Akun Shopee Di-hack 7,3 Juta Rupiah Raib dan Tidak Ada Kepastian dari Shopee

Tanggal 24 Februari 2020 pukul 21.13 WITA, saya membeli sebuah handphone senilai Rp 7,3 juta via Shopee dengan nomor pemesanan 200224780Y654N. Nama akun penjual sisca002akshi berlokasi di Yogyakarta. Setelah komunikasi dengan penjual, saya percaya dan melakukan pembayaran via Shopee, yang notabene marketplace besar dan harusnya aman untuk transaksi sebagai rekening bersama.

Namun tanggal 26 Februari 2020 pukul 11.19 WITA, penjual mengirimkan link phishing shopeorder.com (hati-hati! jangan memasukkan data Anda di situs ini – redaksi) melalui whatsapp. Dari situ saya mulai curiga dan kecurigaan saya bertambah ketika saya melakukan pengecekan terhadap nomor resi 150220003270020 barang dikirimkan melalui JNE dari Batam. Padahal penjual berlokasi di Yogyakarta tanpa ada konfirmasi pengiriman penjual ke saya dengan keterangan di website JNE barang yang dikirim berupa aksesoris hp.

Pada tanggal 27 Februari 2020 pukul 13.30 WITA tiba-tiba pesanan dinyatakan selesai padahal paket baru dikirim dan masih on proses. Setelah itu pukul 17.30 WITA saya menghubungi Shopee dan berkata bahwa saya mengklik penerimaan barang pukul 13.30 WITA padahal saya tidak melakukan klik pesanan selesai. Akhirnya cs hanya menyuruh saya melakukan percakapan di chat Shopee dan jika 1 x 24 jam tidak ada respon maka akan dilakukan tindakan.

Karena saya curiga dengan penjual yang tidak bisa dihubungi melalui Shopee dan WA akhirnya saya sadar bahwa akun saya kena hack. Akhirnya pukul 19.00 WITA saya kembali melaporkan ke pihak Shopee terkait masalah tersebut dan akhirnya akun saya dan penjual dinon aktifkan.

Keesokan harinya tanggal 28 Februari 2020 pukul 08.30 WITA saya kembali menghubungi Shopee. Kata cs dananya masih terblokir karena masih dalam proses penarikan. Dan nanti akun saya dipulihkan kembali dengan mengajukan pengembalian paket. Hati saya sedikit tenang.

Pada pukul 20.00 WITA akun saya sudah aktif kembali tetapi tidak ada perubahan tetap saja pesanan telah selesai 😭😭. Dan saya kembali menghubungi Shopee pukul 21.30 WITA dan dikatakan bahwa dana sudah ditarik oleh penjual pukul 13.45 WITA. Padahal seharusnya jika ditarik jam segitu maka akan diproses 1×24 jam, artinya esok hari karena sudah lewat pukul 12 siang. Sedangkan pelaporan dan pemblokiran dilakukan malam hari pukul 19.00 WITA. Hal ini membuat saya bingung. Dan cs menyuruh saya untuk menunggu konfirmasi email yang akan dikirimkan oleh pihak Shopee.

Adapun tracking JNE juga menunjukkan barang masih on process di Batam.

Pukul 11.37 WITA Shopee memberikan email balasan yang mengecewakan. Dana transaksi tidak bisa diblokir karena sistem otomatis mengirimkan dana transaksi ke penjual dan untuk akun saya yang diblokir sudah diaktifkan. Kontak penjual  tidak aktif dan tidak bisa dihubungi.😭😭😭

Irma Agustina
Samarinda, Kalimantan Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:12    Rata-Rata: 4.5/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

27 komentar untuk “Akun Shopee Di-hack 7,3 Juta Rupiah Raib dan Tidak Ada Kepastian dari Shopee

  • 29 Februari 2020 - (18:27 WIB)
    Permalink

    Hmmm.. Berarti sistem Shopee masih bisa diakalin, tracking shipment belum sampai tapi order bisa diselesaikan. Trus akun yg dinonaktifin masih bisa narik dana. 🙀😈

  • 29 Februari 2020 - (18:39 WIB)
    Permalink

    Yg bikin gemes itu cs sebelumx mengatakan dana masih aman karna masih proses penarikan dan akun diblokir. Tetapi setelah mlmx diberitahukan bahwa dana sudah diteruskan. Aq jd bingung. Pdahal aq ada 5 kali lebih nelpon shopee jawabanx beda2 dan finnalx di email dikatakan terlambat. Padahal proses penarikan itu membutuhkan waktu. Dan anehx kasus sebelumx mas brian setelah dapat email seperti saya . Seminggu kemudian dikembalikan danax. Ko jd pilih2 gitu ya.padahal kasux sama dan pelaporanx pun selisih bbrp jam saja

  • 29 Februari 2020 - (18:44 WIB)
    Permalink

    Seharusx shopee itu membut terima barang sesuai traking jasakirim. Dan seharusx itu terhubung. Jika status belum diterima oleh konsomen sesuai trakingx maka tidak bisa diklik terima pesanan . Dan akhirx dimanfaatkan oleh sekelompok phising. Disni seharusx shopee berhak bertanggung jawab karna sistemx seperti itu. Merugikan pelanggan

  • 29 Februari 2020 - (19:16 WIB)
    Permalink

    Apa and sudah memasukkan data di link phising?kalau sudah biasanya pihak marketplace akan lepas tangan. kalau belum memasukkan data aneh kalau akun anda bisa dihack.
    Terlepas dari link phising seharusnya marketplace membuat pesanan tidak bisa selesai kalau status belum delivered.
    Kalau tidak salah di toped tidak bisa klik selesai kalau belum delivered, bahkan jika lokasi pengiriman, deskripsi barang, alamat tujuan tidak sesuai dengan transaksi bisa kena review dana.

    • 1 Maret 2020 - (09:00 WIB)
      Permalink

      Benar sekali seharusx demikin. Klik terima pesan seharusx ketika barang berstatus delivered dr jasa kirim. Jika demikin dirancang maka untuk kejadian ini tidak mungkin terjadi kembali karna barang baru dikirim udh bisa klik terima pesanan. Memang kesalahan saya mengklik lin tersebut. Tp saya langsung lapor kepada pihak shopee

  • 29 Februari 2020 - (23:50 WIB)
    Permalink

    Diduga pembeli telah melakukan kekeliruan yang fatal dengan meng-klik link phishing yang dikirim oleh penjual penipu via WA sehingga si penipu leluasa menguasai akun pembeli dan mengklik pesanan selesai.

    Seharusnya pihak Shopee, atas laporan pembeli bisa mengambil tindakan agar uang pembeli tidak dirampok oleh si penipu yang bersarang di Shopee. Kasihan kan pembeli yang berharap mendapatkan barang justru harus menelan kerugian.

    Bagi pembeli online juga perlu lebih berhati-hati, jangan pernah melakukan komunikasi diluar markeplace, seperti via WA, dan jangan pernah meng-klik link phishing yang dikirim oleh penipu. Berbahaya!

  • 1 Maret 2020 - (08:56 WIB)
    Permalink

    Iya kk pdahal aq udh lapor kejadian penarikanx siang jam 13.45 seharusx dana masih diproses karna 1 hari kerja. Sedangkan pada hari yg sm karna aku tau di hack aq melakukan penarikan di dompet shopee agar tidak dirampok lagi sekitar jam 6an sore dan pelaporan kedua jam 7 mlm diblokir. Dan malah dana aq ketahan dan tidak bisa melakukan penarikan. Sedangkan penjahatx ko bisa. . Padahal akun diblokir itu memang kesalahan saya kenapa mengkilik phising. Tp setidakx saya melakukan pelaporan. Dan disini seharusx shopee bisa klik melakukan penerimaan barang ketika traking jasa kirim menyatakan bahwa telah smpe ke tujuan pembeli. Tp ini baru dikirim sudh bisa klik terima pesanan . Dan masalah ini yg membuat sasaran empuk para penjahat mengambil kesempatan.😭😭😭

    • 2 Maret 2020 - (10:28 WIB)
      Permalink

      maah mbak, ini mbak cuma klik link phishingnya atau login di link phishing tersebut (memasukkan username, password dan atau otp). Kalo cuma klik link phishing tanpa memasukkan data2 login hampir tidak mungkin si Penjahat tersebut bisa login ke akun mbak

      • 2 Maret 2020 - (11:09 WIB)
        Permalink

        Iya kk makax disitu salah saya. Ketika saya sadar saya langsung melaporkan kepihak shopee pada saat itu pelaku masih melakukan proses penarikan karna dilakukan jam 13.45 seharusx prosesx 1 hari kerja berarti esok harim sedangkan selih bbrp jam saya melapor. Pada saat saya sadar. Karna dishopee saya jg ada uang didompet shopee sore hari jg saya melakukan penarikan. Prosesx 1 hari kerja . Nah pada saat jam 7 mlm akun saya dan penjual diblokir. Tetapi yg diblokir dana saya sedangkan dana penjual mulus kaya papan selancar. Dan disini sistem shopee jg sebenarx salah. Dan bisa jd sasaran empuk bagi pelaku kejahatan karna ada kesempatan. Barang baru dikirim sudah bisa klik terima pesan. Seharusx klik trrima pesan pada saat traking jasa kirim menyatakan delivered. Ini lah salahx karna menjadikan kesempatan. Saya liat dalam bulan febuary ada 2 kasus seperti saya sma persis. Dan seharusx sistem itu diperbaiki. Begitu kk ceritax

        • 2 Maret 2020 - (13:52 WIB)
          Permalink

          Karena si penjual menarik dana wkt masih siang jam 1 an itu dana bs lsg masuk hari itu juga kalo ke bank bca bni mandiri gitu2. Ga perlu 1 hari kerja. Kalo narik sore malam iya perlu 1 hari kerja besoknya baru diproses. Saya soalnya seller jg jadi sering narik dana jd tau timingnya. Jd kayaknya uda ga bisa dibatalkan penarikannya itu. Uda terlanjur kena proses sistem bank jd ga bisa di cancel.

          Klo di shopee akun yg dibatasi ttp bisa menarik dana penjualan yg sudah terlanjur diteruskan dan ada di dalam saldo penjual. Kecuali kalau dananya belum masuk di saldo alias dana masi di garansi shopee itu baru dananya ga akan diteruskan ke saldo penjual apabila akun penjual dibatasi meski pembeli klik terima.

          Jadi karena ini dananya uda diteruskan ke saldo penjual saat akun penjual belum dibatasi.. jadi dananya masuk ke saldo dan tetap bisa ditarik meski akun dibatasi. Dan karena penjual nariknya wkt masi siang jam 1 an maka lsg diproses bank. Tidak perlu 1 hari kerja. Pembeli jg baru lapor jam 5 sore pdhl penjual narik dana jam 1 an siang jadi udah terlambat banget. Dana pasti uda diproses bank dan ga bisa dikembalikan lg. Jadi ini pembeli memang kalah timing. Penjual sudah pinter atur timingnya kyknya sudah pengalaman.

          • 2 Maret 2020 - (14:15 WIB)
            Permalink

            Saya juga penjual mbak dan sering narik. Biasa diatas jam 12 itu kenax esok hari dan ini td saya coba tarik dana jam 13.35 masih proses. Nah sebelum saya kasus ka briyan di hack 12,5 jt sama persis seperti saya kk. Dan dinyatakan uang sdh tidak ditransfer otomatis kepenjual. Nah setelah diviralkan selama 1 minggu maka uang dikembalikan oleh shopee saya langsung hub mas brian. Kasusx sma sebelum saya thl 26 january 2020. Knp bisa dikembalikan sendangkan sudh diberi email dana sudh diteruskan kepenjual isi pesan email dari shopee sama. Knp shopee tidak merata. Begitu kk. 😊😊

  • 1 Maret 2020 - (14:56 WIB)
    Permalink

    Emang mending pake tokopedia, pilih market place yang udah official store pasti barang aman
    Shopee cuma menang promo iklan doang

  • 1 Maret 2020 - (15:08 WIB)
    Permalink

    Ya begitulah akhirx sya hanya bisa gigit jari. Karna lagi dan lagi hanya email menyatakan bahwa uang sudh ditarik.
    Yg saya inginkan selesaikan kasus ini karna data pribadi ktp dan no rek pelaku ada di shop

  • 1 Maret 2020 - (15:14 WIB)
    Permalink

    Shopee memiliki data lengkap pelaku no rek dan ktp pelaku. Dengan begitu pelaku bisa di tangkap secepat mungkin jangan biarkan penjahat seperti ini berkembang. Dengan kecewa saya haya bisa menerima kenyataan yg hanya selesai seperi itu tanpa ada penggantian. Karna disini saya memang salah tp sistem shopee jg salah bisa mengklik pesanan tanpa menunggu status delivered dr tracking jasa kirim. Saya ingin meneruskan kasus ini kepihak yg berwajib agar pelaku kejahatan ditangkap. Mohon info apabila ada yg tau bagaimana carax.

  • 2 Maret 2020 - (01:17 WIB)
    Permalink

    Kl duit sudah sampai ditarik penipu kyknya hampir ga ada harapan duit kembali. Sorry to say that, tapi seengganya bikin laporan penipuan di kepolisian aja biar penipu bisa diusut dan ditangkap. Kesel bgt ma penipu2 begini kok menjamur terus..

    • 2 Maret 2020 - (06:43 WIB)
      Permalink

      Betul kk. Yg saya harapkan itu kasus ini diusut tuntas oleh @shopeeid bukan sekedar tuntas seperti ini. Karna pasti akan terulang. Dan penjahatx bebas nertindak lagi kl gak dibikin jera

  • 2 Maret 2020 - (06:40 WIB)
    Permalink

    Iya kk kl dibiarin dia pasti cari mangsa lagi. Kasian ntr yg lain. Ada yg tau gak carax gimna

  • 2 Maret 2020 - (09:37 WIB)
    Permalink

    Saya uda 3 tahun jual beli di sopee juga. Ksimpulan sy:

    – penjual ngasih link phising. Pas kka login pake username dan paswod. Otomatis datanya tercuri ama si penipu. Kemudian si penipu pakai username/paswod it buat login.
    – penjual pakai akun kka buat klik “pesanan sudah diterima” sehingga pesanan dianggap selesai. Dan dana diteruskan ke penjual walau barang belum sampe.
    – CS sopee bilang kka udah klik “pesanan diterima” padahal belum. Hal itu bisa aja. Karena si penipu login ke akun nya kk dan dia yang klik pesanan diterima.

    Kelemahan sopee dibanding tokopedia ya gitu. Tombol ny bisa terklik walau belum sampe. Kalai di tokopedia gabisa.

    • 2 Maret 2020 - (11:21 WIB)
      Permalink

      Iya kk aq jg aktif berjualan di tokopedia sejak 2014. Dan shopee 2016. Udh sering kk aq jualan dan membeli tp kejadian ini baru kali ini terjadi. Karna saya memang lagi sibuk jd kurang memperhatikan. Jd terjadilah seperti itu. Kecewa pasti. Tp apa boleh buat kasusx tidak dilanjutkan oleh shopee

  • 2 Maret 2020 - (11:18 WIB)
    Permalink

    Iya kk benar sekali disitu kelemahan shopee. Dan ini udh 2x kasusx aq liat dimedia konsumen dan terjadi lagi kl gak dilaporkan dan shopee tidak memperbaiki sistem maka akan ada korban lagi

  • 2 Maret 2020 - (12:47 WIB)
    Permalink

    Saya juga sangat kecewa dengan pelayanan shopee, berkali kali email masalah shopee paylater, tapi ga kelar2 dan jawabannya selalu ga nyambung, sudah tidak percaya lagi sm shopee, mending pake yg lain aja.

 Apa Komentar Anda?

Ada 27 komentar sampai saat ini..

Akun Shopee Di-hack 7,3 Juta Rupiah Raib dan Tidak Ada Kepastian dari …

oleh irma agustina dibaca dalam: 2 min
27