Transfer Tidak Sesuai dengan Nominal dan Rekening Tujuan oleh Aplikasi DANA

Selamat malam,

Saya mempunyai kendala dengan aplikasi DANA yaitu masalah nominal dan rekening tujuan yang tidak sama.

Pada tanggal 2 Januari 2020 saya melakukan 2 kali transfer dengan bank tujuan UOB dengan maksud untuk pembayaran kartu kredit saya. Kartu dengan akhiran 7226 nominal Rp. 325.161 dan kartu dengan akhiran 2581 nominal Rp. 9.133.455.

Dan ternyata ketika saya menerima billing statement untuk bulan berikutnya, saya melihat ada biaya bunga untuk kartu dengan akhiran 2581 sebesar Rp. 158.213.

Saya melakukan konfirmasi ke pihak UOB kenapa saya menerima beban bunga tsb dan diklarifikasi oleh pihak bank, bunga tersebut terjadi karena saya melakukan kurang bayar. Ini aneh karena saya merasa sudah melakukan transfer dengan nominal yang betul.

Setelah saya cek, ternyata di billing statement baru terlihat kalau ada 2 kali transaksi pembayaran di tiap kartu saya. Di kartu akhiran 7226 yang seharusnya pembayaran Rp. 325.161 ternyata dibayarkan oleh DANA sebesar Rp. 270.869 sebanyak 2 kali transfer. Dan di kartu akhiran 2581 yang seharusnya Rp. 9.133.455 dibayarkan 2 kali juga oleh DANA yaitu sebesar Rp. 54.292 dan Rp. 8.862.586. Sehingga terjadi selisih sebesar Rp. 216.577, karena selisih tersebut saya jadi ditagihkan bunga oleh bank karena kurang bayar.

Saya sudah coba email pihak DANA dengan ID Case: 2767519 dan saya masih belum mendapatkan jawaban yang memuaskan di sini karena saya meminta penggantian biaya bunga tersebut ke pihak DANA. Email terakhir dari DANA mengatakan bahwa DANA tidak bertanggung jawab terhadap “pemecahan” nominal yang terjadi seperti di yang jelaskan di atas.

Bagaimana mungkin pihak bank melakukan pemecahan nominal seperti yang dikatakan pihak DANA sedangkan sistem bank secara otomatis hanya mencatat pemasukan dan pengeluaran saja?

Tujuan saya menulis keluhan ini adalah agar DANA mau membayarkan bunga bank yang dibebankan ke saya sebesar Rp.258. 213 karena saya tidak mau menanggung kesalahan yang dilakukan pihak lain.

Leonard Gerry
Jakarta Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan DANA atas Surat Bapak Leonard Gerry

Menanggapi surat pembaca yang ditujukan kepada kami oleh Bapak Leonard Gerry yang dimuat di mediakonsumen.com, pihak DANA telah menghubungi konsumen...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Ini kejadian kok absurd bener...
    Mana no response lagi dari pihak terkait.
    Semakin menguatkan niat saya untuk tidak pasang app ybs.

    • Memang agak membingungkan kejadian ini pak. Karena sampai akhir pun masih belum ketahuan salah nya ada di pihak mana. Akan tetapi, siang ini saya menerima email dari pihak UOB yang menyatakan bahwa bunga tersebut sudah dihapuskan. Walaupun disini DANA tidak/belum memberikan pernyataan resmi tetapi mereka sangat responsif dalam membalas email dan telepon complain saya.