Dipermainkan oleh Pihak Maybank Finance yang Menarik Kendaraan dengan Seenaknya

Pada tanggal 17 Maret 2020 siang hari, saya mengalami pelecehan oleh Maybank Finance, dimana kendaraan saya diambil paksa oleh pihak Maybank. Kredit a.n. Pranoto, Nomor kontrak: 50501190134, Tipe mobil: Wuling Cortez warna hitam. Memang saya saat iu terlambat angsuran jalan 3 bulan. Namun bukan karena saya tidak membayarnya, akan tetapi bermula dari pembayaran saya yang terlambat 21 hari, dimana kata seorang kolektor yang Whatsapp saya kalau peraturan Maybank telat 21 hari akan diterbitkan surat penarikan unit.

Saya sangat kaget mendengar hal itu. Kemudian saya segera mencari pinjaman ke saudara saya untuk membayar angsuran mobil saya. Akhirnya saya mendapatkan dananya tersebut dan tidak pakai lama saya setorkan ke tabungan Maybank saya, karena metode pembayarannya secara autodebit.

Namun selang 1 minggu kemudian, saya dapat WA lagi dari pihak Maybank Finance bahwa katanya saya belum bayar angsuran mobilnya. Dengan sedikit kesal saya bilang sudah dibayar pak! Namun ketika saya cek kembali saldo tabungan Maybank saya, ternyata benar belum terpotong. Katanya pembayaran saya tidak diterima dikarenakan saya harus membayar dengan denda kolektor, yang mana saya disuruh membayar Rp3 juta untuk biaya tersebut. Shock sekali mendengarnya. Saya tidak terima dengan biaya tersebut, saya posisi lagi susah kok kenapa dibebankan lagi?

Akhirnya berlarut-larut, sampai angsuran saya terlambat 2 bulan lebih. Saya mikir terus setiap hari, apa yang harus saya lakukan? Akhirnya saya pinjam uang lagi ke kakak saya untuk membayar Rp3 juta tersebut (karena takut kenapa-kenapa) dan saya mengalah untuk bayar biaya tersebut. Akhirnya saya masukan kembali ke saldo tabungan Maybank saya Rp3 juta untuk biaya apalah itu namanya.

Surat penarikan

Namun nasib buruk saya kembali terjadi tanggal 17 Maret 2020 ada orang yang mengetuk pintu rumah saya dengan kencang sekali dan ternyata benar hal yang saya takutkan benar terjadi. 3 orang kolektor dari Maybank Finance memaksa menarik unit saya dengan alasan saya belum membayar semua dendanya, yang katanya sekarang sudah menjadi Rp9 juta rupiah. Saya cuma bisa nangis dan pasrah. Saya sudah tidak punya uang lagi kalau untuk membayar biaya segitu banyak.

Saya mohon kebijaksanaanya dari pihak Maybank. Saya hanya ingin melanjutkan kreditan mobil saya. Itu kendaraan saya pakai untuk usaha ke sana ke sini. Sekarang saya tidak bisa jualan.

Pranoto
Kab. Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

30 komentar untuk “Dipermainkan oleh Pihak Maybank Finance yang Menarik Kendaraan dengan Seenaknya

  • 1 April 2020 - (17:24 WIB)
    Permalink

    Menurut saya sih bukan di permainkan ya, itu memang sudah aturannya. Saya juga ada kredit mobil dengan maybank dan selama ini baik baik saja karena kalo ada keterlambatan atau lupa bayar selalu di sms. Sebelum saya ambil dengan maybank saya selalu di jelaskan dengan jelas dan sangat jelas sama pihak bank kalo terlambat 21hari atau sebulan saya lupa itu kreditan saya di blokir dan harus bayar 3jt + tunggakan untuk buka blokirannya, baru bisa melanjutkan cicilan untuk bulan berikutnya, saya rasa semua bank kalo kredit macet gitu pasti ada pinalty yg harus dibayarkan, kalau tidak mending datang ke bank untuk meminta keringanan pembayaran mungkin bank bisa bantu

    • 1 April 2020 - (18:02 WIB)
      Permalink

      Tp skrg dy mnta 9jt krna udh lwt 2bln..
      Dan ktika sy mngjukan permohonan ke kantor maybank.
      Malah ditolak dan memutus sepihak untuk dlunasi smua sisa angsran

    • 20 Januari 2022 - (10:07 WIB)
      Permalink

      Saya rasa baru maybank yg punya aturan diluar kontrak.. Dikontrak cm ada denda yg dikenakan 0.4% /hari setelah lewat jatuh tempo dan akan diakumulasikan di ahir kredit hrs kita bayar semua denda2 keterlambatannya
      Gak ada tuh di kontraknya jika telat 21 hari akan dikenakan denda 3 jt an
      Dan anehnya denda yg 3 jt itu bs di nego smp 500 rb atau 1 jt ke saku debt collector..
      Selama pengalaman sy kredit mobil dr leasing2 lain gak pernah ada kejadian ky gitu..
      Cm maybank yg amazinggg mencekik para kreditur

  • 1 April 2020 - (23:48 WIB)
    Permalink

    Secara hukum pihak kreditor tidak ada hak untuk mengambil/menarik unit klo melihat di perjanjian Fidusia, harusnya penarikan unit harus atas ijin pengadilan…minta tunjukin dulu surat perintah dari pengadilannya ada tidak?
    Cmiiw

    • 2 April 2020 - (00:55 WIB)
      Permalink

      Tidak ada surat pengadilan. Dan tidak ada penjelasan yg jelas dr pihak maybank , pokoknya skali datang langsung ngotot tarik unit. Sy mau bayar angs saya + denda3jt pun tdk dia terima. Dia minta 9jt untuk dendannya saja. Krna sy ga pny uang lg. Jd sy pasrah mobilnya diambil. Sedih bgt…:(

  • 2 April 2020 - (09:24 WIB)
    Permalink

    Jahatnya RIBA BANK memang seperti itu… Semoga Anda dimudahkan & dilancarkan segala urusannya Pak…

      • 5 April 2020 - (14:20 WIB)
        Permalink

        Pembayaran pakai autodebit otomatis berhenti kalau 2 bulan tidak bisa terdebit, jadi harus bayar manual.

        saya juga pernah kesulitan cicil mobil, tapi bedanya saya yang minta untuk ditarik saja karena sudah tidak sanggup cicil atau bayar denda. tapi waktu itu saya tekankan pihak leasing saya harus terima surat fidusia, penarikan oleh pengadilan atau ada surat dari pengadilan memberi kuasa ke pihak leasing untuk penarikan, surat lunas dari leasing, juga slik ojk saya diupdate menjadi lunas, kolektibiltas jadi lancar.

        itu surat fidusia sudah benar dikeluarkan pengadilan (kemenkumham) tapi prosedur yang benar itu pihak pengadilan didampingi pihak kepolisian yang berhak menarik mobil. karena mobil yang ditarik itu nanti dijual/lelang pengadilan dan uangnya diserahkan ke Bank.

        anda harus verifikasi yang ambil itu pihak bank apa pengadilan, kalau orang bank jelas ada pelanggaran hukum dan anda bisa tuntut, untuk hal ini bisa konsultasi biro hukum.

        anda harusnya terima surat lunas juga jika mobil sudah ditarik, bukan cuma surat fidusia.

        • 6 April 2020 - (15:00 WIB)
          Permalink

          Yg narik org colector. Sy kmrn tdk bs melawan karna sy lg ssndiri drmh dan dirampas paksa oleh 3org kolektor basanya pun besar2. Saya ngeri..

          • 28 Desember 2020 - (20:50 WIB)
            Permalink

            halo bisa berkenan membantu saya berbagi informasi ttg KPM dr Maybank? untuk tugas kuliah saya. terima kasih

  • 13 April 2020 - (12:04 WIB)
    Permalink

    Maybank finence bentuk lessing yg berkerja sama maybank bii, menangapi surat dr kementrian hukum hak azasi manusia jika saya liat jaminan fidusia tidak sah karena tidak ada stempel dr kementrian hukum azasi manusia jadi dop kolektor dan colletion tidak boleh seberangan merampas kendaraan pihak Debitur sesuai peraturan yang di keluarkan barang siapa yang menarik paksa kendaraan kepada kreditur yang menunggak pembayaran dan perbuatan tidak menyenankan dan melakukan permaluan di depan umum di kena pasal pidana. Dari aturan itu sudah jelas jika terjadi sebaiknya laporkan ke polisi setempat.

    • 21 April 2020 - (22:55 WIB)
      Permalink

      Ya cuma kita orang awam mau ngurus pelaporan ke ojk/polisi/lain2 gmna caranya. Saya jg pengen mobil saya kembali.
      Tapi 1 sisi pihak maybank tidak ada respon koperatif. Mau gugat pun gmna. Sy cm org kecil. Bayar cicilan mbl aja msh nunggak kmrn. Gmna untuk maju ke ranah hukum?

  • 22 April 2020 - (07:41 WIB)
    Permalink

    Sebaiknya lapor polisi setempat sebelum unit di sita sama dop kolektror segera utk melanjutkan ke meja hijau di pengadilan utk juru sita, fidusia itu menjurus rana perdata nti pengandilan yg akan putuskan, jika dop kolektor mengancam sih debitur, segera buat spkt kepolisian setempat utk di pidanakan sih dop kolektror di situ di tuangkan sdh jelas ada pasal2 perdata dan pidana utk khusus juru penangih.

  • 22 April 2020 - (08:57 WIB)
    Permalink

    Itulah semena menanya orang yang punya uang. mari kita berdoa bersama ditengah pendemi corona ini supaya kita semua dilapangkan rejekinya, dimudahkan dalam mendapatkan rejekinya. diampuni dosa dosa kita, dan hilangkan pembiayaan dalam bentuk apapun dalam kehidupan kita.

  • 24 Mei 2020 - (01:47 WIB)
    Permalink

    Bener2 ga asa penyelesaian. Raib bgtu saja harta benda saya yg di cicil sudah 1th stgh. Pake keringet.
    Cm 2bln itu pun karna debtcolector yg memeras saya meminta sejumlah uang.
    Skrg cm bs meratapi nasib harta sudah raib . 🙁

  • 11 Juni 2020 - (07:58 WIB)
    Permalink

    Bro, sebelum ente terima mobil, baca dulu butir” di kontrak bro… Maybank itu surat perintah tugas 21 hari, emang si bro gak membaca bagian kewajiban?

  • 10 Juli 2020 - (10:41 WIB)
    Permalink

    Gimana kalau yg telat 21 hari dikarenakan gagal debet? Padahal dana ready untuk di debet, saya ada masalah dengan maybank finance juga, selama pembayaran cicilan saya menggunakan sistem auto debet, selama pembayaran saya masukkan dana ke dalam rekening maybank HANYA sebesar cicilan yg harus saya bayar, tanpa ada dana mengendap, dan selama itu cicilan mobil saya bayar sekitar 1,5 tahun lebih tanpa ada masalah, pas bulan maret saya memang telat memasukkan dana untuk di debet, telat sekitar 1-2 hari, ditelepon oleh pihak maybank beberapa kali, diinfokan saya sudah belum bayar, padahal saya ada bukti transfer dari bca ke rekening maybank saya, selama di telepon saya tetap menjawab kalau saya sudah bayar, dan ada struk bukti transfernya. Dan setelah lewat 21 hari, ada yg ke rumah mengatakan kalau saya belum bayar cicilan, setelah dicek ke pihak bank, ternyata dana saya gagal debet karena dananya pas pas an dengan sebesar dana cicilan saya tanpa ada dana mengendap, saya ke bank untuk cek history pembayaran selama 1,5 tahun tidak ada masalah meskipun saya cuma bayar sebesar cicilan saya, jadinya sekarang saya ditagih dana sekitar 4jtan karena ada tindakan, dan saya diharuskan untuk membayar, yang saya sayangkan dengan pihak maybank kenapa selama di telepon beberapa x tidak menginfokan bahwa dana kurang jadinya tidak bisa di debet? Dan kenapa pembayaran saya selama 1,5 tahun ga ada masalah gagal debet dengan dana yg pas pasan cicilan saya? Setelah saya konsultasi dengan marketing maybank dan supevisor maybank tetap tidak ada solusi apapun dan saya harus bayar denda tersebut.. sangat kecewa dengan sistem maybank finance, tapi apalah daya saya, cuma orang kecil, dan ini juga lagi masa masa yg lebih susah karena pandemic..

    • 28 Desember 2020 - (20:49 WIB)
      Permalink

      halo bisa berkenan membantu saya berbagi informasi ttg KPM dr Maybank? untuk tugas kuliah saya. terima kasih

  • 15 September 2020 - (14:09 WIB)
    Permalink

    saya pernah mengalami gagal autodebet juga di maybank finance, mereka menghubungi via WA setelah hari ke-2, kami segera menambahkan dan menghubungi kembali. hasil nya OK.
    hanya saja diakhir, pada saat pelunasan, saya kena denda dari kejadian telat 2 hari tersebut sebesar ratusan ribu. Nah disitu saya minta langsung temui pimpinan cabang nya dan menjelaskan klo ini bukan disengaja, akhirnya mereka memutihkan denda dan saya melunasi segera dengan potongan yang lumayan besar. Alhamdulillah lancar. Saya tidak membela pihak tertentu, hanya berbagi saja.

    • 28 Desember 2020 - (20:49 WIB)
      Permalink

      halo bisa berkenan membantu saya berbagi informasi ttg KPM dr Maybank? untuk tugas kuliah saya. terima kasih

  • 28 Desember 2020 - (22:21 WIB)
    Permalink

    Beli kendaraan, motor atau mobil secara kredit sangat beresiko, jika angsuran macet, bahkan cuma satu bulan kendaraan bisa ditarik. Jika kendaraan ditarik, akan kehilangan semuanya, DP dan angsuran yang sudah dibayar raib begitu saja, seperti diambil hantu.

  • 29 Juli 2021 - (06:09 WIB)
    Permalink

    Apakah Itu maybank Alamsutera? Sy Juga telat berjalan 2 bulan, sisa angsuran 4x lagi lunas. Selama ini selama 3 th lebih belum pernah telat, karena pandemic membuat kacau keuangan. Jadi orang internal maybank sudah datang kerumah Sy minta waktu Tapi hanya dikasih 2 Hari sampai tanggal 30. Kalau sampai tanggal 30 belum bisa bayar kendaraan Akan diserahkan ke maybank Pusat Dan ketika sudah ada dana bisa ditebus. Padahal ini Masa pandemic sy cuma baru telat 2 bulan berjalan saja mohon mohon seperti pengemis tidak diberikan keringanan waktu sampai akhir bulan depan. Semoga para Team collection maybank, debcollector atau keluarga, pasangan dan keturunannya tidak mengalami kesulitan suatu saat nanti seperti ini, padahal sudah memohon mohon. Ikhlaskan saja mas minta kepada Tuhan semesta alam yang mampu memberi rejeki mudah mudahan bisa diganti yang jauh lebih baik. Sulit memang orang yang bekerja ditempat seperti Itu Hatinya akan keras karena memakan rezeki dari yang kurang baik dalam islam. Nanti Setelah mereka sudah tidak bekerja ditempat seperti itulagi baru mereka paham and Akan sangat menyesali perbuatan mereka Itu.

  • 31 Agustus 2021 - (23:54 WIB)
    Permalink

    Saran bagi yg ingin mengajukan kredit mobil lebih baik ke anak bank BUMN, mereka masih ada hatinya.
    Klo maybank parah..
    Kita sudah datang ke kantor pusat pun malah disuruh langsung berhubungan dengan external (debt collector).
    Intinya kita harus punya dana darurat untuk bayar cicilan. Krn lewat sehari pun langsung dialihkan ke external, akun kita di block jadi kita ga bisa bayar.
    Orang kita ga mau kabur kok, kita akan bayar tapi minta waktu seminggu, tapi tetep ga bisa. Sehari lewat langsung denda berjalan, setelah denda berjalan ada lagi biaya penanganan 3jt rupiah.
    Contoh, kita harusnya bayar 1 juni. Tapi kita baru bisa bayar tanggal 1 juli. Itu sudah kena denda dan biaya penanganan.
    Jadi kita harus bayar angsuran 2 bulan (juni dan juli) plus biaya penanganan.
    Pokoknya amsyong lah.. Klo sampe berani bayar tanggal 15 juli. Disita dah tu mobil. Jangan coba2 deh dengan maybank finance… Dikit2 pihak ketiga.. Parah.

  • 25 Februari 2024 - (16:20 WIB)
    Permalink

    Saya juga sama pak, ini malah lebih parah, baru satu bulan telat, dan sudah saya bayar pula….debkol datang pada jam 9.30 malam dan mengaku dari polsek tanjung duren supaya bisa masuk ke unit apartmen saya…mobil diambil paksa pada jam 23.00

 Apa Komentar Anda mengenai Maybank Finance?

Ada 30 komentar sampai saat ini..

Dipermainkan oleh Pihak Maybank Finance yang Menarik Kendaraan dengan …

oleh Pranoto Pranoto dibaca dalam: 1 menit
30