Surat Pembaca

Lazada Tempat para Penipu?

Saya memesan HP di Lazada, nomor pesanan: 368856020070481 dan telah mentransfer uang. 10 menit setelah transfer, seller dengan nama akun megaelektronik899 menelepon dan menipu saya. Setengah jam setelah sadar, saya menghubungi CS Lazada dan saya email detail penipuan.

Empat jam setelahnya saya dihubungi CS yang lain dan saya menginformasikan nomor rekening saya. Saya juga telah menginfokan detail nomor rekening saya lewat email. Namun tiba-tiba saja Lazada menginformasikan apabila uang saya sudah ditransfer ke rekening penipu.

Mana tanggung jawab dan sistem pengendalian Lazada? Kembalikan uang saya kalau ingin berkembang jadi tempat belanja online yang dipercaya!

Fatkhur Rozi
Kabupaten Pati, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Jadilah smartbuyer. Menurut saya ini kesalah si pembeli. Karena setau saya sistem lazada sudah sangat aman. Si pembeli bilang di terima telpon dari si penjual, nah disinilah kesalahan fatal si pembeli. Mungkin karena baru pertama beli online atau memang polos orangnya.hehe

  • Saya adalah penulis SURAT PEMBACA ini.

    Alhamdulillah, hari ini tanggal 19 February 2020 Lazada telah memberikan solusi kepada saya.

    Terima kasih atas bantuan dari Lazada dan juga mediakonsumen. Semoga Lazada dan mediakonsumen tambah maju dan berkembang. Dan semoga pengalaman buruk ini menjadi pelajaran bersama.

  • Pada hari ke 9 akhirnya akun saya di tutup oleh lazada
    Dengan nomer pesanan 379699968477656
    Xiaomi Mi Led 4A TV 43” Android Smart TV
    Saya sangat berterima kasih kepada lazada untuk tidak lagi berbelanja di lazada karna tidak bisa menjaga transaksi pembayaran.
    Tanggal 26 februari 2020 saya memesan sebuah Xiaomi Mi Led 4A TV 43” Android Smart TV dari IMIH_OLshop, dan saya melakukan pembayaran transfer.
    Karna ada harga yang lebih murah saya batalkan pembelian saya, kemuadian setelah saya batalkan ada tlpn dari 0816-265-138 meminta kode OTP saya untuk melakukan pengembalian dana.
    dan saya memberikan karna sangat meyakinkan.
    Karna saya rasa ada yang aneh saya langsung menghubungi cs lazada dan menginformasikan apa yang terjadi ternyata yang menelfon saya adalah pihak seller, dan akun saya mulai di proses 2050000011908152.
    Tanggal 27 februari 2020 akun saya di kunci demi keamanan oleh lazada, dan ada telefon dari pihak keuangan lazada untuk menanyakan akan di kirim ke mana uang pengembaliannya, karna saya berfikir akan membeli barang kembali di lazada maka saya memutuskan untuk di kembalikan ke voucher belanja.
    Setelah beberapa saat saya mendapatkan email.
    Pengembalian Dana Telah Diproses
    Hai Peuting Painting,
    Pengembalian dana sebesar Rp1.827.970 untuk nomor pesanan #379699968477656 telah kami proses ke akun kamu dalam bentuk voucher refund, jika kamu belum mengisi formulir online pengembalian dana.
    Tidak ingin pengembalian dana dalam bentuk voucher? Silakan isi formulir refund online untuk ubah pengembalian dana dari voucher refund ke transfer rekening.
    Tetapi karena akun masih di kunci saya tidak bisa lihat sudah di kembalikan atau belum dana saya, setiap hari saya live chat dengan cs lazada untuk membuka akun saya, jawaban yang saya terima akun kakak masih di tindak lanjuti.
    Dan tanggal 1 maret 2020 saya mendapatkan email kembali.
    Dear Bapak Aditya Nur Khaerullah,

    Sebelumnya kami mohon maaf terkait dengan pengembalian dana yang tidak diterima atas nomor pesanan 379699968477656, kami informasikan bahwa pengembalian dana telah berhasil diproses sehingga dana tidak dapat kami proses refund kembali. Hal tersebut dikarenakan sebelumnya Bapak Aditya telah menginformasikan akun Lazada/kode OTP verifikasi akun kepada pihak/oknum yang mengatasnamakan seller lazada melalui telepon / WhatsApp sehingga pelaku tersebut menyalahgunakan akun Lazada Bapak Aditya dan mengisi data rekening sehingga proses refund terproses ke rekening pelaku tersebut.

    Kami menyarankan agar Bapak Aditya tidak langsung mempercayai untuk melakukan transaksi secara pribadi dengan pihak penjual (melalui whatsapp, sms ataupun media lainnya selain website lazada) dan mohon untuk tidak menginformasikan data pribadi atau apapun dikarenakan pihak Lazada tidak akan bertanggungjawab apabila terjadi masalah kedepannya.

    Refund tidak dapat dilakukan jika diakibatkan kelalaian pelanggan dalam menjaga kerahasiaan akun pribadi. Syarat dan ketentuan ini sudah dijelaskan pada saat Bapak Aditya melakukan pendaftaran akun di website lazada sesuai yang dijelaskan pada tautan https://www.lazada.co.id/privacy-policy/.

    Kami meminta maaf atas ketidaknyamanan dan kurangnya pelayanan yang kami berikan. Semoga atas musibah ini rezeki Bapak Aditya akan tergantikan. Kami akan jadikan masalah ini sebagai bahan untuk memperbaiki sistem serta pelayanan kami kepada para pelanggan kami.

    Bapak Aditya Nur Khaerullah dapat berkomunikasi secara interaktif dengan Layanan Konsumen kami melalui fasilitas Live Chat di: http://www.lazada.co.id/contact/
    Begitu kaget mendapatkan email tersebut.
    Lalu saya live chat lagi dengan cs lazada akun bapak masih di proses akan kami hubungi secepatnya sampai hari ini tanggal 5 maret 2020 saya live chat kembali lazadanya akun anda sudah di non aktifkan tidak bisa di buka kembali, SAYA BERFIKIR JIKA AKUN SAJA TIDAK BISA DI KEMBALIKAN APA LAGI DANA SAYA TIDAK MUNGKIN LAGI DI KEMBALIKAN.

  • Lazada tempat para penipu,

    Seperti nya judul ini benar adanya.

    Saya mengalami hal yang sama pak aditya (tulisan bapak diatas saya)
    Belanja di lazada tgl 5 maret 2020,
    dan seller tiba2 menelpon meminta kode otp dengan alasan kode
    itu akan dipakai untuk potongan barang promosi yang saya beli.

    Begitu kode diberikan, status pesanan saya berubah menjadi dibatalkan dan menunggu
    proses pengembalian dana nya dalam beberapa menit kemudian.

    Tapi dalam beberapa jam saya sadar bahwa kena tipu dengan seller ini, akhir nya saya live
    chat dengan lazada utk minta pemblokiran pengembalian dana ke seller dengan disertai bukti2 chat dengan seller ini, tapi sayang nya dari pihak lazada lama merespon dengan memberikan jawaban dalam investigasi, padahal saya sebagai pembeli langsung melaporkan kejadian aneh ini.

    Akhir nya keesokkan harinya tanggal 06 maret 2020, account saya diblokir oleh
    pihak lazada dengan alasan dipakai penipu.

    Terus lewat 5 hari baru dikabarkan bahwa pengembalian dana tidak dapat dikembalikan karena kesalahan memberi kode otp ke penipu.

    Pertanyaan saya, kemana aja lazada, saya sdh langsung lapor saat itu juga setelah
    merasa ditipu, belum 1X24 jam lho, hanya hitungan jam saja melapor dengan melampirkan bukti2 chat dan status pesanan, kenapa tidak langsung ditindak dan diblokir account dan pengembalian dana nya, kan proses pengembalian dana transaksi 1X24 jam ?

    Semoga informasi ini berguna untuk para konsumen, agar lebih waspada apabila
    belanja di lazada, karena tidak aman dan tidak cepat melakukan tindakan pencegahan apabila terjadi hal2 yang merugikan pada konsumen.

  • Nah ini bener, security Lazada terlalu gampang buat di bobol buat menipu konsumen

  • Hati-Hati Belanja Elektronik di Lazada dengan Harga yang sangat Miring dari Harga Pasar. SUDAH BANYAK YANG TERTIPU, UANGNYA HILANG !!!
    LAZADA harusnya sebagai perantara yang dapat dipercaya sebagai media pembeli dan penjual, Tapi menurut saya sistem di Lazada seperti bekerja sama dengan penjual yg berkedok Elektronik (nilai uangnya lebih besar) yang menipu pembeli. Saya pribadi dengan no pembelian: 396429444795288 Sampai saat ini uang juga belum di kembalikan.
    Telepon CS Lazada tidak dpt menyelesaikan masalah, karena alasan sdh by sistem. (Uang di transferkan ke penjual karena data kita sdh di bajak).
    Kesimpulan saya: Beli barang Online di Sistem yang bisa di percaya saja, Jangan di tempat yang mudah di Bobol.
    Saya juga akan suarakan kepada semua media,.. supaya tidak ada lagi yg Tertipu !!!

    Note: Ramai-ramai kita suarakan ke semua medsos, supaya mengurangi penipuan dari Lazada.

    • Hati-Hati Belanja Elektronik di Lazada dengan Harga yang sangat Miring dari Harga Pasar. SUDAH BANYAK YANG TERTIPU, UANGNYA HILANG !!!

      LAZADA harusnya sebagai perantara yang dapat dipercaya sebagai media pembeli dan penjual, Tapi menurut saya sistem di Lazada seperti bekerja sama dengan penjual yg berkedok Elektronik (nilai uangnya lebih besar), Untuk bersama-sama menipu pembeli.
      Saya pribadi dengan no pembelian: 396429444795288 Sampai saat ini uang juga belum di kembalikan.

      Telepon CS Lazada tidak dpt menyelesaikan masalah, karena alasan sdh by sistem. (Uang di transferkan ke penjual karena data kita sdh di bajak).

      Kesimpulan saya:
      Beli barang Online di Sistem yang bisa di percaya saja, Jangan di tempat yang mudah di Bobol Sistem Data Konsumen.

      Saya juga akan suarakan kepada semua media,.. supaya tidak ada lagi yg Tertipu !!!

      Note: Ramai-ramai kita suarakan ke semua medsos, supaya mengurangi penipuan dari Lazada.

  • Saya pun mengalami kejadian yg sama, tepat pada pagi hari ini. Menganggu pikiran saja, harus banyak2 sedekah sepertinya. #picek budeg

  • Hati-Hati Belanja Elektronik di Lazada dengan Harga yang sangat Miring dari Harga Pasar. SUDAH BANYAK YANG TERTIPU, UANGNYA HILANG !!!

    LAZADA harusnya sebagai perantara yang dapat dipercaya sebagai media pembeli dan penjual, Tapi menurut saya sistem di Lazada seperti bekerja sama dengan penjual yg berkedok Elektronik (nilai uangnya lebih besar), Untuk bersama-sama menipu pembeli.
    Saya pribadi dengan no pembelian: #391389545405728 Sampai saat ini uang juga belum di kembalikan.

    voucer refund berupa, tolong percerahannya, mksh

    Kesimpulan saya:
    Beli barang Online di Sistem yang bisa di percaya saja, Jangan di tempat yang mudah di Bobol Sistem Data Konsumen.

    Saya juga akan suarakan kepada semua media,.. supaya tidak ada lagi yg Tertipu !!!

    Note: Ramai-ramai kita suarakan ke semua medsos, supaya mengurangi penipuan dari Lazada.