Sangat Menyesal Menggunakan DANA, Upgrade Sulit, Status Tiba-tiba Berubah

Saya diberitahu oleh seorang teman, bahwa bisa menggunakan akun DANA untuk transfer ke bank lain dengan biaya admin yang lebih murah. Saya tertarik karena dengan begitu bisa lebih efisien ketika saya perlu transfer ke akun bank lainnya.

Namun ternyata DANA sangat mengecewakan:

  1. Tidak ada keterangan sejak awal bahwa untuk menggunakan fitur transfer ke bank lain harus upgrade ke akun Premium, itu baru muncul di step terakhir. Akibatnya saya sudah terlanjur top up, tapi baru tahu kalau fitur transfer uang tidak bisa langsung digunakan.
  2. Saya tidak ada masalah jika harus mengikuti berbagai prosedur untuk upgrade ke akun DANA yang premium. Tapi, kok susah sekali upgrade-nya. Gagal terus dengan note bahwa foto yang saya gunakan bukan foto E-KTP, padahal itu jelas-jelas foto E-KTP.
  3. Saya tidak menyerah, karena sudah terlanjur top up dengan nominal yang tak sedikit, untuk upgrade ke akun DANA premium. Akhirnya saya senang karena berhasil upgrade di tanggal 30 Januari 2020. Muncul pesan bahwa akun telah berhasil upgrade ke premium. Langsung saya gunakan untuk transfer dan tidak ada masalah.
  4. Beberapa hari kemudian saya perlu untuk transfer lagi ke bank lain dan top up akun DANA lagi. Saya ikuti step-step yang sama untuk transfer, tapi yang terjadi justru muncul pesan untuk upgrade ke premium. Jelas saya bingung, kok diminta upgrade lagi.

Saya cek di bagian informasi profil akun, dan ternyata memang status akun premium saya sudah dihapus. Dengan keterangan “Sorry, our system failed to verify your identity because: Your ID card is not eKTP“.

Alasan yang sama seperti awal, bahwa foto yang saya kirimkan bukan foto e-KTP. Padahal pada tanggal 30 Januari ketika akun saya sukses upgrade ke premium, keterangannya jelas menyatakan bahwa verifikasi identitas saya berhasil, termasuk untuk foto e-KTP-nya.

Sejak saat itu akhirnya saya harus menghabiskan saldo yang sudah terlanjur saya top up, untuk membeli kuota internet (yang lebih mahal dari umumnya). Saya sudah benar-benar kecewa dengan DANA dan bertekad untuk tak akan menggunakannya lagi.

Terima kasih.

Septiani Ananda Putri
Semarang, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan DANA atas Surat Ibu Septiani Ananda Putri

Menanggapi surat pembaca yang ditujukan kepada kami oleh Ibu Septiani Ananda Putri yang dimuat di mediakonsumen.com, pihak DANA telah mencoba...
Baca Selengkapnya