Surat Pembaca

Pengalaman Terlilit Pinjol

Saya terjerat hutang puluhan pinjam online ilegal dan legal, selama ini gali lubang tutup lubang. Berawal ketika saya harus mengganti kerusakan barang teman saya, karena tidak cukup saya mencoba pinjol. Pertama 1 aplikasi, lalu lama-lama banyak aplikasi lain karena saya harus membayar cicilan lain sebelum ada kejadian ini. Bahkan saya sudah mencoba semua aplikasi.

Penagihan yang setiap hari membuat saya semakin stress. Karena setiap hari saya selalu harus mencari untuk bayar pinjaman hari ini dan besoknya, dan begitu seterusnya, ditambah lagi proses penagihan yang sangat kejam serta penuh ancaman.

Keluarga tidak tahu jika saya terlilit pinjol, karena kondisi keuangan keluarga yang sedang tidak baik juga. Saya sudah meminjam ke beberapa teman, untuk membayar tagihan/perpanjang, tapi lagi-lagi tidak bisa menutupi. Sampai akhirnya sekarang sudah tidak ada lagi pinjol yang bisa saya gunakan. Bahkan teman-teman juga sudah tidak bisa bantu.

Saya mencoba mengajukan KTA ke bank, tapi prosesnya lama dan belum tentu approved. Apa yang harus saya lakukan lagi? Karena saya benar-benar merasa putus asa dengan semua yang terjadi saat ini, hingga ingin mengakhiri hidup saya :((

Mohon bantuan dan pencerahannya teman-teman sekalian.

Lailla
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Komentar

    • Saya jg sama, ada 7 apk yg bakal gagal bayar. uangme, kredit pintar, cashwagon, kta kilat, pinjam uang, temanuang dan saya modalin. ini udah gagal bayar 1 apk saya modalin, di telp ke hp, di wa suruh bayar klu tidak data di sebar dan di telp ke kantor. gimana solusinya pun binggung. orang tua pada gak tau, teman teman kantor jg gak tau. kalau telp ke kantor, saya bisa di pecat karena di teror dc.

      • Slamt sore tgl 12/3/2020 saya ada salah virtual accunt pelunasan saya masuk ke nasabah tunai kita ats nma intan dewi mohon atas nma intan dewi sya pelunasan sya msuk ke intan dewi dgn nominal 1,7jt..skrng sy masih d tagih d tunai kita belum ada kebijakan dr pihak tunai kita ????

        • Kembalikan lagi masalah ke Allah, minta ampun kepada Nya. Saya jg pernah terlilit hutang pinjol sampai 13 aplikasi. Dalam kondisi non job akibat korona mulai Maret 20, saya ditekan utk membayar itu semua. Trs apa yg sy lakukan?Berikut yg saya lakukan:
          1. Minta ampun sama Allah dan berjanji tdk ambil hutang riba lagi (istighfar).
          2. Memperbanyak sholat, puasa, sedekah, sholawat, baca Al Qur an, dzikir hasbunallah wa nimal wakil 450x.
          3. Berusaha apa yg kita mampu. Saat ini saya dagang online dgn sistem dropship, yaitu sy hanya nawarin barang punya org lain. Jika ada penjualan, saya dapat untung dari harga jual-harga setor. Setiap pagi bersedekah meski cuma seribu 2 ribu.
          4. Jual aset yg ada. sy jual laptop hasil pinjam pinjol. Krn mungkin tdk berkah, uang hasil penjualan laptop malah diembat org via no va palsu sebuah apk pinjol legal.
          5. Saat dc telepon, kalau memang tdk tahan diomeli2, gak usah diangkat. Biarin saja. Paling2 nanti sms atau wa. Kalau di sms atau wa, baru dijawab. Kalau ada pengancaman, bisa discreenshot utk dijadikan bukti ke ojk atau pihak berwenang lain.
          6. Saya tidak kabur atau ganti no hp. Ini tidak menyelesaikan masalah.
          7. Tidak usah minta perpanjangan, hal ini malah lebih menguntungkan pinjol tetapi tagihan tidak berkurang. Seringnya kalau pinjol legal malah nawarin bayar pokoknya saja.
          8. Dari 13 pinjol tsb, alhamdulillah 8 pinjol sudah lunas. Tinggal 5 yg blm.
          9. Kalau toh terpaksa krn ditekan dc, lebih baik saya pinjam teman krn no riba drpd sy pinjam pinjol.
          Demikian pengalaman saya yg mungkin bisa sedikit meringankan beban pikiran mbak.

          • @Gacha Story

            Dropsip Haram

            1. Barang jadi lebih mahal karena mengupah anda.

            2. Anda tidak pegang barang sehingga anda juga tidak memahami tentang sifat barang itu.

            Jika ada pembeli komplain, Pak kenapa kok barangnya luntur, mudah sobek atau gimana.?

            pasti anda akan menghubungi penjual yang asli, artinya anda tidak benar benar bertanggung jawab dengan barang itu.

            Jadi Upah yang anda terima itu untuk jasa apa.? Untuk sekedar pajang nama saja.? Untuk sekedar banyak banyakin tampilan barang padahal tokonya cuma itu itu aja.?

            3. Jika terjadi bencana alam, pemilik toko kebanjiran, barangnya terendam dan rusak, tapi anda tidak rugi apa apa. Tidak adil banget kan. Anda cuma numpang nama.

            Memang enak jadi Dropsip, tapi Haram.

            Banyak teori yang menjelaskan itu, semoga anda lebih paham lagi.

          • gimana ya kalau jp nya hilang? jadi tidak bisa melakukan pembayaran...sebab aplikasi dan kartu card nya di hp yang hilang itu?

        • Mas/mbak mau tanya nih, kalo yg lokasinya banyuwangi apa ada yg sampai di datangi DC ke rumah? Kebetulan kasusnya sama nih sama saya dan orang rumah gak ada yg tau. Udah galbay di adakami kemaren di wa katanya mau datang ke rumah, saya takut nih

          • Saya juga saat ini mengalami hal yang sama. Terlilit hutang di pinjol legal dan ilegal, yang paling parah di cashcashnow karena sebagian dari mereka ada yang sebar data saya. Tidak hanya di kontak darurat dan itu membuat saya malu. Mohon solusinya kawan, dan saat ini saya menghapus WA saya akan tetapi nomor masih aktif dan tidak ada telpon yang saya angkat.

          • Hallo kak
            Gmna kak adh telat berapa hari kak.
            Dan gmna kelanjutannya

            Boleh sharing bund via wa
            0878309115**

      • semua ada konsekwensinya teman2..bulan januari pun sy pernah mengalami itu dibeberapa apk,sy sempat frustasi,suami dan keluargapun tdk tahu,akhirnya sy memutuskan untuk galbay,awalnya sy malu,sy takut untuk jujur pd suami dan keluarga sy,yg sy lakukan pertama sy berserah sama Allah apapun resikonya bila sy jujur dgn suami,sy mengumpulkan keberanian,sy bilang ke suami,alhamdulillah suami tdk marah,tp kecewa itu pasti,sy memutuskan untuk ganti nmr dan hp,bukan sy ingin lari,dr siti sy ttp mengumpulkan uang,untuk menjaga bila suatu saat ada penagihan dtg ke rumah sy sudah ada dana untuk membayarkan pokoknya,semua sudah sy catat apk dan hutang2 sy..bissmillah..kita sama2 berantas pinjol.

      • Ini saya baru banget di tlp kredit pintar , itu sampe dateng kerumah gak sih saya juga takut soalnya gak bisa bayar di bulan ini

        • datang kerumah kalo udah lebih dari 10 hari. dan dia maki2 buat kita malu didepan tetangga

          • Lu DC kali ya...hati-hati teman-teman,ada DC ditengah-tengah obrolan kita.jangan panik kalau gagal bayar.yang penting niat kita mau bayar kalau ada dananya.DC itu tidak ada yang galak.ada aturannya.kalau pun ada sudah habis sama warga.walaupun kenyataannya semua DC hanya mengingatkan saja tagihan kita,namun tetap saja kita malu sama keluarga atau tetangga.tetap bila ada dana kita bayar,bila tidak ada bilang saja belum ada.gak usah berpikir macem-macem apalagi cari pinjaman baru,kalau kita berdoa pasti dikabulkan,namun jangan tergesa-gesa pengen cepet terkabul.santai saja,sesudah berdoa itu urusan allah mau kabulinnya kapan.kalau mau cepet jangan sedikitpun ada makanan,minuman haram/riba masuk ketubuh kita,atau jangan transaksi dengan hukum haram/riba.insya allah pasti cepet berasa

        • Hallo kak aku pnh di datengin dc kredit pintar, shopintar,aku laku itu dc psti nagih smua.. Krna kredit pintar sm shopintar itu sama perusahaan nya.. Otomatis klo ada tagihan di kredit pintar shopintar pun dgn dc yg sama.. Tp untungnya aku ktmu dc yg gk galak,dan rada genit..tapi aku sebel krna dia WA in kpn wktu mau byr, dan selalu pantau rumah kita mngkin krna dc nya trnyta dkt rmh ku wktu itu.. Tapi aku slalu bkin janji jgn dirumah tp di dlm gg.. Akupun byr dgn cicil tapi dia tetep nagih smpe lunas.. Rasanya pusing bgt diteror terus..

        • mks atas ulasan bang muhammad ttg dropship. di sini kita fokus ke penyelesaian pinjol jgn dropshipnya. sy cuma sharing usaha2 yg sdh sy lakukan utk mengatasi pinjol, drpd kita terpuruk ga ada solusi. toh sy droship juga atas persetujuan yg punya barang. yg punya barang juga seneng saya ikut mencarikannya pembeli. dgn ikut share pengalaman, minimal bisa sedikit mengangkat semangat org yg lagi dikejar2 dc.

      • Iah aku juga bingung. sma apk nya saya midalin. saya di tlp trus tapi tdak msalah kalo saya di tlp trus tpi yg msalah nya saya takut tlp k.kantor takut ntar suami saya di keluarkan. gmna dong

      • Sebenarnya DC itu hanya mitra kak . Dulu pernah sepupu saya di datangn DC . Malah mukanya serem bgt didatangnn 3 kali sama orang yang sama .
        Pertama dia datang bilang dr kredit ***T*r dan menanyakan kapan di bayar . Dan di jawab blm ada bang . besok sekira 2 harian lagi . Akhirnya dia pulang . Dan setelah 2 hari datang lagi tuh DC . Saya yg nemuin saya bilang orangnya pergi pak (padahal orangnya ada di dlm rmh ?) dan akhirnya dia minta di sampaikan besok akan datang lagi . Nah pas ke 3 kalinya tuh DC ngajak temannya . Ngobrol lah . Ternyata tmn DC nya itu knl sama sepupu saya . Yang tadinya tuh DC mau nagih malah curhat akan pekerjaannya . DC bilang takut di amuk warga lah,karna pinjaman online ini ga jelas mau di bawa kejalur hukum pun susah . Dan akhirnya tuh DC ga nagih malah ngopi . 1 jam kemudian dia pamit dan ga bilang apa2cuma bilang pamit dulu ya bang . Dan sampai skrng tdk ada yg datang lagi .

        Saran sih buat yang sudah gagal bayar ga usah takut . Apa lagi sampe mau bunuh diri segala . Hadapi aja bilang ga ada duit . Mau gimana ? Ga mungkin main kekerasan kan . Klo untuk kata2 yang kasar biarin aja memang bersalah . Tapi klo main kekerasan bisa kita tuntut .

      • Kakkkkk.... dari smua komen yang aku baca kayaknya ga ada yang lebih berat dr aku... aku gali lobang tutup lobang. Ilegal banyak. Ada yang sminggu bunganya 1,5juta pdhal pinjamannya cm 1,2 .. bisa kan bayangin sulitnya saya. Hampir bunuh diri saya. Setiap hari hampir 5juta saya bayar bunganya. Tempo 7hari realnya 6hari 5hari sudah di ancam. Ampe kurus saya. Akrnya saya mikir. Saya minjem cm 1750 tp tiap 5hari saya bayar perpanjangan 750 50 hari 7,5juta kan. Akhirnya sya pikir udah ga sanggup galbay aja toh mreka udah untung. Skrang tinggal mikir yang legal aja buat saya lunasin. Doain saya ya

        • Sya pernah alami hal seperti kamu, data sya memang di sebar, krna data sya di sebar maka saya putuskan ntk galbay sya anggap LUNAS krna mrka telah menyebarkan data saya
          Sya tutup akses ponsel dan ganti no serta ganti email, reboot sistem HP ke awal pabrik, akhirnya semua berakhir

        • Mbak Mila bisa minta wa nya gak,saya mau sharing soal nya saya persis ngalami kayak mbak

        • Sama nih saya jg lg kelilit pinjol, kayanya cara kak mila sama kak santo dybala perlu diterapkan, galbay, kuatin mental,,, saya ada beberapa pinjol yg udh galbay, awal nya msh berusaha buat bayar cuma ada salah satu pinjol yg walaupun udh dibayar masih aja sebar data, tlp/wa ke nomer2 yg ada di kontak, terlanjur udh kesebar data, terlanjur udh malu juga, akhirnya saya putuskan utk galbay, krn bener kata kak santo, kita pinjem 1 utk nutup pinjaman itu hrs ada 1 pinjaman lg, jd 2 kan, dan utk nutup nya jg harus buka pinjaman lagi, naah jd 3, yaa gt seterusnya,, buat kak santo dybala, klo boleh saya minta nomer nya krn saya pengen sharing bisa di kirim nomer nya ke email saya kak di gashberlin70@gmail.com

          Terimakasih...

          Gashberlin - Serpong

        • Iya galbay aja., saya 20 aplikasi mba,, saya galbay semua, aman,, yang penting tahan malu sebulan,, setelah itu beres semua hilang gak neror lagi,,nomor non aktifkan,, wa hapus,, restart hp, kontakilangin smua apa pindahin,

        • Ya allah saya juga punya pinjaman online,, kalau saya pinjam bukan buat makan atau sehari" tapi karena saya ikut misi" di TELEGRAM untuk membayar kn uang persekian karena dapat untung dri pembayaran tersebut 1 x ikut misi,, benar dapt ,,untung....ehhh ketagihan jdi ikut lg, dan akhirnya pembayarn smpe di ats 1 jutaan dan sampe di titik brpa juta lagi saya pinjm online karena misi trakhir bisa lngsung di tarik kata mentor ny. tpi trnyta ada misi 1 lg yg harus byar belasan juta agr bisa di tarik uang ny,di situ saya sadar saya sudah ga snggup saya ga mau pinjol lg... Akhirnya uang saya bayr kn tidak bisa di tarik ,,?sekarng mikir cicilan pinjol ny,,,pengalaman buruk yg baru saya alami di saat saya sudah tidak bekerja,lg hamil,,semoga saya bisa melunasi pinjol ny Aamiin ?

      • Sama saya juga terlilit hutang dari pinjol, lebih tepatnya sih suami. Awalnya saya 3-5 app sekarang tinggal 3 lagi adakami (1,6jt lagi) uangme (1,8jt lagi) dan danafix (cicilan 2x lagi @525.000), 1 cicilan di BFI, 1 tagihan KK. Yang pasti gagal bayar itu uangme dan adakami, karena belum ada posnya saya bayar darimana paling dari gaji itu juga tidak bisa saya langsung lunasin. Kalo untuk KK memang sudah lama galbay. Saya akan lunasin kalo sudah terkumpul uangnya semua. Untuk suami ada 9 app fintech, 2 tagihan KK, 1 cicilan BFI, 4 pinjaman ke teman kali dihitung semua kurang lebih 50jt. Saya ditelponin terus sama pinjol ini. Bersyukurnya saat ini saya sudah mulai bekerja lagi yang sebelumnya 5 bln nganggur.

    • Aku hampir 11 jt pak. Gimana dong solusinya pa, sementara belum pegang uang sama sekali

        • Iyaa sharing-sharing biar psikologi tetap terjaga, banyak orang-orang yang sudah gak nemuin jalan, akhirnya bundir, semoga gak ada orang yang seperti itu

        • Aku aplikasih cashcashnow
          .... Awalnya 1 apk karna bunganya tinggi belum 7 hari udh di tagih alhasil gali llobang tutup lobang ... Uangnya gak aku pakai malah buat bayar terus ambil bgtu terus .. Skrng aku udh di tlpon ada 18 apk gabisa ke bayar .. Semua ilegal kira" Di datengin kerumah ga ya.. Aku tkt semua keluarfa kerabat dan lainnya tkd ada yg tau minta solusi ya

          • Ga akn kak mreka ilegal. G akn dtg.. ak jd bnyk pinjol jg gra2 cashnow. Yg pasti bgt dtg cm akulaku

          • mba boleh minta kontaknya untuk sharing? saya juga punya masalah yang sama persis soalnya

          • Mba. Mau nanya. Mohon maaf banget.
            Ada kah yang pernah gagal bayar di aplikasi Julo? Saya ada tunggakan dari 2018 akhir (sepertinya), karena pada saat itu HP saya hilang jadi tidak bisa login. Lalu, niatan mau membayar di awal 2019 tetapi dananya terpakai untuk pengobatan saya. Apakah akan ada DC ya krmh? Saya dapat email dari Julo, tapi bukan email seperti biasanya. Suami saya ga tau, karna itu pinjaman saat saya belum menikah dan masih bekerja. Saya takut.. Dr 2018 loh☹️☹️☹️?

        • Ini nmr wa sya klo mau sharing.
          089744297** skalian tolong ksh tau mba laila yg hmpir sngt putus asa.
          Semoga sya bisa membantu.

        • Saya juga mengalami tagihan2 pinjol spt teman2. Kira2 solusinya gmna ya? Bayar perpanjangan terus sampai habis banyak

          • Galbay aja,,, yang penting kuat malu sebulan dua bulan kelar,, ilang dah tu pinjol laknat,,,

      • mba maaf mau tanya gimana apakah sudah selesai dengan pinjolnya, kasus saya sama kaya mba, saya takut nih

      • Gak usah di bayar,,, yangpenting kuat malu,, sebulan dua bulan dah ilang,,, saya20 aplkasi ,, dhgalbay smua

    • Tidak sepenuhnya ini kesalahan peminjam jika galbay. tp dri pihak pinjol sendiri yg hanya ingin meraup bunga sebanyaknya dg tenor sependek2 nya memberikan pinjaman / lintah darat online

    • total semua 18jtan pak, binggung mau gimana. ini udh galbay semua. takut aja data di sebar sm di telp ke kantor. di teror ke kantor. takut saya kena phk. mana situasi lg pengurangan karyawan.

      • PT amalan international indonesia sepertinya bisa bantu itu coba si buka buka soalnya dia juga bisa bantu meringankan pembayaran ya,, bukan mengurangi pembayaran dengan

        • Kalo amalan setau saya hanya untuk pinjaman kartukredit dan KTA bank , untuk Pinjol sprtinya belum bisa

      • Mba coba akses kontaknya dimatiin. Caranya ke pengaturan app pinjol tsb terus klik permission nah dimatiin semua tuh biasanya kalo yg legal cuma minta akses gps, kamera, phone. Kalo yang ilegal selain 3 itu minta akses kontak juga.

        • Kak..apa cara ini membantu supaya dc tidak menghubungi kontak di hp?saya terancam gagal bayar 8 aplikasi bulan ini. Takut data saya disebar. Pernah ada pinjol ilegal yg telp semua orang kantor saya,pdhl saya udah bilang mw transfer jam 5 sore di hari jatuh tempo. Belum jam 5, teman2 kantor saya udah ditelponin. Bantu sharing kak alindautami99@gmail.com. terima kasih..

          • Yaaa klw dah stak gbs bayar,,, galbayaja,,, cumasebulan dua bulan di sebar data buat malu doang,, setelahnyadah ilang aplikasi.. Ygpenting ttep kuat aja,,, nomorganti wa hpus,, hprestart,, kontakhapusin apa pindahin ke hp lain,

    • Mau tanya dong ada yang pernah di datangin apk mauchas GK? Cicilan 4*.saya baru bayar 1* cicilan ke2 dan ke 3 telat bayar.sudah masuk 70 hari.apakah DC ada ya ke rumah perbulan 1.5juta.

    • Assalamualaikum
      Para korban Pinjol Ilegal dan Legal
      Saya Hari ini Minggu Tgl 21 Feb 2021 Baru melunasi hutang Pinjol saya total 3 aplikasi Kredivo , Akulaku , Kredit Pintar , Alahmdulilah saya telah melunasinya dalam Tempo 3 Hari..
      Ternyata sangat Mudah untuk melunasi Hutang2 kita ya walaupun belum semua hutang saya Lunas secara keseluruhan tapi ttp Istiqomah dan percaya kalo saya mampu dan sanggup melunasi hutang saya dengan segera mungkin..
      Saya awalnya bingung mau bayar hutang Pinjol dari mana,,,
      Setelah saya Shalat istiqharo dan shalat Taubat kpd Allah SWT dan berjanji tidak akan melakukan Riba kembali..
      Lalu saya bermimpi mengumandangkan Adzan di Masjid..
      Lalu saya menceritakan Keluh kesah saya tentang Hutang2 saya kpd Guru mengaji saya..
      Dan Guru ngaji saya pun memberikan arahan kepada saya , Suapaya saya harus lebih sering Bersedekah..
      Sebelum bersedekah ada berapa syariat yg saya laksanakan
      1. Membaca Alfatihah 3x
      2.Shalawat Nabi 3x
      Setelah itu uang tersebut saya sedekahkan ke kotak amal masjid..
      Alhamdulillah Allah SWT telah mendengar Doa saya..Hari itu pun saya mendapatkan rejeki tak terduga datangnya..lalu saya langsung membayangkan nya ke 3pinjol sekaligus..
      Intinya kita ttp Istiqomah dalam berusaha melunasi Hutang2 kita
      Minta pertolongan Allah SWT
      Dan yg paling Utama adalah Memperbanyak Sedekah,
      Semoga kisah saya bisa membawa spirit kepada anda anda sekalian..
      Semoga kita yg sedang kesusahan slalu di beri kemudahan dalam mengerjakan sesuatu..
      Aminnn ya Rab

  • Saya pun sama,sata ada pinjaman di 7aplks dan otw galbay..di kredit pintar,uangme, dompet pjm,UKU,KTA akulaku,dana rupiah,sampe sekarang trs di tagih tapi saya masih belum ada dana nya,saya coba pinjam ke Bank tapi tdk bisa,saya sudah bingung ngehadapi ini,gk tahu harus gimana lagi, tolong pencerahannya kawan..

    • Saya juga sedang di teror sama pinjol mana saya habis sakit trus saya nganggur sudah berhenti gojek dikarenakan suspend..saya bingung harus bagaimana sedangkan saya juga terpaksa karena untuk berobat dan kebutuhan sehari2..tolong solusinya

    • Gak usah bayar,,, kuat malu aja , ygada di kontak nnti dhbungin,, tapicm sebulan dah gak ada lagi terornya,, ygpenting hp ganti, wahapus,, hprestart ulang,, kontakhapusin apa pindahin ke hp laen, beres,,, kuatmalu cm sebulan

  • Saya juga sama hampir 10 jt pinjaman di beberapa aplikasi pinjol. Saya juga gali lubang tutup lobang, dan keluarga sama sekali gk tau. Sudah ada ancaman akan di datangi ke rumah dan kantor. Data juga pasti di sebarkn lewat sms dan wa ke kontak saya :( coba dong chat saya untuk berbagi keluh kesahnya 0821155772**

        • minjem temen say, kalo temen ga berbunga. Tp jangan lagi pinjem di pinjol supaya fokus nyicil ketemen

          • Sama lagi ngalamin, saya ada 10 apk, mereka hubungin semua yg ada di kontak saya, yang penting saya niat bayar, cuma emang telat , selagi mereka kurang ngajar atau kelewat batas bales aja gausah di bayar, ganti no hp, ganti hp

    • Sama saya juga ada sekitar 7 pinjol dan bakal gagal bayar di karenakan kondisi yg sprti ini,karena corona pekerjaan saya mengurangi karyawannya dan malahan pekerjaan saya tutup dan entah sampai kapan bukanya,hari ini sajah saya udah telat sehari di 2 pinjol,

      • Hai saya sudah telat 1 bulan di modal nasional. Mnggu kmrn sy byr 200 trlbih dhulu kmdian td sya byr 200 lagi sisa 800. Luar biasa teror.y bkn cma 1 dc tpi 3/4 dc ngechat via wa. Sy tdk ambil pusing. Tpi rupany.mrka bnr bnr mnmukan akun medsos sprti ig dll. Sy mncba mnghapus kontak di simcard dan google biar kerbt sya d luar kntak drurt tdk d hub. Karena mrka mngncam akan mmbuat grup brisikan kntk hp dan bkl meretas foto2 d hp sya dn d sbrkan d grup.

        Sy mmnta krngan hngga tgl 20 tpi tdk d ksh. Trpksa bsok sy mncri akal lagi untk lunasin. Apkh dgn mnghpus kontak dan mnnaktifkan medsos ckup mmbantu meminimalisir teror ? ???

        • bukan nakutin bu, tp temen aku beneran ada yg dibikinin group seluruh kontaknya dan DC nya ada didalem situ bikin dia malu. Akhirnya semua tau :(

        • Itu yang membeberkan data biasanya yang ilegal (tidak terdftar OJK) jika dia lagal hanya bisa mengakses GPS Hp anda , kalo terjadi ancaman merusak nama baik bisa dilaporkan tu

          *Pertama*
          Sampaikan langsung ke pinjaman online atau aplikasi fintech ilegal tersebut bahwa aktivitas mereka ilegal dan melanggar ketentuan *OJK* di Indonesia.

          *Kedua*
          Melaporkan fintech ilegal atau pinjaman online ilegal ke *OJK* terdekat.
          Masyarakat juga dapat mengirimkan pengaduan melalui form elektronik yang tersedia di: http://konsumen.ojk.go.id/FormPengaduan

          *Ketiga*
          Di dalam *OJK* juga terdapat Satgas Investasi, yang melakukan penutupan atas aktivitas pinjaman atau investasi yang ilegal. Penutupan Fintech ilegal dilakukan oleh *SATGAS INVESTASI* termasuk menutup aplikasi fintech.
          Kontak Satgas Investasi adalah call center:
          *(021) 1500 655* email: waspadainvestasi@ojk.go.id

          *Keempat*
          Laporkan ke Asosiasi Fintech (AFPI) yang memang menyediakan posko pengaduan layanan pinjaman online melalui situs: *afpi.or.id* Serta e-mail: *pengaduan@afpi.or.id.*

          *Kelima*
          Sampaikan ke *LAPOR* yang merupakan tempat pengaduan yang dibuat oleh Unit Kerja Presiden.
          Masyarakat mengirimkan laporan pada *LAPOR* melalui situs: *https://www.lapor.go.id*

          *Keenam*
          Melaporkan fintech ilegal atau pinjol ilegal ke *YLKI*
          sistem pelayanan/ pengaduan secara online. Silahkan mengunjungi situs untuk mendapatkan informasi atau layanan pengaduan.
          email: *konsumen@ylki.or.id*
          Pelayanan Pengaduan Konsumen: *http://pelayanan.ylki.or.id*

          *Ketujuh*
          Lembaga Bantuan Hukum *LBH* adalah lembaga yang memberikan bantuan hukum bagi orang-orang yang tidak mampu dalam memperjuangkan hak-haknya.
          *www.bantuanhukum.or.id*
          Pengaduan dapat dilakukan secara online dengan mengisi formulir di situs LBH Jakarta *https://www.bantuanhukum.or.id/.../formulir-pengaduan-pos...* dengan menyertakan bukti terkait.

          *Kedelapan*
          Laporkan ke *POLISI* dengan cara kumpulkan semua bukti teror, ancaman, intimidasi, atau pelecehan, lalu kunjungi ke kantor *POLISI* terdekat dan buat laporan di kantor *POLISI*

    • *jogja*
      – AkuLaku
      – HCI
      *Sby*
      – Akulaku
      – Kredivo
      – Hci
      – KP
      Jabodetabek
      – Modal Nasional
      – Tunaiku
      – HCI,
      – Akulaku
      – Cash Cepat
      – Kredit Pintar
      – Shoppintar,
      – Uang Teman
      – Pinjam duit
      – Indodana
      – Tunaikita
      – Kredit tercepat
      *Bali*
      – HCI
      – Tunaiku
      – Tunaikita
      – Akulaku
      – Kredivo
      – Kredit pintar
      Jabar 3.
      – Aku laku
      – Cash cepat
      *Jatim 2*
      – akulaku
      – kredit pintar
      – HCI
      Bandung 16/2/2020
      – HCI
      – Kredit Pintar
      – Akulaku
      – Shopintar
      – kredivo
      – tunaiku
      – tunaikita
      SEMARANG
      – akulaku
      – hci
      – kredivo
      – kp
      yg ada Dc lapangan

    • huhu kamu masih mending yah 10 jt aku waktu itu lebih dr 20jt an.. tpi alhamdulillah sih sekrang bisa bebas dr pinjol alhamdulillah menata hidup baru:)

      • Kakak bisa berbagi pengalamannya. Akhirnya bebas dRi pinjol smpai 20juta itu gimana yah ??

      • setelah lunas apakah ada yg pernah nerror pake data pribadi kak? Dan mengaku kakak punya utang di pinjol pdhal kakak ga prnah utang di apk itu .. krna sy ngalamin, udah lunas, eh tiba2 ada yg nagih2 ngaku dari apk pinjol lain, pdahal sy ga pernah download apknya ..

      • Maaf lalu wkt menanganinya caranya seperti apa ya? Saya saat ini jg sedang mengalami hal tersebut di beberapa aplikasi ilegal pinjol ??
        Mohon sharing ya

        • kak, apakah sudah slse masalah dengan pinjol?? soalnya ini saya kemungkinan mau galbay karan ngga ada uang buat bayar?

          • Yaa cuma sebulan mentok 2 bulan dah kelar terornya,,, selebihnyadah bebaa,, saya20 aplikasi beres,,, cuma kuat malu aja,,, selamasebulan,,, ygpenting no ganti baru, wahapus,, kontakpindahin ke hp lain,, hpdi restart ulang kosongin smua,, beresdah, ygpenting kuat malu,,, jngan di ambil pusing aja,,, drpdbayar gak ada mau gmna lagi

    • Malam kawan semua. Saya mau minta sarannya. Kalau mereka berani sebar data itu apa kita punya hak untuk menuntut. Apa itu melanggar ? Walaupun mereka pinjol ilegal ? Seperti cashpro danatunai

      • Hai kak mila boleh minta alamat emailnya, sya pengen tau gimn cara penyelesaian kakak terhadap pinjol
        Krna kasusnya sma saat ini sya jg bgtu
        Terima kasih sebelumnya

  • Saya juga mengalami hal yg sama & proses gagal bayar d bulan ini dengan kondisi bangkrut & cukup nekad utk melakukan proses ini. Keluarga jg tidak tau apa yg terjadi tpi sy berusaha utk mengatasi walau setiap hari telp lbh dri 50x tidak berhenti dri dc

  • Sama saya juga gagal bayar bulan ini dan bulan berikutnya hingga saya dapat pekerjaan,karena di pekerjaan saya mengurangi karyawannya dan saya yg termasuk,saya bingung harus bagai mana,mencari pekerjaan dengan keadaan sperti ini sangat sulit di dapatkan

    • Lebih baik ojk dan pemerintah bertindak tegas untuk menutup saja pinjaman online instan,tidak memberi manfaat malah mencekik masyarakat kecil.bail legal maupun legal itu sama.cuma penagihan aja yang beda tapi promosinya sama bikin org yang gak mau jadi pengen tau dan akhirnya gagal bayar juga.
      Kepada para peminjam yang gagal bayar bahwasanya
      Allah menyatakan perang untuk pelaku riba.saya berdoa dengan sepenuh hati namun masih mencari pinjaman baru.atau masih menyimpan barang hasil riba.dan akhirnya mulai hari ini saya ingin bertobat dan meninggalkan semua transaksi riba.
      mari teman-teman kita bersatu agar masalah terlilit hutang pinjol ini cepat didengar oleh pemerintah bukan hanya ojk.agar diberlakukan peraturan baru mengenai pinjol.syukur-syukur meniadakan pinjol dan memberikan solusi untuk yang masih berhutang.apabila ada cara bantu info in kita ya agar bisa tembus ke pemerintah.

      • Iya sama saya juga ada 7 apl,saya juga sudah bingung mau cari kemana lagi...saya ingin keluar dari masalah ini,karna gara2 ini saya jadi stress takut didatangin karna pihak kelurga tidak tau,saya benar oengen tobat,dari pinjol,tolong solusinya teman2,

        • yang pasti, pertama2 anda harus tetap tenang spy bisa berpikir dgn jernih. Selanjutnya bicaralah dengan jujur dan terbuka dgn keluarga anda. Mrk pasti akan marah dan kesal dgn kelakuan anda, tapi yg pasti mereka akan bantu cari jalan keluar bagi anda. Yg penting anda tunjukkan bahwa anda tidak akan pinjam2 lagi, dan pastikan juga bagaimana cara anda mencicil ke mereka. Kalo anda merupakan karyawan yg cukup baik di mata perusahaan, coba bicara dengan atasan/owner anda. Setidaknya jika anda pinjam ke perusahaan atau keluarga, anda tidak akan dikenai bunga dan cicilannya disesuaikan dgn kemampuan anda saat ini. Usahakan jgn menutup pinjol dengan utang berbunga lainnya spt KTA atau leasing, kecuali anda sudah hitung2 besar cicilan yg bs anda byr kan. Jika msh ada asset yg bs dijual (motor/mobil/emas), gunakan saja. Yg penting anda lunas dulu, dan memulai dr awal lg tanpa hutang. Saya pun pernah mengalami hal ini, dan akhirnya keluarga istri sy yang bantu melunasi semuanya.

  • Saya jga mengalami hal yang sama.. aku ngak ngerti lagi mau berbuat apa, sedangkan sebagai karyawan pemasukan hanya melalui gaji. Dengan kondisi saat ini saya tidak yakin perusahaan akan terus mempertahankan karyawan karena pasti minus dibanding dengan sebelumnya.

  • Sama saya jg ada belasan mungkin aplikasi pinjol, yg gagal bayar banyak dr thn lalu..ada yg mungkin udh melupakan tp ada jg yg masih ingat sampe2 dtg ke kantor, ada jg yg ke rmh, dan ada yg tlp ke kantor terus2an smpe hrd saya tau dan saya kena tegur..
    Ortu tau saya punya bnyak utang tp saya ga bisa jujur brp jumlahnya, krna saya masih gali lobang tutup lobang.
    Wktu itu ajuin kta di bank, tp salah satu apalikasi yaitu tunaiku yg dibawah amar bank trnyata masukin ke bi checking, krn smpe skrg saya blm lunas alhasil jd ga bisa pinjem bank.
    Pinjam kantor pun kayanya ga bisa klo utk urusan sprti ini, hanya boleh utk hal darurat sprti sakit dan urusan sekolah anak. Saya sndiri pun blm bekeluarga.
    Bingung, nyesel dlu knp berani coba2 1 pinjol eh jd keterusan jd banyak :(. Stress banget..

    • Saya jg sama hari ini udh 3 pinjol yg galbay ?? kita bikin komunitas aja biar kita bsa sampaikan penderitaan kita ramai2 dan meminta keringanan...pusing klo setiap waktu harus d telponin d tambah bunga yg terus2n bertambah...

    • Sabar mbak, smga ada jln dan ada hikmhnya dbalik smua ini. Saya pun ada pinjol yg mcet

    • mba maaf mau tanya gimana apakah sudah selesai dengan pinjolnya, kasus saya sama kaya mba, saya takut nih

  • Saya pun demikian...banyak pinjol yang saya tidak bisa lunasi...keadaan pun bukan jadi lebih baik...tapi malah membuat hidup tidak tenang karena di teror terus pihak dc...dan hingga sekarang pun keadaan ekonomi saya masih terpuruk...mungkinkah pihak ojk atau pemerintah...untuk menghentikan pinjol ini...karena meresahkan masyarakat kecil....saya berharap besar ada solusi dan ekonomi keuangan saya bisa lebih baik....terima kasih...

    • Mba no mu berapa , aku juga takut di datrngin kerumah soalnya gak ada yg tau org rumah
      Takut

    • dateng kerumah mba, saya pengalaman huhu keluarga jadi tau saya pake pinjol untuk kronologinya udah saya share di media konsumen ini kok

    • Yg pinjol lisensi ojk didtgin aja ke kantornya minta keringanan pembayaran atau restrukturisasi dr pada lari. Saya punya pengalaman dengan Pinjol Cashwagon, Saya Modalin, KTA Kilat, Uang Tema alhamdulliah mereka kooperatif. Asal kita dtg ke ktr mereka dan menceritakan dengan sejujurnya. Alamat pinjol bisa dilihat diaplikasi. Cashwagon ktrnya plaza oleos 2, lt 6, saya modalin di kelapa gading, KTA Kilat di BSD Foresta 3, Uang Teman di Plaza 88. Untuk yg pinjol yg Illegal ini yg sulit. Galakan mereka jika ditanya kantornya, saya pun masih ada 8 pinjol Illegal yg blm selesai.

      • Maaf mas ini kalau dtg ke alamat pinjol apakah bisa diselesaikan dengan baik untuk diringan kan atau diberi waktu perpanjang pelunaasan nya?

        • Cashwagon bisa dicicil, Saya Modali bisa dicicil, KTA Kilat dan UKU bisa minta perpanjangan waktu tp kl cicil bayar ga tau bisa atau tidaknya, mkn nanti diceritakan saja kondisinya.

      • Kalau untuk pinjop yg lain kaya maucash kredit pintar uangme apakah ada alamatnya? Lalu proses penerimaannya lama atau sebentar?

Penulis
Lailla Iddana