Top up Dana Tidak Masuk, Jadwal Wisuda Saya Tahun ini Terancam Ditunda

Dear media konsumen,

Pada tanggal 21 Februari 2020 sekitar pukul 11.00 saya melakukan pembayaran Briva melalui mesin EDC di Bank BRI RS UKI. Saat melakukan transaksi pembayaran Briva (DANA) mesin EDC tidak mengeluarkan struk, saya mengira bahwa transaksi saya gagal. Kemudian saya meminta kepada pihak BRI untuk mengecek transaksi saya. Pihak BRI mengonfirmasi bahwa transaksi pembayaran Briva DANA telah sukses masuk ke rekening DANA.

bukti tranksaksi top up dana.

Sebelumnya saya ingin menjelaskan bahwa uang yang saya top up di DANA tersebut adalah uang pembayaran kuliah saya. Saya bersyukur dengan adanya free transfer antarbank di aplikasi DANA karena sangat membantu saya dalam melakukan transaksi. Saya sangat percaya dengan aplikasi DANA dan sangat tertolong selama ini sampai pada akhirnya kepercayaan saya hilang dan saya sangat terpuruk akan masalah top up yang terjadi sekarang ini.

Pembayaran kuliah tersebut jatuh tempo terakhirnya berada pada tanggal yang sama dengan tanggal saya melakukan transaksi top up. Telat 1 hari pembayaran, saya akan dikenakan denda sebesar Rp100.000, telat dua minggu denda menjadi Rp150.000. Saya harus menanggung denda tersebut atas permasalahan ini.

Yang kedua adalah pendaftaran LPKL terakhir di fakultas saya adalah tanggal 22/02/2020 (tanggal yang sama dengan transaksi). Apabila saya belum menyelesaikan pembayaran di fakultas, saya tidak bisa mendaftar LPKL. Dan bila saya tidak mendaftar LPKL maka saya tidak bisa wisuda tahun ini. Bertahun-tahun saya kuliah, saya sangat antusias akan wisuda tahun ini namun masalah ini membuat saya drop, saya frustrasi putus asa sedih dan kacau.

Respon pihak Dana atas nomor laporan saya no 2956162, selalu mengatakan sabar, tim terkait sedang menindak lanjuti. Sudah 24 jam lebih, tidak ada kejelasan dari DANA. Itu adalah uang saya, hak saya, saya menginginkan uang saya kembali menginginkan hak saya. Saya bukan meminjam ke Dana tapi kenapa dipersulit begini? Prosesnya lama sekali. Saya sudah memohon ke fakultas agar memberi saya waktu tambahan sampai Senin 24/02/2020. Apabila pada hari Senin uang saya tidak kembali ke akun sampai pukul 14.00, maka saya benar benar akan gagal wisuda tahun ini.

Dear DANA, apa tanggung jawab kalian bila hal tersebut terjadi kepada saya? Kalian tidak bisa membeli waktu saya yang bertahun tahun. Tolong percepat proses pengembalian dana saya. Kembalikan hak milik saya. Jangan hancurkan mimpi saya wisuda. Terima kasih.

Dita
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai DANA:
[Total:7    Rata-Rata: 2.3/5]
Tanggapan DANA atas Surat Ibu Dita

Menanggapi surat pembaca yang ditujukan kepada kami oleh Ibu Dita Rosalina Silalahi yang dimuat di mediakonsumen.com, pihak DANA telah menghubungi...
Baca Selengkapnya

Loading...

14 komentar untuk “Top up Dana Tidak Masuk, Jadwal Wisuda Saya Tahun ini Terancam Ditunda

  • 23 Februari 2020 - (12:40 WIB)
    Permalink

    Pelajaran untuk kita semua, lebih baik transfer dengan biaya admin 6,5000 dari pada mendapatkan masalah seperti ini. jika tidak mau kena biaya ya bikin rekening yang sama

  • 23 Februari 2020 - (13:08 WIB)
    Permalink

    Setuju
    Untuk hal yang sangat2 penting, mending transfer langsung via ATM maupun internet/mobile banking.
    Lah *beberapa* bank aja ada yang sempat masuk ke sini gara2 nasabahnya mengalami error ketika transfer. Yang bank aja kadang pas apes bisa kena masalah ketika transfer. Apalagi via pihak ketiga macam begini, logikanya pasti faktor “tingkat ke-apes-an” nya lebih besar. Betul/gak?

    Hanya demi menghemat 6.500 bisa seperti ini. Yang kemarin kena PHK.
    Sungguh memprihatinkan.

    • 24 Februari 2020 - (11:42 WIB)
      Permalink

      pelajaran, setelah ini saya ga akan lagi percaya tranksaksi uang lewat aplikasi.
      beresiko sekali

  • 23 Februari 2020 - (13:45 WIB)
    Permalink

    Saya kalau top up ke wallet elektronik seperti dana, keseringan cuma sedikit sedikit. Takutnya kalau tidak masuk.

    • 24 Februari 2020 - (11:41 WIB)
      Permalink

      iya. seharusnya lebih baik seperti itu
      lebih aman dan mengurangi resiko.

  • 23 Februari 2020 - (14:32 WIB)
    Permalink

    benar sekali, apalah artinya 6,5000 jika sudah mendapat masalah seperti ini?
    hanya karena 6,5000 terancam tidak bisa wisuda tahun ini.. ini kan masalah serius
    dan sebelum pakai aplikasi serupa baiknya lihat review di aplikasinya
    disana sangat jelas sekali kok reviewnya

      • 24 Februari 2020 - (11:39 WIB)
        Permalink

        emang. semua isi komentar di sosialmedia nya masalah yang sama dengan yang menimpa saya. top up tapi duitnya ditahan sama dana, bahkan ada yang sampai sebulan.

  • 23 Februari 2020 - (20:59 WIB)
    Permalink

    Prihatin dg kejadian anda. Bisa saja mesin EDC ya bermasalah bukan dari Dana. Belum familiar orang menggunakan mesin EDC untuk top up dana. Biasanya ATM atau aplikasi mobile banking. EDC sangat besar tingkat kegagalannya ketimbang mobile/internet banking.
    Apakah setelah masuk di saldo dana akan anda transfer lagi ke akun bank Repot berapa kali pindain walaupu. Free biaya adminnya.

    • 24 Februari 2020 - (11:38 WIB)
      Permalink

      itu saya sertain bukti mutasi rekening dari BRI. saya juga ga berani upload ke mediakonsumen kalau ga ada bukti jelas bro

  • 24 Februari 2020 - (11:32 WIB)
    Permalink

    Hemat 6500 apa bisa buat beli bakso? Lagian kenapa bayar mepet banget? Hal ini biar jadi pembelajaran Anda untuk menghargai waktu dan disiplin waktu dalam hal apapun termasuk membayar kuliah. Semoga terselesaikan masalanya.

    • 24 Februari 2020 - (11:37 WIB)
      Permalink

      bisa ibu. ga pernah makan baso yg 6500?
      kenapa mepet? karena saya bukan anak orang kaya yang duit bisa selalu ada tiap saat!
      jangan samakan hidup saya dengan anda, kalau tidak bisa bantu setidaknya BACA CERMATI DAN PIKIRKAN, ambil positif negatif didalam pikiran ibu. jangan fikir hidup saya, yang saya alami, sama dengan hidup ibu! bersyukur saja ibu ga ketimpa masalah begini yaaa.. 🙂

 Apa Komentar Anda mengenai DANA?

Ada 14 komentar sampai saat ini..

Top up Dana Tidak Masuk, Jadwal Wisuda Saya Tahun ini Terancam Ditunda…

oleh D dibaca dalam: 1 min
14