Surat Pembaca

Kecewa dengan Pihak Shopee yang Seolah Membiarkan Konsumen Penipu

Nama saya Rahmawati, seorang ibu rumah tangga. Karena saya merasa biaya hidup semakin tinggi, saya mencoba membuka usaha online yaitu top up saldo DANA di Shopee. Karena saya baru berdagang, jadi saya aktifkan salah satu kurir J&T. Saya tidak tahu kalau J&T bisa COD. Setelah saya cek ternyata COD dan Shopee menyuruh mengirim paket.

Saya kirim paketnya ke provinsi Jawa Timur Kab. Malang, wilayah Sumber Pucung, dengan nomor resi J&T: JP0197815599. Ternyata paket saya ditolak oleh konsumen. Hal ini sudah saya laporkan ke Shopee dan Shopee menyuruh menunggu 3×24 jam. Namun sampai sekarang tidak ada tindak lanjut dari Shopee, akun tersebut atas nama @mayasari2911 dan sampai sekarang akun tersebut tetap aktif.

Penipu di shopee

Saya sangat kecewa dengan pihak Shopee yang seolah membiarkan seorang pembeli penipu. Saya sudah melaporkan hal ini ke Shopee tapi disuruh menunggu 3×24 jam. Sampai saat ini sudah lebih 4×24 jam, namun tidak ada kejelasan dari pihak Shopee.

Tadi saya melaporkan ke Shopee lagi disuruh menunggu 1×24 jam dengan alasan konsumen belum merespon email dari pihak Shopee. Belum selesai saya bertanya, ternyata diputuskan chat-nya sepihak oleh customer service Shopee. Katanya Shopee perusahaan besar ,tapi mengurus penipu saja tidak bisa. Apakah kantor Shopee hanya ada di Jakarta, tidak tersebar di seluruh indonesia sehingga tidak bisa menindaklanjuti hal tersebut?

Sepertinya shopee ingin lempar batu sembunyi tangan seolah-olah resiko tanggung sendiri dan tidak mau bertanggung jawab. Saya hanya ingin uang saya kembali. Mohon kejelasannya untuk pihak Shopee sebagai pihak penghubung. Mohon kembalikan yang sudah menjadi hak saya, karena uang Rp324.000 sangat berarti bagi saya.

Rahmawati
Palembang, Sumatera Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Bukannya untuk beli pulsa atau paket data sudah disediakan oleh shopee nya langsung ya? Saya rasa lebih aman kalo beli pulsa, quota atau top up saldo dari shopee langsung karena bisa dipertanggung jawabkan oleh shopee sendiri, yang penting bukti pembayaran harus selalu disimpan. Ini opini saya sih ya

  • modus terbaru :
    saya sebagai penjual laptop di shopee
    harga laptop 3.200.000
    pembeli nawar 3.150
    anggapan saya tiga juta seratus 50rb
    ketika saya setuju, konfirm
    barang dikirim, transaksi selesai
    lhaa disini jiwa ke koplak an saya meronta - ronta
    ketika saya liat dana yg masuk hanya 3.150 (tiga ribu 150 rupiah)
    lapor ke shopee sia2, tlp ke pembeli sdh pasti di reject

    transaksi sukses

    pertinyiinnyi : koq bisa sistem shopee se dahsyat itu
    padahal tawar menawar via chat, bisa langsung deal hanya dengan 1 klik
    tanpa harus ngedit hrg iklan

    makasih shopee berkat anda, bisnis saya makin anjiiiiing bangetzzzzz

  • Kejadian yang sama dialami saya , uang 3,6jt melayang begitu aja,pembeli melakukan transaksi dengan aku laku, setelah barang saya kirim dan sampai tiba" pesanan dibatalkan oleh sistem shopee, gak tau kenapa kok bisa seperti itu,
    dan parahnya pembeli saya hubungi tidak mau dipulangin itu uang, kok masih ada ya orng kaya gitu,

  • Kak barusan saya ngalamin nya, saya jual pulsa, aku ngga teliti, main isi² aja ?, soalnya seneng banget ada pelanggan baru, gimana caranya uang kakak kembali? Bantuin saya juga dong kak ??? nama akun Shopee nya @toko.prima01

    • Aku juga barusan ketipu. Jual pulsa smpai habis 900rb. Pelanggan prrtama seneng bangetkan. Dan gk tau sistem cod aktif. Pas kurir sampe ke alamat bilangnya alamatnya tidak ada, nama pembeli juga tidak ada. Bilang ke agen shopee banyak sekali, tnggapannya tidak bisa merubah sistem nya karena COD, aktifkan termasuk ongkos kirim, syaa kirimlah paketnya karena syaratnya harus 1x kirim fisiknya, ada yg suruh batalkan pesanan dan chat pembeli minta transfer langsung ke rekku (mana mau). Barusan di email suruh hubungi JNT nya untuk konfirmasi status pengirimannya. tapi mau konfrimssi apaa coba.Terus aku tanya kurirnya kalau 3 hari alamat pembeli tidak ditemukan barang akan di retur ke saya padhal saya sudah transfer pulsanya?. Aku cuma mau uang kembali aja ?

    • Sama bangett kak, aku kira aku doang yg ditipu org ini ternyata udh memakan banyak korban. Saya jual pulsa dishopee belum ngerti gituu, awalnya pengaturannya saya udh bener kategorinya pulsa eh dia cht katanya kategorinya tidak bisa dipesan trs disuruh ganti ke serba serbi, karna saya belum terlalu paham jadi saya nurut saya ganti. Seneng dong awl nya dpt pertama orderan saya ladenin tuh eh taunya nipuuu 250rb dong????
      Ini nomer org yg nipu sy 081278453561
      Banyak bgt makan korban

  • saya juga ketipu, jual pulsa denom 100 tapi transaksi dibatalkan. dihubungi baik2 buyer tidak merespon. menghubungi shopee harus menunggu.

    saran hati2 aja buat yg jual produk digital. karena banyak buyer yang mencurigakan di shopee

  • berikut nomor yang diisi mohon berhati2 087788855375, awalnya meminta pengisian nomor 087788855377 tapi selalu gagal

  • Jadi ragu ini belanja online, padahal saya sudah pengen beli alat mesin jet cleaner takut nya kalau rusak gimana ya soalnya kan gak bisa liat langsung barangnya untuk dites...

  • Di shopee musti nya hati-hati dan teliti, sabar jangan gedein nafsu.

    Shopee selalu berpesan, jangan kasih kode OTP ke siapapun termasuk ke pihak shopee sekalipun.
    Jangan klik link yang bukan link shopee.
    Jangan transaksi di luar shopee.

    Khusus pembeli.
    Jangan beli produk yang harganya terlalu murah.
    Jika tak tahu cek cek lebih dulu. Jangan gedein nafsu, sifat tak sabaran, karena di itu celah bagi para penipu.