Ketidakjelasan Status Paket dari Batam dan Klaim Refund Dana di Bukalapak

Selamat malam, hari ini saya mau berbagi kisah yang saya alami tentang bertransaksi menggunakan aplikasi Bukalapak dan ekspedisi JNE.

Pertama-tama saya adalah pengguna Bukalapak sudah lama sekali dan tidak pernah menemui kendala apapun, baik dari barang maupun ekspedisi. Namun, pada hari ini saya merasa kesal sekali oleh layanan Bukabantuan yang dimiliki oleh Bukalapak. Saya sebenarnya sudah sabar namun akhirnya harus kesal dan ingin sekali berbagi kisah ini dengan kalian semua.

Saya memesan barang pada tanggal 28/01/2020 sebuah headset gaming dan melihat posisi seller berada di Jakarta serta mengecek ongkir pun sesuai, dan akhirnya saya membayar semua mulai dari biaya perlindungan barang sampai biaya perlindungan pengiriman menggunakan kartu kredit.

Masalah pertama dimulai, ini mungkin salah saya tidak melihat deskripsi pengiriman ternyata barang dikirim dari Batam dan dikirim pada tanggal 30/01/2020, “Wah bakalan lama” pikir saya saat itu, tapi biarlah yang penting sudah dikirim.

Lalu saya cek resi JNE dan barang saya baru sampai transit Gateway Bandung itu pada tanggal 06/02/2020 “Wow seminggu” padahal JNE YES, saya memaklumi karena proses kirim barang dari Batam ke seluruh Indonesia kini harus melalui x-ray.

Masalah kedua pun muncul, sampai tanggal 10/02/2020 barang saya tidak sampai, lalu saya cek history pengiriman pun masih transit Gateway Bandung, “ok ini gak bener!” Saya langsung cek ke JNE Gateway Bandung dan hasilnya adalah paket saya tidak lolos x ray dan tertahan di Batam. History yang menyatakan paket saya sudah transit hanyalah “Karung” yang membawa beberapa paket yang disatukan dgn paket saya. Dari pihak customer service di sana pun menjelaskan bahwa biasanya paket yang tidak lolos akan dikembalikan pada pihak pengirim, dan saya disarankan untuk melakukan klaim refund dana karena saya menggunakan Bukalapak.

Saya langsung chat seller mengenai informasi ini dan seller mengatakan akan menghubungi saya jika ada informasi terbaru. Saya pun juga melakukan komplain barang kepada pihak Bukalapak, dan dijawab dimohon menunggu 4-6 hari kerja melalui email.

Masalah ketiga muncul nih, setelah menunggu 4-6 hari kerja saya mendapat telepon dari CS JNE Bandung untuk segera melakukan klaim refund dana dan segera melaporkan nya pada Bukalapak, saya langsung menghubungi bukabantuan dan dijawab melalui email akan dilakukan investigasi dan kembali dimohon untuk menunggu. “Wow menunggu lagi?!” lelah nih.

Hari hari berlalu dan sampai hari ini sejak laporan saya pada JNE dan Bukalapak, CS JNE Bandung sudah menghubungi saya sebanyak 3x dan mereka meminta saya untuk melakukan refund dana, saya sudah laporan ke Bukalapak sampai akhirnya CS Bukalapak Jakarta menghubungi saya bahwa masalahnya sedang di follow up terus. Dan malam ini CS JNE Jakarta yang menghubungi saya menjelaskan status brg masih di Batam dan meminta saya untuk klaim dana dan juga berjanji akan membantu proses klaim dana pada Bukalapak.

Saya sudah chat seller mereka mengatakan barang pasti sampai, aneh ini seller tidak respon thd masalah konsumennya padahal dia bilang akan menghubungi saya tp malah saya yang cape nanya dan dijawab nya juga lama. Pelayanan seller ini akan saya kasih bintang satu.

Yang menjadi masalah adalah status kejelasan paket saya itu:

1. Apakah bisa dikirim ke Bandung? Kalau bisa kasih kepastian, saya membayar menggunakan kartu kredit, masa harus nyicil barang yang tidak saya terima?

2. Proses interaksi antara tim Bukalapak dengan seller dengan pihak JNE itu seperti apa? JNE selalu mengatakan klaim refund dana, seller mengatakan barang pasti sampai, pihak Bukalapak selalu mengatakan investigasi dan menunggu, menunggu sampai kapan? Ini sudah mau 1 bulan barang tidak saya terima.

Mohon menjadi pembelajaran kedepannya agar semua kembali berhati-hati dalam jual beli online.

Terima kasih untuk media konsumen yang sudah memuat keluh kesah saya ini.

Handani
Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan Bukalapak atas Surat Bapak Handani

Jakarta, 27 Februari 2020 Dengan Hormat, Terima kasih atas hubungan yang terjalin dengan baik antara Bukalapak dan MediaKonsumen.com selama ini....
Baca Selengkapnya

6 komentar untuk “Ketidakjelasan Status Paket dari Batam dan Klaim Refund Dana di Bukalapak

  • 18 Maret 2020 - (02:30 WIB)
    Permalink

    Terus endingnya bagaimana gan?
    Saya juga pesan VGA dari batam, dan seller nya bilang “pengiriman dari batam lg macet karena ad aturan baru pajak, klau mau orde harus sabar menunggu iy, terima ksih”

    Sy jadi was2 klo begini, tkut barang lama di jalan resiko rusak sangat tinggi mungkin bisa ke lempar2/ke tumpuk2, ane juga pake YES.

    • 24 Maret 2020 - (21:06 WIB)
      Permalink

      Aaduh aku juga jadi was” kak…aku juga tdi pagi baru beli vga dari batam…penjualnya juga bilang seperti itu sih..katanya harus sabar…kenah deh gue????

    • 24 Maret 2020 - (21:10 WIB)
      Permalink

      Oh kak..klau boleh tnya apa udah sampai kiriman vganya dri batam itu…@yan
      Tolong beri info donk kak

  • 9 Juni 2020 - (17:40 WIB)
    Permalink

    Saya juga mengalami hal yang serupa. Namun beda halnya dengan barang dan ekspedisi (Tokopedia dan JNE) yang disebutkan diatas, saya membeli satu buah unit iphone xr yang lumayan besar nominalnya per-tanggal 30 Mei 2020, dan baru diproses 1 Juni 2020. Alhasil, hingga saat ini per-tanggal 9 Juni 2020, barang saya belum sampai hingga Kab. Bandung tempat saya tinggal, hingga saat ini. Saya sangat khawatir dan kecewa dengan kondisi ini, terlebih saya baru membaca kabar terkait pengiriman dari batam di laman ini https://batam.tribunnews.com/2019/02/20/catat-untuk-sementara-tak-bisa-kirim-handphone-keluar-batam-ini-alasannya?page=4.

    Saya sangat takut barang saya tidak sampai dan uang pun masih menggantung di tokopedia, karena saya beli di ecommerce itu. Saya tidak tahu harus menunggu sampai kapan, saya pun tidak punya handphone cadangan, dan tidak ingin sampai bermodalkan ‘hanya menunggu saja’. Apakah ada progress terkait kabar-kabar saudaraku diatas?

  • 16 Juli 2020 - (10:38 WIB)
    Permalink

    Sama dengan saya tanggal 4 juli saya order iphone xs dari batam melalui tokodia dan sampai hari ini 16 juli paket belum sampai dan belum ada kejelasannya,sebelumnya tanggal 15 juli saya menyatakan komplain ke tokopedia dengan alasan pengiriman belum sampai tp saya cancel kembali komplain saya karna saya baca deks lapak ternyata pengirimannya memang agak lama tapi alhasil setelah saya cancel komplain tiba tiba status di tokopedia saya menjadi traksaksi selesai(saya tidak tau bahwa membatalkan kompain akan mengakhiri transaksi dan dianggap barang sudah sampai dan saya tidak tau lagi harus berbuat apa sedangkan barang saya belum tiba,saran saya buat tokodia alangkah baiknya proses transaksi telah selesai setelah status pengiriman oleh kurir telah sampai ke konsumen

    • 8 Agustus 2020 - (20:00 WIB)
      Permalink

      saya juga dari tgl 6 juli sampai skrng blm ada kabar, udah kesel banget ini ekspedisi nya kek setan, ohya saran kalo ngajuin komplain jgn cancel komplain bang..

      skrng barang udah nyampe bang?

 Apa Komentar Anda mengenai Bukalapak?

Ada 6 komentar sampai saat ini..

Ketidakjelasan Status Paket dari Batam dan Klaim Refund Dana di Bukala…

oleh Handani dibaca dalam: 2 menit
6