut kena denda.terimakasih??

    • Sy lebih parah, pada 6 marer sy melakukan transaksi melalui shopeepay later tanpa cicilan, lalu sy byr tepat tgl 4 april, bln 5nya kok sy ditagi lagi dengan jumlah yang sama yang telah sy lunasi??????

  • Ternyata ada yg senasib dg saya.. Persis kejadiannya seperti mba Wida Marliany.
    Saya mau bayar lewat indomaret, tiba2 layar shopee pay later ngeblank.. Semua prosedur sdh saya jalankan, kewajiban saya membayar pun sudah saya lakukan, tp jawaban'y masih sama, baik itu lewat email, chat & telpon dg cs.. Saya diminta menunggu verifikasi.. ini mau bayar yg bln Februari, disuruh transfer manual lagi.. Hadeh... Ntar lama lagi prosesnya kek yg kmrn

    • ma'af kakak ap sudah ad solusinya ? aq juga ngalami kayak gini n aq dah ngikuti arahan cs buat tf d rekening ats nama Lentera Dana Nusantara n d suruh kirim bukti tf by WA. tp sampai sekarang belom ad kabar sama sekali dr pihak shopee.. takutnya ntar belom selesai n bunga terus berjalan sedangkan akun shopee aq gk bisa d buka sama sekali.. tolong info nya y kakak.. terimakasih

    • Kak, mau tanya. Apakah nomor rekening PT. LDN dimana kakak transfer manual buat ngelunasin shopee paylater itu sama kaya yg lampirkan di blog ini?
      Kira2 bisa gak ya saya langsung transfer ke nomor tsb, apa harus tanya2 ke cs nya dulu?

  • Kalo saya tidak bisa belanja memakai shopee paylater lg.. Pdhl 2 hari sebelum nya bisa belanja.. Tp sekarang tiap mau klik pin shopee paylater tidak respon pdhl pin benar.. Sudah coba hubungi shopee lewat chat tp respon nya hanya proses terus sampai skrg .. Tolong bantu saya

    • Maaf kak, saya jg mengalami masalah yg sama
      Mau tanya apakah ada solusinya agar pay latter dpt digunakan kmbali? Mohon infonya??

      • Ada yang sama ga ya sama saya,, saya bayar tagihan payleter 716.640 tapi limit payleter nya jdi 708.604 pdhal saldo sblmnya ada 134 rbua jdi limit payleter nya ga nambah sesuai jumlah yg saya bayar

  • Saya mau bayar shopee pay later tapi saya lihat kok tidak ada tombol bayar nya ? malah justru ganti link "unduh kontrak" udah telat 1 hari. Takut kalu dibiarkan malah nambah terus nominalnya. Ada yang bisa bantu saya ?

  • saya juga sama ada masalah pda shopee paylater ga bisa digunakan. ga bisa transaksi. hanya mentok masukan pin. udah smpe ganti pin jga ttep aja. brkali2 komplain & udh ikutin smua instruksi dri cs shopee ttep ga ada solusi hnya dibles tdk ada msalah pda sistem & dicoba kmbali . trus aja dicoba kmbali ttep ga brubah. klo udh bnyak yg komplain hrusnya udh ada solusinya & bsa dipakai lgi kan ya.

      • Saya kira hanya saya yg ada pengurangan limit.
        Trnyata setelah baca komentar, semua nya di kurangin limitnya.
        Dan pdhal sih saya gk pernah telat bayarnya.
        Tp limit saya hanya jadi ratusan ribu. limit tdk bisa kembali jg, pdhal sdh melakukan pembayaran dan pelunasan.

  • Kak kalo mau menonaktifkan shopeepaylater itu gimana? Sebelumnya si belum pernah belanja pake shopeepaylater. Mohon bantuannya

  • Halo disini ada yg sama gak kayak saya? Padahal bayar tepat waktu, terus limitnya dikurangi. Katanya krn pengaruh Covid19 padahal limit saya masih banyak. Dan bayar slalu tepat waktu. Bikin kzl aja nih shopee!

    • Sama kak. Saya selalu bayar 1 minggu sebelum jatuh tempo. Kemarin sudah bayar untuk tagihan bulan depan. Tapi limit saya dikurangi banyak. Saya tanya belum ada respon, kenapa limit saya dikurangi

    • senasib... limit dr jutaan tgl seratus ribu... parah dikurangi banyak banget untung msh ad kartu kredit

    • Senasib juga sama gua, dri limit 3,5jt skrg tinggal 700k, klo bisa balik gpp sih tapi ntah bisa balik apa kgk

  • Saya baru cek limit shopee paylater saya. Dan kaget limitnya di kurangi 720 rb, padahal saya bayar per bulan gak pernah telat. Dan pengurangan limit ini tidak ada pemberitahuan dahulu. Mohon infonya. Karna sy pengguna setia shopee