MAP Gift Voucher Mengubah Ketentuan Kedaluwarsa tanpa Menghubungi Konsumen

Selamat siang admin,

Melalui surat ini, saya sebagai salah satu konsumen dari MAP (Mitra Adiperkasa) ingin menyampaikan pengaduan terhadap MAPgiftvoucher. Kronologis kejadian sebagai berikut:

Saya telah lama membeli voucher yang dijual oleh pihak MAP. Voucher MAP yang saya beli tersebut tidak memiliki expired date, sehingga saya simpan. Saya pikir akan bisa saya pakai kapan saja kedepannya apabila saya ke Jakarta (saya berdomisili di Pekanbaru) karena di Jakarta terdapat lebih banyak merchant yang bekerja sama dengan MAP. Sehingga saya pikir pilihan untuk menggunakan voucher tersebut akan lebih bagus.

Tepat pada tanggal 7 February 2020 yang lalu saya berangkat ke Jakarta dan saya melakukan purchase di Pull&Bear di Central Park Mall Jakarta menggunakan voucher MAP tanpa expiry date tersebut dan voucher tersebut ditolak oleh pihak store, alasannya karena voucher saya tidak dapat digunakan lagi. Mereka mengatakan bahwa voucher saya edisi lama dan harus ditukarkan dengan edisi terbaru. Saya disarankan untuk melakukan penukaran di MAPgiftvoucher. Ketika itu saya mencari info, dengan coba mencari tahu tentang website MAP, dan social media MAP.

Setelah itu saya akhirnya mendapatkan info bahwa voucher edisi lama harus ditukarkan dengan voucher edisi terbaru dengan expired date, dan voucher edisi lama sudah tidak bisa digunakan lagi per tanggal 31 Desember 2019.
Dan batas penukaran paling akhir voucher edisi lama ke edisi terbaru adalah 31 Desember 2019, yang akhirnya diperpanjang ke 31 Januari 2020, karena banyak yang komplain tidak tahu tentang penukaran voucher tersebut (saya baca di social media MAP).

Di sini saya sebagai salah satu konsumen yang baru tahu tentang info tersebut setelah batas akhir tanggal penukaran voucher 31 Januari 2020 sangat merasa terkejut dan dirugikan. Saya mencoba menghubungi call center MAP, tetapi tidak dijawab. Menghubungi melalui socmed MAP dan akhirnya ditanggapi dan saya diminta untuk melakukan permohonan melalui email. Setelah menunggu beberapa lama, akhirnya email saya ditanggapi oleh MAP, dan mereka mengatakan bahwa tidak ada toleransi dari mereka untuk melakukan penukaran voucher lagi setelah batas waktu yang telah ditentukan tersebut. Hanya memberikan ucapan permohonan maaf. Mereka juga mengatakan telah memberikan informasi melalui media cetak yang terbit di tanggal sekian (balasan email akan saya lampirkan). Seolah olah ini murni 100% karena kesalahan konsumen.


Saya sebagai salah satu konsumen merasa sangat kecewa, karena pihak MAP bisa merubah syarat & ketentuan seperti itu terhadap voucher mereka (tidak ada penjelasan di voucher bahwa pihak MAP berhak merubah syarat & ketentuan seperti itu). Dan bagaimana bisa mereka memastikan dengan cara memberikan info seperti yang mereka sebutkan (media cetak, website MAP, socmed MAP, dan merchant merchant yang bekerja sama dengan MAP) bahwa konsumen mereka akan 100% tahu mengenai informasi perubahan syarat & ketentuan voucher tanpa expiry date tersebut dan info penukaran voucher.

Alasan kami yakni;

  • Saya bukan orang yang setiap hari membaca koran, bahkan saya tidak pernah membaca koran sama sekali. Saya mendapatkan informasi melalu media elektronik.
  • Saya tidak follow socmed MAP sama sekali, saya bukan tipe orang yang aktif main socmed
  • Selama masa waktu yang diberitahukan tersebut diatas, saya tidak mengunjungi store yang bekerja sama dengan MAP sama sekali. Saya mengunjungi store Pull&Bear di Jakarta tepat pada tanggal 7 Debruari 2020, dan ketika itu saya baru tahu bahwa voucher tidak bisa digunakan. Ketika itu juga saya baru mencari informasi mengenai penukaran voucher sesuai yang dijelaskan oleh pihak dari store. Saya juga baru tahu tentang website MAP, IG dan twitter MAP. Sebelumnya saya tidak tahu sama sekali. yang saya tahu hanya satu, bahwa voucher MAP yang saya beli dan saya simpan “NO EXPIRY DATE”
  • Pihak MAP juga memiliki email/no hp beberapa member, tetapi tidak memberikan informasi secara personal ke masing-masing member mereka.

Setelah saya baca di socmed mereka, ternyata banyak yang bernasib sama dengan saya. Kami merasa sangat dikecewakan dan dirugikan. Berapa banyak total kerugian kami (total keuntungan yang didapatkan pihak MAP secara cuma-cuma dengan menggugurkan voucher tanpa expired date yang mereka terbitkan sendiri). Saya sendiri memiliki total voucher sebesar 3,7 juta rupiah.

Terima kasih atas perhatiannya, semoga bisa membantu kami para konsumen yang telah merasa dirugikan secara sepihak oleh pihak MAP.

Rudy Halim
Pekanbaru, Riau

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai MAP Gift Voucher:
[Total:19    Rata-Rata: 2/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

13 komentar untuk “MAP Gift Voucher Mengubah Ketentuan Kedaluwarsa tanpa Menghubungi Konsumen

  • 26 Februari 2020 - (20:57 WIB)
    Permalink

    Saya juga mengalami, ada 10lbr voucher @100.000, berapa banyak keuntungan yg di dapat MAP dari voucher2 yang tidak bisa di pakai customer.

  • 27 Februari 2020 - (18:40 WIB)
    Permalink

    Kejadian sama seperti saya. Di voucher tidak ada tanggal kadaluwarsa dan kita keep sampai saat mau pakai ternyata bilangnya sudah diganti voucher baru. MAP memang parah, sama sekali tidak ada tanggung jawab sama pelanggannya begini, lepas tangan bilang voucher sudah tidak bisa dipakai. Hati2 sekarang kalau beli produk MAP. Pelanggan dirugikan jg mereka tidak mau tau..

  • 28 Februari 2020 - (16:45 WIB)
    Permalink

    Sama seperti sy, sy baru tahu ttg kehendak MAP untuk mengubah masa berlaku voucher setelah voucher sy ditolak oleh merchant pada tanggal 26 Februari 2020.
    Merchant tsb menyarankan email ke MAP.
    Sy sdh email, ttp blm ada jawaban.
    Sebenarnya saat menjual voucher tersebut ke publik, MAP sdh mendapat keuntungan. Sehingga jika akan membatalkan voucher tersebut, MAP harus mengembalikan nilai voucher tersebut.
    MAP tidak berhak sewenang2 membatalkan nilai voucher tersebut secara sepihak tanpa memberikan kompensasi yang setara kepada konsumen.

  • 3 Maret 2020 - (07:42 WIB)
    Permalink

    saya juga baru tau kemarin kemarin klo voucher yg tanpa expired date harus ditukar… lah saya mana tau kabar emangnya semua org harus follow sosmed mapgiftvoucher? ya mbok harusnya pengumuman di pampang yg emg bisa menjangkau semua org, lah dipikir semua org punya sosmed dan memfollow akun sosmed MAP GIFT VOUCHER… kasian mereka yg rugi jutaan… ini termasuk penipuan bukan sih, soalnya kasusnya, voucher yg tadinya tanpa expired date tiba-tiba harus ditukar melalui pemberitahuan sosmed yang pd nyatanya tidak semua konsumen MAP GIFT VOUCHER tidak memfollow sosmednya.

    Dimohon untuk penyelesaiannya bagaimana dan tolong lebih masuk akal aja ketentuannya jangan batas waktu penukaran dibuat sesingkat itu, jd terkesan menguntungkan pihak MAP GIFT VOUCHER karena dengan adanya org yg tidak menukarkan. Jika ingin memberikan pelayanan terbaik untuk konsumen seharusnya tidak melakukan hal seperti itu.

    BTW ada yg udh ngadu ke YLKI belom???

  • 3 Maret 2020 - (17:43 WIB)
    Permalink

    Ga semua org baca insta/twitter,
    Pembayaran di muka loh untuk beli voucher, rugi ya apa kalo mao kasi ijin untuk menukar voucher yg lama?

  • 4 Maret 2020 - (21:19 WIB)
    Permalink

    Saya juga baru tau setelah melakukan transaksi dan ditolak merchant. Saya memiliki voucher MAP yang dihanguskan lebih dari 5 jt. Belum banyak yang melapor karena mungkin belum banyak yang tau. Taunya setelah ditolak.
    Ayo ramai ramai lapor di https://www.bpkn.go.id/complaints/new
    Ini sudah terindikasi sebagai Pelaku usaha nakal. Tidak seharusnya memberikan batas waktu penukaran yang singkat dan mempersulit penukaran harus di jakarta.
    Harusnya voucher yang sudah lama ibarat uang harus bisa digunakan toh lama lama juga habis di pasaran. Ini merugikan konsumen.
    Bagi konsumen serupa yang ada di jakarta yang membaca halaman ini tolong di viralkan. Sampaikan ke Kopi Joni Hotman Paris biar trik nakal MAP mengelabuhi konsumen lama bisa diketahui semua orang dan ditindak diproses hukun.
    Jangan takut segera lapor semakin banyak laporan semakin bagus. Saya yakin banyak yang terdampak. Customer power. Jangan mau diam dirugikan.
    Email saya juga tidak dibalas. Perusahaan TBK tapi tidak profesional.

  • 4 Maret 2020 - (22:47 WIB)
    Permalink

    Sama, saya juga kejadian ditolak merchant tgl. 16-02-2020..
    dan sudah email permohonan ke MAP, isi nya sama seperti rekan diatas.. ditolak juga..
    (geleng-geleng kepala & ngelus dada)..
    untuk perusahaan sebesar MAP GV kok bisa pelayanan ke customer seperti itu disaat semua perusahaan besar berlomba-lomba meningkatkan best customer experience.

    sebelumnya ga ada pemberitahuan dari pihak MAP GV, di voucher tidak tertera kadaluarsa dan sewaktu saya terima sempat search di google banyak info voucher MAP tidak ada batas kadaluarsa, jadi saya tenang2 saja menunggu moment pas kebutuhan.

    Saya member MAPCLUB (aplikasi android) yang sering mendapat notification, yang saya sesalkan kenapa tidak ada pemberitahuan/pengumuman/informasi melalui aplikasi MAPCLUB tersebut namun malah melalui :
    – harian bisnis indonesia, harian kompas (saya gak langganan kedua harian tsb)
    – situs http://www.map.co.id, situs http://www.mapgiftvoucher.com (saya yakin banyak netizen ga pernah buka kedua situs tsb)
    – kanal medsos milik MAP GV di FB,Twiter,IG (medsos itu kalau trending topik pasti kita tau, berarti info di medsos kurang trending)
    – materi Promosi counter di toko grup MAP (materi promosi hanya akrilik berukuran kecil yang saya taunya setelah MAP GV saya di tolak baru di sodorin akrilik tsb.. kalo niat bikin promosi di counter bikin lah banner agak gedean biar customer notice)

    Tolong pihak MAP GV memberi klarifikasi kenapa tidak ada pemberitahuan melalui aplikasi MAPCLUB ?
    Kalo ada pemberitahuan melalui aplikasi MAPCLUB pasti customer akan early warning untuk segera membelanjakannya..
    Point MAPCLUB yang akan hangus aja ada annoucement nya.. malah Gift Voucher nya ga ada..

    Apa susah nya koordinasi sama pihak IT/ event advertising nya MAPCLUB untuk memberikan informasi kalo voucher kode sekian dan sekian akan hangus… ???

    Mohon dapat di pertimbangkan beberapa keluhan customer ini & di beri solusi secara case by case..

    Terima kasih

  • 9 Maret 2020 - (06:44 WIB)
    Permalink

    Ternyata masih sangat banyak yg menyimpan voucher MAP ini selain saya…super kecewa sekali rasanya jika anda membeli barang lalu barangnya tidak bisa digunakan sementara uang anda sdh dinikmati penjual sejak awal. Sialnya, itu bukan kesalahan anda, ini namanya trik busuk, sama seperti jika anda menemukan barang dan diwajibkan melakukan pengumuman publik sebelum boleh memiliki nya, lalu anda umumkan di media yg seadanya saja sekedar memenuhi syarat dan berharap besar tidak seorangpun yg akan melakukan klaim terhadap barang yg anda temukan.

  • 9 Maret 2020 - (16:14 WIB)
    Permalink

    Sama. Sangat kecewa sekali. Diputus dengan pengumuman yg tidak diketahui pemilik voucher. Sangat tidak fair. Saya malah tau ketika akan dibelanjakan di kids station ditolak. Lha saya tau darimana bahwa voucher harus ditukar dengan edisi baru. Tidak adil sekali ini..karena voucher MAP dr dl diberi tahu tidak ada expirenya…malah tiba2 tidak berlaku. Harus kita komplain ini…saya sangat tidak terima 3jt melayang. Harus kita perjuangkan !!

  • 10 Maret 2020 - (10:51 WIB)
    Permalink

    Wah bener sama.. saya kira saya aja, pas kemaren mau digunakan katanya harus ditukar dulu dengan yang baru.. pas saya telp MAP katanya udah berkahir masa penukarannya.. trus angus gini aja??waaahh rugi ini… mana renacana buat beli hadiah..

  • 10 Maret 2020 - (17:03 WIB)
    Permalink

    Saya juga sama, ada sekitar 35 lembar dan semuanya tidak bisa digunakan.
    Saya sempat telepon cust service, tapi sepertinya prosedurnya cukup membuat “patah hati konsumen” dan hanya bisa menjawab “maaf” dan tidak ada tindak lanjut untuk handling.
    Sia-sia telepon customer service MAP.

    Kecewa luar biasa dengan MAP.

  • 12 Maret 2020 - (09:15 WIB)
    Permalink

    Saya baru tahu kemarin pas mau dibelanjakan voucher sudah tidak berlaku, benar2 kecewa banget dengan MAP, karena yang saya tahu tidak ada expirednya. Sangat merugikan sekali kecewa banget. Smoga pihak MAP dapat lebih bijak menanggapi keluhan customer.

  • 29 Maret 2020 - (09:23 WIB)
    Permalink

    Wah saya sendiri juga begitu ketika mau di pakai, taunya kadaluarsa, media pemberitahuan ke public untuk kasus MAP ini kurang baik, voucher tidak ada masa berlaku, lalu dalam kurun setahun di tarik dari peredaran. sptnya MAP menang dlm kasus ini yah… berarti merchant lain tetap bole jualan voucher dengan cara ini. Saya sendiri juga ada beberapa juta untuk voucher ini.
    https://www.bpkn.go.id/complaints/new

 Apa Komentar Anda mengenai MAP Gift Voucher?

Ada 13 komentar sampai saat ini..

MAP Gift Voucher Mengubah Ketentuan Kedaluwarsa tanpa Menghubungi Kons…

oleh rudy halim dibaca dalam: 3 min
13