Surat Pembaca

Kembalikan Dana “Deposito” AXA Mandiri Saya Beserta Bunga Selama 7 Tahun!

Nama saya Paris Sitohang dengan nomor polis 513- 6504817 pada AXA Mandiri. Pada tanggal 4 Februari 2013 saya mendatangi Customer Service Bank Mandiri Cabang Kota Palangkaraya di Jl. Ahmad Yani, untuk menyampaikan niat saya membuka deposito berjangka 6 bulan dengan besaran Rp100.000.000 (Seratus Juta Rupiah) pada Bank Mandiri. Namun setelah sampai di CS Bank Mandiri saya malah ditawari deposito ke AXA Mandiri dengan keterangan bunga yang lebih tinggi.

Lalu oleh CS Bank Mandiri saya dibawa ke meja FA AXA Mandiri a.n. FA Tria Sa*** ( 183624004004489015905), dengan penjelasan bahwa di AXA Mandiri ada program deposito jangka panjang selama 5 Tahun, dan pembayaran dilakukan di tahun pertama Rp50.000.000 (Lima Puluh Juta Rupiah) dan tahun ke-2 sebesar Rp50.000.000 (Lima Puluh Juta Rupiah) serta hanya dapat diambil di Tahun ke-6. Yang nantinya saya akan mendapatkan jumlah total bunga deposito sebesar 30%- 40% tanpa ada potongan dan biaya apapun saat pengambilan deposito.

FA Tria Sa*** juga menambahkan bahwa saya akan mendapatkan manfaat pertanggungan jiwa serta asuransi kesehatan dan produk ini adalah murni Deposito, tidak ada urusan dengan turun naiknya dolar maupun saham. Setelah 6 bulan baru saya baru menerima buku, yang seharusnya deposito, namun yang saya terima adalah sebuah polis pertanggungan jiwa dan asuransi kesehatan, dengan nomor HP saya yang salah waktu diinput.

POLIS AXA MANDIRI atas nama saya

Setelah mendapatkan polis itu saya menelepon FA Tria, dan dia mengatakan bahwa itu hanya tulisan daripada cover-nya saja, dan tetap intinya adalah “investasi deposito AXA”. Setelah mendapatkan berita dari seorang teman saya mengenai gonjang-ganjing AXA Mandiri, saya langsung mencari berita dengan kata kunci “penipuan axa mandiri” dan saya kaget. Saya langsung ke AXA Mandiri di kota Tebing Tinggi dan mendapatkan saldo saya hanya Rp35.140.433 dari total dana yang telah di-autodebet oleh AXA Mandiri dari rekening Bank Mandiri saya sebesar Rp100.000.000 (seratus juta rupiah), yang hingga hari ini polis saya berumur 7 tahun.

Setelah mengirimkan keluhan melalui email ke AXA Mandiri, saya mendapatkan telepon dari AXA Mandiri dan disampaikan bahwa polis saya bukan polis Deposito melainkan polis pertanggungan jiwa dan asuransi kesehatan. Secara keras saya menjawab “Buat apa saya membuat asuransi jiwa dan kesehatan hingga sebesar 100.000.000 juta rupiah dengan umur saya waktu penandatanganan polis masih 25 tahun (dimana umur 25 tahun itu umur yang masih produktif dan masih jauh dari penyakit keras)? Kalau dari awal saya dijelaskan bahwa dana saya akan dibuat polis ini saya akan otomatis menolak”.

Dengan ini saya meminta kepada Yth. Bapak Presiden Jokowi- DPR-RI- Otoritas Jasa Keuangan (OJK)- Badan Perlindungan Konsumen Nasional – POLRI – Kementrian BUMN- untuk mengimplementasikan UU RI No 40/2014 Tentang PERASURANSIAN terutama pada pasal 73-s/d 82 mengenai Ketentuan Pidana agar menjadi efek jera dan sinyal keras bagi Perusahaan Asuransi yang melakukan indikasi penipuan secara Terstruktur- Sistematis- Masif.

Terima kasih. Hidup Rakyat Indonesia. Salam hormat dari rakyatmu yang bodoh,

Paris Sitohang
Kota Tebing Tinggi, Sumatera Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan PT AXA Mandiri Financial Services (“AXA Mandiri”) atas Surat Bapak Paris Sitohang

Dengan hormat, Sehubungan dengan dimuatnya Surat Pembaca yang disampaikan oleh Bapak Paris Sitohang pada tanggal 21 Maret 2020, berjudul “Kembalikan...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Asuransi memang seperti itu pak, mereka gencar banget marketingnya. Yang namanya FA di bank itu tidak lain adalah agen asuransi. Saya juga sering mendapatkan tawaran seperti ini tapi selalu saya tolak dengan alasan sudah punya asuransi lain. Mengenai dana anda yang tinggal sepertiganya, selain terpotong oleh biaya polis (yang anda bilang termasuk asuransi kesehatan yang mana itu biayanya jauh lebih tinggi daripada hanya asuransi jiwa saja), saya duga dana anda juga ditempatkan di instrumen investasi seperti saham. Yang mana kita tahu kinerja saham belakangan ini jeblok sehingga NAB polis andapun jatuh.

    Lain kali lebih berhati hati dengan tawaran asuransi karena itu cuma bisnis puter uang. Menghimpun uang dari banyak orang kemudian membayarkan claim ke segelintir orang dan kadang nilain claimnya digembar gemborkan di media padahal itu belum ada apa-apanya dibandingkan dana yang mereka himpun.

    Lalu jangan heran juga kalau mereka memang fokus mentarget orang-orang yang masih muda (usia 20 tahunan) dengan iming iming tanggungan kesehatan sampai tua nanti. Karena ini memang strategi mereka untuk meminimalkan claim karena yang muda pasti lebih jarang sakit. Aturannya terkadang sangat menjelimet dan kalau tidak teliti bisa terkecoh seperti misalnya preexisting condition tidak ditanggung dan sebagainya.

    • Kalau benar keterangan tsb, maka FC yang salah dan ngawur... mana ada Perusahaan Asuransi jualan deposito dengan bunga 30-40%.. tanpa potongan apapun..
      saya jadi bingung kok parah banget cara berjualannya..
      Kalau masalah dana berkurang, ya memang semua produk berbasis Unitlink di semua Perusahaan Asuransi dananya habis /berkurang... gak cuman di AXA Mandiri... semua perusahaan Asuransi...

    • Sama banget dengan pengalaman saya di bulan mei 2013 wkt itu saya mau ikut tabungan pendidikan, sm vs mandiri disuruh ke meja lain ga taunya itu axa, ikut dengan cara debit tabungan, dengan manisnya FA bilang stlh 5 tahun akan memberi keuntungan, kita percaya ya. Lalu di tahun yg sama pada bln Desember sy mau deposito uang di bank mandiri bogor, namun lagi2 disuruh ke meja lain ternyata axa jg, FA ada bilang bisa deposito sekali. Sampe skrg sdh 7 tahun uang saya di axa, boro2 untung, buntung iya. Kl ditanya iya seperti org dagang kadang untung kadang rugi,untungnya mana kata saya,kita sdh rugi besar. Tolong kembalikan uang saya

    • P.T..AXA MANDIRI FINANCIAL SERVICE PENIPUUU MERAMPOK.UANG NASABAH DENGAN RAKUS MELEBIHI BEGAL JALANAN.BERKEDOK PERUSAHAAN DAN HIKUM. PADAHAL PERAMPOKKK.
      KEMBALIKAN UANG KAMI SEMUA
      6G KAMI.KUMPULKAN / TABUNGAN UTK ANAK2 KAMI. UTK MASA DEPAN KAMI.
      JGN DIRAMPOK..
      BAPAK PEJABAT. APARAT HUKUM. KPK YLKI BANTULAH KAMI PARA NASABAH YH TELAH DITIPUUU.DIRAMPOK UANG KAMI DENGAN RAKUS OLEH #P.Y. AXA MANDIRI FINANCIAL SERVICE.PENIPUUUU METAMPOK UANG NASABAH DENGAN RAKUSSSS.
      BUBARKAN TUTUP TANGKAP MEREKA YANG TELAH MERAMPOK UANG KAMI... SENGAN RAKUS MELEBIHI BAJINGAN BEGAL JALAN
      TUTUP BUBARKAN TANGKAP KARENA TELAH MENYENGSARAKAN PARA NASABAH YG TIDAK MENGERTI APA2
      AYOOO BUBARKAN TUTUP P.T.AXA MANDIRI FINACIAL SEEVICE PENIPUUU PERAMPOK UANH NASABAH DENGAN RAKUSSS.
      KEMBALIKAN UANG KAMIII YG TELAH MENABUNG SUSAH2
      MOHON BANTULAH KAMI PEMERINTAH. APARAT HUKUM. KPK..YLKI.. .
      MARI PARA NASABAH KITA SIDANGKAN KITA VIRALKAN RAME2 KEMEJA HIJAU
      JANGAN TAKUT KITA PERJUANGKAN UANG KITA YG TELAH DITIPUUU DIRAMPOK FENGAN RAKUS OLEH P.T.AXA MANDIRI FINANCIAL SERVICE SEVUAH PERUSAHAAN PENIPUUU BERPAYUNG HUKUM PADAHAL BAJINGAN MERAMPOK UANG NASABAH DENGAN RAKUS

    • Sama seperti yang bapak saya alami, bapak saya ditipu CS AXA Mandiri, ditawari Deposito untuk 3 anaknya termasuk saya, masing-masing 100 juta, jadi total 300 juta. Kejadiannya hampir sama persis dengan kasus di atas di tahun 2013, niatnya uangnya untuk biaya kuliah kakak saya, saya, dan adik saya. Saat kakak saya mau masuk kuliah, ternyata uang memang tinggal 30% (sama seperti kasus di atas), alhasil kuliah kami pun gagal menggunakan uang itu. Begitu tidak bertanggungjawabnya AXA Mandiri. Dan saya baru tahu itu penipuan ketika saya sudah bekerja sekarang. Terima kasih AXA Mandiri telah menipu keluarga saya hingga mengalami kesulitan finansial. Semoga dosa anda diampuni oleh Allah SWT, atau anda di berikan tiket neraka VVIP. Salam sukses tanpa menipu.

  • FA nya masih ada.? jika sudah tidak disitu minta alamat nya pd bank tersebut, ini sudah jelas penipuan, nasabah ingin deposito namun menjadi asuransi kesehatan.? lapor pd kepolisian sertakan bukti, konsul dgn advokat, angkut smua yg menghalangi penegakan hukum tidak terkecuali bank tersebut. jika kita benar tidak perlu takut.

    • Saya dapat kasus yg sm persis dan saya tdk tahu harus kemana,sementara pihak bank pun tdk bertanggung jawab,kepada siapapun tolong kami nasabah AXA MANDIRI,agar uang kami bisa kembali ??

    • #P.T. AXA MANDIRI FINANCIAL SERVICE PENIPUUII PERAMPOK GARONG BAJINGAN MALING RAKUS UANG NASABAH (RAKYAT) BERMANAGEMENT PENIPUAN PERAMPOKAN MALING UABH NASABAH (RAKYAT) BERKEDOK PERUSAHAAN DAN BERPAYUNG HUKUM. (PADAHAL BGAK LEBIH DARI GARONG BAJINGAN PERAMPOK MALING RAKUS UANG NASABAH (RAKYAT)).
      BAPAK/IBU 2 YG PERNA/ TELAH / AKAN DITIPUUU MARI PERJUANGKAN SAMPAI UANG SEMUA NASABAH YG DIRAMPOK KEMBALI..RAMAIKAN.VIRALKAN TERUSSS. PERJUANGKAN TERUSSS SAMAPJ SETERUSNYA..
      SEPERTINYA KELUAHAN2/ADUAN2 KITA TIDAK DIDENGAR. DISEMBUNYIKAN. DIACUHKAN. DISINGKIRKAN. AGAR RIDAK TERDENGAR KELUARRR.. (DITUTUPIN AGAR MASYARAKAT TIDAK TAUU).
      KARENA MARI KITA JANGAN PUTUS ASA. JANGAN PASRAH ..KITA PERJUANGKAN TERUSS.. RAMAILAN TERUSS.. VIRALKAN TERUSS.. LEWAT MEFIA APAPUN. : TWITER. YOUTUBE. FACE BOOK. WHATS UP.. SPANDUK2. BAJU KAOS.BROSUR2 DISEBARKAN. MEDSOS. DLL. SAMPAI SUATA KITA TERDENGAR.. (KALAU KITA RAME2 SAYA YAKIN AKAN TEREKSPOSE KELUAR) KARENA BAJ BUSUK LAMA2 AKAN TERCIUM JUGA.. AYOO BAPAK / IBU 2. KITA PERJUANGKAN HAK KITA.. UANG KITA YG TELAH DIRAMPOK DIMALING DGN RAKUS OLEH
      #P.T. AXA MANDIRI DINANCIAL SERVICE PENIPUUU PERAMPOK MALING RAKUS UANG NASABAH (RAKYAT).
      KEPADA
      YTH
      BAPAK JOKOWI PRESIDEN R.I.
      DAN
      APARAT HUKUM SEMUANYA
      DPR
      KPK
      YLKI
      HAKIM
      JAKSA
      PENGACARA
      MEDIA TV
      DLL.
      TOLONGLAH. DENGARKANLAH. BANTULAH KELUHAN2 KAMI.
      KEMBALIKAN SEMUA UANG NASABAH YG TELAH DIRAMPOK DIMALING DENGAN RAKUS OLEH
      #P.T. AXA MANDIRJ FINANCIAL PEBIPUUU MERAMPOK MALING RAKUS UANG NASABAH (RAKYAT)
      BERMANAGEMENT PENIPUUU PERAMPOK MALING RAKUS UANG NASABAH (RAKYA) BERKEDOK PERUSAHAAN BERPAYUNG HUKUM.
      KEPADA MEDSOS. MEDIA TV
      SIARKANLAH.TAYANGKANLAH. SOSIALISASIKAN. UMUMKAN. KUMPILKAN SEMUA NASABAH YG UANGNYA TELAH DITIPUUU DIRAMPOK DENGAN RAKUS.
      SEMUA NASABAH .. TERDAHULU (TERDIAM PASRAH) sd SEKARANG (TANPA TERKECUALI)BERAPA JUMLAH NASABAH TESEBUT DAN TOTAL UANG KESELURUHAN YG DIRAMPOK DITIPUUUU OLEH
      #P.T. AXA MANDIRI FINANCIAL SERVICE PENIPUUU MERAMPOK MALING RAKUS UANG NASABAH (RAKYAT) .
      MARJ KITA TUNTUT RAME2 VIRALKAN SIDANGKAN SECARA TERBUKA TRANSPARAN AGAR SEMUA MASYARAKAT TAU. AGAR KEPUTUSAN TIDAK SEPIHAK (SEMAUNYA AJA)..
      BAPAK/ IBU 2 MARI KITA PERJUANGKAN SAMA2 JANGAN TAKUT.. MEMANG KENYATAAN UANG KITA TELAH DIRAMPOK MALING RAKUS OLEH PERUSAHAAN INI.
      DAN KALAU ADA ORANG / KATA2 . YV MEMBANTU PERUSAHAAN INI... ITU ADALAH MEMANG TEMANNYA PERAMPOK BAJJNGAN MALING PERUSAHAAN INI (JANGAN DENGARKAN KRN BUKAN UANG DIA YG DIRAMPOK)
      YTH
      PEJABAT PEMERINTAH.
      APARAT HUKUM
      KPK
      DPR
      YLKI
      DAN SEMUA YG BERKEPENTINGAN.
      BANTULAH KAMI.. (PARA NASABAH).
      DENGARKANLAH. TOLONGLAH KAMI. SIDANGKANLAH HAL INI SECARA TERBUKA (JGN DISEMBUNYIKAN)
      KEMBALKKAN UANG KAMI SEMUANYA YG TELAH DIRAMPOK OLEH
      #P.T. AXA MANDIRI FINANCIAL SERVICE PENIPUUU MERAMPOK GARONG BAJINGAN MALING FAKUS UANG NASABAH (RAKYAT) BERMANAGEMENT PENIPUAN PERAMPOKAN MALING RAKUS YANG NASABAH (RAKYAT) BERKEDOK PERUSAHAAN BERPAYUNG HUKUM

  • Saya juga mengalami hal serupa 3 tahun lalu.
    Saya ikut sejak 2008 dengan pernyataan setelah 8 tahun bisa diambil.
    Ketika waktunya tiba saya cek saldo justru saldo saya berkurang jauh.
    FA axa mandiri yg ditanyai pun lepas tangan.
    Di email tetap tidak ada penyelesaian.
    Saya ikhlaskan.
    Biar jadi dosa bagi mereka.
    Sejak itu saya tidak pernah percaya dengan ax# m#ndir#

  • Berarti clear,financial advisor benar2 melakukan penipuan,mereka menyampaikannya kalau ini investasi,dan berbeda dengan asuransi,yg pada akhirnya bahwa ini adalah asuransi.Nasabah dibuat menyerah dengan keadaan dan kebutuhan,serta waktu yg sudah berjalan bertahun2. Pasti bapak dijelaskan bahwa pada tahun kelima saldonya akan meningkat dan berbunga lebih daripada tabungan biasa,dan lebih bermanfaat. Yakinlah,ini penipuan yang dipelihara oleh negara,mau dipegang pak Erick Thohir pun,selama ini gak merugikan negara gak bakal diusut,ini cuma merugikan warga negaranya aja. Karena saya juga tertipu axamandiri

  • Kenapa banyak yang merasa dirugikan ya oleh axa mandiri? Saya sendiri adalah pemegang polis axa mandiri dengan jenis asuransi unitlink. Dari yang fa axa jelaskan kepada saya saat akan membuka polis sepertinya sangat menguntungkan memiliki asuransi di axa mandiri. Namun apakah itu hanya trik agar bisa menarik nasabah. Saya jadi ragu untuk melanjutkan asuransi yang saya miliki.

  • Sama Pak, saya juga kena tipu AXA mandiri. Katanya tabungan pendidikan, ternyata asuransi jiwa.

    Kapok saya, pokoknya jangan pernah mau tertipu AXA mandiri lagi. Bahkan setelah urusan saya beres dengan AXA, saya berniat menutup rekening bank mandiri saya

    • Betul cari saja info advisornya dan buatkan laporan kepolisiannya....
      Saya juga terkecoh oleh axa mandiri
      Yg saya ikutin asuransi pendidikan untuk anak saya yg saya dapatkan malah investasi juga yg saya rasa dirugikan juga dengan kebohongan tersebut

    • Di indo jangan sekali2 percaya dg orang walaupun dia titelnya tinggi apa lagi masalah uang, semua itu penipu berkedok.

    • TANGKAP BUBATKAN P.T. ACA MANDIRI FINANCIAL SERVICE PENIPUUU PERAMPOK.UANG NAAABAH DENGAN RAKUS MWLEBIHI BAJINGAN JALANAN.
      AYOOO.PEMERINTAH APARAT HUKUM.KEPOLISIAN KPK YLKI BANTU KAMI PATA NASABAH P.T AXA MANDIRI FINANCIAL SERVICE TELAH MERAMPOK UANH NADABAH DENGAN BERPAYUNG PERUSAHAAN DAN HUKUM.
      PADAHAL BAJINGAN PERAMPOK PENIPUUU UANH NASABAH... DASAR BAJINGAN
      ..
      .MUDAHWAN ADA BOMB

  • Saya juga ditipu diawal dgn kata2 yg masih teringat jelas bahwa itu adalah TRM dgn axa gratis
    Trnyta axa mandri murni, untung 5 bulan saya mlakukan pmbatalan

    • Sayaa jg , 40 bln ikut axa, sdh terdebet 28jt kembali hanya 5jt 700rb .. Mundur karena lihat testimoni yg semuanya bermasalah .. Di suruh terus smpe 5 tahun , bodoh di terusin dong ceritanya .. Lha yg 9 taun aja zonk ..

  • Saya pernah beberapa tahun lalu mendapat tawaran asuransi dari bank mandiri karna saya nasabah bank mandiri...namun saya katakan saya harus izin suami tidak bisa mengambil keputusan sendiri...krn memang saya tidak ada minat sm sekali masuk asuransi jiwa..alhamdulillah saya berhati hati karna penipuan bisa terjadi dimana saja waspadalah....

  • Mandiri lagi.
    Kalo saya pribadi ditipu oleh telemarketing kartu kredit yg menginformasikan kartu kredit telah disetujui dan akan dikirim ke alamat penagihan. Udah menunggu 14 hari dan kartu kredit tidak datang, menghubungi mandiri dan diinformasikan pengajuan kartu kredit ditolak (padahal tidak ajuin. Sangat berbeda dengan yg diinformasikan telemarketing).
    Ujung-ujung paling minta maaf doang dan menganggap case closed.

    • KEPADA:
      YTH
      PRESIDEN R.I
      MENTRI2
      PEJABAT2
      APARAT HIKUM
      KPK
      YLKI
      PENGCARA2
      SOSIOLOGI
      PENGAMAT KEUANGAN
      DLL.
      YG MEMPUNYAI HATI MELIHAT KAMI
      BANTULAH KAMI PARA NASABAH (RAKYAT) AGAR DIKEMBALIKAN DIMANA UANG KAMI.TELAH SITIPUUU DIRAMPOK OLEH
      #P.T. AXA MANDIRI FINANCIAL SERVICE.PENIPUUU PEEAMPOK UANG NASABAH (RAKYAT)
      SENGAN BEEMANAGEMENT PWEUSAHAAN DAN BEEPAYUNG HUKUM.. (ASLINYA PERAMPOK.RAKUSSS PENIPUUU BAJINGAN).
      ....
      KAMI TELAH MENGUMPULKAN UANG KAMI DENGAN SUSAH DAN JERIH PAYAH KAMI UTK DAPAT DIPERGUNAKAN MASA DEPAN CITA2 YG SANGAT SEDERHANA INI UTK SEKOLAH/MASA DEPAN ANAK2 KAMI. HARI TUA KAMI. KESEJAHTERAAN KAMI HARAPAN SESERHANA KAMI.. DLL.
      SEMUA....LUDES HABISS.. DIRAMPOK SITIPUUU DENGAN RAKUS OLEH
      $ P.T AXA MANDIRI FINANCIAL SERVICE PENPUUU PEEAMPOK UANG NASABAH (RAKYAT).
      SUDANGKANLAH SECARA TERBUKA HUKUMLAH .. TUNTUTLAH. PENJARAKANLAH. BUBARKANLAH TUTUPLAH.
      # P.T. AXA MANSIRI FINACIAL SERVICE PENIPUUU PERAMPOK UANG NASABAH (RAKYAT).
      ...
      KAMI SEMUA / SY SIAP DISIDANGKAN SECARA TERBUKA (AGAR TRANSPARANT DAN MAAYARAKAT TAUUU)
      DIMANA KAMI./ SY PARA NASABAH TELAH DIRUGIKAN (TDK ADA YG DIUNTUNGKAN)..
      UANG KAMI TELAH DIRAMPOK DENGAN RAKUS OLEH
      # P.T . AXA MANDIRI FINANCIAL SERVICE PENIPUUU PERAMPOK UANG NASABAH (RAKYAT)
      ..
      KAMI / DY MENULIS INI TERBUKA .
      SAN SIAP SISIDANGKAN JUGA TERBUKA.. (TRANSPARANT)
      BIAR SWMUA MASYARAKAT TAU KALAU
      # P.T. AXA MANDIRI FINANCIAL SERVICE PENIPUUUUU MERAMPOK UANH NASABAH (RAKYAT)..
      AYOOO MARI BPK / IBU
      . TEMAN2.. KITA TUNTUT RAME2 / VIRALKAN KITA DTANGKAN GEDUNG AXA TOWER ..MARI KITA SEPAKATIN KAPAN KITA DEMO DATANGIN.. GEDUNG AXA TOWER JALARTA
      # P.T AXA MANDIRI FINANCIAL SERVICE.PENIPUUU PERAMPOK.UANG NASABAH.
      BERMANAGEMENT PERUSAHAAN BESAR (YA IYALAH ORANG PENIPUUU) DAN BEEPAYUG HUKUM.
      (PADAHAL NGAK LEBIH DARI PADA PENIPUUIAN GARONG BAJINGAN PERAMPOK UANG NASABAH)

      • #P.T. AXA MANDIRI DINANCIAL SEEVICE PENIPUUU.PERAMPOK.UANG NASABAH BERMANGEMENT PERUDAHAAN BESAR (ya iyalah bgmn ngak besar dan untung bermangement penipuuu). DAN BEPAYUNG HUKUM... (padahal ngak llebih dari garong rakus pemakan uang NASABAH (RAKYAT).
        MALING BAJINGAN BEGAL BERBALUT PERUSAHAAN DAN BERPAYUNG HUKUM.

1 2 3 5