Telkom IndiHome Tidak Kunjung Dipasang, Hanya Diberi Janji Palsu Sales dan CS Plasa Telkom Jombang

Nama saya Fitra Putra Dirgantara, sebelumnya saya ingin menjelaskan kronologi sesuai judul yang saya buat.

Tanggal 10 Februari 2020: Sekitar pukul 07.00 WIB, saya melakukan pencarian di OLX untuk jasa pemasangan Indihome dan saya menemukan dan menghubungi iklan yang dipasang oleh (SALES) Sdr. Agu** dengan nomor HP 0819019001** saya menjelaskan maksud dan tujuan saya untuk melakukan pemasangan Indihome dengan alamat Perum Puri Kabuh Asri, Dsn.Ngepung Ds.Kabuh Kec.Kabuh Kab.Jombang – Jawa Timur. Sdr.Agu** menjanjikan akan datang sekitar pukul 08.00 WIB dan benar pada jam tersebut sales dan teknisi datang kerumah untuk melakukan survey pemasangan. Pada hari itu juga sales menyatakan daerah saya “BISA DIPASANG” dan akan melakukan pemasangan pada tanggal 11 Februari 2020.

Tanggal 11 Februari 2020: Pagi hari Sdr. Agu** dan teknisi datang lagi kerumah saya dan melakukan input data pendaftaran yang saat itu menggunakan KTP atas nama istri saya Istianatul Khoiriyah karena saat itu saya sedang bekerja. Kemudian pada sore harinya saya di telepon oleh pihak teknisi katanya daerah saya jaringannya penuh sehingga jika mau dipasang Indihome harus dilakukan penambahan jaringan.

Pada malam harinya Sdr. Agu** menghubungi saya via telepon menjanjikan akan melakukan koordinasi dengan teknisi agar segera dilakukan penambahan jaringan. Dan saat itu juga Sdr. Agu** berbicara di daerah saya tiang telkomnya banyak ditutupin pohon dan semak- semak sehingga dia minta jika nanti dipasang tolong teknisinya “DIKASIH” untuk beli rokok dan makan. Kemudian saya menjawab “Pasang aja dulu” karena saya berpikiran belum kerja kok sudah minta-minta padahal hari ini dijanjikan pasang. Kemudian dia menjanjikan akan melakukan koordinasi dengan teknisi

Tanggal 15 Februari 2020: Karena saya merasa tidak dapat update hasil koordinasinya saya menghubungi Sdr. Agu** untuk menanyakan hasil koordinasinya apakah menguap saja?. Kemudian Sdr.Agu** menjelaskan bahwa ODP daerah saya redaman tinggi dan akan tetap diusahakan bisa dipasang. Dalam hati saya berpikir kemarin alasan jaringan penuh sekarang alasan ODP redaman tinggi. Ok saya masih menunggu updatenya kembali dari Sales tersebut

Tanggal 03 Maret 2020: Masih tidak ada update juga mengenai pemasangan saya menghubungi kembali Sdr. Agu** dan katanya dia sudah melakukan pengajuan penambahan jaringan dan masih dalam antrian dan saya diminta bersabar menunggu updatenya.

Tanggal 12 Maret 2020: Saya di telepon oleh Sdr. Agu** dan dikabari penambahan jaringan sudah dilakukan dan siap dipasang. Kemudian Sdr. Agu** memberikan saya nomor virtual account “021113957433” dan berjanji hari itu juga dilakukan pemasangan. Saya diminta untuk melakukan pembayaran deposit sebesar Rp280.000. Tanpa pikir panjang saya langsung melakukan pembayaran deposit tersebut karena saya sudah tahu kebijakan Telkom untuk pemasangan Indihome memang harus membayar deposit dahulu.

Akan tetapi sampai malam hari saya tidak dapat update dan tidak ada teknisi datang untuk melakukan pemasangan dan saya langsung menghubungi Sdr.Agu** dan dia beralasan lagi bahwa di daerah saya sedang dilakukan UNBK SMK sehingga teknisi tidak berani pasang. Pada saat ini juga saya merasa ditipu oleh janji – janjinya karena di daerah saya sekolah SMK itu jaraknya lebih dari 10 km dan menurut saya tidak terpengaruh. Dan Sdr. Agu** menjanjikan saya akan dilakukan pemasangan pada tanggal 19-20 Maret 2020

Tanggal 14 Maret 2020: Karena saya merasa ditipu dan diberi janji palsu saya melakukan pengaduan langsung ke Plasa Telkom cabang Jombang. Saat itu saya ditangani oleh CS yang bernama En** Fir****. saya menjelaskan kronologi diatas, kemudian saya diberi bukti pelaporan dan akan di-update via telepon setelah dikomunikasikan dengan pihak teknisi dan sales

Tanggal 17 Maret 2020: Saya ditelepon oleh CS Plasa Telkom dia menjelaskan sama seperti yang Sdr. Agu** bilang bahwa daerah saya sedang dilakukan UNBK SMK dan akan dilakukan pemasangan tanggal 19-20 Maret 2020. Sontak saya langsung marah via telepon dan saya jelaskan daerah saya itu dengan sekolah SMK jaraknya lebih dari 10 km dan harusnya tidak terpengaruh pemasangan. Kalaupun terpengaruh harusnya pemasangan bisa dilakukan diatas pukul 13.00 WIB karena jam itu sekolah sudah pada pulang. Akan tetapi CS Plasa Telkom Jombang tetap ngotot akan dipasang pada tanggal 19-20 Maret 2020.

Tanggal 20 Maret 2020: Saya dihubungi kembali via whatsapp bahwa ini siap ditarik dan saya ditanyain mau dipasang kapan? Saat itu juga saya langsung jawab “Sekarang juga pasang !!”. Kemudian Sdr.Agu** menjawab ok saya koordinasikan dulu dengan teknisi. Sampai malam hari saya tunggu tidak dapat kabar dan tidak ada teknisi datang. Sampai sini amarah saya sudah sangat memuncak

Tanggal 21 Maret 2020: Saya datang lagi ke Plasa Telkom Jombang dan menagih janjinya yang akan melakukan pemasangan tanggal 19-20 Maret 2020 san saat itu juga saya menghubungi Sdr.Agu** meminta ketemu di Plasa Telkom Jombang. Sdr.Agu** membalas dengan alasan “KABEL HABIS”, ini sontak menambah amarah saya karena menurut saya ini terang – terangan CS Plasa Telkom Jombang dan Sales menipu saya. Saya berpikir “Beginikah kinerja Telkom Jombang? Tidak ada koordinasi internal sebelum buat kesepakatan dengan customer”. Saat itu saya ditangani oleh CS yang bernama Akbar dan cuma diberi kertas pelaporan dan katanya akan dikoordinasikan dengan pihak teknisi dan sales.

Sampai saat saya menulis Surat Pembaca ini saya belum menerima update lagi kapan Indihome saya bisa dipasang. Saya mohon dengan sangat kepada Telkom Pusat bisa menyelesaikan masalah saya ini dan bisa segera memasang jaringan Indihome agar saya bisa bekerja dari rumah. Berikut saya lampirkan bukti:

– 2 surat pelaporan di Plasa Telkom Jombang
– Bukti pembayaran deposit sebesar Rp280.000

 

Salam hormat,

Fitra Putra Dirgantara
Jombang, Jawa Timur


Update: Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan apresiasi atas tindak lanjut dari PT Telkom sbb:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan PT Telkom Regional 5 Jatim Balnus untuk Fitra Putra Dirgantara

Kepada Yth: Redaksi Media Konsumen Menanggapi Surat Pembaca dari Saudara Fitra Putra Dirgantara, Jombang tanggal 22 Maret 2020, berjudul: “Telkom...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • kok pake deposit ya pak? kmrn saya pasang gak pake disuruh bayar deposit dulu soalnya

    • Iya memang sekarang kebijakan telkom untuk pemasangan baru indihome diwajibkan untuk membayar deposit yg di transfer melalui virtual account. Cuma sy ga tau pastinya mulai kapan kebijakan ini berjalan

  • Saran saya mending kontak @telkomsel di twitter resminya, karena mereka selalu merespon keluhan saya. Nah laporin tuh Pak kejadiannya di twitter se detail mungkin, klo perlu kasik juga foto bukti yg bisa memperkuat laporannya.

    • Sudah kak. sudah saya laporkan baik via Email, Twitter dan Indita. Sekalian saya update juga sekarang ini 23-03-2020 Jam 15.00 WIB teknisi sedang melakukan pemasangan karena masalah ini sudah di follow up oleh pusat. Semoga hari ini bisa langsug aktif dan akan saya update lagi perkembangannya.

  • saya belum ada dua hari sudah bisa dipakek kok. untuk masalah deposit si sales mewanti wanti klo belum sepenuhnya dipasang. jangan bayar dlu meski no virtual ada. saya turutin tanggal 10/03 dan besoknya dipasang 11/03. baru bayar deposit. internet lngsung dapet diakses. tentu saja pihak telkom surabaya tlpn tntang pemasangan ini.

  • Allhamdulillah tanggal 23-03-2020 Pukul 16.00 WIB Indihome saya sudah dipasang dan aktif. Terima kasih atas respon cepat dan tanggapnya. Masalah ini saya anggap selesai dan mohon di tunggu verifikasi dari Media Konsumen ya untuk Surat dari saya yang menyatakan masalah ini selesai beserta foto buktinya.

  • Ya saya juga sudah melakukan deposite tapi sampai saat ini belum dilakukan pemasangan :(

  • Saya juga mendaftar untuk pemasangan baru, tapi sudah 3 bulan tak kunjung dipasang. Apa memang harus buat surat pembaca dulu ya baru segera ditindak lanjuti untuk dipasang?