Surat Pembaca

Tiket.com Tidak Dapat Melindungi Keamanan Data User

Selamat siang, saya ingin mengadukan bahwa tiket.com tidak becus dan tidak mengerti betapa pentingnya data user yang mereka simpan.

Kronologi kejadian:

Senin 27 Januari, pukul 15:26 WIB, saya mendapat notifikasi via email bahwa ada seseorang yang berhasil melakukan login menggunakan akun tiket.com saya via Android device. Yang mengejutkan adalah, login tersebut tidak melalui proses OTP atau verifikasi yang saya set di akun saya. Sesaat setelah itu, saya langsung mengganti password saya. Saya menerima email OTP, yang sebagaimana seharusnya dilakukan oleh tiket.com dalam proses login atau penggantian informasi user.

Lalu saya mengirimkan komplain ke tiket.com, dengan nomor pelaporan 03110995, betapa bingungnya saya atas balasan yang diberikan oleh customer service tiket.com. Mereka menyarankan untuk MENGABAIKAN kejadian tersebut, lalu menyarankan untuk mengganti password saya yang saya langsung lakukan sesaat setelah kejadian itu terjadi.

Tentu saja saya tidak terima dengan penjelasan tersebut dan kembali meminta kejelasan kenapa kejadian tersebut bisa terjadi. Email balasan kedua dan ketiga datang, tidak ada penjelasan yang memuaskan yang diberikan kepada saya. Penjelasan yang diberikan sama seperti email pertama yang dikirim kepada saya.

Dari kejadian ini jelas terlihat bahwa tiket.com tidak mengerti betapa pentingnya keamanan data user, dan seperti menganggap sepele kejadian tersebut. Bila saya tidak menyadari kejadian tersebut dan cekatan melakukan penggantian password, bisa saja data kartu kredit saya tercuri atau disalahgunakan untuk menipu. Mungkin tiket.com merasa ada di atas angin karena hal tersebut tidak/belum diatur di undang-undang ITE. Saya sangat kecewa dan akan mengajukan somasi resmi saat saya kembali ke Jakarta.

Semoga dari kejadian tersebut saudara-saudara yang membaca kejadian ini dapat lebih waspada dengan keamanan data. Terima kasih.

Best Regards,

David
Jakarta Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan tiket.com atas Surat Bapak David

Sehubungan dengan surat pembaca di mediakonsumen.com tanggal 31 Januari 2020 yang ditulis oleh Bapak David berjudul “tiket.com Tidak Dapat Melindungi...
Baca Selengkapnya