Surat Pembaca

Penagih Shopee Paylater Meminta Foto

Selamat Malam,

Saya Nisa, saya menunggak sekitar 5 > 120 hari di keterangan sepucuk surat yang dikirimkan oleh pihak penagih dari Shoppe Paylater. Kendala tersebut dikarenakan saya baru saja memulai aktif bekerja kembali. Dan saya masih beritikad baik untuk membayar tunggakan saya. Jikapun saya menerima gaji langsung saya bayarkan akan tetapi di bulan Maret 2020.

Singkat cerita, 1 hari lalu saya menerima whatsapp dari penagih Shoppe untuk segera membayar. Awalnya penagih tersebut masih sopan meski terus menerus menelpon tiada henti. Hutang saya tidak sampai Rp1.200.000, namun perlakuannya seperti saya menunggak ratusan juta.

Tadi malam Jum’at 14 Februari 2020 penagih tersebut meminta foto saya dengan alasan agar besok bisa langsung mengenali saya. Dan saya jelaskan bahwa saya tidak nyaman dimintai foto namun si penagih tersebut minta untuk dibayarkan Senin. Saya sudah jelaskan bahwa saya tidak ada uang dan saya pun baru aktif bekerja awal Maret ini.

Apakah seperti itu penagihannya? Yang lainpun tidak ada yang seperti itu. Saya sangat kecewa, seperti hutang ratusan juta dan diperlakukan seperti maling, penagihannya sangat tidak manusiawi.

Anisa Rizky Ananda
Depok, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Sy juga ada tagihan shopee paylater yg gagal bayar, sdh 5 bulan kayanya. Sdh di WA dc juga. Tp bisa dicicil sesuai kemampuan kita kok bayarnya. Ga usah panik. Intinya kita niat bayar, jika memang kita ada uangnya ya bayarkan. Kalo dc dtg juga ya kalo blm ada uangnya mau gmn. Semua org kena imbas dr pandemi covid 19 ini. Semoga Allah melancarkan semua urusan teman2 semua.

      • Ga ada dc yg dtg. Cicil aja diaplikasi langsung. Minimal 20rb. Kalo sdh ada uang bayar lbh besar. Karena bunganya 5% perbulan dr total tagihan.

        • utang 300++ sama bunga,sudah 1 tahun ++ semua karena covid. baru" ini mereka mencoba menagih dengan kata" kasar. dan yg sy tidak terima, orang tua sy di tlp di maki" sama mereka. ini udh masuk ke rana hukum jika penagihannya seperti ini. orng tua sy sakit struk,kalau terjadi apa" sama orng tua sy ... bakalan sy tuntut shopeepaylatter. UU ojk kan sudah jelas, lama penagihan 90 hari,jika lewat maka di anggap gagal bayar, dan mereka wajib melaporkan ke ojk. otomatis nama kita blacklist. ini sudah 1thn ++ kacau asli

  • aku ditipu dari pihak yg mengatasnamakan shoppe,trs dia juga ngehack akun shope aku,dan ternyata dia ada pinjaman dari shoppe 1,6juta,dan tertagihlah ke akun ku padahal bukn aku yg pinjam uang,itu gimana ya?mohon teman2 siapa tau ada solusi atau mengalami nasib yg sama denganku,itu kalau gk dibayr masalah gk ya?soalnya aku gk ada uang untuk byr utang hackernya

  • Kalau masalah saya
    Sudah bayar spaylater tapi masih ada penagihan
    Sudah jelas telah di bayar dan ada tanda bukti masih di tagih
    Sudah komplain masih aja gada jalan tengah
    Malah pihak shopee minta untuk tetap bayar
    Saya minta data saya yang kacau setelah komplain aja gadikasih
    Anehh...

  • Media konsumen sekarang dipenuhi komentar penuh nyinyiran, hinaan saling menjatuhkan bahkan ada yang sok suci macam dirinya manusia tak berdosa. Haha lucu ya.... Sebuah wadah yang tadinya tempat untuk melayangkan keluhan jadi ajang tukang bully yang kebanyakan pengecut kurang kerjaan. Harusnya kalian biarkan pihak terkait memberikan tanggapan baru kalian komentar. Ingat itu mulut bukan p*ntatt yang asal kentuttt.

    • hai mbak nissa, boleh minta nomor WA nya? mau tanya tanya perihal paylaternya. makasih

  • Cara cicil 20rb itu gimana ya kak? Saya telat 4bulan tadi dapat WA katanya besok DC mau datang ke rumah. Tapi saya nggak percaya utk bayar ke DC karena banyak kasusnya yg uangnya ngga disetorkan ke shopeenya. Tolong kakak sharingnya dgn saya. Saya terkena imbas pandemi belum kerja jadi blm bisa bayar.

    • Kak udh lunas blom utangnya.kkada yg datang dc kerumaj ngak.aku tlat 3 bulan lbih

  • Kak saya dari akhir maret kemarin saya cicil shopeepayleter, bulan dpn udah masuk 4/5bln. Skrg aku cicil kan udah masuk 205rb, tiap bulan cuma bisa nyicil 80rb termasuk bulan depan , jadi tiap bulan aku cicil 20rb tp 4x kali jadi bayarnya seminggu sekali. Kemarin di WA lagi. Kira-kira kalau udah di cicil gitu masih di datengin ngga ya kak? Pihak shopee kok DCnya kayak ilegal yaa sekarang. Saya blm dpt kerja lagi. Dari kemarin cuma baru interview & psikotes. Stress bgt aku.

  • Mu nanya , kalo misal yang telat gitu tuh ada surat penagihan ga sih yabg datang ke rumah²?

  • Malah saya harus bayar spaylater sama spinjam sekitar 10jt.. gara" kena tipu..
    Ada solusi kah?
    Saya ibu rumah tangga, lagi hamil pula.. lagi pandemi ppkm jg susah cari kerjaan

  • Istri tmn sy bkin hal serupa ga byr pinjmn k online pinjmn gt. Dya byk ky nya.. Gnti no.. Sdh beres.. Mslh klo dtg tinggal dtg jja... Saudra nya smuanya preman.. Jd mreka pd ga tkt.. Akhirnya istrinya ga pke hp lg.. Wkwkwkw.
    Sbnrnya c mnurut sy slm brni yh hdpin jja.. Masa iyh gara gara ngihin hutang mau saling bnuh.. Klopun ada dc yg klewatn.. Yh hdpin jja

Penulis
Nisya Ranisa