Layanan Keluhan Pelanggan Grab yang Menyedihkan

Saya perlu membuat surat ini dengan tujuan pembelajaran dan memutuskan saatnya publik mengetahui layanan menyedihkan Grab ketika mereka memiliki komplain terhadap layanan mereka kepada konsumen. Saya berusaha sabar dan meminta agar diselesaikan secara komunikatif agar masing-masing mengetahui permasalahannya, bukan dengan cara menyelesaikan melalui email dan memberi hadiah reward voucher 20.000. Alangkah murahnya sebuah penyelesaian dan saya sangat tersinggung jika mereka selesaikan dengan uang seperti ini.

Saya melakukan pemesanan melalui Grab Food untuk kue di Bread Talk tanggal 21 Maret 2020. Dari komunikasi kami per telephon dan chat yang saya tujukan ke driver sudah jelas ucapan yang akan dibuat adalah happy anniversary, tapi malah yang ditulis adalah happy birthday. Saya malu karena kue sampai di rumah dan terkejut, saya sendiri berada di luar rumah ketika memesan dan kue sampai.

Kue sampai dengan selamat, tugas selesai. Tapi kesalahan dalam pembuatan tulisan menurut saya fatal karena saya sudah berkomunikasi dengan driver baik telepon maupun chat. Saya hanya ingin tahu ini kesalahan driver, salah saya yang ngetik atau salah Bread Talk yang menulis ucapan di atas kue

Prosedur komplain saya ikuti, awalnya melalui call center Grab namun tidak dilayani dan diminta menuliskan email sesuai kolom yang tersedia. Masya Allah, yang ada berbalas email dengan penyelesaian disuruh menerima voucher 20.000 dan diminta maklum.

Email sejak tanggal 21 Maret hingga saya menulis hari ini sudah ada 9 kali korespondensi tapi tetap tidak ada penyelesaian. Apa susahnya berbicara dan akan terlihat gentle menyelesaikan masalah. Masalah jelas bisa diketahui titik penyebab dan ada komitmen penyelesaian.

Email-email standar diatas akan terus berulang-ulang, nah apakah seperti ini Grab?

Saya masih akan teruskan masalah ini sampai ada penyelesaian yang baik, mudah-mudahan tidak terjadi pada Bapak dan Ibu. Saya sebenanrnya prihatin disaat kondisi darurat saat seperti ini kami ingin berpartisipasi dengan stay at home dan belanja dengan cara daring, kami mendapatkan layanan baik dari driver, tapi ada kesalahan yang tidak mau dibicarakan dan diselesaikan dengan cara sepele.

Gusti A.W.
Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan Grab Indonesia atas Surat Bapak Gusti

Salam hangat dari Grab Indonesia Kepada Bapak Gusti A.W, Pertama-tama kami berterima kasih atas kepercayaan Bapak Gusti dan keluarga terhadap...
Baca Selengkapnya

134 komentar untuk “Layanan Keluhan Pelanggan Grab yang Menyedihkan

  • 28 Maret 2020 - (07:00 WIB)
    Permalink

    Ya layanan memang seperti itu
    Apa lagi klo rekan driver nya yg meminta penjelasan atas kesalahan yg kurang jelas dan pasti,sehingga jawaban nya hanya lah sebuah sistem dan operator yg menerima kita tidak bisa memberikan jawaban pasti.
    Dan berujung lah pemutusan mitra.

    • 28 Maret 2020 - (09:03 WIB)
      Permalink

      Gara2 salah tulisan entah sapa yg salah, yg berakibat pak gusti merasa malu…., tp coba pikirkan nasib driver nya… jika ini berlanjut… pak gusti bukan hanya merasa malu saja… tp akan merasa memutuskan nasib rejeki keluarga driver…, karna drivernya akan di PM (putus mitra)… mudah2an jng yaaaa

    • 28 Maret 2020 - (12:16 WIB)
      Permalink

      hoo’a..hooo’e… tuh malah kena buli to…, ditengah merabaknya korona, mreka rela lau lalang d jalanan demi utk mencari rezeki/menafahi kluarganya. smga d lipatgandakan rezeki para ojol. aamiin.
      itu yg komplain itu perlu d semprot disinfektan itu…

      • 28 Maret 2020 - (17:28 WIB)
        Permalink

        Jadi pingin liat mukanya Gusti Kya apa??? Masalah speleng begitu aja diribetin, masih bagus dari grab kasih voucher 20rbu. Masih kurang?? Lu mau drivernya cium kaki lu apa bos?? Esmosi gw baca keluhan lu.!! Sampah

    • 28 Maret 2020 - (12:33 WIB)
      Permalink

      Setau saya pelanggan bisa menuliskan note pada pesanan grabfood, sehingga bisa dibaca diaplikasi baik driver maupun aplikasi penjual/merchat.
      Jd siapa yg salah?

    • 28 Maret 2020 - (18:28 WIB)
      Permalink

      Harusnya bersyukur pak teman2 ojol dengan sekuat tenaga melayani anda dgn baik jgn sampai krn komplain anda mitra yang bersangkutan mendapatkan punishment dari perusahaannya. Apa bapak yakin ini kesalahan driver?

      • 28 Maret 2020 - (20:02 WIB)
        Permalink

        Setuju gw ini bkan mslh harga kue tp profesionalisme sbg driver, klo customer sudah konfirmasi kue untuk anniversary kan driver bisa liat dlu kue nya benar tidak tulisannya, , teliti lah klo krja, kerja jgan asal terima aja. Kepuasan konsumen itu no.1 penulis kan di awal dah bilang ini sbg “PEMBELAJARAN” BERPIKIR BIJAK LAH JDI DRIVER JGN SEKALI KALI NYELESAIN MSLH PAKE UANG. GAMPANG NTI KITA GANTI DGN PATUNGAN SESAMA MITRA DRIVER? HALLOO ANNIVERSARY NYA SAH LEWAT JUGA KELESAA

        • 28 Maret 2020 - (23:53 WIB)
          Permalink

          Driver?? Kok menyudutkan?

          Sebagai informasi, Driver itu ga punya hak/kewajiban membuka kemasan/box/dus makanan yang akan dikirimkan. .

          Sekarang kalo pesanan bisa di beri catatan untuk pemesan pada resto, apa gunanya kak itu kolom kalo ga dipakai.. Apa cuma dipakai ngetik “pak rumah saya dari titik pengantaran maju lagi” LoL

          Dan kalo menanyakan profesionalitas, kalo gitu banyak CS pasti komplen, karna driver pasti nganter sesuai titik. Mau sudah sampai atau belum ya sesuai titik.

        • 29 Maret 2020 - (01:37 WIB)
          Permalink

          Custamer juga bisa cek kali klo kurang sesuai bisalah complain ke driver biar dibalikin keresto drpd complain lewat email atau kantor grab yg efeknya bngtt merugikan si driver,,namanya juga manusia,pasti punya tempat kesalahan dan kelalaian,,sepertinya anda kurang bisa memahami kebijaksanaan sebagai manusia,,

        • 29 Maret 2020 - (05:35 WIB)
          Permalink

          Berkomentar itu lihat dulu dari segala sisi dan penjelasan yang disampaikan…
          Anda berkomentar soal profesionalisme, sekarang apakah yang menulis sudah memberikan penjelasan bahwa dia sudah crosscheck kepada pihak Restonya? Yg saya lihat dari penjelasannya, beliau hanya menghubungi pihak Grab saja tidak ke Restonya, apakah itu bisa dibilang Profesional???
          Perlu dipahami dulu dengan jelas agar sampai komentar anda menjadi bersifat menyudutkan salah satu pihak saja…
          Cobalah belajar bijak dan Profesional juga…

        • 29 Maret 2020 - (17:28 WIB)
          Permalink

          Banyak customer pesen food. Titik antarnya cuma sampe pintu masuk gedung. Tapi kasih catatan “naik ke lantai 20 ya pak”, “titip ke receptionis yaa pak”. Tempat parkir gedungnya jauuuuh shg driver hrs jalan kaki ke gedungnya, bayar parkir juga di resto sama di gedungnya. Bilang terima kasih aja nggak, Apalagi ngasih tip. Padahal customer dpt promo dari grab sampe 40rb!
          Driver dapet dari grab 11rb potong komisi 800 potong lagi 4.000 (2x parkir) = cuma dapet 5.200 perak! Kadang antri 30 menit, macet/panas/ujan!!!
          5.200 harus profesional???
          Situ orang?

        • 30 Maret 2020 - (00:27 WIB)
          Permalink

          Pak Iwan…Anda bilang “jangan sekali2 menyelesaikan masalah dengan uang”. Nah skrg misalnya kendaraan anda tersenggol kendaraan lain apakah anda tidak akan minta ganti rugi? Jika tidak dgn uang apakah kendaraan anda akan bisa diperbaiki hanya dengan sebuah “laporan” seperti yg dilakukan pak Gusti?

  • 28 Maret 2020 - (07:58 WIB)
    Permalink

    Saran saya yah maafin aja.. kesalahan penulisan seperti itu. Apa begitu merugikan anda..tinggal bilang ke penerima paket maaf yah itu kesalahan driver…mungkin penerima akan maklum..ketimbang anda komplain ke grab cs..yg ada driver putus mitra dan g bisa cari nafkah buat anak istinya…malah bisa g makan..mana yg lebih besar mudharatnya…#memaafkan lebih baik

    • 28 Maret 2020 - (08:50 WIB)
      Permalink

      Mengapa harus ngotot bgt mau lapor ke cs,apa anda puas klw si driver di putus mitra,hanya karna belom tentu kesalahan sidriver,ini lah salah satu sikap gk tau untung costamer,dibela2in hujan ke hujanan panas kepanasan,ngantri panjang,tolong hargain sedikit kerja keras ojol.

      • 28 Maret 2020 - (21:35 WIB)
        Permalink

        Masih mending di ganti
        Gw komplen k cs 2x end call sama CS nya
        Yg ketiga kalinya cs berbeda berpura2 suara saya tidak terdengar
        Ngotak g?
        Gw cuman komplen masalah driver lelet
        Dan tidak sesuai estimasi
        Padahal gw tlpon ke counter depan tempat gw pesen makanan nya sepi
        Jarak 1km
        Makanan datang 1jam 13 menit
        Terhitung sejak driver berada di resto

        Nasi Padang doang
        Ngebungkus 4 menit jadi
        Anter 1km masuk gang doang
        G jalan raya yg ada lampu merah juga

        • 28 Maret 2020 - (21:41 WIB)
          Permalink

          Dan ini terjadi sebelum kasus Corona
          Emang rada kesel sih sama CS grab
          Emang g ada manfaat
          Gw sempet juga order grab food
          3 minuman hits beberapa bulan lalu
          1 d antara minuman itu ada rambut di dalam nya

          D ganti 2 voucer 15rb
          Prasaan minuman gw bayar 32rb
          Ini voucer 15rb X2

          Tapi jadi g guna
          Disc 15000 ada minimum pembelian juga
          Kan g ngotak
          D ganti sih di ganti
          Tapi ngerugiin orang lagi
          Sedangkan dia dapet untung

    • 28 Maret 2020 - (13:26 WIB)
      Permalink

      Tolong introspeksi dri aja. Dengn ada berdiam dri drumah merogoh kocek ongkos GRAB FOOD RP 15RB APAKAH SETIMPAL NGA. TERKADANG TDK BS MENYALAHKAN SPENUH NYA KPD DRIVER. DRIVER OJOL JG MANUSIA. DKALA MEREBAK NYA VIRUS CORONA KM PARA DRIVER OJOL BERJUANNG DJALAN DR PAGI HINGGA MALAM, HUJAN PANAS KM LALUI. JD INTI NYA KAMI JUGA MANUSIA TAK LUPUT DR KSLAHN, TIADA MANUSIA SATUPUN YG SEMPURNA. KCUALI KESEMPURNAAN HANYA MILIK ALLAH SWT

      • 28 Maret 2020 - (22:44 WIB)
        Permalink

        Astaghfirulloh..jangan saling menyalahkan,manusia tempatnya salah,semua yg terjadi mungkin buat pembelajaran customer kalo order kan ada kolom note,jadi langsung bisa dibaca deiver sekaligus restonya,kalo cm chat atau telpon kadang manusia kan bisa lupa,sampe resto berhubung gakada note dikirain sesuai aplikasi…yg pasti,memaafkan adalah yg paling mulia,makasih..

  • 28 Maret 2020 - (08:41 WIB)
    Permalink

    aduh ko yg begini aja jadi heboh bgt sih….. kirain kuenya nggak sampai…. yg pasti kuenya udah dimakan kan….. kalau sampai putus mitra driver ojolnya gara gara kue yg udah dimakan ???? hati hati karma berlaku

    • 28 Maret 2020 - (22:29 WIB)
      Permalink

      Setau gw mah emng castamer greb mah kebanyakan pelit ga boleh salah dikit. Cs laporan aja langsung saspen, putus mitra. Padahalmah bayar juga promo hadehh. Seandainya saja saya jadi pegawai kantor ga bakalan mau jadi ojol

  • 28 Maret 2020 - (08:51 WIB)
    Permalink

    Hai Gusti, apakah sebelumnya anda saat telp dengan driver meminta disambungkan dengan pihak resto seperti kasir atau karyawan resto lainnya?
    Dalam hal ini anda tidak bisa menyalahkan pihak grab sepenuhnya, walau dalam tulisan anda bilang ini kesalahan antara driver atau resto, tp jelas, dalam judul anda, anda sepenuhnya menyalahkan pihak grab. Karena terkadang driver sudah menyampaikan namun ada kelalaian dari pihak resto.
    Jika melakukan pemesanan yang sama saya harap saat telp driver juga minta disambungkan ke pihak resto, ingatkan juga pihak resto untuk mengingatkan tulisannya.
    Driver salah jika pesanan tidak sampai, pesanan tidak selamat sampai tujuan tapi jelas pesanan selamat sampai tujuan.
    Instrospeksi diri dari kesalahan bersama ini, jangan egois hanya menyalahkan pihak lain.
    Terima kasih

  • 28 Maret 2020 - (08:52 WIB)
    Permalink

    Ampum cuma masalah tulisan dan kue..kasian di bapak hidupnya jadi dibikin ribet sendiri..belajar jauhi masalah pak..karena mungkin itu unsur ketidaksengajaan..klo pun kesalahan Drivernya kasian bs putis mitra..sedangkan rmh aja ngontrak ,mungkin dia jg punya anak istri ..sedangkan bapak berjuang dgn Egonya bapak sendiri cuma gara2 Kueh yg salah penulisan

  • 28 Maret 2020 - (09:02 WIB)
    Permalink

    Masa Allah cuma gara-gara tulisan seperti itu,luar biasa sekali.1:1.000.000 orang yg ada di negara ini seperti itu.Kalo seandainya kue yg di pesan tidak kunjung datang baru itu masalah besar buat grab ny ini kue ny sampai dengan baik apa yg harus di permasalahkan hanya gara-gara salah tulisan.

  • 28 Maret 2020 - (09:04 WIB)
    Permalink

    Bnyak cara menyelesaikan permaslhn.bukan cara seperti itu….anda bs telvn ke breadralknya atau gmna ke.trus anda juga bs beli lagii.mslh bgtuu ko di besar besarkan…..ada ada ajha anda ini….lucu dengernya. seperty anda tidak pernh salah di seumur hidup anda ajha ..

  • 28 Maret 2020 - (09:10 WIB)
    Permalink

    next time kalau ada spesial request terkait pemesanan via daring / online…baiknya konfirmasi langsung ke toko atau penerima order jangan ke driver, karena kadang jika toko sedang ramai..pesan dari driver bisa putus atau salah menerima pesan ( human error ).

  • 28 Maret 2020 - (09:31 WIB)
    Permalink

    Senyum2 dengerin pengaduan ini, cuma bisa bilang istighfar… ???. Jgn menzhalimi driver ya pak krn hanya masalah tulisan kue,,,?

      • 28 Maret 2020 - (13:11 WIB)
        Permalink

        Gua ketipu sama Judulnya’Keluhan pelanggan yang menyedihkan’
        pas baca muak dan eneg banget.
        Justru yang sedih bukan Lu Gusti, Yang sedih itu Driver nya dapet pelanggan kaya Lu..
        Ya Alloh ada manusia model begini..

      • 28 Maret 2020 - (14:41 WIB)
        Permalink

        kalo udh tau sypa yg salah trus mau ngapain..
        mau kata maaf atau d ganti..??
        tp tuh kue udah abis kn..
        malu atuh…

        • 28 Maret 2020 - (20:25 WIB)
          Permalink

          Dear customer terhormat
          Mngkin anda kurang paham tekhnologi yg ditawarkan pihak aplikator lewat aplikasi,,sebenernya simple stiap anda order layanan antar penumpang (bike) food maupun barang (ekspress) selalu disertakan kolom note atau pesan khusus,,jd gunakan itu supaya pihak driver atau pun pihak toko yg melayani orderan food maupun expres bisa baca dan memahami keinginan customer,,perlu di ingat kami hanya melayani pengantaran supaya barang atau pun orng sampai dgn selamat ditujuan.

  • 28 Maret 2020 - (10:12 WIB)
    Permalink

    Grab sudah benar. Dia gak mau campur urusan order. Ingat anda hanya minta tolong beli kan kue . Urusan yg lain bukan urusan driver. Jangan expect yg lebih karena anda pun tidak memberikan lebih. Mau aman pesen sendiri aja bos

      • 28 Maret 2020 - (22:03 WIB)
        Permalink

        Seperti anak balita yang ingin mengucapkan selamat pagi tapi salah justru mengatakan selamat malam , bukan sepenuhnya kesalahan balita tapi anda malah sakit hati dan dendam !!! Ini sepertinya yang sakit otak anda atau jangan jangan anda ini psikopat !!

  • 28 Maret 2020 - (10:16 WIB)
    Permalink

    Aduh gustiii. Cuma gara2 salah penulisan.gak usah lebay bgt kali.kue jg toh sdh di makan.gk kasian apa loe gara2ongkos goceng aj mpe buat laporan.itu dah utung grab ksh voucher 20 rb.untung donk 15 rb.blm diskon lg dr grab klo pake ovo.!!!

    • 28 Maret 2020 - (12:09 WIB)
      Permalink

      Hadeeuuhhhh?
      Bukannya bersukur dan trimakasih udh di beliin sama driver, udh di talangin sama driver tinggal duduk manis, nggk pake ngantri2 masih aja gak ada terimakasihnya, kalau mau nyalahin grab atau driver cari alasan yg masuk akal, driver memesan kue itu udh pasti pesanannya di tunjukkan dulu ke resto, gak mungkin resto bisa membuat makanan tanpa ada pesanan, tepok jidat ?? gini hari masih aja ada org go****

  • 28 Maret 2020 - (10:36 WIB)
    Permalink

    Yaelah bos,ribet Amad ya hidup kue,masalah begini aja , broo asal lu tau ya driver itu jobdesk nya cuman nalangin n beliin tuh pesenan lu,ongkir yg lu bayar juga gak bakalan lebih dari 5000 yg lu bayar, gausah mentingin diri sendiri,coba lu pikirin tuh driver klo sampe di putus mitra gak bisa nyari makan buat keluarga,bakal dosa besar ente,

    Kan bisa lue pesen makanan ,trus makanan sampe kue bikin sendiri tulisannya biar gak salah , jangan mempersulit diri sendiri dan orang lain broo buat kepentingan dan ego lu

  • 28 Maret 2020 - (11:10 WIB)
    Permalink

    Hah? Koplak Luh !
    Bilang aja lu mau nuntut grab 2 milyard untuk ganti rugi rasa malu elu kan?
    Apa salah grabnya? Apa hubungannya sama grab?

    Ini kesalahan pasti yg dilapangan! BreadTalk, driver, atau anda sendiri yg salah memberikan instruksi.
    Jadi komplainya ke braedtalk atau ke driver kalau anda merasa benar!
    Hubungi breadtalknya, tanya kenapa bisa begitu tulisannya? Apa driver ga menyampaikan pesan anda atau bagaimana?
    Kalo sdh disampaikan, brarti BreadTalk nya yg salah!
    Begitu kan nalarnya?

    Ko ke grab?
    #tepokjidat

  • 28 Maret 2020 - (11:30 WIB)
    Permalink

    Berpikirlah secara sehat.. pakai otak, pihak grab dia berperan sebagai penyambung pesanan/pengantaran.. driver sebagai pengantar pesanan.. dan sudah jelas kesalah dari kue nya kan, itu dari restoran nya.. jadi.. kalo anda punya otak, anda harus nya komplen kemana.. itu aja, oke.. salam punya otak

  • 28 Maret 2020 - (11:39 WIB)
    Permalink

    Awkowkwowkowkwowk… niat share komplain malah kena bully…
    Sini bos jadi driver ojol sehari aja.. kuat apa ga..

  • 28 Maret 2020 - (12:02 WIB)
    Permalink

    Pak kalo bukan bapak yang salah ketik ya.. kariawan bread talk nya karena si Driver sebelum pesan itu hp di sodorin…
    Kalo si drivee gak bisa baca pasti gak bakalan di terima grab. Malulah saat kegoblokan sendiri di umbar2
    Udah di tolongin beli loe koment kaya orang bener

    • 28 Maret 2020 - (12:37 WIB)
      Permalink

      Bapak pesan ndak ditempat, coba Kali do rumah, pasti langsung sudah selesei masalahnya. Kalo pesen jangan kaya orang buang air besar.

  • 28 Maret 2020 - (12:12 WIB)
    Permalink

    woi driver itu bukan babu lo udah untung lo bisa dibeliin yang lo mau belom tentu juga lo mau kalo lo posisi nya jadi driver bayar ga brapa tapi ada kekeliruan kecil dibesar besarin sok bossyyy lo mudah mudahan lo kena karma nya gw doain

  • 28 Maret 2020 - (12:32 WIB)
    Permalink

    Costumer bang*** bin to*** ngadu langsung ke grab.. saya driver juga kalo dapet kerjaan juga hape sodorin ke kasirnya/pelayan kalo ada note nya juga di baca tuh… Kalo ada kesalahan laporan ke grab nya… Lu sama aja tolol bin ban**** anj***. Lu gatau salah siapa sebenernya main laporan ke grab.. yang ada mitra di supsen. Ongkir 4/5K aja belagu an**** ban*******… Ga ada ot** kau

  • 28 Maret 2020 - (12:43 WIB)
    Permalink

    Lebay amat brooooo…
    Harga tulisannya ga semahal harga manusia yg harus di hidupi sama driver ojolnya..
    Coba tuch suruh gantian jadi ojol,bisa apa ga..
    Ongkos ga seberapa,belinya pake promo tapi lebay nya minta ampun..
    Coba beli sendiri aja brooo..biar ga salah.

 Apa Komentar Anda mengenai Grab?

Ada 134 komentar sampai saat ini..

Layanan Keluhan Pelanggan Grab yang Menyedihkan

oleh Gusti AW dibaca dalam: 1 menit
134