iPhone 11 Pro Max Cacat Produksi, Mohon Tanggapan dari iBox Indonesia

Dear iBox Indonesia (Member Erajaya Group),

Pada Tanggal 02 Jan 2020 Saya membeli sebuah iPhone 11 Pro Max 64GB di Sebuah Retail Erafone 2 Plasa Simpang Lima Semarang, Jawa Tengah yang mana retail tersebut menjual produk iPhone bergaransi resmi Apple Indonesia dan merupakan retail yang dimiliki oleh Erajaya Group. Saat saya membeli hp tersebut dijelaskan tidak ada garansi toko oleh sales yang melayani saya, kalau ada kendala, kata salesnya saya langsung disuruh ke iBox yang berada di Hartono Mall Yogyakarta selaku AASP yang berada di Jawa Tengah. Okelah saya ambil resiko tetap membeli sebuah iPhone 11 Pro Max dengan harga 20 juta kembali 1000 rupiah. E-receipt dikirim by email.

Karena dalam pikiran saya (produk sekelas iPhone 11 Pro Max yang menjadi produk andalan tidak akan ada cacatnya dan pasti QC-nya sangat ketat). Saat pertama unboxing yang dilakukan oleh sales-nya dan sales tersebut berusaha menyalakan HP tersebut tapi tidak bisa, ternyata HP-nya kehabisan battery (dalam pikiran saya, waduh hp baru kok bisa kehabisan daya, apa saat diproduksi memang tidak di isi dayanya).

Saya masih berpikiran positif karena saat di-charge oleh salesnya bisa nyala normal dengan keadaan battery sekarat. Sambil di-charging saya disuruh mengecek ada cacat fisik atau tidak, saya cek tidak ada cacat fisiknya. Selesai pengecekan saya melakukan pembayaran pada pukul 16:22 WIB dan pulang sampai rumah. Kemudian saya charge hp tersebut sampai pagi hari berikutnya. Saya mengambil hp tersebut buru-buru berangkat ke kantor ternyata battery tidak full 100% pengisiannya, mentok di angka 80% setiap harinya, bahkan terkadang mengisi sampai 57% saja meskipun di-charging semalam. Saya mulai merasa iPhone 11 Pro Max saya ada yang tidak beres dan bermasalah, karena saya membandingkan dengan hp iPhone 11 Pro Max punya kakak saya yang baterainya bisa di-charge sampai 100%.

Singkat cerita, karena kesibukan bekerja, saya baru bisa ke iBox Hartono Mall Yogyakarta pada tanggal 16 Maret 2020 selaku Apple Authorized Service Provider yang berada di Jawa Tengah untuk mengecek apa yang terjadi dengan HP saya. Sesampainya di iBox Hartono Mall, saya ceritakan keluhan saya. Customer Service menyarankan untuk meninggalkan HP iPhone 11 Pro Max saya di AASP iBox Hartono Mall untuk didiagnosa yang katanya memerlukan waktu 3-4 hari dan saya mendapat SO HM-3-4455 dan ESO: HM.4455ZG.

Sudah 4 hari berlangsung saya tidak mendapatkan email dari iBox Hartono Mall mengenai hasil diagnosanya bagaimana. Sampai saya berinisiatif kirim email dan dari sana saya mendapatkan info kalau hp mengalami kerusakan di baterainya dan dikirim ke Apple karena spare part-nya belum tersedia di Indonesia.

Saya sabar menunggu sekira 2 mingguan saya cek update di https://aasp.ibox.co.id/ kemarin tanggal 30 Maret 2020, muncul update status pada step 12 NEW SN FK1ZHLUNN70R itu maksudnya apa?

 

Kemudian saya mengirim email kepada customer service iBox Hartono Mall dan mendapatkan jawaban:

kemudian saya balas lagi:

dan dijawab oleh pihak iBox :

Yang mau saya tanyakan kepada iBox:

1. Yang anda maksud surat pengantar dari Apple itu berisikan apa aja ya?
2. Apakah hanya surat yang menerangkan bahwa unit lama sudah diganti dengan unit baru dikarenakan kerusakan didalamnya tanpa memberikan keterangan perubahan IMEI & SN yang jelas? Atau surat pengantar dari apple yang menerangkan dan “TERCETAK” dengan jelas mengenai perubahan “IMEI & SN LAMA” diganti dengan “IMEI & SN BARU”?

Misalnya menerangkan:

IMEI perangkat lama 1234567890 diganti dengan perangkat baru IMEI 6789054321
SN perangkat lama FK1ZLBVPN70R diganti dengan perangkat SN Baru FK1ZHLUNN70R

3. Apakah yang saya contohkan tersebut di atas tercetak di dalam surat pengantar dari Apple?

4. Apakah saya mendapat sticker pengganti resmi dari Apple mengenai IMEI dan SN untuk di tempel di BOX yang lama?

Kalau tidak dapat pengantar yang jelas dan tidak dapat stiker pengganti IMEI dan SN yang baru untuk ditempel di BOX yang lama dari Apple. Saya tidak mau kalau cuma mendapat replacement unit baru dan dengan pengantar dari Apple yang kurang jelas.

Saya berharap mendapatkan penggantian unit baru FULL SET buka segel, bukan cuma penggantian hp batangan saja karena hal tersebut sangat merugikan saya sebagai customer apabila saya akan menjualnya di kemudian hari karena perbedaan IMEI & SN antara box perangkat lama dengan IMEI & SN yang ada pada replacement perangkat unit baru.

Mohon dijawab pertanyaan saya dengan jelas, karena di sini saya membeli iPhone resmi di Erajaya Group dengan harapan yang tinggi mendapatkan garansi yang pasti dan pelayanan after sales-nya yang baik.

Terima kasih.

Nugraha Indra Pramana
Semarang 50147

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

    • Ngga tau deh, kalau saya lihat di tanggapan pihak iBox terakhir tahun 2017...

      Mungkin karna sanking banyaknya complaint dr pelanggan karna pelayanan after salesnya jd tutup mata pura2 ngga tau...

    • setau saya, Apple memang tidak jual battery iPhone. tapi masak sih buat perbaikan resminya mereka tidak sedia battery penggantinya.
      tapi belum tentu battrenya yang rusak juga sih ya?

      yang pasti, dengan harga segitu harusnya pelayanan garansinya gak main-main dong. ganti iPhone baru, buka segel, itu dah paling bener!

    • Sebenernya bukan masalah ada atau tidak sparepartnya sih bro point nya, tp HP BARU harga 20jt tp kwalitasnya ya Lord...

      QC nya gimana gitu bs sampai cacad produksi...

      • Duh, ngeri ngeri sedap hape 20juta, baru buka aja batre sudah drop. Berani sekali mereka mengedarkan ini di pasar handphone. Soal penggantian yang baru tapi tanpa kotak. Sabun kali batangan, jadi datangnya hanya pake bubble wrap? Beda imei, beda serial number? Apa benar aturan Apple begitu? Mengerikan sekali. Semoga mendapat penggantian yang beserta dus nya, segelan, dan bukan kaleng kaleng. Kayaknya perlu di viral kan nih...

  • saya sudah berpengalaman beberapa kali mengurus iphone rusak. sempat ada satu kejadian di mana apple harus menukar iphone saya dengan unit baru. protokol ganti unit baru ini itu adalah hal yang biasa dari apple, dr AASP nanti akan berikan surat pernyataan ganti unit seperti yg sudah dijelaskan di email atas. jika dicek di checkcoverage.apple.com nnt setelah unit rusak sudah diganti, serial number yang lama hrsnya ditulis sudah tergantikan atau replaced. dr pengalaman saya, ketika dpt unit baru memang tidak dengan set lengkap namun boxnya memang lgsg dr apple (box khusus yg hanya memuat iphonenya saja).

    memang hrs sabar dikit klo mau service iphone, karena semuanya hrs koordinasi dengan applenya lgsg dan apa lg jika ada cacat unit memang akan diganti unit lgsg tp emg kurangnya di sini adalah unit hrs dipesan dr luar negeri sehingga lama.

    semoga infonya membantu, dan unit baru anda cepat datang.

  • Ini nih hal yang saya khawatirkan ketika beli iphone terbaru yang semenjak iphone X semua iphone sudah nyentuh harga 20 jutaan semua, it’s a lot of money, kalo terjadi apa nyesaknya minta ampun, tergores sedikit aja sudah kepikiran banget apalagi sampe Hardwarenya yang rusak seperti kasus diatas, saya pengguna iphone garansi resmi Indonesia semenjak Iphone 5s sampe Xs Max dan semua iphone saya masih ada dan tidak ada yang saya jual karena semuanya still works really well even my iphone 5s,, Filosofi saya tidak mau menjual iphone lama untuk iphone baru mengantisipasi kejadian kaya gini, jadi kalo ada iphone rusak masih banyak iphone lain yang jadi hiburan, intinya hati2 beli iphone terbaru yang harganya masih 20 jutaan apalagi sampe ngorbanin iphone lama di jual padahal masih bagus, takutnya kena APES dapat unit seperti kasus diatas, sedikit tambahan untuk kasus distas ANDA TIDAK AKAN DAPAT UNIT BARU msksudnya unit green peal (full set) seperti anda beli iphone baru ANDA HANYA AKAN DAPAT UNIT BATANGAN TANPA DUS, ini sudah kebijakan Apple Global, kalo di luar negeri sih mungkin its okay kaya gini lah sehari langsung dapat unit batangan baru kok asalkan sesuai warranty komplennya, bayangkan di hari yang sama sudah dapat unit baru jadi gak terlalu sakit hati cuma dapat unit batangan but this is only in Apple Store :)